Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Tips dan Ide Jualan Laris Saat Pandemi

Dipublish Tgl: Friday, 22 April 2022

Jualan laris saat pandemi sebagai upaya melihat peluang yang punya dampak baik untuk hidup kita kedepannya. Kita harus pandai melihat peluang yang punya dampak baik untuk hidup kita kedepannya. Kalian pernah denger gak sih ada sebuah petuah mengatakah Jangan hanya mengandalkan satu pipa air saja, kita harus memiliki beberapa pipa air supaya kehidupan tetap bisa berjalan.

Pernah dengar gak? Tahu gak yang dimaksud pipa air di petuah itu apa? Yap! Bener banget, pipa yang dimaksut adalah pemasukkan lain selain dari gaji.

Di peradaban sekarang jika hanya mengandalkan gaji saja rasanya tidak akan cukup. Bukan karena pilihan gaya hidup yang salah tapi lebih kepada tiap tahun harga kebutuhan akan semakin naik. Kebutuhan disini beraneka ragam, mulai dari printilan pendidikan anak (jika sudah menikah) atau printilan rumah, kendaraan dll. Maka sangat penting bagi kita untuk punya pipa air lainnya.

Bagaimana cara memiliki pipa air selain gaji? Ya caranya akan beragam, salah satunya dengan berjualan. Di jaman sekarang pun untuk berjualan sangat mudah, banyak platform belanja yang menyediakan tempatnya untuk kita membuka toko secara online.

Meskipun tokonya online tapi minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja masih cukup baik, bahkan bisa dibilang saat pandemi jumlah presentase tingkat masyarakat dalam berbelanja online mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

10 Ide Jualan Laris saat Pandemi

10 ide jualan laris saat pandemi di marketplace

Ilustrasi Penjual Bahagia Karena Banyak Untung dari Jualan (Sumber: Freepik.com)

Gak perlu bingung jualan laris saat pandemi! Nih kita kasih beberapa rekomendasi jualan laris saat pandemi.

1. Masker

Di tengah kondisi yang seperti ini, kemana-mana masih harus menggunakan masker tanpa terkecuali,  jualan masker bisa menjadi alternatif untuk menambah pipa air tersebut.  Berjualan masker dimasa sekarang ini cukup memberikan cuan yang oke. Masker yang bisa dijual pun beragam, ada masker kain atau masker medis.

2. Katering Makanan Sehat

 Jualan laris saat pandemi lainnya adalah jualan makanan sehat. Kita semua menyadari betapa pandemi ini merubah seluruh hidup kita, salah satunya mengubah pola makan kita yang dulunya mungkin sembrono memilih makanan tapi saat pandemi jadi sedikit selective saat akan makan. Membuka bisnis katering makanan sehat akan punya banyak kesempatan untuk mendapatkan cuan.

3. Jasa Pengiriman (Delivery Service)

Bisnis ini dinilai sangat mampu bertahan di kondisi krisis karena meningkatnya permintaan layanan antar untuk memenuhi kebutuhan individu akan makanan dan barang konsumsi harian tanpa harus meninggalkan rumah.

4. Bimbingan Belajar

Di tengah pandemi ini aktivitas belajar disekolah diberhentikan dan diganti dengan belajar di rumah. Kamu bisa memulai usaha bimbingan belajar di rumah untuk membantu para siswa belajar. Ini bisa jadi peluang usaha yang potensial dan menghasilkan banyak keuntungan di tengah pandemi.

5. Pakaian dan Aksesoris

faktor-keberhasilan-bisnis-toko-penjualan-retail

Ilustrasi Salah Satu Jualan Pakaian Laris Manis (Sumber: Freepik.com)

Sejak adanya kebijakan membatasi pergerakan masyarakat di kala pandemi, jualan pakaian jadi sangat marak dimana-mana. Imbas dari tidak bisanya masyarakat untuk bebas pergi kemana saja, orang-orang jadi jarang banget masuk mall. Kita bisa ambil peluang ini untuk memberikan solusi kepada masyarakat yang ingin membeli produk khususnya pakaian tetapi tidak bisa bepergian.

6. Budidaya Tanaman hias

Jualan laris saat pandemi lainnya adalah budidaya tanaman hias. Dikarenakan selama pandemi semua orang dibatasi geraknya maka mereka mengalihkan kebosanan ke tanaman hias. Untuk mempercantik rumah atau hanya dekor di kamar tidur saja.

7. Dropshipper atau Reseller

Jualan ini tidak membutuhkan modal besar dan sangat menguntungkan. Dropshipper dan Reseller menjadi alasan yang kuat untuk kita tekuni tanpa adanya modal sepersen pun dan jualan laris tidak hanya dimasa pandemi saja.

8. Bisnis Frozen Food

Makanan beku atau frozen food  menjadi salah satu jenis makanan yang populer di masa pandemi. Karena dibekukan, makanan tersebut akan tahan lama. Selain it, makanan frozen food  juga bisa jadi alternatif bagi masyarakat yang ingin menyantap hidangan cepat tanpa perlu rumit memasak dari awal. Jenis makanan ini bisa banget nemenin kalian yang sedang work from home.

9. Pelatih Fitness

Masa pandemi ini sedikit banyak mengubah kebiasaan kita, terutama tentang kesehatan kita. Menjaga kesehatan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan rajin berolahraga meskipun dilakukan dirumah saja. Kamu bisa membuka kelas fitness atau kebugaran secara online.

10. Freelance

Setiap individu memiliki skill yang unik dan bisa bermanfaat entah untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain. Skkill kamu bisa mendatangkan cuan ditengah masa sulit seperti sekarang ini. Bila kamu memiliki kemampuan dibidang kepenulisan, kamu bisa banget membuka promosi untuk jasa menulis skripsi atau artikel.

Dari tulisan diatas kita jadi mengetahui macam-macam jualan laris saat pandemi. Kita bisa memilih dan memilah jualan apa saja dari sepuluh yang bisa kita jalankan. Kita bisa menciptakan pipa air  untuk mendapatkan pemasukan yang lebih. Lalu saat kita sudah memilih akan memulai jualan, tantangan yang akan kita hadapi pasti beragam, apalagi jika bisnis itu sudah banyak yang memulai duluan daripada kita.

Apa yang bisa kita lakukan? Tenang. Ada solusinya kok!!

Baca Juga : Mengapa Aplikasi Cafe Penting untuk Bisnis Cafe Anda?

Tips Jualan Laris saat Pandemi

tips-jualan-online-laris

10 Tips Jualan Laris Saat Pandemi (Sumber: Freepik.com)

Disini akan ada sepuluh tips bagaimana membuat jualan laris saat pandemi seperti sekarang ini dan bahkan tips ini juga bisa diterapkan walau kondisi pandeminya sudah menjadi endemi.

1. Produk yang Bermanfaat

Seorang customer tidak hanya sekedar membeli produk atau jasa, melainkan manfaat yang ada dibaliknya. Mulai langkah Anda dalam mengidentifikasi produk atau jasa yang Anda tawarkan, dengan cara membuat daftar benefit apa saja yang customer dapatkan dari produk tersebut.

2. Definisikan dengan Jelas Target Costumer

Jenis customer seperti apa yang kemungkinan butuh produk tersebut, atau bisa juga di list berapa range usia customer, apa produk tersebut unisex dan berapa penghasilan rata-rata custimer bidikan produk Anda.

3. Identifikasi Masalah yang dialami Customer

Kalau jualan mu adalah sebuah jasa maka hal ini sangat penting, karena ini merupakan step awal untukmu sebelum kesepakatan bisnis. kenali dengan jelas masalah yang ada, analisa sumber masalah dan yakinkan mereka jika produk atau jasamu adalah solusinya.

4. Kembangkan Keunggulanmu dalam Bersaing

Defnisikan keungulan yang dapat dinikmati oleh customer kalau mereka membeli produk atau jasa kalian yang tidak akan mereka dapatkan di kompetitor lain. Fokus kepada faktor-faktor yang menjadikan jualan Anda lebih unggul dari yang lain.

5. Gunakan Konten dan Media Sosial sebagai Wadah untuk Promosi

pemasaran-sosial-media

Ilustrasi Penggunaan Sosial Media untuk Berjualan (Sumber: Freepik.com)

Banyak keuntungan yang dapat diambil jika melibatkan Media Sosial sebagai wada promosi jualanmu. Anda bisa menggunakan platform seperti facebook, twitter, instagram, atau blog untuk membantumu dalam berjualan agar produk atau jasamu dikenal lebih banyak orang.

6. Menentukan Harga

Lakukan riset harga dari yang ditawarkan kompetitor, lalu analisa dari harga tersebut customer mendapatkan apa saja. Harga bisa ditentukan berdasarkan seberapa besar kualitas produk tersebut, jika Anda mampu meningkatkan kualitas produk Anda, maka Anda bisa berjualan diatas harga kompetitor.

7. Pelajari Cara bernegosiasi yang Baik

Negosiatir tentunya dapat memberikan solusi yang enak untuk kedua belah pihak, bagi Anda si penjual dan calon pembeli. Hal ini dikenal luas dengan 'win-win solution' dimana kedua belah pihak puas dengan hasil bernegosiasi.

8. Ambil Foto Berkualitas Tinggi

Sediakan foto dengan kualitas yang tinggi untuk menarik calon pembeli. Manfaatkan cahaya alami dengan menempatkan produk tersebut di depan jendela yang cerah atau menggunakan lampu khusus jika memungkinkan.

9. Memberikan Deskripsi secara Rinci

Berjualan apapun baik offline atau online, baik di marketplace atau punya gedung sendiri, mencantumkan deskripsi secara rinci itu sangat perlu. Tulis atau jelaskan secara detail informasi tentang produk atau jasa tersebut. Jujurlah dalam menjelaskan barang tersebut.

10. Mencari Pelanggan Setia

Goal tiap pembisnis adalah mendapatkan pelanggan setia tapi tidak juga melupakan pelanggan baru. Bangunlah sebuah hubungan yang baik dan harmonis dengan customer akan meningkatkan value dari produk atau jasa Anda.

Kesimpulan

Apapun pilihan jualan yang kalian pilih, selalu cari uniknya dari jualan tersebut dan tetap jaga kepercayaan pembeli agar produk atau jasa Anda tidak ditinggalkan.

Setting-Promosi-Semua-Cabang-Terpusat-dengan-Beepos

Ingin Memulai Bisnis Kopi Online di 2022? Simak Tipsnya!
Bisnis kopi online di 2022 termasuk bisnis yang bisa berkembang pesat. Penyebabnya saat ini sudah banyak yang menerapkan sistem online […]
Baca Juga
Program Kasir Toko Ini Punya 4 Manfaat Yang Jarang Diketahui Pebisnis
Mengetahui 4 manfaat menggunakan program kasir toko adalah hal penting yang dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk berlangganan. Informasi tersebut bisa […]
Baca Juga
Invoice Template: Format, Cara Isi, dan Contoh yang Bisa Anda Download
Apakah Anda sedang mencari invoice template untuk bisnis Anda? Invoice itu sendiri adalah salah satu dokumen yang dapat Anda gunakan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu