Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Kenali Tugas Kasir Cafe Yang Bukan Hanya Menerima Pembayaran

Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 2 March 2022

Tugas kasir cafe banyak dikenal masyarakat sebagai penerima pembayaran saja. Padahal, kasir punya peran yang lebih penting daripada itu. Selain barista dan waiters, ada satu peran yang tidak kalah penting dalam sebuah cafe, yakni kasir.

Menjadi petugas kasir tentu saja bukan pekerjaan yang mudah. Mereka wajib memiliki kemampuan seperti kecepatan melayani, kejujuran, kemampuan berhitung, ketelitian, hingga kemampuan berkomunikasi yang baik. Itulah mengapa seorang kasir tidak boleh dianggap remeh.

Pengertian Kasir

tugas kasir cafe

Mempelajari Lebih Lanjut Tentang Kasir dan Tugasnya (Sumber: Pexels.com)

Kasir umumnya merupakan pekerjaan yang difokuskan pada penanganan uang tunai dalam cafe. Selain itu, kasir juga memiliki tanggung jawab untuk melayani pembayaran yang dilakukan customer dan menyimpan uang di dalam sebuah mesin kasir. Kasir juga menangani transaksi yang dilakukan oleh pelanggan dalam bentuk pembayaran tunai dan non-tunai.

Selain melayani proses transaksi, kasir juga memiliki peran penting dalam melayani pelanggan dalam hal lain. Seperti halnya melakukan packing barang yang dibeli, memberikan informasi mengenai barang, hingga memberikan informasi promo yang sedang berjalan di sebuah cafe.

Nemun sebenarnya masih banyak lagi tugas dari seorang kasir yang perlu Anda tahu. Apa sajakah itu?

Tugas dan Tanggung Jawab Kasir

Setiap pekerjaan pasti memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus dipenuhi. Sama halnya dengan kasir cafe, mereka juga punya tugas dan tanggung jawab diantaranya:

  • Menghitung Total Pendapatan Harian
  • Memantau Pengeluaran Belanja Stok dan Kebutuhan
  • Berkomunikasi dengan Tim Pelayanan atau Barista
  • Memberikan Pelayanan Ramah Terhadap Pelanggan
  • Melayani Proses transaksi
  • Memberikan Informasi yang Dibutuhkan Pelanggan
  • Memahami Operasional Program Kasir atau EDC
  • Memeriksa dan Mencatat Data Penjualan
  • Memeriksa Daftar Harga Produk
  • Memeriksa Stok Barang
  • Membuat Laporan Penjualan Harian/Bulanan
  • Menjaga Kebersihan Area Kasir

Baca Juga: Ingin Punya Restoran Ramai Pengunjung? Inilah 5 Tipsnya

Keahlian yang Dibutuhkan untuk Menjadi Kasir Cafe

keahlian-untuk-menjadi-kasir-cafe

Kasir Cafe Tidak Hanya Menerima Pembayaran (Sumber: Freepik.com)

Jika Anda ingin bekerja sebagai kasir cafe, ataupun untuk Anda yang sedang mencari karyawan sebagai kasir cafe, maka beberapa keahlihan harus diperhatikan. Mengingat tugas kasir cafe bukan pekerjaan yang mudah dan tidak banyak orang pula yang bisa melakukan pekerjaan ini.

Adapun berikut ini beberapa keahlian yang sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang kasir cafe:

  • Pelajari Cara Pembayaran

Di era modern ini, sudah banyak berbagai cara pembayaran untuk memudahkan sebuah transaksi yang sedang terjadi. Sama halnya di sebuah cafe atau kedai kopi, berbagai cara pembayaran bisa dilakukan. Diantaranya pembayaran tunai, dan juga non-tunai.

Untuk pembayaran tunai, keahlian yang dibutuhkan adalah ketelitian dalam menghitung uang. Jika tidak teliti dalam menghitung, bisa saja bisnis cafe berpotensi mengalami kerugian.

Begitu juga pembayaran non tunai, ketelitian menghitung jangan dianggap remeh. Meskipun sudah terdapat mesin atau program yang bisa menghitung secara otomatis, namun bisa saja terdapat selisih jika tidak dilakukan penghitungan kembali.

  • Memberikan Pelayanan Terbaik

Kemampuan dalam bersosialisasi sangat dibutuhkan bagi seorang kasir untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi palanggan. Sebuah usaha akan bisa berkembang secara pesat apabila karyawannya dapat memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Hal ini sangat berpotensi untuk menjangkau lebih banyak orang melalui salah satu pelanggan yang menceritakan pengalaman baiknya melakukan transaksi di cafe yang kita miliki. Semakin baik pelayanannya, orang akan lebih suka bercerita kepada teman dan kerabatnya.

  • Memahami Sudut Pandang Pelanggan

kasir-harus-memberikan-pengalaman-terbaik-untuk-pelanggan

Kasie Cafe Memerikan Pengalaman Terbaik untuk Pelanggan (Sumber: Freepik.com)

Prioritas utama bagi seorang kasir adalah memberikan pelangalam terbaik untuk pelanggan. Untuk mewujudkannya, maka dibutuhkan pemahaman sudut pandang sebagai pelanggan. Pertanyaan mengenai bagaimana memberikan rasa puas dan bahagia kepada pelanggan haruslah terjawab.

Dengan memandang dari sudut pandang seorang pelanggan, maka kita akan bisa memahami kebutuhan apa saja yang harus terpenuhi.

  • Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Anda pasti pernah melihat seseorang yang menjadi pelanggan setia di sebuah toko atau kedai kopi. Mereka biasanya sudah akrab dengan pegawai, kasir, bahkan dengan manager toko. Salah satu cara mendapatkan pelanggan setia adalah dengan membangun hubungan yang baik dengan mereka.

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dapat menciptakan peluang untuk mendapatkan repeat order. Pelanggan akan senang karena memiliki teman baru di cafe yang ia kunjungi.

Diperlukan sebuah kecerdasan emosional terutama dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Komunikasi yang dilakukan harus sesuai dengan kondisi, janga terlalu memaksa untuk menjadi akrab dengan pelanggan.

  • Memiliki Pemahaman terhadap Produk

Tak jarang pelanggan menanyakan hal-hal seputar produk yang akan mereka beli. Sebagai seorang kasir, mereka harus bisa memberikan rekomendasi yang cocok untuk mereka. Hal tersebut dapat dilakukan jika seorang kasir memiliki pemahaman produk yang baik.

Selain itu juga, pelanggan akan mendapatkan pemahaman baru mengenai suatu produk. Misalnya jika Anda menjual kopi americano, mungkin Anda juga bisa memberikan informasi kandungan dan asal-usul kopi tersebut. Sehingga pelanggan akan mendapatkan pengetahuan baru.

  • Memahami Stock Opname

kasir-wajib-memahami-stock-opname

Tugas Kasir Cafe Wajib Memahami Stock Opname (Sumber: Freepik.com)

Meski di beberapa perusahaan ada bagian yang punya tanggung jawab dalam mengelola stok, sebagai seorang kasir juga harus paham tentang stock opname.

Stock opname merupakan aktivitas menghitung dan menganalisa ketersediaan barang yang ada di gudang. Ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan barang yang ada di cafe.

  • Tidak Boleh Curang

Mungkin beberapa dari Anda ada yang sudah mendengar tentang banyaknya kasus mengenai kecurangan yang dilakukan seorang kasir. Kecurangan ini dilakukan atas dasar untuk mendapatkan keuntungan sepihak dari seorang kasir. Sehingga mereka akan melakukan sebuah kecurangan.

Banyak juga tindakan kecurangan ini seperti meningkatkan harga barang, memanipulasi data stok barang, tidak memberikan nota kepada pelanggan, dan masih banyak lagi.

Penting untuk Anda sebagai pemilik cafe untuk mewaspadai tindakan tersebut.

Solusi Tepat untuk Mempermudah Tugas Kasir Cafe

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pekerjaan kasir sangatlah beragam, untuk upaya mempermudah segala pekerjaan tersebut adalah dengan menggunakan program kasir.

Di era teknologi ini, sudah banyak perusahaan yang membuat sebuah program kasir untuk memudahkan pekerjaan kasir cafe. Salah satunya adalah Beepos dan Beepos Mobile.

Beepos dan Beepos Mobile merupakan sebuah program kasir online yang didesain untuk keamanan dan kecepatan penjualan. Selain itu, beepos juga memiliki data keamanan yang terjamin, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai kecurangan yang dilakukan pegawai kasir Anda.

Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan_web

Klik Gambar di Atas untuk Coba Gratis Aplikasi Kasir Cafe

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir Cafe Beepos

Beepos memiliki beragam fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan kemudahan dalam operasional usaha Anda. Adapun berikut ini beberapa keuntungan jika Anda menggunakan aplikasi kasir cafe beepos:

  • Aman dari Manipulasi & Kebocoran
    Beepos didesain untuk keamanan dari manipulasi dan kebocoran, sehingga Anda tidak akan khawatir dari kecurangan data
  • Jualan Kasir Cepat
    Aplikasi kasir beepos juga didesain untuk kecepatan dalam melakukan transaksi, sehingga tidak akan ada lagi antrian pesanan pada cafe Anda
  • Kontrol Stok Harian
    Anda tidak perlu lagi melakukan update stok setiap hari, karena Beepos memiliki fitur penjualan otomatis potong stok
  • Internet Offline Jualan Gass Teruss
    Tak perlu khawatir jika internet sedang mati, karena Beepos tetap bisa digunakan untuk berjualan.
  • Integrasi Akuntansi
    Bukan cuma data omset penjualan, kontrol juga gross profit, biaya-biaya operasional sampai laba bersih dan pajak; PPN & PPH

Kesimpulan

Tugas kasir cafe memiliki tanggung jawab yang harus dipenuhi untuk mendukung perkembangan bisnis cafe. Solusi tepat untuk mempermudah pekerjaan kasir cafe adalah dengan menggunakan aplikasi kasir. Salah satu aplikasi kasir yang bisa Anda gunakan adalah Beepos.

8 Macam Diskon, Cara Menghitung Diskon dan Contohnya
Setiap orang tentu sudah pernah mendapatkan diskon pada suatu pembelian, baik di toko offline maupun online. Akan tetapi, tidak banyak […]
Baca Juga
Aplikasi Kasir Bikin Kelola Kedai Kopi Semakin Mudah
Aplikasi kasir kedai kopi menjadi solusi mengembakan bisnis kedai kopi hingga pesat. Itu karena aplikasi kasir diciptakan untuk memudahkan para […]
Baca Juga
Memahami Apa itu Retail, Fungsi dan Contoh Bisnis Retail
Pengertian Retail Ritel atau disebut juga retail adalah kegiatan memasarkan barang ataupun jasa dalam satuan atau eceran secara langsung kepada […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu