Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Ketahui Contoh Catatan Pengeluaran Harian Berdasarkan Jenisnya!

Dipublish Tgl: Monday, 4 July 2022

Untuk Anda yang tengah mencari contoh catatan pengeluaran harian bisnis, kini contoh tersebut dapat Anda temukan dengan mudah. Pasalnya banyak sekali situs yang menyediakan contoh-contoh catatan tersebut disertai dengan keterangan dan juga penjelasannya. Namun sebelum membahas mengenai contoh catatan pengeluaran tersebut, ada baiknya jika Anda simak penjelasan berikut terlebih dahulu. 

Apa itu Contoh Catatan Pengeluaran Harian?

1. Lakukan Pencatatan scaled

Ilustrasi Melakukan Pencatatan Harian

Dalam menjalankan bisnis, tentunya ada banyak proses pencatatan yang harus Anda lakukan. Salah satu diantaranya adalah pencatatan dari buku pengeluaran. Catatan ini tentunya harus dipisahkan dengan bentuk buku catatan lainnya, sehingga tidak menyulitkan Anda dalam melakukan perhitungan. 

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, buku catatan pengeluaran tentunya akan berisi berbagai macam informasi pengeluaran yang dilakukan oleh bisnis Anda. Dimulai dari pengeluaran untuk pembelian bahan baku, biaya operasional hingga gaji para karyawan. Proses pencatatan tersebut tentunya harus dilakukan dengan jelas dan berkelanjutan. 

Dengan mencatat semua pengeluaran, tentunya Anda akan lebih mudah dalam mengetahui jumlah modal yang dikeluarkan. Setelah mengetahui hal tersebut, tentunya Anda pun dapat menentukan target untuk pengembalian modal tersebut dengan segera. 

Jenis-jenis Pengeluaran dalam Bidang Usaha/Bisnis

contoh catatan pengeluaran harian

Ilustrasi Jenis Pengeluaran dalam Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Setelah mengetahui apa itu catatan pengeluaran harian dalam bidang usaha/bisnis. Hal selanjutnya yang sebaiknya Anda perhatikan adalah mengenali jenis-jenis pengeluaran. Karena dengan mengenali jenis pengeluaran, tentunya proses pencatatan pun dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Berikut ini adalah beberapa jenis pengeluaran bisnis yang sebaiknya Anda ketahui, di antaranya :

  • Biaya Tetap

Biaya tetap atau fixed cost dikenal sebagai jenis pengeluaran yang tidak mudah berubah. Adapun jika ia mengalami perubahan, umumnya hal tersebut membutuhkan waktu lama. Beberapa jenis pengeluaran yang termasuk dalam biaya tetap adalah gaji karyawan dan juga biaya pajak. 

  • Biaya Variabel

Biaya variabel dikenal sebagai jenis pengeluaran yang sering mengalami perubahan. Hal tersebut umumnya dipengaruhi oleh jumlah produksi dan lainnya. Jenis pengeluaran yang termasuk dalam biaya variabel adalah pengeluaran dari biaya bahan baku atau biaya pemasaran. 

  • Biaya Semi Variabel

Untuk biaya semi variabel ia hadir sebagai perpaduan dari biaya tetap dan juga biaya variabel. Contoh dari biaya ini terlihat pada pengeluaran untuk kebutuhan listrik, air, atau bahkan telepon. 

  • Biaya Langsung

biaya produksi langsung dan tidak langsung

Ilustrasi Biaya Langsung (Sumber: Freepik.com)

Biaya langsung adalah jenis biaya yang harus dikeluarkan atau dipenuhi pada saat itu juga. Karena itulah dalam contoh catatan pengeluaran harian, jenis pengeluaran yang satu ini selalu dicantumkan secara langsung. Ia sendiri hadir dalam bentuk pengeluaran untuk pembelian bahan baku atau bahkan gaji karyawan.  

  • Biaya Tidak Langsung

Untuk biaya tidak langsung umumnya biaya tersebut digunakan secara tidak langsung dengan kegiatan produksi. Namun ia juga berkaitan dengan kebutuhan bisnis secara menyeluruh. Seperti biaya sewa atau asuransi perusahaan. 

  • Biaya Operasional

Biaya operasional termasuk dalam bagian penting dari buku catatan pengeluaran harian yang harus selalu dicatat setiap harinya. Meskipun tidak berkaitan dengan kegiatan produksi, namun biaya ini umumnya berkaitan dengan pengeluaran sehari-hari. 

  • Biaya Peluang

Biaya peluang dikenal sebagai pengeluaran yang seringkali diambil ketika dihadapkan pada dua pilihan berbeda. Dalam hal ini, biaya tersebut umumnya digunakan sebagai lahan investasi untuk keuntungan yang lebih baik.

  • Biaya Hangus

Berbeda dengan biaya di bagian atas tadi, biaya hangus merupakan biaya yang tidak akan dikembalikan. Artinya apapun hasil yang Anda dapatkan biaya tersebut tidak akan dikembalikan pada Anda. Jenis biaya yang satu ini umumnya hadir karena bentuk investasi yang gagal dan merugikan. 

Pembuatan Catatan Pengeluaran Harian

contoh catatan pengeluaran harian

Ilustrasi Membuat Catatan Pengeluaran Harian (Sumber: Pexels.com)

Untuk Anda yang hendak membuat buku pengeluaran bisnis/usaha. Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan. Hal tersebut dilakukan dengan menggunakan bantuan dari aplikasi catatan pengeluaran harian khusus. 

Proses pembukuan memang masih banyak dihindari oleh para pebisnis, khususnya bagi pebisnis kecil. Hal itu karena prosesnya yang terbilang ribet dan banyak yang belum mengetahui bagaimana caranya. Setelah melihat contoh pembukuan di atas, daripada merekrut pegawai akuntansi yang membutuhkan biaya lebih sebagai gajinya, maka Anda bisa membuatnya sendiri di Excel atau menggunakan software akuntansi online, seperti Beecloud.

Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan sederhana Beecloud jika Anda ingin lebih mudah dalam membuat pembukuan. Aplikasi Beecloud akan mempermudah Anda dalam membuat dan menyusun pembukuan bahkan hanya sekali klik saja segala laporan pembukuan sudah tersaji secara lengkap. Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan Beecloud hanya dengan menggunakan smartphone saja.

Fitur lengkap yang dimiliki Beecloud bisa membantu mengatasi masalah seperti manajemen keuangan, pengontrolan stok, pemantauan hutang dan piutang, dan dapat dilihat di mana saja dan kapan saja secara realtime karena telah berbasis cloud. Berminat? Yuk coba gratis selama 14 hari klik di sini atau klik gambar di bawah ini!

Banner Beecloud Laporan Neraca

Contoh Surat Tagihan Dan Kegunaannya
Mungkin Anda sudah sangat sering mendengar istilah surat tagihan. Namun tahukah Anda apa yang dimaksud dengan surat tagihan? Sebelum membahas […]
Baca Juga
Apa itu Biaya Penyusutan Alat? Berikut Definisi dan Cara Menghitungnya
Biaya penyusutan alat adalah hal yang mengacu pada penyebaran biaya peralatan setelah dikurangi nilai sisa sepanjang umur peralatan tersebut. Selanjutnya,¬† […]
Baca Juga
Penawaran Harga: Pengertian, Jenis, Komponen, dan Contohnya
Surat penawaran harga adalah dokumen yang tak terhindarkan untuk produsen atau pemasok barang dalam berbisnis. Saat membuat surat penawaran harga, […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu