6 Inspirasi Desain Toko Estetik Bikin Customer Betah Belanja

Wednesday, 17 March 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tidak sedikit pemilik usaha toko yang mengaku bingung bagaimana menata toko yang baik agar terlihat menarik. Ada juga pemilik toko yang tidak peduli dengan penampilan toko karena terlalu fokus dengan persaingan harga dan mendapatkan banyak omzet. Padahal desain toko yang baik adalah salah satu celah mendapatkan omzet besar tanpa repot lirak-lirik harga dengan toko sebelah.

Maka dari itu penting untuk untuk mendesain sebuah toko untuk bisa membuat konsumen tertarik untuk datang dan membeli produk yang kita jual. Jika Anda sudah memiliki toko selama puluhan tahun ada baiknya Anda memperbarui desain toko untuk mengubah suasana dalam toko yang dapat membantu meningkatkan minat konsumen. Jika toko didesain dengan baik dan membuat konsumen nyaman untuk berkunjung, bukan tidak mungkin mereka akan datang lagi dan lagi.

tips-desain-toko-bikin-betah-belanja

Desain Toko yang Menarik dan Bagus Membuat Konsumen Nyaman (Sumber: Unsplash.com)

Baca Juga: Toko Kelontong: Pengertian dan Asal Mula Bisnis Modal Kecil Indonesia

Ketika mendesain sebuah toko ada 3 tujuan yang harus dipertimbangkan:

1. Atmosfer toko harus konsisten dengan citra toko dan marketing secara keseluruhan

2. Desain toko yang baik adalah untuk membantu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen

3. Mengingat kembali produktivitas dari ruang retail, yaitu berapa banyak penjualan yang dapat dihasilkan dari setiap meter persegi.

Contoh kasus:

Pada retail di bidang fashion desain toko yang baik adalah desain yang dapat meningkatkan komunikasi kepada pelanggan melalui tampilan brand-brand yang melekat pada dinding fixture yang digunakan.

Tips Desain Toko Agar Ramai dan Menarik Minat Pembeli

identifikasi-jenis-usaha-untuk-memulai-desain-toko

Memulai Desain Toko dengan Menentukan Jenis Usaha dan Target Market (Sumber: Unsplash.com)

Sebelum memulai mendesain toko, mengidentifikasi bagaimana persona jenis usaha Anda merupakan hal terpenting. Mengapa? Karena jenis bisnis memang harus disesuaikan dengan tema toko yang nantinya akan dibuat. Misalnya, Anda memiliki bisnis kuliner seperti toko kue tentu desainya akan berbeda dengan desain toko baju atau toko sepatu.

1. Kenali Konsumen Anda

Setelah mengenal jenis usaha, langkah selanjutnya adalah mengetahui secara jelas karakter konsumen. Mulai dari kesukaannya, status sosial dan ekonomi, serta di mana lokasi tokonya. Satu hal yang perlu diketahui bahwa desain toko yang baik adalah sesuai dengan kondisi konsumen yang menjadi pangsa pasarnya.

2. Tentukan Tema

Untuk memulai desain toko sebaiknya tentukan dulu tema apa yang ingin dibuat. Tema toko biasanya harus sesuai dengan barang yang dijual. Misalnya untuk membuat toko kue, maka sebaiknya desain toko yang sesuai adalah desain dengan warna-warna pastel atau serba putih. Namun, jika Anda berbisnis pakaian dengan membuka distro, maka desain toko minimalis bisa menjadi pilihan.

tentukan-tema-yang-sesuai-dengan-jenis-usaha

Tema Toko Disesuaikan dengan Jenis Usaha dan Barang yang Dijual (Sumber: Unsplash.com)

3. Ciptakan Konsep Desain Toko Kreatif

Saatnya memulai desain interior toko. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam desain interior toko yaitu pemilihan lantai, warna cat tembok dan cahaya, dimensi musik, property penunjang, suhu udara, jarak antar produk, dll.

Warna adalah salah satu unsur penting dalam desain karena warna bisa mempengaruhi perasaan manusia yang melihatnya. Dengan warna juga dapat membentuk sudut pandang yang berbeda tergantung dari target marketnya. Selain itu, pemilihan perpaduan warna adalah salah satu aspek yang penting dalam menciptakan desain yang indah. Sama halnya dengan pemilihan warna cat rumah pada tokomu. Kombinasi warna yang tepat akan menciptakan desain toko yang maksimal.

4. Optimalkan Pencahayaan Interior

Pencahayaan yang terang tentu akan memberikan kesan yang berbeda dari warna yang lembut dan penerangan yang dibuat nggak terlalu terang. Pencahayaan yang baik dan tepat juga bisa membuat produk-produk yang ditawarkan terlihat lebih menarik.

Unsur pencahayaan adalah salah satu faktor penentu seseorang mau beli dan daya tarik konsumen terhadap suatu barang. Pencahayaan toko yang kurang baik akan menciptakan ketidaknyamanan mereka yang ingin membeli. Untuk itu, pilihlah lampu yang berkualitas baik untuk toko.

5. Perhatikan Tata Letak Display Produk

Toko semestinya didesain untuk memudahkan konsumen saat menjelajah ke seluruh area toko. Mulai dari pintu masuk kemudian diarahkan untuk melihat-lihat display produk terdekat hingga display produk-produk selkanjutnya.

Oleh karena itu, penting untuk menempatkan display produk secara strategis. Anda bisa menata display produk secara berhadap-hadapan dengan memberi jarak antar produk untuk akses calon pembeli yang berkunjung ke toko Tata letak toko mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

perhatikan-tata-letak-produk_

Tata Letak Strategis Memudahkan Akses Calon Pembeli (Sumber: Unsplash.com)

6. Dekorasi Ulang Secara Berkala

Selain memperbarui produk-produk toko, Anda juga bisa merencanakan mengubah dekorasi toko secara berkala. Tidak perlu mengganti semuanya, ubah saja tata letak produk, serta tambahkan elemen dekor baru, cat ulang toko apabila sudah terlihat kusam, dsb. Untuk melakukan dekorasi ulang membutuhkan badget. Apabila Anda tidak bisa mengatur uang bisnis sehingga tidak tahu berapa persen yang Anda dapat dan berapa persen yang Anda bayarkan bisa menjadi momok untuk bisnis kedepannya.

Untuk memudahkan pencatatan dan alur keuangan toko, Anda bisa menggunakan software kasir plus akuntansi, Beepos.

Baca Juga: 4 Software Toko Terpopuler untuk Usaha Minimarket dan Ritel

Contoh Inspirasi Desain Toko Kreatif

1. Kedai Kopi Kekinian

kedai-kopi-kekinian

Kedai Kopi yang luas dan Memiliki Spot Estetik (Sumber: Unsplash.com)

Bisnis coffee shop dewasa ini memang sedang banyak menjamur. Karena banyak anak muda yang lebih suka nongkrong di tempat yang cozy. Selain menyediakan kopi mereka juga mempunyai fasilitas free-wifi yang memudahkan orang yang mungkin sedang bekerja dari rumah tapi bosan di rumah. Poin penting lainnya adalah spot estetik yang coffee shop yang bisa menambah daya tarik dan membuat pelanggan betah.

2. Toko Serba Ada Seperti Minimarket

toko-serba-ada

Toko Serba Ada Membutuhkan Jarak yang Luas untuk Akses Pelanggan (Sumber: Unsplash.com)

Masih banyak orang yang berbelanja di warung atau toko serba ada lho, kamu bisa mendesain toko kelontong seperti minimarket. Barang disusun rapi sehingga konsumen bisa melihat barang yang diinginkan, siapa tahu mereka juga membeli barang lainnya.

3. Toko Bunga yang Keren Banget

toko-bunga-keren

Tata Bunga di Pot Cantik dan Atur Keselarasan Warnanya (Sumber: Unsplash.com)

Usaha bunga dan tanaman semakin marak di tengah pandemi pasalnya banyak orang mulai menggemari menanam bunga atau tanaman tertentu untuk mengisi waktu di rumah saja. Untuk Anda yang memiliki usaha toko bunga, pastikan Anda menata bunga dalam pot cantik dan atur keselarasan warna bunga.

4. Toko Pakaian Bayi yang Lucu

toko-perlengkapan-bayi

Toko Perlengkapan Anak Diatur Berdasarkan Jenis dan Umur (Sumber: Google.com)

Jika Anda ingin membuat toko bayi, calon pelanggan yang harus Anda pelajari adalah ibu atau ayah dari anak tersebut. Usahakan display product tertata rapi berdasarkan usia agar mempermudah para orang tua mencari pakaian mana yang cocok untuk usia anak mereka.

5. Toko Kue yang Minimalis

toko-kue-cantik

Toko Kue Minimalis yang Menonjolkan Kue Buatan Tangan (Sumber: Unsplash.com)

6. Butik Hijab yang Elegan

toko-hijab-elegan

Butik Hijab Elegan (Sumber: Google.com)

Jenis usaha fashion utamanya di bidang pakaian muslim sedang mengalami peningkatan sejalan dengan pasar halal dan sistem keuangan syariah yang digagas pemerintah. Menjelang ramadhan dan lebaran toko-toko pakaian muslim tidak pernah sepi.

7. Toko Buah yang Modern

toko-buah-modern

Toko Buah Ditata dan Dijaga Kualitasnya (Sumber: Freepik.com)

Display toko buah harus diperhatikan lebih ekstra. Apabila ada buah yang tidak segar segera diganti dengan buah yang masih segar demi menjaga kualitas toko buah dan pengalaman calon pembeli.

Kesimpulan

Desain toko merupakan salah satu faktor yang menentukan kesan yang dirasakan oleh calon pembeli saat berkunjung ke toko kita. Kesan yang bagus dapat membuat pembeli nyaman untuk berkunjung dan membeli produk-produk di toko. Maka dari itu desain sangat berpengaruh bagi perkembangan usaha dan menaikkan omzet.

Jika Anda memiliki banyak produk sehingga kesusahan dalam mengontrol keluar masuk stok dan pencatatan pembelian dan penjualan. Software Kasir Beepos dapat membantu mamaksimalkan kinerja toko Anda.

Software kasir Beepos dapat membantu mengelola dan memonitor barang dagangan, rekap data supplier dan pelanggan, serta digunakan untuk transaksi pembelian dan penjualan. Beepos akan menyajikan data laporan yang nantinya dapat dipadukan dengan aturan atau prosedur yang telah ditentukan, sehingga menjadi hasil laporan yang benar-benar akurat

Coba gratis selama 14 hari dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Software-Toko-Kelola-Stok-dan-Catat-Penjualan-Pembelian

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :