Biaya dan Beban yang Harus Anda Ketahui Perbedaannya

Friday, 9 October 2020
Feni Purwantini
Feni Purwantini

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Biaya dan beban merupakan hal yang tidak asing bagi pebisnis seperti Anda. Namun masih banyak orang yang bingung membedakan apakah suatu pengeluaran itu masuk ke dalam akun biaya atau beban. Jika Anda masih bingung simak artikel ini sampai selesai. Dan bagi Anda yang sudah paham tidak ada salahnya untuk sekedar mengingatkan kembali.

Pengertian Biaya dan Beban

Pengertian Biaya

Biaya (cost) adalah semua pengeluaran untuk mendapatkan suatu barang atau jasa. Atau bisa juga diartikan jika biaya merupakan keuangan yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan barang atau jasa, yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Biaya Dan Beban yang Harus Anda Ketahui Perbedaanya

Biaya dan Beban (Sumber: Freepik.com)

Gaspersz, mengatakan kalau biaya adalah biaya dalam ekonomi manajerial mencerminkan efisiensi sistem produksi, sehingga konsep biaya juga mengacu pada konsep produksi, tetapi apabila pada konsep produksi kita membicara kan penggunaan input secara fisik dalam menghasilkan output produksi, maka dalam konsep biaya kita menghitung penggunaan input itu dalam nilai ekonomi.

Baca Juga: Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Menurut perilakunya biaya pengeluaran dibedakan menjadi 3 yaitu

  1. Fixed Cost (Biaya Tetap)
  2. Variable Cost (Biaya Variabel)
  3. Mixed Cost (Biaya Campuran)

Bahan baku dan bahan baku pembantu, biaya tenaga kerja langsung masuk ke dalam akun biaya. Dan banyak sekali contoh kasus akuntansi biaya yang bisa Anda dapatkan di internet beserta dengan penyelesainnya.

Bentuk Laporan Neraca

Laporan Neraca Saldo Menggunakan Software

Laporan Neraca Saldo Menggunakan Software (Sumber: Bee.id)

Pengertian Beban (Expense)

Beban adalah suatu pengorbanan yang harus dikeluarkan atau diperlukan untuk merealisasikan sebuah hasil.

Bisa juga diartikan jika beban merupakan pengorbanan atau pengeluaran dari sumber-sumber ekonomi yang dapat dinilai dengan nilau uang untuk merealisasikan jumlah pendapatan pada satu periode. Contoh beban kendaraan, gedung, listrik dll.

Baca Juga: Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan yang Efektif

Beban (Expense) dalam akuntansi dipakai untuk menentukan laba yang diperoleh suatu perusahaan pada satu periode akuntansi. Contoh beban dalam akuntansi di dalam laporan laba rugi nama akunya antara lain Beban Sewa, Penyusutan, PDAM, Listrik, Gaji dsb.

Bentuk Laporan Laba Rugi

Contoh Laporan Laba Rugi Menggunakan Excel

Contoh Laporan Laba Rugi Menggunakan Excel (Sumber: Bee.id)

Perbedaan akuntansi biaya dan akuntansi keuangan ? jadi akuntansi keuangan merupakan divis atau kelompok yang tugasnya khusus untuk mencatat semua transaksi perusahaan dalam periode tertentu, dalam bentuk laporan keuangan yang berdasarkan (SAK) Standar Akuntansi Keuangan.

Nah kalau akuntansi biaya itu adalah kelompok atau bagian yang khusus melakukan pencatatan dan penyajian data operasional biaya supaya dapat terkendali. Karena iti objek akuntansi biaya ialah “Biaya” dan tugasnya untuk menentukan total biaya, mengontrol biaya serta mengambil keputusan.

Perbedaan Biaya dan Beban

Perbedaan cost dan expense dibagi menjadi 3 yaitu;

1. Periode Akuntansi

Biaya : Periode Akuntansinya lebih dari 1 tahun dan dianggap sebagai bagian dari pengeluaran modal.

Beban : Periode Akuntansi dari beban tidak lebih dari 1 tahun.

2. Posisi Pada Laporan Keuangan

Biaya : Biaya pada laporan keuangan letaknya ada di laporan Neraca

Beban : Beban pada laporan keuangan letaknya di laporan laba-rugi

3. Besaran yang Dikeluarkan

Biaya : Jumlah uang yang dikeluarkan nilainya besar karena berasal dari pengeluaran modal.

Beban : Jumlah uang yang dikelurkan nilainya kecil karena berasal dari pengeluaran pendapatan.

Kesimpulan

Beban dan biaya merupakan dua hal yang berbeda. Jika beban letak laporannya ada dibagian laporan laba-rugi sedangkan biaya bisa Anda lihat dilaporan neraca. Membuat laporan laba rugi dan neraca adalah suatu keharusan bagi sebuah perusahaan.

Banner Beeaccounting Software untuk Mempermudah Laporan Akuntansi

Karena tanpa kedua laporan itu Anda tidak bisa membuat laporan keuangan. Untuk membuat laporan keuangan dengan mudah dan cepat Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting.

Dengan menggunakan Beeaccounting Anda hanya perlu menginput seluruh transaksi yang ada. Setelah itu biarkan sistem Beeaccounting yang akan mengelolanya menjadi laporan laba rugi, neraca.

Beeaccounting juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap mulai dari laporan stock barang, laporan produksi, arus kas dan juga laba rugi. Jika Anda ingin mencobanya silahkan klik disini secara gratis selama 30 hari.

Atau jika ingin tanya-tanya lebih jauh mengenai Beeaccounting apakah sudah bisa memenuhi kebutuhan bisnis Anda bisa berbicara langsung dengan team salenya dengan cara klik disini. Semoga artikel mengenai biaya dan beban ini bisa membantu dalam membuat laporan keuangan bisnis Anda.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :