Logo Bee Web

Valas (Valuta Asing), Begini Pengertian dan Jenisnya

Apa itu Valas? Valas adalah singkatan dari valuta asing, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini lengkap dengan jenisnya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 March 2023

Valuta asing atau yang sering disebut dengan valas adalah parameter yang digunakan seseorang atau sebuah kelompok lembaga dalam melakukan transaksi ekonomi yang biasanya dilakukan dalam skala internasional.

Valas bisa juga dikatakan sebagai nilai mata uang internasional, namun tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran transaksi yang sah di dalam negeri, ingin paham tentang apa itu valuta asing lebih dalam? Simak selengkapnya di bawah ini:

Apa itu Valas (Valuta Asing)?

Valas

Valas bisa diartikan sebagai mata yang asing yang digunakan dalam transaksi interasional (Credit: Freepk.com/@rawpixel.com)

Valuta asing atau valas adalah mata uang asing yang digunakan dalam transaksi perdagangan internasional. Dimana mata uang asing ini hanya bisa digunakan untuk pembayaran transaksi keuangan luar negeri tidak bisa untuk pembayaran di dalam negeri.

Karena digunakan untuk pembayaran transaksi nilai dari valuta asing ini terdaftar dan tercatat secara resmi di bank central yang disebut juga dengan kurs valuta asing, salah salah satu contohnya adalah nilai mata uang dolar.

Menurut Jose Rizal Joesoef, valuta asing/ valas adalah mata uang asing yang digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi ketika di luar negeri. Baik untuk keperluan pribadi, bisnis sampai pemerintahan.

Pendapat hampir sama juga dilontarkan oleh Hamdy Hady, jika valas adalah mata uang asing yang digunakan sebagai alat pembayaran berbagai macam transaksi yang berkaitan dalam bidang ekonomi keuangan internasional yang telah mempunyai kurs resmi atau catatan di bank sentral.

Kurs sendiri adalah nilai tukar atau perjanjian nilai tukar mata uang antar dua wilayah terhadap pembayaran baik untuk masa kini ataupun dimasa yang akan datang. Contohnya, 1 dolar amerika jika ditukarkan dengan mata uang rupiah memiliki nilai tukar sebesar Rp14.000 dan sejenisnya. Dan hal ini akan sangat berpengaruh bagi bisnis yang ruti beraktifitas ekspor.

Baca Juga: Gak Tau Cara Ekspor Barang? Simak 5 Tips Berikut!

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kurs Valuta Asing

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai kurs dari valuta asing ini, berikut diantaranya:

1. Inflasi

Penyebab pertama yang bisa mempengaruhi nilai kurs valuta asing ini adalah inflasi. Jika diartikan inflasi adalah penurunan nilai mata uang lokal yang mengakibatkan naiknya harga barang atau jasa di pasaran.

Dengan nilai mata uang semakin menurun maka nilai kurs atau nilai tukar mata uang lokal juga akan semakin jatuh. Contoh saja jika nilai 1 dolar amerika ke rupiah awalnya Rp14.000 menjadi Rp20.000 dan seterusnya.

2. Neraca Pembayaran

Berikutnya adalah aktivitas neraca pembayaran. Dimana jika neraca pembayaran semakin aktif maka jumlah demand dari perusahaan asing juga akan semakin meningkat. Dan nilai tukar mata uang lokal juga akan semakin meningkat.

3. Isu yang Beredar

Selanjutnya adalah isu yang beredar, pengaruh nilai valas dengan isu berkaitan dengan ekspektasi nilai tukar mata uang yang terjadi di masa yang akan datang. Dari hasil ekspektasi ini pasar valas akan memberikan respons yang agresif sehingga mempengaruhi nilai tukar di masa depan.

4. Kontrol dan Ketetapan Pemerintah

Faktor keempat adalah berkaitan dengan kontrol dan ketetapan dari pemerintah. Pemerintah memiliki hak dalam mengontrol dan menentukan bagaimana pergerakan nilai tukar valas ini.

Sebab, pemerintah juga akan bertanggung jawab dalam hal keseimbangan nilai tukar mata uang di wilayahnya. Selain itu, ketetapan ini juga berfungsi untuk menghindari masalah pertukaran dan transaksi dengan mata uang valas dalam perdagangan internasional.

5. Perbedaan Suku Bunga

Faktor selanjutnya adalah adanya perbedaan suku bunga, tingkatan bunga sendiri adalah nilai mata uang yang dimanfaatkan dalam jangka waktu tertentu, yang akan mempengaruhi valas. Dan setiap negara memiliki ketetapan nilai bunga masing-masing. Sehingga, berapa nilai dari kurs valuta asing juga akan terpengaruhi.

Jenis-Jenis Valuta Asing

Valuta Asing Fisik

Contoh Bentuk Valuta Asing dalam Bentuk Fisik (Credit: Freepik/ @Wirestok)

Berikut jenis-jenis valuta atau valas yang dibedakan menjadi dua kelompok besar, yakni:

1. Valas Berdasarkan Jenis

Jenis pertama adalah valas yang dibedakan berdasarkan jenisnya yang dibagi kembali menjadi dua kelompok, yakni valas fisik dan non fisik.

a. Valas Fisik

Valuta asing berdasarkan fisiknya adalah mata uang asing yang memiliki wujud fisik, contohnya mata uang kartal dan logam yang bisa digunakan untuk pembayaran transaksi internasional.

b. Valas Non Fisik

Berikutnya adalah valuta asing non fisik, jenis valas atau mata uang yang tidak berbentuk secara fisik. Contohnya, giral, giro, wesel dan sejenisnya.

2. Valas Berdasarkan Bentuknya

Jenis kedua dari valuta asing adalah dibedakan berdasarkan bentuknya, kali ini dibedakan lagi menjadi empat jenis, berikut diantaranya:

a. Mata Uang Asing

Pertama adalah mata uang asing, mata uang asing ini merupakan mata uang digunakan dan berlaku di sebuah negara. Jika di Indonesia maka mata uang selain rupiah disebut dengan mata uang asing. Contoh, dolar, ringgit, rupe, won dan sejenisnya

b. Surat Wesel Luar Negeri

Kemudian ada surat wesel luar negeri, surat ini berkaitan dengan kegiatan ekonomi ekspor dan impor baik negara Indonesia ke negara lain atau negara lain ke Indonesia.

c. Saldo Kredit

Berikutnya ada saldo kredit, yakni jenis valas atau saldo uang yang dimiliki perseorangan, bisnis atau pemerintah yang disimpan dan dimiliki devisa negara lain.

d. Hak Penerimaan Pembayaran

Terakhir ada hak penerimaan pembayaran, yakni hak yang diterima oleh penduduk yang mendiami sebuah negara, dengan nilai likuiditas yang cukup tinggi.

Jenis Transaksi Valuta Asing

Selan dari jenis di atas, transaksi valuta asing juga dibedakan menjadi beberapa kelompok, seperti:

1. Transaksi Option

Jenis transaksi valas pertama adalah transaksi option, sebuah surat kontrak yang digunakan untuk mendapatkan hak dalam menjual dan membeli valuta asing pada harga, rentang waktu dan ketentuan tertentu lainnya.

2. Transaksi Spot

Berikutnya transaksi spot, yakni pembayaran antar valuta asing dengan metode serah terima pembayarannya dilakukan antar bank dalam kurun waktu 2 hari kerja, transaksi ini dibedakan lagi menjadi 3 cara, yakni:

  • Value Today (Cash), pembayaran yang dilakukan di hari yang sama dengan proses pembelian yang juga disebut dengan same day settlement.
  • Value Spot, penyerahan dana atau pembayaran yang dilakukan setelah dua hari proses pemesanan produk dilakukan.
  • Value Tomorrow, penyerahan dana atau pembayaran yang dilakukan sehari setelah pembuatan kontrak kerja, yang dilakukan pada hari kerja.

3. Transaksi Forward

Selanjutnya, transaksi forward yakni pembuatan dan persetujuan kontrak dilakukan di hari yang sama, namun proses transaksi dilakukan di waktu yang akan datang, biasanya sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

4. Transaksi Swap

Transaksi swap adalah kontrak yang melibatkan pembelian atau penjualan mata uang asing dengan harga spot yang digabungkan dengan transaksi pembelian dan penjualan mata uang asing dengan harga forward yang sama. Dengan kata lain, transaksi ini merupakan gabungan dari transaksi spot dan transaksi forward.

Transaksi forward ini biasanya dilakukan oleh market maker (dealer). Caranya adalah membeli mata uang menggunakan transaksi spot dan membayar jumlah yang sama menggunakan transaksi forward.

Fungsi Valuta Asing bagi Keuangan Bisnis

Berikut ini deretan fungsi dari transaksi valuta asing atau valas:

  • Adanya valas bisa menjadi alat tukar dalam skala internasional
  • Dengan adanya valas pebisnis dan pembeli bisa melakukan transaksi pembayaran dalam skala internasional dengan lebih mudah dan efisien.
  • Selanjutnya adalah memudahkan aktivitas perdagangan skala internasional, pebisnis bisa memasarkan produknya sampai ke Mancanegara
  • Penyedia kredit
  • Pengendali kurs mata uang
  • Meminimalisir resiko kesalahan dalam melakukan transaksi antar negara.

Untuk memudahkan Anda dalam memanajemen keuangan, penjualan sampai produksi perusahaan lebih efektif dan efisien, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting versi platinum. Kontrol stok barang, pahan baku produksi, pencatatan transaksi sampai laporan akuntansi langsung jadi.

21 Des Cta Ba

Coba sekarang juga, Daftar sekali akses seumur hidup, kapan lagi? Sekian informasi mengenai valas atau valuta asing, semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi masalah bisnis Anda.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

5 Contoh Pembukuan Uang Masuk dan Keluar
Apakah Anda sedang berencana membuat pembukuan uang masuk dan keluar? Jika iya, tentu Anda membutuhkan referensi contoh pembukuan uang masuk
Baca Juga
Mengetahui Pengertian Kas, Jenis, dan Cara Mengelolanya
Definisi kas secara umum adalah harta kekayaan sebuah perusahaan. Pemahaman tentang hal ini tentu sangat penting, terutama bagi pebisnis yang
Baca Juga
7 Tips Kelola Hutang Usaha dengan Mudah
Ketika memiliki perusahaan seringkali kebutuhan operasional tidak terpenuhi, sehingga cara yang banyak digunakan yaitu berhutang hingga menimbulkan hutang usaha. Dalam
Baca Juga
15 Jenis Investasi yang Aman dan Menguntungkan
Ketika kita memasuki dunia keuangan, salah satu konsep yang tidak dapat dihindari adalah jenis investasi. Mengetahui berbagai opsi investasi menjadi
Baca Juga
Fungsi dan Contoh Laporan Audit Perusahaan
Penyusunan laporan audit harus dilakukan secara teliti untuk menghindari kesalahan input. Apabila terjadi kesalahan maka yang dirugikan adalah pihak perusahaan
Baca Juga
Laporan Keuangan Koperasi: Prosedur dan Macam-Macamnya
Sebagai pengurus koperasi, Anda tentu memahami pentingnya keberlangsungan koperasi yang Anda kelola. Salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan tersebut
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu