Ramai Social Distancing, Banyak Usaha Pakai Aplikasi Order Online

Monday, 4 May 2020
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Mungkin masih saat ini masih ada yang menganggap bahwa menjalankan bisnis ditengah pandemi seperti akan sangat sulit, kita diharuskan survive agar ekonomi bisnis tidak mengalami penurunan. Sebenarnya tidak, jika Anda menerapkan strategi bisnis yang tepat. Walaupun pemerintah menerapkan social distancing, kegiatan bisnis masih bisa tetap berjalan. Salah satu tips agar Anda bisa lancar berjualan adalah dengan bantuan aplikasi order online.

Sayangnya belum banyak pengusaha yang menyadari terdapat sebuah aplikasi permudah usaha yaitu order via online. Maka dari itu, nanti di akhir artikel akan kami kasih tau apa saja aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk order online ditengah pandemi seperti ini.

Kebijakan Pemerintah untuk Social Distancing

aplikasi order online

Ilustrasi Social Distancing (Sumber: Liputan6.com)

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, disaat pandemi virus seperti sekarang ini pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan yang namanya social distancing. Social distancing itu sendiri merupakan suatu tindakan pembatasan untuk mengendalikan infeksi nonfarmasi atau memperlambat penyebaran suatu penyakit menular.

Namun dampaknya, banyak usaha yang sulit ‘survive’ dalam kondisi social distancing. Apalagi yang baru menjalankan usaha, tantangan berat dirasakan pada awal mendirikan usaha. Masyarakat dihimbau untuk menghindari kerumunan agar tidak tertular virus covid-19.

Fenomena Order Online, Usaha Ritel

Karena pemerintah menerapkan kebijakan social distancing, beberapa usaha akan mengalami kesulitan dalam menjual barang dagangannya. Akhirnya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah order online. Artinya banyak pengusaha beralih melakukan penjualan secara online.

Untuk saat ini memang masih diperbolehkan untuk menjalankan sistem delevery online yang dimana semua barang dikirim menggunakan delivery meskipun jarak yang ditempuh terbilang dekat. Hal ini dikarenakan untuk menghindari penularan virus corona.

Sistemnya, pelanggan akan memesan produk melalui Whatsapp lalu pemilik produk akan mengirim barang melalui ekspedisi yang tersedia. Tentunya cara seperti ini sudah lama dilakukan, namun karena kondisi seperti sekarang banyak pengusaha sudah mulai menggunakan cara ini.

Kelebihan Order via Online

Jika dahulu kegiatan berbisnis dengan bertansaksi secara langsung atau saling bertemu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan. Sementara itu, hal tersebut sangat sulit dilakukan mengingat kondisi negara ini yang ikut terkena wabah. Sehingga semua penjualan dilakukan secara online

Beberapa kelebihan order via online:

  1. Tidak perlu keluar rumah, saat ini sudah terdapat ekspedisi yang menyediakan fitur jemput barang. Maka dari itu Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk berjualan sehingga Anda tidak perlu keluar rumah.
  2. Hemat Biaya, dengan Anda berdiam dirumah atau melakukan aktivitas bisnis dirumah, tentunya hal ini akan menghemat biaya Anda.
  3. Lebih Aman, untuk saat ini memang terbilang aman karena memang ekspedisi yang tersedia sudah terjamin keamanannya.

Aplikasi untuk Order Online dari Hape

Berikut terdapat aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan order online hanya menggunakan hape Anda sendiri.

1. Whatsapp

Aplikasi terbaik dalam berkomunikasi saat ini adalah whatsapp. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan order online. Pelanggan menghubungi melalui whatsapp, lalu Anda bisa melakukan delivery secara online

2. Telegram

Sama seperti Whataspp, aplikasi satu ini juga sangat direkomendasikan untuk kegiatan komunikasi bisnis. Fitur yang dimiliki juga hampir sama, sehigga aplikasi ini bisa Anda jadikan sebagai channel kedua.

3. E-Commerce atau Online Shop

Bukan ketinggalan jaman, justru saat ini ramai orang pakai online shop sebagai aplikasi order online. Layaknya memiliki toko online, pelanggan bisa melihat sendiri gambar-gambar produk yang Anda jual. Mereka juga bisa langsung melakukan order sendiri dan Anda hanya tinggal melanjutkan transaksi tersebut.

4. KlikWA.Net

Salah satu aplikasi order online terbaik adalah klikwa.net. Aplikasi ini mempermudah pelanggan Anda untuk melakukan order online. Beberapa fitur yang dimiliki:

  • Fitur Rotator, 1 nomor WA bisa diakses banyak Sales, gak repot beli banyak nomor WA
  • Bikin Brand sendiri seperti Klikwa.net/AplikasiBee
  • Cek Stok Langsung dari WA
  • Cek Harga Barang dari WA
  • Kirim Tagihan ke WA

Silahkan Anda kunjungi: KlikWA.net

Kesimpulan

Situasi Pandemi seperti ini bukan penghalang untuk melakukan kegiatan bisnis seperti jual beli. Pelanggan Anda tetap bisa melakukan order secara online menggunakan aplikasi-aplikasi di atas.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :