Logo Bee Web

Contoh Laporan Laba Rugi Berbagai Usaha Lengkap dengan Caranya

Contoh laporan laba rugi lengkap beserta cara pembuatannya, dari cara manual sampai cara mudahnya membuatnya, simak selengkapnya di sini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 30 January 2023

Laporan laba rugi dibuat untuk dijadikan sebagai bahan acuan evaluasi keuangan dalam jangka waktu tertentu. Pada artikel ini akan mengklik tentang contoh laporan laba rugi dari berbagai usaha.

Mulai dari laporan laba rugi perusahaan dagang dan jasa lengkap dengan format dan penjelasan lainnya.

Apa Itu Laporan Laba Rugi?

Contoh laporan laba rugi

Ilustrasi laporan laba rugi pada bisnis (Sumber: Freepik.com)

Mengutip dari pernyataan Riswa dan Kusuma dalam jurnal mereka yang berjudul Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar dalam Penilaian Kinerja Keuangan PT Budi Satria Wahana Motor.

Menjelaskan jika laporan laba rugi adalah laporan presentasi perusahaan khususnya tentang keuangan dalam jangka waktu tertentu.

Lebih rincinya laporan laba rugi adalah sebuah laporan yang dibentuk secara sistematis membahas tentang penghasilan, beban serta laba-rugi yang diperoleh suatu bisnis/ perusahaan dalam periode tertentu.

Laporan laba rugi ini dibentuk bertujuan sebagai alat evaluasi keuangan perusahaan selama periode waktu yang ditentukan, bisa bulanan atau tahunan.

Dengan adanya laporan laba rugi ini perusahaan/ sebuah bisnis akan tahu bagaimana kondisi keuangan keuangan mereka.

Selain itu, laporan laba rugi ini juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebuah bisnis untuk mengambil langkah ke depannya

Unsur-Unsur dalam Laporan Laba Rugi

Secara Garis Besar ada 4 Dasar Format Penulisan Laporan Laba Rugi (Sumber: Freepik.com)

Pada dasarnya laporan keuangan sedikit memiliki perbedaan yang disesuaikan dengan jenis perusahaannya.

Namun, secara umum laporan laba rugi terdapat 4 unsur didalamnya, diantaranya:

1. Revenue (Pendapatan)

Unsur pertama yang ada dalam contoh laporan laba rugi adalah revenue atau pendapatan. Unsur ini meliputi informasi yang menyampaikan peningkatan aktiva dan arus masuk keuangan yang dihasilkan dari kegiatan bisnis.

Nilai revenue ini didapatkan dari hasil total pendapatan kotor dikurangi potongan harga, retur/ pengembalian, dan tunjangan lainnya.

2. Expenses (Beban)

Berikutnya adalah expenses atau beban yang terdiri dari arus keluar atau pemakaian aktiva dimunculkan liabilitas dalam periode akuntansi yang ditentukan. Hal ini disebabkan karena telah terjadi pengiriman dan produksi barang pada bisnis Anda.

3. Profit (Keuntungan)

Unsur umum yang dicantumkan dalam laporan laba rugi berikutnya adalah profit atau keuntungan. Adanya keuntungan ini disebabkan karena adanya peningkatan ekuitas yang terjadi setelah adanya transaksi yang dihasilkan berdasarkan pendapatan atau investasi dari pemilik usaha.

4. Loss (Kerugian)

Berikutnya adalah loss/ kerugian, kerugian ini disebabkan karena adanya penurunan pada ekuitas yang terjadi karena adanya transaksi yang dilakukan perusahaan dari beban dan pendistribusian kepada pemilik usaha.

Format Laporan Laba Rugi Perusahaan

Secara garis besar, format laporan laa rugi memiliki isi yang sama. Baik perusahaan dagang, jasa maupun manufaktur, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Pendapatan

Format pertama yang ada pada laporan laba rugi perusahaan dagang adalah pendapatan atau penghasilan yang diperoleh dari usaha inti dari perusahaan/ bisnis.

Serta, beberapa format pendukung lainnya seperti harga pokok barang dari produk yang dijajakan. Sehingga nanti akan keluar laba kotor dari hasil penjualan yang dilakukan.

2. Beban

Pada bagian kedua, laporan laba rugi perusahaan dagang menampilkan beban-beban operasional perusahaan yang terdiri dari penjualan juga beban umum (operating expenses).

3. Sumber Pendapatan Lain

Setelah itu adalah porsi pendapatan lain yang diperoleh di luar operasi utama, diikuti oleh biaya yang terkait dengan aktivitas bisnis non-inti yang juga bisa dikatakan sebagai non operating/financial income dan expenses.

4. Laba dan Rugi

Selanjutnya adalah format laporan yang menunjukkan laba dan rugi yang terjadi sewaktu-waktu saja (extraordinary gain or loss), yang kemudian di total dan memperoleh laba bersih sebelum adanya pajak pendapatan.

Bentuk-Bentuk Laporan Laba Rugi

Selain format, laporan laba rugi juga dibedakan menjadi dua bentuk, yakni single step dan multiple step.

1. Single Step

Cara kedua dalam penyusunan laporan laba rugi perusahaan jasa adalah multi step. dimana penyusunan terdiri dari total seluruh penjumlahan pendapatan dan total semua beban tanpa melakukan pemisahan laba operasional dan non-operasional terlebih dahulu.

tabel laba rugi

Contoh Format Tabel Laporan Laba Rugi Single Step (Credit: Bee.id)

2. Multiple Step

Berbeda dari cara pertama, pembuatan laporan laba rugi multi step dilakukan secara tidak langsung. Dimana penyusunannya harus dilakukan dengan mengelompokkan pendapatan dan beban berdasarkan jenisnya. Kegiatan operasional dan non-operasional.

tabel laba rugi

Contoh Laporan Laba Rugi Multiple Step (Credit: Bee.id)

Contoh Laporan Laba Rugi dari Berbagai Usaha

Berikut ini deretan laporan laba rugi dari berbagai usaha:

1. Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Berikut format dan contoh laporan laba rugi perusahaan dagang yang biasa diterapkan pada bisnis yang menghasilkan sebuah produk barang, seperti perusahaan sepatu dan sejenisnya.

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

2. Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa ini bisa seperti rumah sakit, bengkel, rental dan sejenisnya. Berikut format dan contoh laporan laba rugi perusahaan jasa.

Contoh laporan laba rugi perusahaan jasa

3. Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Laba Rugi Manufaktur

Ilustrasi Laporan Laba Rugi Manufaktur (Credit: akuntansi.uma.ac.id)

4. Contoh Laporan Laba Rugi Excel

Contoh laporan laba rugi akuntansi excel image

Contoh laporan laba rugi akuntansi excel

5. Contoh Laporan Laba Rugi dengan Software Akuntansi

#Contoh 1

Laporan Laba Rugi

#Contoh 2

05 Laporan Laba Rugi Usaha Cafe

Contoh Laba Rugi Usaha Cafe (Bee.id)

#Contoh 3

Laporan Laba rugi 1

Cara Membuat Laporan Laba Rugi Mudah Cuma 5 Menit

Membuat laporan laba rugi cepat dan mudah bisa Anda dapatkan dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud. Anda tinggal memasukkan stok dan melakukan transaksi jual beli seperti biasa dan laporan laba rugi bisa Anda lihat secara otomatis.

Cta Beecloud 230123 (laba rugi)

Keunggulan:

  • Tidak perlu jago akuntansi bisa buat laporan keuangan anti manipulasi
  • Bisa dicek dimana saja dan kapan saja tanpa perlu mampir ke kantor.
  • Kontrol puluhan cabang mudah, tanpa perlu wara-wiri
  • Buat laporan keuangan langsung jadi
  • GRATIS TRIAL untuk pengguna pertama dan dipandu langsung oleh tim IT profesional.
  • Dan masih banyak lagi

Sekian informasi tentang contoh laporan laba rugi perusahaan dagang maupun perusahaan jasa, lengkap dengan rekomendasi mudah membuat laporan keuangan dalam 5 menit dengan Beecloud.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Finance Adalah: Pengertian, Fungsi Bagi Bisnis
Finance adalah kata dari Bahasa Inggris yang memiliki arti keuangan, jika diartikan secara istilah finance adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari
Baca Juga
8 Bisnis Modal Kecil yang Hasilkan Keuntungan Besar
Mengantongi modal kecil bukan penghalang untuk memulai bisnis. Sebab, banyak pilihan bisnis modal kecil yang keuntungannya menjanjikan seperti usaha di
Baca Juga
Software Akuntansi Terintegrasi dari Bee.id
  Memilih software akuntansi terintegrasi bukanlah perkara yang mudah. Hal ini dikarenakan oleh beragam faktor. Masifnya perkembangan teknologi perangkat lunak
Baca Juga
Diskon adalah Potongan Harga, Bagaimana Cara Menghitungnya?
Diskon adalah potongan harga dari sebuah produk dari harga biasanya, potongan harga ini bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari
Baca Juga
Akuntansi Keuangan: Pengertian, Fungsi dan Standarnya
Akuntansi keuangan adalah sebuah cabang akuntansi yang memiliki keterkaitan dengan laporan mengenai informasi keuangan yang ditujukkan untuk pihak eksternal. Fungsi
Baca Juga
Contoh Laporan Kegiatan Usaha dan Cara Membuatnya
Laporan kegiatan usaha menjadi salah satu landasan perusahaan dalam mengevaluasi kinerja. Melalui laporan ini, perusahaan dapat menggambarkan pencapaian, tantangan, dan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu