4 Kelebihan Aplikasi Stok Barang, Salah Satunya untuk Stock Opname

Tuesday, 10 March 2020
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Pernahkah Anda kepikiran untuk membuat bisnis Anda lebih mudah untuk dikerjakan sehingga tidak perlu harus menguras banyak tenaga dan membuang-buang waktu? Dasarnya setiap bisnis yang dikelola selalu punya porsi waktu yang bervariatif, seperti contoh pekerjaan gudang yang bisa dikerjakan berhari-hari karena banyak stok yang perlu dihitung. Lalu bagaimana agar pekerjaan gudang tidak memakan waktu lama? Salah satu solusinya adalah menggunakan aplikasi stok barang.

Banyak pengusaha yang memiliki inventory system, yang dimana dibutuhkan pengelolaan stok yang tepat supaya manajemen bisnis tidak kacau. Seperti yang kita tahu pekerjaan pengelola gudang diantara lain seperti pengecekan stok, mencatat keluar masuknya stok pada gudang, melakukan opname stok, dan masih banyak lagi.

Saat ini semua bisnis dimudahkan dengan berbagai aplikasi yang dapat membantu operasional usaha menjadi lebih cepat dan efisien. Salah satunya adalah pekerjaan gudang yang bisa dilakukan jauh lebih cepat dengan bantuan aplikasi gudang, dibandingkan dahulu yang masih manual hingga pekerjaan tidak kelar-kelar.

Baca Juga: Cara Sederhana Membuat Laporan Stok

aplikasi kontrol stok

Cara Mudah Melakukan Kontrol Stok (Sumber: Freepik.com)

Siapa yang Mengelola Stok Barang?

Umumnya mereka yang menjalankan bisnis selalu punya manajemen stok. Dan biasanya manajemen stok selalu dikelola oleh divisi kepala gudang. Namun tetap saja divisi kepala gudang harus terkoneksi dengan divisi lain karena di sini perannya sangat penting bagi kelancaran usaha yang dikelola.

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Gudang?

Bukan hanya sekedar melakukan pengecekan stok barang saja, tugas dan tanggung jawab kepala gudang antara lain:

  1. Membuat perencanaan pengadaan barang dan distribusinya
  2. Mengawasi dan mengontrol kegiatan operasional gudang
  3. Mengawasi dan mengontrol barang masuk dan keluar sesuai SOP
  4. Melakukan pengecekan barang yang diterima sesuai SOP
  5. Memastikan persediaan barang sesuai dengan kebutuhan usaha
  6. Memastikan aktivitas keluar masuk barang berjalan lancar

Cara Mengelola Stok Barang

Berikut ini akan kami berikan tips untuk agar Anda lebih mudah mengelola stok barang pada usaha Anda.

1. Pakai SDM yang Banyak

Cara pertama ini menganut pada sebuah pepatah yang mengatakan “Pekerjaan akan lebih mudah jika dilakukan bersama-sama”, maka yang bisa Anda lakukan adalah memperbanyak SDM Anda pada bagian gudang agar lebih cepat dan mudah mengelola stok barang.

Namun Anda juga harus melakukan seleksi untuk beberapa SDM yang dirasa sangat mumpuni supaya lebih mudah lagi melakukan manajemen stok barang pada gudang.

2. Pakai Program Beepos

aplikasi stok barang

Kami sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan program Beepos yang terintegrasi dengan Beecloud karena program ini memberikan lebih banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengelola usaha Anda. Selain fitur untuk mengontrol stok barang, Anda juga akan merasakan manfaat fitur lain seperti Kontrol Pembelian, Transaksi pembelian, memberikan laporan keuangan dengan cepat dan tepat, dan masih banyak lagi.

Info lengkap bisa Anda kunjungi halaman berikut ini: Software Kontrol Stok Beepos

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Stok Barang

Sebelumnya kami sudah menyebutkan bahwa pekerjaan gudang bisa lebih mudah dilakukan menggunakan aplikasi stok barang. Namun pekerjaan apa yang lebih mudah? Apa saja kelebihannya? Mari kita bahas di bawah ini.

1. Stok Terkontrol

Pernahkan Anda ataupun karyawan Anda melakukan tugas gudang berjam-jam hingga berhari-hari karena stoknya sulit terkontrol? Banyak pengusaha mengeluh karena sulit mengontrol stok yang berakibat kacaunya operasional usaha.

Pekerjaan seperti mengelola stok masuk dan keluar, pengecekkan persediaan stok, pengecekkan stok masuk, akan lebih mudah menggunakan aplikasi stok barang. Apalagi jika Anda memiliki bisnis dengan cabang lebih dari satu. Akan sangat lebih mudah jika Anda menggunakan aplikasi stok barang untuk melakukan mutasi stok barang antar cabang usaha Anda.

Aplikasi stok barang bisa memberikan Anda kemudahan dengan melakukan pencatatan stok barang masuk dan keluar secara otomatis ketika Anda melakukan input pembelian dan penjualan pada aplikasi tersebut.

Anda juga bisa melakukan pengecekan persediaan stok, melakukan stok opname dengan mudah, melakukan mutasi barang dengan mudah, sehingga Anda tidak lagi mengalami kesulitan mengontrol stok usaha Anda.

2. Tidak Lupa Lagi Restok Barang

Suatu hal yang bisa dikatakan wajar jika Anda pernah lupa untuk melakukan restok barang yang persediaannya mulai mau habis. Namun jika terus-terusan maka akan mengacaukan bisnis Anda karena jika ada pembeli menginginkan suatu barang dengan jumlah banyak namun stok tidak mencukupi, dampaknya akan sangat buruk bagi bisnis Anda.

Untungnya aplikasi stok barang akan menampilkan beberapa barang yang persediaannya mulai mau habis dengan memberi warna pada jumlah stoknya menjadi warna merah. Dengan melihat jumlah stok Anda dengan font yang berwarna merah akan mengingatkan Anda untuk melakukan restok barang.

3. PO (Purcashe Order) ke Vendor Lebih Cepat

Jika Anda sudah menggunakan fitur yang sudah dijelaskan di atas, maka kelebihan lainnya adalah Anda tidak akan lagi mengalami hambatan apabila Anda ingin melakukan PO ke vendor. Otomatis persediaan barang akan selalu tercukupi.

4. Anti Lembur Saat Stock Opname

Sebal sekali ketika waktu pulang dari kerjaan tetapi tugas Anda belum selesai sehingga Anda harus merelakan waktu keluarga untuk lembur mengerjakan Stock Opname. Sering sekali banyak orang yang mengalami hal ini. Tapi jika Anda menggunakan aplikasi kontrol stok Beepos, semua itu dengan cepat segera teratasi karena aplikasi ini memiliki fitur stok opname yang memudahkan Anda melakukan stok opname hanya dengan menginput persediaan stok, maka selanjutnya aplikasi akan memberikan Anda informasi mengenai beberapa stok yang harus di opname.

Simak video berikut ini:

Kesimpulan

Lebih efisien pakai program untuk mengelola stok barang. Rawan selisih dan hilang. Gunakan Aplikasi Beecloud dan Beepos agar bisnis Anda lancar dan berkembang.

Info lebih lanjut silahkan klik: Aplikasi Stok Barang

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :