Logo Bee Web

7 Ide Bisnis Makanan Untuk Diet yang Menjanjikan

Peluang bisnis ada di mana-mana sudah saatnya memulai usaha, yuk simak ide bisnis makanan diet menjanjikan berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Friday, 5 May 2023

Melirik makanan untuk diet  adalah hal yang tepat dilakukan. Gaya hidup sehat merupakan salah satu keyword yang saat ini banyak dicari pengguna internet. Hal ini bisa dijadikan peluang bisnis untuk makanan diet.

Berbeda dengan makanan lain pada umumnya, untuk diet memang ada beberapa pakem yang harus ditaati. Mulai dari jenis karbohidrat, kalori, dan pemilihan jenis bahan makanan lain. Lebih lanjut tentang peluang bisnis makanan ini, berikut uraian lebih lengkapnya.

Ragam Ide Peluang Bisnis Makanan untuk Diet  Menjanjikan

Ide Bisnis Makanan

Ada beragam variasi ide bisnis makanan yang menjanjikan (Credit: Freepik.com)

Makanan untuk diet sebenarnya bisa dikombinasikan menjadi begitu lezat. Hal ini yang membuat makanan diet menjadi tidak terasa membosankan. Sebagai ide bisnis, ada beberapa opsi yang dapat Anda manfaatkan seperti:

1. Bisnis Katering Diet

Makanan untuk diet  pertama adalah jenis katering. Masyarakat yang sedang berdiet umumnya kesulitan memilih dan mengolah bahan-bahan makanan secara tepat. Anda bisa menawarkan jawaban berupa katering diet yang tentu lebih praktis.

Konsumen hanya perlu membayar dengan jumlah tertentu, makanan diet siap makan akan diantar. Buat penawaran berupa aneka menu harian yang akan Anda masak. Jangan lupa siapkan ketentuan harga dan pengantaran agar rule bisnis lebih jelas.

2. Salad Buah

Tidak sekadar makanan utama yang dapat Anda lirik pada bisnis ini. Dessert seperti salad buah juga masuk ke dalam kategori makanan diet. Syaratnya, kandungan gulanya harus diperhatikan dalam mengolah salad ini.

Selain itu, pemilihan buahnya juga mesti teliti jangan sampai justru tidak masuk ke pakem diet. Riset lebih mendalam mengenai salad buah tetapi khusus pangsa pasar diet, agar produk lebih otentik.

Jangan lupa jika sudah menemukan formula pengolahan yang tepat, packaging juga harus ciamik. Tujuannya agar salad buah Anda tidak dipandang sebelah mata, kalah oleh pesaing yang kemasannya lebih cantik.

3. Makanan Vegetarian

Meski vegetarian tidak hanya untuk diet, peluang ide bisnis ini bisa Anda lirik. Makanan vegetarian tidak terdapat protein hewani yang mana kalorinya memang tinggi. Tentu sangat cocok dengan apa yang dibutuhkan para konsumen diet.

Sebagai gantinya, protein nabati seperti kedelai yang nantinya dikonsumsi. Ada juga buah dan sayur untuk memaksimalkan nutrisi para vegetarian ini. Anda bisa fokus ke bisnis katering atau penyedia makanan vegetarian.

Target pasar bisa diperoleh secara luas dimana tidak hanya menyasar para vegetarian khususnya. Melainkan orang yang memang bukan vegetarian tetapi sedang diet bisa masuk ke market satu ini.

4. Bahan Makanan Diet

Ide makanan sehat untuk diet ini tidak dijual dalam bentuk sudah siap santap, melainkan masih mentah. Peluangnya, masyarakat sebagian besar bingung memasak makanan yang cocok untuk diet.

Anda bisa memberikan solusi pemilihan bahan makanan apa yang baik untuk berdiet. Buka layanan konsultasi, berikan solusi sehingga pengalaman belanja konsumen meningkat. Lirik media sosial dan daring lainnya untuk memaksimalkan upaya pemasaran Anda.

5. Jus Diet

Selain berbentuk makanan, orang yang sedang diet juga mencari aneka minuman sehat. Jus diet merupakan salah satu varian menarik untuk dicoba. Jenis jus ini merupakan kombinasi beberapa buah dan sayur tertentu.

Misalnya sayur kale dikombinasi dengan nanas dan lemon untuk yang sedang diet autoimun. Anda juga dapat menawarkan variasi jus lainnya, kemudian kemas dengan packaging menarik. Buat juga layanan kustom dimana konsumen bisa memilih kombinasi buahnya sendiri.

6. Aneka Lauk dan Sayur Diet Instan

Makanan untuk diet  berikutnya berjenis instan, tetapi masih tergolong sehat. Konsepnya adalah membuat menu seperti lauk dan sayur yang sudah dimasak, kemudian dibekukan.

Anda akan memasaknya sebagai menu diet cepat saji dengan sasaran orang-orang sibuk. Banyak jenis frozen food yang dijual, coba lirik makanan beku tetapi dalam jenis lebih sehat. Pelajari apa saja menu-menu lauk dan sayur khas diet untuk mempermudah menentukan menu.

7. Es Krim Diet

Es krim identik dengan makanan yang membuat para pelaku diet ‘berdosa’ setelah memakannya. Hal ini karena kalori dari pemanis di es krim yang menjadi musuh utama pejuang diet.

Sebenarnya para pejuang diet masih bisa mengkonsumsi es krim jika bahan-bahannya memang ramah lemak. Misalnya gula diganti dengan yang lebih rendah kalori, tidak menggunakan susu sapi, dan sebagainya.

Penggunaan aneka buah dan sayur yang menarik juga cocok untuk membuat es krim diet. Salah satu paling anti mainstream adalah es krim kecombrang yang beberapa waktu lalu viral. Tinggal bagaimana kreativitas Anda dipadukan dengan rules mengolah makanan diet.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Kreatif Kekinian dengan Modal Kecil

Ini Dia Tips Mengelola Bisnis F&B Anti Rugi

Mengingat bisnis makanan untuk diet  memiliki pangsa pasar menarik, pastinya pengelolaannya harus teliti. Untuk mengelola bisnis F&B termasuk makanan diet, ada beberapa tips mudah untuk dilakukan.

1. Jangan Abaikan Layanan

Banyak pengusaha makanan dan minuman yang hanya berfokus pada optimalisasi produk hingga melupakan hospitality. Padahal, service yang mengesankan akan membuka peluang konsumen kembali membeli.

Kembali lagi, makanan adalah hal yang tidak lepas dari manusia dan makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, manfaatkan hal tersebut untuk mendulang konsumen setia. Misal jika Anda membuka restoran, berarti jangan sampai membiarkan konsumen menunggu makanan terlalu lama.

Pakai Beepos Resto Bisa Bikin Pelayanan 2x Lebih Cepat Bahkan Saat Ramai

Anda bisa menggunakan aplikasi kasir restoran dari Beepos bisa membuat pelayanan lebih cepat dan efisien. Selain itu, bisa digunakan untuk menginpot ratusan orderan perhari, connect langsung ke kitchen, mudah hitung hpp, billing, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Branding Usaha Optimal

Bagaimana agar brand F&B Anda bisa sampai ke masyarakat? Caranya adalah dengan terus mengenalkannya. Istilah tersebut juga kerap disebut sebagai upaya branding yang bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Misalnya menyasar platform media sosial memakai jasa influencer dengan followers aktif. Bisa juga menjalin interaksi dengan sesama pengguna media sosial. Edukasi terkait makanan/minuman yang ditawarkan juga masuk ke ranah branding.

Jangan terus fokus pada hard selling, melainkan teknik soft selling dengan edukai juga wajib dicoba. Misal Anda menjual makanan untuk diet , edukasinya bisa dengan mengenalkan gaya hidup sehat.

3. Optimalisasi Berbagai Platform Digital

Pemasaran melalui platform digital memang sudah sangat umum, termasuk pada bisnis food and beverage. Hal ini didasari pada perubahan pola masyarakat yang cenderung mengarah ke kegiatan digital.

Makanan dan minuman yang Anda tawarkan bisa diperkenalkan secara lebih luas. Jika masih dalam jangkauan lokal, maksimalkan target pasar lokal secara daring. Cara ini juga bagus untuk meningkatkan brand awareness bisnis makanan dan minuman Anda.

Baca Juga: 10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan 2023

4. Inovasi Adalah Keharusan

Bisnis tanpa inovasi hanya akan mengarah ke kebangkrutan. Inovasi dalam F&B bisa berupa pengolahan produk, kemasan, sampai cara pemasaran. Coba terus riset apa yang selalu terbaru di kalangan konsumen.

Hal ini dapat dijadikan sebagai pedoman untuk membuat sebuah inovasi. Pastinya butuh tim kreatif yang memikirkan hal-hal baru terkait bisnis Anda ini.

5. Harus Ada Diferensiasi

Mengingat kompetitor dalam bisnis F&B termasuk makanan untuk diet  banyak, harus ada diferensiasi. Diferensiasi berarti pembeda dimana apa yang Anda jual memiliki ‘something WOW’.

‘Something WOW’ yang dimaksud adalah sebuah keunikan yang tentu tidak bisa diperoleh di produk lain. Bisa berupa cita rasa, kemasan, bahan baku, pengolahan, sampai cara beriklan. Upayakan apa yang Anda jual mudah diingat sehingga masuk ke pilihan pertama konsumen.

6. Siapkan Sistem Evaluasi dan Manajemen Optimal

Tidak hanya berfokus pada produk dan layanan, untuk mengelola bisnis F&B juga wajib ada sistem manajemen dan evaluasi. Bagian ini berguna sebagai patokan operasional bisnis Anda seperti pembuatan SOP pengolahan produk misalnya.

Selain itu, survei rutin juga wajib dilakukan sebagai bagian dari evaluasi. Tujuannya agar bisnis tidak berjalan stagnan, ada peningkatan di berbagai sektor mulai dari produksi hingga marketing.

Artikel Terkait

6 Rahasia Sukses Bisnis Kedai Kopi Sederhana
bisnis kedai kopi sederhana - Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Rasa dan baunya yang khas menjadi daya
Baca Juga
Rekomendasi Bisnis Rumahan dengan Modal Sedikit
Jika berbicara soal bisnis, ada banyak sekali macam bisnis yang dijalankan oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu contohnya ada bisnis
Baca Juga
11 Ide Bisnis Musim Konser Dijamin Menguntungkan
Musim konser di Indonesia sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2022 lalu, mulai dari konser artis dalam negeri, beberapa grup KPOP
Baca Juga
10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku dan Untung Besar
Industri kuliner terus berkembang pesat, dan para pengusaha makanan selalu mencari peluang dalam berbagai bidang kuliner yang paling laku. Pada
Baca Juga
Panduan Cara Buka Toko di Shopee dan Tips Suksesnya
Shopee adalah salah satu platform belanja atau e-commerce yang digemari oleh masyarakat Indonesia karena berbagai kemudahan dan keuntungannya. Oleh sebab
Baca Juga
Cara Menghitung Persen di Excel, Kalkulator dan Contohnya
Dalam cara menghitung persen, sering kali panduan langkah demi langkah seperti di artikel ini bisa sangat membantu. Itulah sebabnya kami
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu