5 Langkah Mudah Membuat Laporan Keuangan

Friday, 22 November 2019
Rizal Arisona
Rizal Arisona

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Membuat laporan keuangan, meskipun sering ditakuti sebagai bagian yang rumit dari proses akuntansi usaha kecil, sebenarnya hanyalah masalah menempatkan sejumlah saldo neraca percobaan ke dalam laporan yang sudah diformat dengan benar. Pelajari cara menyiapkan dokumen-dokumen tersebut untuk disajikan dalam bentuk laporan keuangan yang komprehensif untuk pemegang saham, pemodal potensial lainnya, dan semua pemangku kepentingan dalam perusahaan tersebut. Bagaimana prosesnya? Simak ulasan berikut ini:

Setelah Anda menyiapkan entri penyesuaian Anda dalam jurnal umum, memposting total jurnal umum ke buku besar, dan menginjakkan kaki di akun buku besar, Anda siap untuk menyiapkan laporan keuangan. Seperti sebagian besar tugas akuntansi yang telah kami ulas, perangkat lunak akuntansi Anda dapat mengurangi banyak kerja keras.

Baca Juga: Simak Pentingnya Laporan Arus Kas Dalam Sebuah Bisnis Berikut ini

Proses Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan

laporan keuangan

Gambar 1. Proses Pembuatan Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Jika semua entri penyesuaian telah dibuat, dan neraca percobaan dilakukan, maka menyiapkan laporan keuangan sebenarnya hanya masalah menempatkan sejumlah saldo percobaan ke dalam laporan yang diformat dengan benar.

Menyiapkan Komponen Laporan Keuangan

Laporan keuangan yang disiapkan untuk sebagian besar usaha kecil terdiri dari 4 macam (laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan neraca), namun yang paling utama adalah neraca dan laporan laba rugi.

Biasanya ini disiapkan oleh seorang akuntan. Tetapi dengan bantuan perangkat lunak komputer, Anda mungkin dapat menyiapkan laporan keuangan Anda sendiri. Jika Anda perlu menyiapkan laporan keuangan untuk pihak ketiga, seperti bankir, terkadang pihak ketiga dapat meminta agar laporan keuangan disusun oleh akuntan profesional atau akuntan publik bersertifikat.

Menyiapkan Neraca

Neraca juga disebut sebagai laporan posisi keuangan. Neraca adalah gambaran keuangan bisnis Anda pada tanggal tertentu. Ini daftar aset Anda, kewajiban Anda dan perbedaan antara keduanya, yang merupakan ekuitas pemilik usaha, atau kekayaan bersih. Persamaan akuntansi (aset = kewajiban + ekuitas pemilik) adalah dasar untuk neraca.

Neraca disusun setelah semua entri penyesuaian dibuat dalam jurnal umum, semua entri jurnal telah diposting ke buku besar, akun-akun buku besar telah disiapkan untuk mencapai total akhir periode, dan saldo percobaan disesuaikan dan disusun dari jurnal buku besar.

Mempersiapkan Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi juga disebut laporan profit and lost atau “P&L,”. Laporan laba rugi mencantumkan penghasilan, pengeluaran, dan laba bersih (atau kerugian) usaha Anda. Laba atau kerugian bersih sama dengan penghasilan Anda dikurangi pengeluaran Anda. SPT bisnis (laporan pajak) usaha Anda bisa menggunakan variasi dari laporan laba rugi untuk menentukan potensi penghasilan kena pajak usaha Anda.

Laporan laba rugi disusun setelah semua entri penyesuaian dibuat dalam jurnal umum, semua entri jurnal telah diposting ke buku besar, akun buku besar telah disiapkan untuk mencapai total akhir periode, dan saldo neraca percobaan yang disesuaikan telah disiapkan dari total jurnal dalam buku besar.

Siapkan Entri Penutupan untuk Menyiapkan Buku untuk Periode Akuntansi Berikutnya

Setelah laporan keuangan disusun, jangan bersantai dulu. Anda perlu menyiapkan jurnal-jurnal Anda untuk periode akuntansi berikutnya dengan membersihkan akun pendapatan dan pengeluaran di buku besar dan mentransfer laba bersih (atau kerugian) ke akun ekuitas pemilik usaha. Hal ini dilakukan untuk menyiapkan entri penutup dalam sebuah jurnal umum.

Langkah-langkah Membuat Jurnal Penutup

Perhatikan perbedaan antara menyesuaikan entri dan menutup entri. Entri penyesuaian diperlukan untuk memperbarui akun tertentu dalam buku besar Anda pada akhir periode akuntansi. Itu harus dilakukan sebelum Anda dapat menyiapkan laporan keuangan dan laporan pajak penghasilan Anda. Entri penutup diperlukan untuk menghapus akun pendapatan dan pengeluaran Anda saat Anda memulai awal periode akuntansi baru.

Mempersiapkan entri jurnal penutupan adalah proses mekanis yang sangat sederhana. Ikuti langkah berikut ini:

  • Tutup akun pendapatan. Siapkan buat satu entri jurnal yang mendebit semua akun pendapatan. (Akun-akun ini akan memiliki saldo kredit dalam buku besar sebelum entri penutupan.)
  • Tutup akun pengeluaran. Persiapkan satu entri jurnal yang mengkreditkan semua akun pengeluaran. (Akun-akun ini akan memiliki saldo debet di buku besar sebelum entri penutup.)
  • Transfer saldo pendapatan ke akun modal. Siapkan entri jurnal yang menghapus akun pendapatan. Entri ini secara efektif mentransfer pendapatan (atau kerugian) usaha ke akun ekuitas pemilik.

Langkah terakhir adalah membuat jurnal penutup Jika bisnis Anda adalah kepemilikan perseorangan atau kemitraan, tutup akun penarikan (jika ada) dengan menyiapkan entri jurnal yang mengkreditkan akun penarikan dan mendebit akun ekuitas pemilik. Selamat mencoba !

buku besar adalah

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :