Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Aplikasi Rental dan Strategi Sukses Bisnis Rental

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 25 May 2022

Aplikasi rental sering dicari pemilik bisnis lantaran menjadi salah satu alat ampuh dalam mengelola bisnis rental. Kenapa aplikasi rental ini sangat dibutuhkan?

Mengingat bisnis rental sendiri memiliki resiko yang tinggi karena bisa saja kendaraan yang dirental sewaktu-waktu dibawa kabur oleh orang tak bertanggung jawab. Maka dari itu, peran aplikasi rental ini sangat membantu untuk mengelola inventaris kendaraan hingga membuat laporan keuangan.

Selain itu, disini Anda juga perlu tahu apa itu aplikasi rental dan apa tips sukses bisnis rental yang hanya dibahas pada artikel ini.

Aplikasi Rental Adalah

Aplikasi Rental Adalah

Ilustrasi Bisnis Rental Mobil Photo by Sangga Rima Roman Selia on Unsplash

Aplikasi rental adalah sebuah perangkat lunak yang didesain untuk memiliki fungsi untuk melakukan operasional bisnis aplikasi rental, seperti pengelolaan penjualan (kendaraan yang dirental, manajemen stok (stok kendaraan), pembayaran biaya maintenance, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah pengelolaan bisnis, dengan menginput segala operasional lalu sistem akan memberikan data berupa laporan keuangan yang digunakan sebagai alat analisa bisnis.

Banyak orang memilih menggunakan aplikasi rental untuk mudah dalam mencatat keuangan, serta kemudahan mengelola stok kendaraan, sehingga mereka tidak merasa sulit untuk mengontrol bisnis.

Baca Juga: 8 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Pemula

Manfaat Aplikasi Rental

Ilsutrasi Manfaat Aplikasi Rental Foto oleh Chandri Anggara dari Pexels

Selain pengertian, adapun bukan tanpa tujuan aplikasi rental diciptakan. Yaitu memiliki tujuan yang tentunya adalah untuk memudahkan pengelolaan bisnis rental. Anda bisa mengetahui manfaat aplikasi rental berikut ini.

1. Menjaga Aset Bisnis

Aplikasi rental sebenarnya dapat membantu mempertahankan aset bisnis. Hampir semua transaksi bisnis dapat dicatat dalam aplikasi rental. Dengan begitu, pemilik bisnis dapat dengan mudah mengakses informasi tentang aset yang dimiliki oleh perusahaan.

2. Memfasilitasi Manajemen Keuangan

Dengan menggunakan aplikasi rental, ini akan secara langsung memberikan kenyamanan bagi manajemen keuangan bisnis, meskipun masih skala kecil. Melalui manajemen keuangan seperti ini, Anda sebagai pemilik bisnis juga dapat menentukan berapa banyak keuntungan dan pengeluaran yang dilakukan perusahaan Anda.

3. Menghindari Kesalahan Perhitungan

Mungkin Anda dapat membayangkan, jika bisnis Anda masih menggunakan metode perhitungan keuangan manual, sementara transaksi Anda begitu banyak, kemungkinan kesalahan perhitungan dapat terjadi.

Dengan aplikasi rental, maka Anda dapat membuat laporan bisnis dengan lebih akurat, dan risiko kesalahan seperti sebelumnya dapat diminimalkan.

4. Lebih Efisien Waktu

Dengan menggunakan aplikasi rental, bisnis Anda juga dapat memperbarui laporan keuangan lebih cepat. Bayangkan jika dilakukan secara manual, maka membuat laporan keuangan ini akan membutuhkan waktu dan perhitungan yang lama.

Dalam aplikasi rental, Anda hanya perlu memasukkan data, maka hasilnya akan muncul. Ini juga akan menghemat lebih banyak waktu, saat membuat laporan keuangan. Hasil laporan keuangan menggunakan aplikasi juga akan lebih akurat.

Untuk pemula yang baru saja memulai bisnis mereka, mereka akan mendapat manfaat besar dengan menggunakan aplikasi rental untuk bisnis. Dengan begitu, Anda dapat lebih berkonsentrasi pada kegiatan promosi bisnis yang sedang direncanakan.

Strategi Sukses Bisnis Rental

Ilustrasi Menyerahkan Kunci Mobil Kepada Pelanggan (Sumber: Freepik.com)

Bisnis rental mobil adalah bentuk bisnis yang sekarang dijalankan secara luas oleh banyak orang. Permintaan tinggi dari pasar adalah latar belakang mengapa bisnis ini selalu diminati. Apalagi sekarang fasilitas kendaraan umum yang masih jauh dari kata layak.

Dari sini, peluang bisnis penyewaan mobil ini akan lebih cerah dan lebih nyata. Tetapi untuk membuat bisnis ini sukses, Anda yang akan atau menjalankan bisnis ini perlu mengetahui beberapa tips atau strategi yang akurat untuk memulai bisnis ini.

Lalu apa strategi untuk membuat bisnis rental mobil ini sukses? Simak ulasan berikut.

  • Tetapkan Prospek dan Target Pasar

Strategi pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memulai bisnis penyewaan mobil adalah mengenali prospek dan target. Intinya di sini adalah bahwa Anda harus mengetahui prospek bisnis penyewaan mobil di lokasi Anda.

Apakah orang-orang di sana benar-benar membutuhkan mobil atau tidak. Jika memang Anda percaya bahwa banyak orang yang membutuhkan mobil yang berarti bisnis Anda di lokasi itu adalah prospektif yang cukup baik

Tetapi jika Anda tidak menemukan bahwa akan ada banyak orang di lingkungan yang membutuhkan mobil, maka ini tentu saja prospek yang buruk yang harus Anda tinggalkan. Untuk mengetahui prospek ini, Anda pasti harus melakukan survei dan pengamatan.

  • Pilih Lokasi Bisnis yang Baik

Setelah Anda menetapkan target pasar, strategi berikutnya untuk dapat membuat bisnis rental mobil Anda adalah Sukes adalah memilih lokasi bisnis yang baik. Lokasi bisnis yang baik untuk bisnis penyewaan mobil ini adalah lokasi strategis dengan akses jalan dan penuh sesak dengan banyak orang.

Dengan kondisi lokasi seperti itu, kesempatan untuk memperkenalkan bisnis Anda dan juga mendapatkan lebih banyak pelanggan akan terbuka lebar. Pembukaan peluang ini disebabkan oleh jangkauan pemasaran yang bekerja secara langsung dan otomatis.

  • Promosi dan Pemasaran

Untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah besar untuk meningkatkan omset bisnis, Anda perlu menjalankan promosi atau pemasaran. Mengapa Anda harus menjalankan promosi saat lokasi yang ada sangat strategis?

Anda harus memahami bahwa bisnis penyewaan mobil ini bukan hanya Anda. Tetapi ada beberapa orang yang juga menjalankan bisnis ini. Dari sini, tentu saja Anda harus berkompetisi.

Untuk memenangkan kompetisi ini, diperlukan strategi pemasaran yang efektif. Lalu bagaimana Anda menjalankan strategi pemasaran dan promosi yang efektif ini? Ada dua cara yang bisa Anda ambil, yaitu:

  • Melalui strategi pemasaran offline
    Pemasaran Offline adalah teknik pemasaran konvensional yang mengharuskan Anda untuk bertemu langsung dengan pelanggan potensial.Beberapa strategi pemasaran offline yang dapat Anda jalankan untuk bisnis penyewaan mobil termasuk dari mulut ke mulut atau pemberitahuan langsung, penyebaran brosur, spanduk atau spanduk, kartu nama, stiker, brosur, iklan surat kabar, iklan majalah dan lainnya.
  • Melalui strategi pemasaran online
    Selain strategi pemasaran offline saat ini, sangat mungkin bahwa seorang pebisnis juga menjalankan strategi pemasaran online. Dunia online yang tumbuh dengan cepat adalah indikator yang benar-benar harus membuat orang responsif untuk memanfaatkan ini.Beberapa strategi pemasaran online yang dapat Anda jalankan adalah promosi di media sosial (Facebook, Twitter, Youtube dan Instagram), promosi melalui iklan online seperti iklan Google, iklan Facebook, iklan Twitter, atau dengan memaksimalkan situs web melalui optimisasi SEO (optimasi mesin pencari).
  • Antisipasi Tindak Kriminal Penipuan Pencurian Mobil dengan Aplikasi Rental

Di era dengan tindakan yang tidak bertanggung jawab dari sejumlah faktor, menjadikan mengelola bisnis penyewaan mobil ini Anda harus lebih waspada. Pada kenyataannya di lapangan ada banyak kasus mobil sewaan yang disewa oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tindakan kriminal ini dilakukan dengan banyak strategi, seperti salah satunya dengan mengirimkan dokumen palsu kepada pemilik sewaan. Tentu saja dengan dokumen palsu mereka akan bebas untuk melakukan kejahatan mereka dengan membawa mobil.

Menggunakan aplikasi rental, gak ada lagi arsip-arsip kertas yang menumpuk karena semua transaksi telah otomatis terintegrasi by sistem dan tersimpan di database komputer sehingga pembuatan laporan akan lebih cepat dan mudah. Mempermudah pemilik bisnis dalam mengelola data kendaraan dan data riwayat transaksi.

Aplikasi Rental Manajemen Order Rental dengan Kalender Booking

Beeaccounting Rental Web

Selengkapnya Tentang Aplikasi Rental Beeaccounting Klik Gambar di Atas

Lacak ketersediaan mobil atau motor dan atur waktu sewa dengan kalender booking dengan aplikasi rental kendaraan Beeaccounting. Beeaccounting memiliki program untuk mengetahui status mobil yang sedang ready, dibooking, disewa dan sudah dikembalikan. Ada juga sistem kalender untuk mengatur penjadwalan.
Di Beeaccounting juga terdapat fitur laporan history tiap kendaraan/barang rental jadi gak repot apabila ada mobil yang rusak tinggal cek history pemakaiannya aja. Mempermudah pemilik rental dalam mengelola data kendaraan dan data riwayat transaksi. Pencatatan riwayat transaksi akan tersimpan dalam sistem aplikasi rental. Jika nota atau data hilang maka karyawan dapat melihat riwayat transaksi.

Kesimpulan

Menjalankan strategi bisnis rental memang penuh rintangan yang harus Anda lewati. Selain itu, untuk memperoleh kemudahan Anda bisa menggunakan aplikasi rental.

Bisnis rental mobil pemula merupakan jawaban tepat bagi Anda yang sedang bingung memilih tipe bisnis dengan prospek yang menjanjikan. Dengan tips di atas diharapkan Anda bisa menerapkannya.

Untuk lebih mudah menjalankan itu semua, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi rental Beeaccounting. Selain memberikan kemudahan, banyak sekali fitur yang tentunya akan menguntungkan untuk Anda. Software pembukuan rental mobil dan motor untuk memudahkan proses pendataan barang & pencatatan transaksi serta pembukuan akuntansi.

Pengertian Rasio Keuangan Beserta Fungsi, Rumus dan Contohnya
Pengertian rasio keuangan beserta fungsi, rumus dan contoh adalah pokok bahasan pada artikel kali ini. Jika Anda seorang pengusaha / […]
Baca Juga
Cek 4 Keuntungan Pakai Software Faktur Penjualan
Software faktur penjualan merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh diabaikan dalam bisnis usaha barang dan jasa. Oleh karena […]
Baca Juga
Tingkatkan Bisnis Anda dengan Aplikasi UMKM Ini!
Kabar gembira untuk pemiliki usaha kecil, karena untuk saat ini Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis dengan bantuan aplikasi umkm. […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu