Web Logo Bee
Penulis: Nindya Adityanti

Aplikasi Pembukuan Online Shop Gratis Sampai Tahu Laba-Rugi

Dipublish Tgl: Monday, 11 April 2022

Aplikasi pembukuan online shop gratis dibutuhkan sebagai alat bantu pencatatan keuangan untuk bisnis kita. Karena dengan alat penunjang ini membantu kita untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Pencatatan penjualan toko bisa saja dilakukan secara manual misalnya dengan menggunakan buku besar atau untuk lebih mudahnya menggunakan aplikasi pembukuan sederhana.

Aplikasi pembukuan online shop dibutuhkan oleh pebisnis untuk mencatat hal-hal yang berkaitan dengan keuangan secara rinci dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Sebenarnya, dalam mencatat pembukuan kamu bisa saja menggunakan cara manual. Namun, hal itu akan membuat kamu kerepotan, mengingat banyak hal yang harus diurus oleh seorang pebisnis online. Saat ini, sudah banyak bisnis yang mulai menggunakan aplikasi catatan keuangan usaha untuk  mengelola pemasukan dan pengeluaran pada usahanya.

Pentingnya Pembukuan untuk Usaha Online Shop

aplikasi-pembukuan-untuk-usaha-online-shop

Memahami Pentingnya Pembukuan untuk Usaha Online Shop (Sumber: Free Stock photos by Vecteezy)

Semua bisnis, termasuk online shop, jika ditekuni tentu berpotensi menjadi bisnis besar. Seiring dengan pertambahan pengguna internet dan smartphone di Indonesia, peluang sukses bisnis online shop pun makin bertambah besar. 

Tak ayal, laporan keuangan menjadi hal penting bagi pengusaha pemula maupun profesional. Hal ini disebabkan karena kita semua sebagai manusia memiliki ingatan yang sangat terbatas. Dari situlah menjadi jelas mengenai pentingnya laporan keuangan untuk bisnis online shop. Dengan dibuatnya laporan keuangan, maka arus keuangan akan lebih teratur dan terpantau.

Pada bisnis berskala kecil terdapat kecenderungan untuk mencampur adukkan keuangan. Pada akhirnya omset bisnis kerap terpakai untuk keperluan pribadi dan juga sebaliknya. Sementara kebiasaan tersebut hanya akan menimbulkan kekacauan. Kemungkinan terburuknya adalah bisnis tersebut tidak dapat bertahan karena pendapatan juga modal justru habis untuk kebutuhan pribadi.

Bagaimana Cara Membuat Pembukuan Online Shop?

cara-membuat-pembukuan-keuangan-online-shop

Cara Sederhana Membuat Pembukuan Online Shop (Sumber: Free Stock photos by Vecteezy)

Sebaiknya pembukuan keuangan online shop mulai dibuat ketika tahap awal opening atau perencanaan usaha. Bagi Anda yang baru merintis bisnis online shop, Anda dapat melakukan pembukuan sederhana secara kontinu dengan cara mencatat harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya, serta pendapatan yang digunakan sebagai dasar dalam menyusun neraca dan laporan laba rugi.

Jika Anda masih bingung dengan cara membuat pembukuan sederhana untuk perusahaan kecil, di bawah ini terdapat penjelasan lebih detail mengenai tahapan cara pembukuan sederhana online shop. Beberapa langkah berikut ini bisa Anda terapkan, yaitu:

  • Membuat Catatan Pengeluaran

Ketika awal menjalankan usaha kecil, buatlah buku terpisah yang khusus untuk mencatat pengeluaran. Semua pengeluaran atau belanja dalam usaha mulai dari pembelian bahan baku, operasional hingga gaji karyawan harus Anda catat secara jelas. Dengan mencatat semua pengeluaran usaha, Anda akan mengetahui berapa jumlah modal usaha yang telah Anda keluarkan. Setelah mengetahui berapa modal yang telah dikeluarkan Anda akan lebih mudah untuk menetapkan target dan rencana kapan modal usaha tersebut harus kembali.

  • Membuat Catatan Pemasukan

Setelah memiliki buku kas pengeluaran selanjutnya yang perlu dipersiapkan juga adalah buku kas pemasukan. Buku kas pemasukan ini nantinya akan Anda gunakan untuk mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan pemasukan perusahaan. Misalnya, jumlah penjualan produk yang berhasil didapatkan perhari maupun piutang yang telah dibayarkan. Pencatatan transaksi pemasukan ini juga harus dilakukan setiap hari untuk mempermudah Anda dalam melakukan pembuatan pembukuan bulanan perusahaan. Dengan memiliki buku kas pengeluaran dan pemasukan yang tertib dicatat setiap hari, Anda akan mengetahui berapa jumlah keuntungan yang diperoleh online shop Anda dalam satu hari.

  • Membuat Buku Kas Utama

aplikasi-pembukuan-keuangan-online-shop-buku-kas

Tampilan Laporan Arus Kas dari Software Akuntansi Beeaccounting

Dalam pembukuan keuangan perusahaan membuat buku kas utama adalah salah satu hal yang sangat penting. Buku kas utama ini nantinya akan Anda gunakan untuk menggabungkan transaksi antara buku kas pemasukan dengan buku kas pengeluaran. Dengan menggabungkan transaksi dari dua buku kas tersebut Anda akan mengetahui secara detail dan jelas berapa keuntungan maupun kerugian perusahaan.

Anda juga bisa menentukan berapa besarnya anggaran perusahaan untuk uang masuk dan uang keluar. Estimasi arus kas ini juga sangat penting untuk membuat perencanaan dan strategi perusahaan apabila dikemudian hari ada biaya tak terduga yang harus dikeluarkan. Misalnya terjadi estimasi kekurangan uang kas perusahaan Anda bisa segera menaikkan target atau mengurangi biaya pengeluaran. Agar hasilnya maksimal pencatatan arus kas utama harus dilakukan secara kontinu, saksama dan juga teliti.

  • Mempersiapkan Buku Stok Barang

Dalam pembukuan keuangan perusahaan, transaksi yang Anda catat bukan hanya berhubungan dengan uang namun juga barang. Anda juga perlu mencatat jumlah barang yang masuk dan keluar setiap hari. Semakin tinggi tingkat penjualan maka intensitas jumlah barang yang keluar dan masuk juga akan semakin tinggi.

Dengan memiliki buku stok barang, Anda bisa memonitor dan mengawasi persediaan barang yang ada dalam perusahaan. Buku stok barang bisa membantu Anda untuk menghindari adanya kecurangan yang dapat dilakukan oleh supplier maupun karyawan online shop Anda.

  • Membuat Buku Inventaris

Selanjutnya, Anda juga perlu membuat buku inventaris barang yang digunakan untuk mencatat semua barang-barang perusahaan yang telah dibeli dan diurus. Semua jenis barang yang dimiliki perusahaan baik dibeli melalui anggaran belanja maupun hibah atau sumbangan harus masuk dalam catatan buku inventaris barang. Memiliki catatan inventaris barang akan menjaga setiap aset perusahaan agar tetap terkendali.

  • Mempersiapkan Buku Laba Rugi

Buku terakhir yang perlu Anda siapkan untuk membuat pembukuan keuangan secara sederhana adalah buku laba rugi. Buku laba rugi digunakan untuk mencatat pendapatan dan beban perusahaan selama periode tertentu. Dengan melakukan pencatatan tersebut Anda bisa mengetahui apakah perusahaan sedang dalam kondisi memiliki profit (laba) atau justru rugi. Jika Anda baru saja menjalankan online shop, buatlah buku laba rugi yang rapi namun tetap mudah untuk dipahami. Karena jika terlalu berantakan justru akan menyusahkan Anda di kemudian hari untuk membaca dan menganalisanya.

Manfaat Aplikasi Pembukuan untuk Usaha Online Shop

manfaat-aplikasi-pembukuan-keuangan-untuk-online-shop

Pembukuan untuk Online Shop Menentukan Laba Rugi Usaha (Sumber: Free Stock photos by Vecteezy)

Ada sejumlah manfaat menggunakan aplikasi pembukuan online shop gratis. Salah satunya adalah membantu mempercepat pekerjaan dalam pembuatan laporan keuangan yang akurat dan transparan. Manfaat lainnya akan dijabarkan secara lebih detail di bawah ini:

  • Mudah Digunakan untuk Pemula

Aplikasi pembukuan online shop gratis dapat digunakan sebagai aplikasi kasir. Sehingga catatan penjualan akan langsung masuk ke database. Dengan begitu, pencatatan keuangan dalam bisnis online shop Anda menjadi lebih terstruktur dan berkesinambungan. Pencatatan transaksi yang tersistem pada aplikasi pembukuan biasanya didukung dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami, bahkan oleh pemula. Hal ini tentu dapat memudahkan Anda yang masih awam akan penggunaan teknologi.

  • Mengetahui Kondisi Keuangan Bisnis

Untuk memelihara bisnis dengan baik, pengusaha juga wajib punya ilmu pengetahuan seputar pembuatan laporan keuangan yang akurat, lengkap, dan mudah dipahami. Laporan keuangan merupakan salah satu hal paling penting yang harus dipahami oleh pengusaha. Langkah yang akan diambil untuk keberlangsungan bisnis diambil berdasarkan laporan tersebut. Dalam membuat laporan keuangan, setidaknya Anda memerlukan dasar ilmu akuntansi. Namun, karena tidak semua pengusaha datang dari latar belakang pendidikan akuntansi.

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan online shop gratis, Anda tak perlu mendalami ilmu akuntansi untuk membuat laporan keuangan. Fitur yang disajikan dalam aplikasi dapat membantu Anda mencatat keuangan bisnis. Perhitungan pun dilakukan secara otomatis sehingga Anda dapat mengetahui kondisi laba dan rugi dari usaha yang dijalankan secara real time.

  • Mempermudah Evaluasi Kinerja

fungsi-laporan-penjualan-sebagai-evaluasi

Evaluasi dan Keputusan Bisnis Bisa Cepat Diambil dengan Laporan Keuangan

Laporan pembukuan toko memiliki peranan yang sangat penting karena menggambarkan bagaimana usaha Anda berjalan. Oleh sebab itu, pembukuan toko digunakan untuk melakukan evaluasi kinerja. Jika ada hal yang membuat bisnis merugi, hal itu harus diperbaiki. Sementara itu, strategi yang membuat bisnis meraup untung harus dipertahankan.

Dengan catatan Anda telah memasukkan seluruh data transaksi. Anda tak perlu khawatir akan ada transaksi yang terlewat atau salah dalam perhitungan. Jadi, laporan yang dihasilkan dari aplikasi pembukuan online shop gratis dapat mempermudah Anda untuk melakukan evaluasi kinerja bisnis.

Anda bisa memantau berjalannya bisnis Anda di mana pun dan kapan pun Anda mau, hanya melalui komputer dan smartphone Anda. Sistem aplikasi pembukuan akan menyimpan dan menyusun setiap rincian usaha Anda sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Bantuan teknologi ini tentu sangat membantu perbaikan operasional bisnis yang lebih bijak, praktis, tidak memakan banyak waktu, dan yang paling penting, tidak memakan banyak biaya.

  • Meningkatkan Akurasi Data dan Lebih Rinci

Manfaat lain dari aplikasi pembukuan online shop gratis keuangan adalah terhindar dari kesalahan perhitungan. Banyaknya data transaksi keuangan perusahaan, tentu dibutuhkan sebuah fokus yang lebih pada saat penyusunannya laporan keuangan. Penyusunan laporan secara manual tentu memiliki risiko tinggi dalam perhitungannya, apalagi ketika terdapat banyak orang yang terlibat dalam mengerjakan.

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan, perusahaan dapat membuat laporan secara cepat dan akurat sehingga terhindar dari kesalahan. Sebab, aplikasi pembukuan keuangan sudah didesain sedemikian rupa untuk menyelesaikan sebuah laporan. Hasilnya, risiko terjadinya kesalahan perhitungan dapat diminimalisir.

  • Otomatis Sinkron dengan Pembukuan

Ketika Anda menggunakan sistem pencatatan produk secara manual, diperlukan waktu yang lama untuk mencari produk satu per satu.  Tak jarang pula pencatatan ganda untuk satu produk yang sama.

Apabila Anda menggunakan aplikasi pembukuan untuk mencatat produk, pencarian dapat dilakukan dengan lebih cepat. Sebab pelacakan dilakukan oleh sistem. Pencatatan menggunakan aplikasi pun mengurangi kemungkinan pencatatan ganda. Aplikasi dapat mendeteksi apabila terjadi pencatatan ganda untuk barang yang sama sehingga data tidak dapat dimasukkan ke dalam database.

Aplikasi Pembukuan Online Shop Gratis Beecloud

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembukuan Online Shop Beecloud

Online shop Anda punya ratusan hingga ribuan transaksi per hari? Ribet kalau harus rekap manual satu per satu ke pembukuan? Memperkenalkan aplikasi pembukuan usaha kecil dari Beecloud memiliki dua manfaat utama, yakni:

  • Import Transaksi Penjualan Sekali Klik

Anda tidak perlu lagi membuka aplikasi marketplace satu per satu untuk mengurus operasional toko Anda. Dengan menggunakan Beecloud, Anda dapat merekap ribuan transaksi mulai dari Tokopedia hingga Shopee dalam waktu 7 menit dengan satu kali klik. Tidak ada lagi kesalahan dalam proses input data akibat human error saat melakukannya secara manual menggunakan block note dan pulpen. Data transaksi penjualan Anda akan semakin akurat dan mempermudah proses pembukuan laporan keuangan bisnis Anda.

  • Import Pelunasan

Manfaat dari aplikasi manajemen marketplace Beecloud antara lain memudahkan Anda untuk export dan import data transaksi dari marketplace ke pembukuan laporan keuangan, membuat Anda dapat menilik omset dan profit toko online real time kapanpun, mempermudah proses stock opname harian toko Anda sehingga tercipta efisiensi biaya dan waktu, serta tersedianya laporan penjualan per channel sehingga Anda dapat memantau produk terlaris per channel.

Kesimpulan

Itulah cara membuat pembukuan online shop dan manfaat dari aplikasi pembukuan untuk bisnis online shop Anda. Bisa dibilang, adanya aplikasi ini merupakan hal yang penting bagi bisnis online shop Anda. Dengan manfaat yang sangat membantu baik dari ketepatan data dan efisiensi waktu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pembukuan online shop, dalam hal ini yang sangat direkomendasikan adalah Beecloud.

Sering entri manual orderan baru yang masuk di marketplace ke pembukuan? Sekarang dengan Beecloud, Anda tinggal export-import transaksi penjualan maka otomatis data akan masuk ke pembukuan. Coba gratis sekarang! Klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya.

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online_web

 

3 Cara Membuat Pembukuan Keuangan Sederhana Usaha Kecil
Membuat pembukuan keuangan sederhana ini sangat dibutuhkan bagi usaha kecil maupun besar. Karena dengan membuat pembukuan keuangan Anda dapat melihat […]
Baca Juga
Software Akuntansi Online: Bikin Laporan Lebih Mudah
Software Akuntansi Online saat ini sudah menjadi kebutuhan premiere bagi setiap pengusaha. Di era teknologi seperti sekarang, memang sangat dianjurkan […]
Baca Juga
Software Penjualan Minimarket Bantu Scale Up Bisnis Para Owner
Memakai software penjualan minimarket merupakan keputusan yang tidak mudah bagi pemilik bisnis minimarket. Bagaimana tidak? Pemilik bisnis ini pasti tidak […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu