🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Stock Opname Adalah: Fungsi, Contoh dan Cara Menyusunnya

Stock opname adalah kegiatan menghitung barang fisik yang tersisa di gudang dan dicocokan dengan catatan transaksi. Bagaimana caranya?
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 14 February 2023

Stock opname adalah menghitung barang fisik yang tersisa di gudang yang nantinya akan dicocokan dengan catatan transaksi. Kegiatan ini wajib dilakukan oleh setiap pebisnis untuk mengetahui kondisi stok persediaan mereka.

Apa sebenarnya yang menjadikan kegiatan ini penting dan wajib dilakukan? Apa sebenarnya stock opname itu dan bagaimana cara melakukannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Stock Opname Adalah …

Tahapan Stock Opname Min

Ilutsrasi Seorang petugas Melakukan Stock Opname di Gudang Perusahaan (Sumber: Freepik.com)

Apa itu stock opname? Mengutip dari pendapat Toto Sucipto, pengertian stock opname adalah kegiatan perhitungan barang yang dilakukan secara berkala dengan menghitung barang fisik yang tersisa di gudang lalu di cocokkan dengan catatan stok di data pembukuan.

Kegiatan stock opname mencakup beberapa aktivitas sekaligus, dimulai dari menghitung stok barang, melakukan inspeksi langsung dan mengatur fasilitas operasional jika suatu saat produk tertentu dalam gudang diperlukan.

Tujuannya, untuk memastikan kelancaran aktivitas operasional selama bekerja. Contohnya, memperkirakan lokasi penyimpanan barang didalam gudang berdasarkan data mana produk yang paling sering keluar dan mana yang seharusnya disimpan.

Selain itu, stock opname juga bisa membantu dalam penyusunan laporan akuntansi pada periode pelaporan nantinya.

Waktu yang Tepat dalam Melakukan Stock Opname

Melakukan stock opname sudah menjadi hal wajib yang dilakukan guna melakukan manajemen produk dan setidaknya dilakukan satu tahun sekali.

Meskipun demikian, ternyata stock opname tidak bisa dilakukan seenaknya. Ada 3 waktu yang boleh digunakan untuk melakukan stock opname, berikut diantaranya:

1. Event

Artinya stock opname dilakukan ketika sedang ada peristiwa khusus, contohnya cuci gudang, event obralan,hari belanja dan sejenisnya yang dimana pebisnis dituntut untuk melakukan opname stok agar apa yang dipasang di situs sesuai dengan aslinya.

Disisi lain, adanya event ini bisa meningkatkan aktivitas keluar masuknya barang di gudang karena meningkatnya angka penjualan. Dengan melakukan stock opname pebisnis bisa mencocokan data di buku transaksi dan jumlah produk yang sebenarnya.

2. Periodik

Selanjutnya adalah periodik. Artinya pebisnis bisa melakukan stock opname pada periode-periode tertentu. Bisa tahunan, per semester atau bahkan per kuartal.

Periode ini bisa disesuaikan pebisnis berdasarkan kesanggupan dan kebutuhan operasional bisnis itu sendiri. Jika memang stok opname perlu dilakukan satu tahun sekali saja sudah cukup maka periode tersebut bisa digunakan dan seterusnya.

3. Harian

Berikutnya stock opname bisa dilakukan secara harian, dan kembali lagi pada kebutuhan bisnis. Seperti bisnis yang menjajakan produk yang memiliki masa ketahanan pendek sehingga perlu dilakukan pengecekan setiap harinya.

Baca Juga: Stock Opname Artinya, Kapan Waktu Tepat untuk Stock Opname

Tahapan-Tahapan dalam Melakukan Stock Opname.

software distributor stock opname barang inventory tidak efisien image

Proses Penempelan Stiker guna Memudahkan Proses Pengelompokkan Barang (Sumber: Freepik.com)

Pada umumnya pelaksanaan stock opname membutuhkan banyak waktu karena banyak aktivitas yang dilakukan disana, mulai dari pendataan, penataan barang sampai pengelompokan barang sesuai dengan jenisnya.

Dalam hal ini stock opname dilakukan dengan 4 tahapan, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tahapan Awal

Pada tahapan awal seorang pebisnis perlu merapikan dan memisahkan produk yang ada di gudang berdasarkan kategori yang sudah ditetapkan perusahaan sebelumnya.

Biasanya dibedakan dengan menggunakan stiker atau tag tanda khusus untuk memudahkan proses pengelompokan dan perhitungan stok barang.

2. Tahapan Persiapan

Berikutnya adalah melakukan pembagian tugas dengan pihak berkaitan untuk melakukan perencanaan stock opname sampai jam kerja masing-masing. Mulai dari tugas input variasi produk sampai pencatatan keterangan waktu.

Sebab tidak boleh ada barang tambahan setelah jam operasional perusahaan berakhir sampai proses stock opname selesai dilakukan.

3. Tahapan Stock Opname

Langkah berikutnya yang dilakukan adalah melakukan stock opname yang terdiri dari beberapa kegiatan berikut ini:

  • Mencatat dan memastikan seluruh transaksi sudah tercatat ke dalam sistem, kemudian dicetak dan diberikan kepada staf akuntan untuk tindakan berikutnya.
  • Menghitung dan memeriksa stok yang ada di gudang, apakah sudah sesuai dengan kategori atau belum dan kemudian dilanjutkan dengan memberikan stiker dan tag.
  • Berikutnya, memberikan hasil stock opname untuk setiap kategori barang kepada barang kepada tim yang bertugas untuk dimasukkan ke dalam pencatatan.
  • Kemudian, hasil yang diperoleh akan menunjukkan perbandingan dari stok yang sebenarnya dan catatan stok yang ada di catatan.
  • Langkah terakhir adalah pengecekan ulang untuk memastikan jika tidak ada kesalahan hitung jika terjadi selisih pada jumlah barang.

4. Tahapan Akhir/ Penyelesaiaan

Langkah terakhir ketika melakukan stock opname adalah menyerahkan data kepada bagian akuntan kemudian dilakukan penyesuaian sistem dan stock opname selesai dijalankan.
Pada tahapan akhir ini juga perusahaan akan tahu bagaimana kondisi stok barang yang ada di gudang mereka.

Sehingga, Perhitungan ini guna mengetahui data sebenarnya dan perusahaan bisa menentukan apa yang harus dilakukan untuk mengelola stok barang yang sesuai.

Contoh Laporan Stock Opname

Berikut contoh laporan stock opname

laporan stok dan opname aplikasi pembukuan online shop

Ilustrasi laporan stok dan opname pada bisnis online shop (Sumber: Bee.id)

Fungsi dan Manfaat Stock Opname Pada Bisnis

Berikut poin-poin ringkasan fungsi dan manfaat stok opname bagi bisnis:

  • Sebagai Pencegah Kekeliruan Pencatatan Stok Barang
  • Pebisnis bisa mengetahui berapa total jumlah dan kualitas pasti dari produk yang dijual.
  • Pebisnis mengetahui secara jelas seberapa besar arus keluar dan masuknya barang yang ada di gudang.
  • Berikutnya, melakukan kontrol barang dengan mudah. Serti produk hilang, rusak dan sejenisnya, sehingga pebisnis bisa melakukan tindakan lebih lanjut.
  • Kemudian, meminimalisir kekurangan dan kelebihan produk yang ada di gudang
  • Mengetahui ketersediaan bahan baku atau barang dagang. Dengan data stock opname pebisnis bisa tahu kapan ia akan mengisi gudangnya.
  • Sebagai salah satu cara untuk menganalisis perkembangan produk.

Baca Juga: Program Stok Cegah Kesalahan Karyawan saat Stok Opname

Tips Melakukan Stock Opname Agar Tidak Memakan Waktu Banyak

Kapan Stock Opname Dilakukan

Pada Proses Pelasanaan Stock Opname Petugas Perlu Melakukan Perencaanaan Agar Efektif dan Efisien (Sumber: Freepik.com)

1. Melakukan Penjadwalan

Tips pertama yang bisa diterapkan agar stock opname tidak semakin menumpuk adalah melakukan penjadwalan, sebab dengan penjadwalan ini pebisnis bisa dengan teratur melakukan stock opname.

Jadwal ini bisa ditetapkan sesuai kebutuhan bisnis dan periode waktu yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, dari mulai harian, periodic dan tahunan.

2. Buat Data Pemetaan Produk

Berikutnya adalah melakukan pemetaan produk dengan memberikan stiker atau tag sebagai tanda barang, seperti yang dilakukan pada tahapan awal stock opname.

3. Gunakan Denah Tata Letak Gudang Penyimpanan

Anda bisa menggunakan denah tata letak untuk memudahkan proses pemetaan barang. Sehingga ketika proses stock opname dilakukan pihak yang bertugas mudah menemukan tempat penyimpanan produk yang dicari.

Selain itu, cara ini juga bisa memudahkan proses penghitungan sehingga stock opname bisa dilakukan dengan tempo yang lebih singkat.

4. Berikan Tanda Khusus Pada Tempat Penyimpanan

Selain membuat denah gudang penyimpanan, Anda juga bisa membuat tanda khusus di setiap rak untuk memudahkan petugas mengenali produk tanpa perlu di cek ulang satu persatu.

Tidak hanya itu saja, tanda ini juga bisa menjadikan produk tidak nyasar di tempat penyimpanan lainnya.

5. Bedakan Mana Stok Baru dan Mana Stok Lama

Jangan campur antara stock baru dan stok lama, terutama untuk produk yang memiliki masa kadaluarsa. Pencampuran ini akan menghambat proses pendataan karena harus melakukan pengecekan satu persatu.

Pebisnis bisa memisahkan produk baru dan lama dengan cara penyimpanannya. Produk lama diletakkan di luar sedangkan produk baru diletakkan setelahnya.

Gunanya, agar produk lama bisa terjual habis terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan produk selanjutnya, begitu seterusnya.

6. Menggunakan Software Beecloud

Beecloud Kelola Stok Barang Di Gudang

Tips berikutnya pebisnis bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk melakukan stock opname dengan mudah.

Pebisnis tidak perlu wara wiri mengontrol stocknya langsung ke gudang, karena bisa dikelola dengan mudah karena fitur cloud yang digunakan.

Stok harian dijamin akurat mudahkan Anda melakukan stock opname, laporan lengkap dan mudah digunakan Beecloud siap digunakan oleh pebisnis handal seperti Anda. Segera daftarkan diri dan dapatkan gratis trial + panduan dari tim profesional Bee.

Kesimpulannya, Stock Opname adalah proses pendataan barang. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Supply Chain Adalah? Apa Bedanya Supply Chain Management?
Supply chain adalah rantai pemasok jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Sederhananya, supply chain adalah jaringan pemasok selama untuk proses produksi.
Baca Juga
Warehouse Adalah: Pengertian, Jenis dan Fungsinya
Warehouse adalah gudang tempat penyimpanan logistic dan inventory sebuah perusahaan,sebagai tempat penyimpanan hasil produksi agar kualitasnya tetap terjaga juga meningkatkan
Baca Juga
Apa itu Logistik? Fungsi dan Komponen dalam Dunia Logistik
Sekarang ini kehidupan manusia tidak dapat terpisahkan dari logistik. Sebut saja berbagai barang yang digunakan sehari-hari berasal dari berbagai daerah
Baca Juga
FIFO Adalah Metode Manajemen Persedian, Begini Cara Kerjanya
Metode FIFO adalah salah satu konsep yang sangat penting dalam dunia bisnis, terutama dalam manajemen persediaan barang. Dalam artikel ini,
Baca Juga
13 Rekomendasi Aplikasi Stok Opname Barang Terbaik 2023
Stok opname adalah aktivitas menghitung persediaan barang yang masih tersimpan di gudang untuk dipasarkan nantinya, untuk meningkatkan efisiensi kerja dibutuhkan
Baca Juga
Ini Dia Rincian Biaya Produksi dan Tips Optimasinya
Tidak peduli seberapa mengesankan permintaan untuk produk Anda, jika rincian biaya produksi tidak efisien, Anda tidak akan mendapat untung maksimal
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu