Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Mengapa Aplikasi Cafe Penting untuk Bisnis Cafe Anda?

Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 19 March 2022

Aplikasi cafe hadir karena perkembangan teknologi di dunia sangatlah pesat. Kini banyak sebuah aplikasi yang dapat memudahkan pengelolaan bisnis di dunia F&B, salah satunya aplikasi cafe.

Cafe merupakan salah satu bisnis yang juga memiliki perkembangan yang signifikan. Banyak orang memilih untuk mampir ke sebuah cafe untuk nongkrong, bekerja, rapat, dan lainnya. Banyak pebisnis yang mengambil peluang tersebut untuk membuat cafe.

Peran dari aplikasi cafe adalah untuk memudahkan pebisnis dalam mengelola cafe mereka. Aplikasi tersebut didesain untuk memenuhi kebutuhan pengusaha. Untuk lebih lanjutnya, mari kita simak bersama.

Manfaat Aplikasi Cafe Untuk Usaha Cafe

manfaat-aplikasi-cafe

Ketahui Manfaat Aplikasi Cafe (Sumber: Pexels.com)

Aplikasi kasir disini terdiri dari hardware dan software, yaitu berupa sebuah sistem yang terkoneksi dengan kasir, server, dapur, sampai back office. Semua data berkumpul menjadi satu sehingga manajemen dapat mengontrol bisnis mereka.

Aplikasi cafe umumnya didesain untuk memudahkan dalam bertansaksi. Selain transaksi, manajemen keuangan juga dapat dilakukan oleh apikasi cafe tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak manfaat aplikasi cafe untuk usaha cafe berikut ini.

1. Memanajeman Pesanan

Sebuah transaksi penjualan yang terjadi pada sebuah cafe memiliki sebuah proses. Transaksi ini memiliki alur yaitu dari pelanggan memesan, kasir mencatat pesanan, penghitungan pendapatan, pengurangan stok, memberikan struk. Proses inilah yang disebut dengan manajemen pesanan.

Untuk memudahkan segala proses tersebut, maka dibutuhkan sebuah aplikasi cafe. Jika dilakukan secara manual, maka hasil yang didapat bisa jadi tidak akurat. Sehingga manajemen pesanan tidak akan berjalan secara optimal.

Aplikasi cafe dapat melakukan itu semua secara otomatis. Pencatatan pesanan, menghitung pendapatan, mencatat stok keluar, hingga mencetak struk. Ini dapat memudahkan Anda dalam operasional manajemen pesanan usaha cafe.

2. Mudah dan Cepat Digunakan

Kecepatan bertansaksi sangat dibutuhkan dalam sebuah usaha, terutama cafe. Jika tidak, akan ada antrian panjang hanya karena proses transaksi yang lama. Untuk mendapatkan kecepatan tersebut dibutuhkan kemudahan dalam bertransaksi.

Kemudahan dalam melakukan proses penjualan dapat dibantu oleh aplikasi cafe. Dengan manajemen pesanan yang otomatis, ini akan membuat proses transaksi penjualan menjadi lebih cepat. Sehingga Anda tidak perlu lagi kehilangan waktu untuk menangani operasional usaha cafe.

3. Membuat Customer Datang Kembali

Buat Customer Datang Kembali dengan Aplikasi Cafe (Sumber: Pexels.com)

Ketika Anda menjalankan usaha cafe, program loyalti akan memberikan dampak yang signifikan untuk mendapatkan pelanggan hingga datang kembali. Aplikasi kasir cafe juga bisa membantu Anda dalam menerapkan sistem member atau loyalti dan dapat mengontrol penjualan dengan baik.

Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat program member dalam bentuk diskon, voucher atau poin. Contoh Anda ingin membuat promo beli 5 dapat 1, detail promo dapat dibuat pada aplikasi cafe dengan mudah.

4. Aman Manipulasi dan Kebocoran

Hal yang perlu Anda waspadai adalah adanya kecurangan atau manupulasi yang dilakukan karyawan. Meski Anda telah menerapkan masa percobaan karyawan, hal tersebut tidak menutup kemungkinan terjadinya kebocoran pada usaha cafe Anda.

Untuk menghindari hal tersebut maka dibutuhkan sistem keamanan yang ketat. Adanya sistem keamanan pada sebuah aplikasi kasir, hal seperti manipulasi atau kebocoran secara mudah teratasi.

Jika seandainya karyawan melakukan kecurangan, sistem aplikasi akan melakukan perlindungan dengan meminta sebuah pin untuk membuka akses. Pin tersebut dapat Anda buat sebelumnya dan hanya Anda sebagai owner yang memiliki akses tersebut.

5. Multipayment

Aplikasi Cafe Beepos Bisa Menerima Pembayaran Multipayment (Sumber: Bee.id)

Aplikasi cafe tidak hanya memberikan kemudahan pada karyawan Anda, namun pelanggan juga turut merasakan kemudahan. Aplikasi kasir memudahkan para pelanggan saat melakukan transaksi untuk memilih metode pembayaran tagihan mulai dari cash, voucher, debit, kredit, sampai alat pembayaran digital seperti ovo, gopay, dan shopeepay.

Semua sudah tersedia dalam sebuah aplikasi yang didesain sesuai kebutuhan Anda dan pelanggan.

6. Otomatis Kelola Stok

Banyak pengusaha mengeluh karena harus melakukan stok opname secara manual. Itu terjadi karena sebelumnya melakukan pencatatan stok secara manual. Setiap barang yang masuk dan keluar dilakukan pencatatan manual. Lantas apa yang terjadi jika pencatatan Anda hilang?

Manfaat jika Anda menggunakan aplikasi cafe adalah sistem pengelola stok yang dilakukan secara otomatis. Setiap pengurangan dan penambahan stok akan terupdate secara otomatis seiring Anda melakukan pembelian atau penjualan. Ini akan memudahkan Anda dalam melakukan stok opname.

7. Scale-Up Usaha Cafe Mudah Karena POS Terintegrasi dengan Akuntansi

Salah satu kelemahan beberapa aplikasi cafe adalah tidak adanya integrasi dengan akuntansi. Hal ini dibutuhkan lantaran akuntansi adalah pondasi dari sebuah bisnis. Jika hanya memberikan laporan penjualan dan stok saja, itu tidak akan cukup untuk bisa melakukan analisa keuangan bisnis.

Aplikasi yang telah terintegrasi akunting sangat menguntukan para pengusaha karena tidak perlu lagi mengeluarkan modal untuk membeli aplikasi akuntansi. Dengan adanya laporan akuntansi, seorang pebisnis dapat melakukan analisa keuangan agar mudah dalam mengembangkan usaha.

Baca Juga: Harga Software Kasir Cafe dan Resto Terbaru Tahun 2021

Fungsi Laporan Akuntansi untuk Usaha Cafe

Aplikasi Cafe Terintegrasi dengan Akunting (Sumber: Bee.id)

Selain untuk menganalisa keuangan usaha, laporan akuntansi juga dibutuhkan untuk keperluan lain seperti:

  1. Mengetahui Besar Untung dan Rugi
    Laporan akuntansi memberikan Anda sebuah data keuntungan dan kerugian pada bisnis Anda. Laporan laba rugi membantu Anda untuk menganalisa apakah bisnis Anda mengalami perkembangan ataupun penurunan.
  2. Bahan Evaluasi Kinerja Bisnis
    Setelah mengetahui laba rugi usaha, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi. Evaluasi bisnis harus dilakukan untuk menilai kondisi perusahaan apakah mengalami keuntungan atau kerugian.
  3. Bahan Analisis untuk Mengambil Keputusan Bisnis
    Mengambil keputusan secara cepat sangat perlu dilakukan jika bisnis mengalami penurunan. Begitu juga jika mengalami keuntungan, keputusan dalam menerapkan strategi baru sangat dibutuhkan.

2 Aplikasi Kasir Cafe Terbaik

  • Beepos

Beepos, software kasir online yang didesain untuk keamanan & kecepatan penjualan. Bikin promo ala-ala cafe kekinian sangat mudah. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll bisa dikontrol dalam satu aplikasi.

Komplit! barcode scanner, laci kasir, customer display, card reader, printer tota, dll. Beepos mendukung banyak merk & tipe peralatan POS untuk membantu kasir anda jualan lebih cepat dan aman. Beepos juga telah terintegrasi dengan akunting, bukan cuma data omset penjualan, kontrol juga gross profit, biaya-biaya operasional sampai laba bersih dan pajak; PPN & PPH

software-program-kasir-cafe-tampilan-beepos

Tampilan Beepos Mobile di Tablet (Sumber: Bee.id)

  • Beepos Mobile

Jika Beepos bisa diakses di desktop, Beepos Mobile adalah aplikasi cafe yang bisa di-install di smartphone. Sistem Point of Sales (POS) atau Aplikasi Kasir Cafe untuk bisnis Cafe, Kedai Kopi atau Angkringan memudahkan anda untuk kelola usaha Cafe secara realtime. Memiliki fitur yang hampir sama dengan Beepos.

Cara Memilih Aplikasi Cafe yang Tepat untuk Usaha Cafe Anda

Saat ini telah banyak aplikasi cafe dengan berbagai fitur yang berbeda-beda. Pemilihan aplikasi ini harus dilakukan dengan benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu, bagaimana cara memilih aplikasi cafe untuk usaha cafe?

1. Pahami Kebutuhan Anda.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memahami dan mencatat kebutuhan yang harus Anda penuhi untuk bisnis cafe Anda. Misal kebutuhan transaksi yang cepat, manajemen stok yang otomatis, integrasi dengan akuntansi, dan lainnya.

2. Sesuaikan dengan budget

Banyaknya aplikasi cafe juga memberikan penawarannya masing-masing. Fitur-fitur yang diberikan tentu saja sebanding dengan harga yang mereka tawarkan. Anda bisa memilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

3. Memilih fitur yang dibutuhkan

Setelah memahami kebutuhan dan budget, Anda perlu mengetahui fitur yang ditawarkan setiap aplikasi cafe. Pelajari setiap fitur dari aplikasi tersebut apakah dapat memenuhi kebutuhan bisnis cafe Anda atau tidak.

Pasalnya, tidak semua fitur dapat memenuhi kebutuhan Anda. Apalagi jika fitur yang dijanjikan sangat beragam, sayang rasanya jika tidak butuh dan digunakan.

Kesimpulan

Aplikasi cafe diciptakan untuk memudahkan setiap pekerjaan pada sebuah usaha cafe. Banyak manfaat yang didapat jika menggunakan aplikasi cafe sebagai alat bantu untuk mengembangkan usaha cafe. Anda bisa memilih aplikasi mana yang cocok untuk kebutuhan cafe Anda.

Cpba gratis aplikasi Beepos Mobile sekarang! Klik gambar di bawah ini!

Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan_web

Rahasia Posting di Marketplace Facebook Agar Laris Manis
Siapa yang tidak tergiur dengan online shop dijaman serba digital ini. Kemudahan berbelanja dapat dilakukan dari rumah. Dengan kualitas yang […]
Baca Juga
3+ Software Minimarket Seperti Indomaret & Alfamart
Software Minimarket – Banyak usaha dibidang retail atau toko swalayan perorangan yang bermunculan dan masih belum menggunakan software kasir untuk […]
Baca Juga
Aplikasi Kasir Sederhana untuk Usaha Cafe
Saat ini banyak pilihan aplikasi penunjang bisnsi yang dapat digunakan. Salah satunya aplikasi kasir sederhana yang dapat digunakan untuk memudahkan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu