Logo Bee Web

Apa itu Tanda Terima Barang? Cara Mudah Membuatnya

Apa yang dimaksud dengan tanda terima barang, dan informasi apa yang harus disertakan di dalamnya? Simak informasinya di sini!
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 15 November 2022

Jadi, Anda baru saja menerima kiriman produk dari supplier, tetapi Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan tanda terima barang yang menyertainya. Apa yang dimaksud dengan tanda terima barang, dan informasi apa yang harus disertakan di dalamnya?

Apa itu Tanda Terima Barang?

Tanda Terima Barang Adalah

Ilustrasi Tanda Terima Barang (Sumber: Freepik.com)

Tanda terima barang adalah dokumen penting yang membuktikan bahwa Anda telah menerima produk yang dikirimkan kepada Anda. Dokumen ini juga menyertakan informasi terperinci tentang produk, termasuk kode produk, jumlah, dan harga. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak inventaris dan merekonsiliasi pembayaran dengan supplier Anda.

Tanda terima berguna untuk mengklaim pengiriman barang secara tepat waktu. Tanda terima ini biasanya terdiri atas beberapa bagian, termasuk alamat penerima, tanggal penerima, dan detail barang yang diterima.

Pertama-tama, pastikan Anda mendapatkan formulir tanda terima dari pihak ekspedisi. Selanjutnya, isi semua bagian dengan benar dan lengkapi data alamat penerima. Jika alamat Anda berubah, updatelah di tanda terima agar petugas ekspedisi tidak kesulitan mencari Anda untuk mengantarkan barang.

Terakhir, periksalah seluruh isian dan jangan lupa untuk menandatanganinya. Dengan demikian, tanda terima sudah siap digunakan sebagai dokumen bukti pengiriman.

Baca Juga: Apa itu Aplikasi Pembuat Kwitansi Online dan Kelebihannya

Pentingnya Tanda Terima Barang

"Pentingnya

Tanda terima barang biasanya berisi informasi tentang jumlah barang yang diterima, nama barang, tanggal penerimaan, dan siapa yang menyerahkan barang. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa barang yang diterima sesuai dengan pesanan dan apa yang diharapkan oleh pembeli. Selain itu, tanda terima juga dapat digunakan sebagai bukti pembayaran jika ada perselisihan antara pembeli dan penjual.

Tanda terima yang baik haruslah mudah dibaca dan dipahami. Jadi, pastikan untuk menyertakan semua informasi yang diperlukan dan menyusunnya dengan rapi. Selain itu, gunakan font yang mudah dibaca dan warna yang kontras agar mudah dilihat dan dibaca.

Informasi Apa Saja yang Harus Dicantumkan dalam Tanda Terima Barang?

image software akuntansi online bukti tanda terima barang

Ilustrasi Tanda Terima dengan Software Akuntansi Beecloud (Sumber: Freepik.com)

Saat kita menerima suatu paket, terdapat beberapa hal yang wajib kita cantumkan dalam tanda terima. Pertama, nomor order atau pesanan. Kedua, tanggal penerimaan. Ketiga, nama dan alamat penerima. Keempat, nama dan alamat penjual. Dan terakhir, jumlah barang dan harga per item.

Saat Anda menerima barang, penting untuk memiliki tanda terima yang mendokumentasikan transaksi. Ini adalah bukti bahwa Anda menerima barang dan dapat digunakan untuk pengembalian atau penukaran jika diperlukan.

Tanda terima yang baik harus mencakup:

  • Nama dan informasi kontak pengirim
  • Nama dan informasi kontak penerima
  • Deskripsi barang yang diterima
  • Kuantitas setiap barang
  • Harga pembelian setiap barang
  • Tanggal pembelian

Cara Membuat Tanda Terima Barang

"Cara

Saat Anda membuat resi barang, penting untuk menggunakan template yang mudah dipahami dan diikuti. Hal ini akan memastikan bahwa penerima tahu persis apa yang perlu mereka lakukan saat menerima kiriman.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat membuat tanda terima:

  • Cantumkan semua informasi yang diperlukan, seperti nama, alamat, dan informasi kontak penerima
  • Pastikan tanda terima diberi tanggal dan ditandatangani
  • Sertakan deskripsi barang yang dikirimkan
  • Perjelas tentang ketentuan apa pun yang berlaku, seperti apakah penerima harus memeriksa barang sebelum menerimanya

Kiat untuk Membuat Tanda Terima Barang yang Efektif

Berikut ini beberapa tips untuk membuat tanda terima yang efektif:

  • Pastikan mudah dibaca dan menyertakan semua informasi yang diperlukan.
  • Sertakan deskripsi barang, serta jumlah dan jenisnya.
  • Cantumkan nama dan informasi kontak orang yang mengirimkan barang.
  • Tunjukkan tanggal dan waktu penerimaan.
  • Tanda tangani dan beri tanggal tanda terima.

Baca Juga: Cara Membuat Nota Kosong Manual dan Jenis-Jenisnya

Kesimpulan

Membuat tanda terima yang efektif sangat penting untuk memastikan bahwa bisnis Anda berjalan lancar. Dengan mengikuti tips berikut ini, Anda bisa yakin bahwa Anda membuat dokumen yang akan membantu tim Anda dan menghemat waktu dan uang Anda dalam jangka panjang.

Dengan mengetahui beberapa tentang nota disini Anda bisa menerapkannya untuk menjadi tanda terima usaha Anda. Tapi, jika Anda ingin yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan aplikasi beepos untuk membuat nota secara otomatis.

Di era digital saat ini, pelanggan ingin yang serba cepat, praktis, dan mudah. Karena itu, soal pencatatan transaksi, usaha Anda juga butuh meningkatkan sistem pencatatan nota yang lebih modern dan otomatis. Untungnya, sekarang sudah ada BEEPOS. Mau cek stok barang? Check! Mau bikin nota pembelian atau nota penjualan? Bisa banget!

Menangani retur barang juga gampang dan cepat, karena Anda tinggal masukkan nomornya, dan selesai! Apalagi, BEEPOS dapat berfungsi sebagai aplikasi nota pembelian, sekaligus aplikasi kasir. Nikmati kemudahan BEEPOS sekarang, yuk! Jangan salah pilih software akuntansi, yaa.. coba dulu GRATIS daftar di sini.

Pakai Beepos Bisa Kontrol Kasir, Secara Realtime Dengan Lebih Menyenangkan

Sales Marketing: Tugas, Skill, Gaji & Peran di Perusahaan
Apakah Anda tertarik menjadi seorang sales marketing? Ingin tahu apa saja tugas, skill yang harus dimiliki dan berapa gaji sales
Baca Juga
Proforma Invoice: Perbedaan, Kegunaan dan Contohnya
Apakah Anda sedang mencari penjelasan tentang proforma invoice? Dalam dunia bisnis, terdapat berbagai jenis dokumen yang harus diperhatikan untuk menjaga
Baca Juga
Kredibilitas Adalah Kepercayaan, Pahami Fungsinya Bagi Bisnis
Kredibilitas adalah sebuah istilah yang menggambarkan sebuah pemikiran universal terkait kualitas, kapasitas yang bisa menimbulkan rasa kepercayaan pada perseorangan atau
Baca Juga
Kredit Adalah: Jenis, Penggunaan, dan Perbedaan dengan Debit
Pastinya pernah mendengar istilah kredit sebelumnya, bukan? Apa pengertian kredit di dalam dunia usaha atau perusahaan? kredit adalah aset pengeluaran
Baca Juga
Cara Menghitung Harga Jual Produk Agar Tidak Rugi
Berbisnis adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang atau pendapatan. Dalam menjual produk tentu perlu mengetahui cara menghitung harga jual
Baca Juga
Mesin Kasir Alfamart, Aplikasi POS Minimarket Favorit Sejuta Umat
Mesin kasir alfamart merupakan toko retail terpopuler dengan jenis aplikasi POS yang diinginkan banyak orang. Terlebih mesin kasir alfamart yang dinilai
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu