🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Tabel Persamaan Dasar Akuntansi: Komponen, Rumus dan Contoh

Bagaimana contoh tabel persamaan dasar akuntansi yang benar? Mari cek artikel di bawah ini untuk mengetahui penjelasan selengkapnya.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 23 April 2023

Tabel persamaan dasar akuntansi dibutuhkan oleh perusahaan untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Akan tetapi, sudahkah tahu apa yang dimaksud dengan persamaan dasar akuntansi? Pada dasarnya, persamaan ini berfungsi untuk mencatat transaksi keuangan yang diterima perusahaan.

Masyarakat awam mengenalnya dengan sebutan pembukuan. Dengan melakukan pembukuan sederhana, pengusaha dapat mengatur keuangan bisnis semaksimal mungkin. Pembukuan ini dapat dilakukan menggunakan rumus persamaan dasar.

Tenang dahulu kalau belum tahu persamaan dasar akuntansi, mari bahas sama-sama pada artikel di bawah ini!

Apa itu Persamaan Dasar Akuntansi?

Persamaan Dasar Akuntansi

Mengenal Lenbih dalam Persamaan Dasar Akuntansi (Credit: Freepik.com)

Persamaan dasar akuntansi adalah perhitungan untuk menggambarkan modal, kekayaan dan hutang suatu perusahaan. Perhitungan ini memungkinkan untuk mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran perusahaan selama periode tertentu.

Dengan begitu, akan terlihat pula keseimbangan antara harta perusahaan dengan kewajiban pengeluaran. Keseimbangan tersebut perlu dianalisis lebih lanjut menggunakan rumus persamaan dasar akuntansi sehingga kinerja keuangan suatu perusahaan bisa dinilai.

Baca Juga: Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Komponen Persamaan Dasar Akuntansi

Di dalam persamaan dasar akuntansi adalah terdapat tiga komponen utama yang menyusunnya, yaitu akun modal, akun aset dan akun kewajiban. Ketiganya saling berkaitan dalam perhitungan akuntansi. Supaya lebih jelas, simak penjelasan masing-masing sebagai berikut:

1. Akun Modal (Ekuitas)

Jenis akun yang pertama merupakan akun yang diisi dengan sisa-sisa keuangan yang sudah dikurangi dengan akun kewajiban. Akun modal mempunyai peran yang penting, karena dengan begitu kedua bagian dari aktiva dan pasiva dapat menunjukkan nilai yang seimbang.

Umumnya akun modal dipegang oleh pihak ketiga atau pihak eksternal perusahaan, seperti pemangku jabatan pemerintah, pemilik saham dan lain sebagainya. Akibatnya kepemilikan akun ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi di lapangan.

2. Akun Aset (Aktiva)

Jika ingin mengetahui contoh tabel persamaan dasar akuntansi, ada baiknya mengetahui juga fungsi dari akun aset atau akun aktiva. Akun ini diisi dengan sumber daya atau aset yang dimiliki oleh perusahaan. Beberapa orang menyebut aset dengan sebutan kekayaan atau harta perusahaan.

Aset tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas dan memudahkan pencapaian tujuan perusahaan. Dalam hal ini, tanah, kendaraan, uang tunai, cek hingga bangunan merupakan harta kekayaan yang masuk ke dalam akun aktiva.

Akun ini bisa bertambah dan berkurang sesuai dengan dinamika kepemilikan aset perusahaan. Selain itu, akun aktiva juga bisa mengalami penyusutan nilai, khususnya pada aset-aset yang berupa barang, seperti mesin yang berpotensi rusak di kemudian hari.

3. Kewajiban (Liabilitas)

Namanya juga kewajiban, akun ini diisi dengan berbagai kewajiban perusahaan kepada pihak tertentu yang harus dipertanggungjawabkan. Karena sifatnya yang membebani, kewajiban-kewajiban yang termasuk ke dalam akun ini harus dibayar sesegera mungkin sebelum tenggat waktu.

Akun liabilitas mungkin untuk bertambah, jika perusahaan mempunyai tanggungan kepada perusahaan lain. Begitu juga sebaliknya, akun ini bisa berkurang jika tunggakan berhasil dilunasi.

Rumus Persamaan Akuntansi

Untuk menghitung tabel akuntansi, perhitungannya dapat dilakukan dengan ringkas menggunakan rumus berikut:

Harta (Aktiva)= Utang + Modal (Pasiva)
atau Aset= Kewajiban + Ekuitas

Secara tidak langsung, rumus di atas menunjukkan bahwa aset mempunyai tingkat yang setara dengan kewajiban dan ekuitas pemilik. Penulisan kewajiban pun sengaja diletakkan di awal, hal ini karena perusahaan harus melunasi utang kepada kreditur sebelum memberikan keuntungan kepada investor.

Tabel Persamaan Akuntansi

Jika ingin membuat tabel persamaan dasar, namun belum tahu bagaimana caranya, cobalah lihat contoh tabel di bawah ini dan pahami pula keterangan-keterangannya sebagai berikut:

Transaksi Aset Kewajiban Ekuitas
Modal bisnis dari pemilik + +
Bangunan kantor dari pemilik + +
Pembelian alat-alat kantor menggunakan kas + / –
Peralatan kantor yang dibeli lainnya + +
Peralatan kantor yang dijual + / –
Pembayaran dilakukan menggunakan akun pemasok
Penerimaan pendapatan dari hasil penjualan tunai + +
Mengambil pinjaman dari bank + +
Melakukan pembayaran utang menggunakan kas

Keterangan:

  • Transaksi: Segala transaksi pembelian atau penjualan yang diterima oleh perusahaan.
  • Kewajiban: Sesuatu yang harus dituntaskan oleh perusahaan sesaat kegiatan usaha menghasilkan keuntungan.
  • Aset: Sesuatu yang dimiliki oleh perusahaan.
  • Ekuitas: Sesuatu yang di dalamnya mencakup cadangan dan modal perusahaan.
  • Simbol (+): Akun mengalami peningkatan.
  • Simbol (-): Akun mengalami penurunan.
  • Simbol (+/-): Terdapat beberapa item yang menurun dan satu item mengalami peningkatan.

Contoh Tabel Persamaan Akuntansi

Ada baiknya langsung menerapkan rumus tadi pada tabel persamaan dasar akuntansi. Berikut adalah contoh soal persamaan akuntansi lengkap dengan tabelnya, mari disimak:

  • Pemilik perusahaan melakukan investasi awal untuk bisnis dengan menyetorkan perlengkapan seharga Rp1.200.000, uang tunai sebesar Rp5.000.000 dan peralatan senilai Rp2.500.000 pada tanggal 1 September.
  • Seminggu berikutnya, tanggal 7 September, pemilik berupaya meningkatkan produktivitas dengan menambah peralatan senilai Rp2.750.000.
  • Akhirnya perusahaan berhasil mendapatkan keuntungan sebesar Rp1.500.000 pada tanggal 15 September.

Dari pernyataan-pernyataan di atas, maka dapat dibuat tabel persamaan dasar sebagai berikut:

Contoh Persamaan Dasar Akuntansi

Contoh Persamaan Dasar Akuntansi (Credit: inews.co.id)

Menghitung menggunakan tabel persamaan dasar akuntansi ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Simak baik-baik penjelasan di atas supaya bisa mempraktekannya sendiri untuk kebutuhan bisnis pribadi.

Atau dengan cara lain yang lebih mudah dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, Anda hanya perlu memasukkan transaksi laporan akuntansi langsung jadi, bisnis lancar bisa buat laporan tanpa harus jago akunting dulu.

Pakai Beecloud, Bisa Buat Jurnal Umum Otomatis Tanpa Harus Jago Akunting Dulu

Akuntansi Pemerintahan: Tujuan, Prinsip, Standar dan Prosesnya
Akuntansi pemerintahan adalah bidang akuntansi yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan publik dan aset negara. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan transparansi,
Baca Juga
Tips Mudah Bikin Laporan Akuntansi Excel dan Rumusnya
Membahas mengenai akuntansi excel memang tidak bisa lepas dengan laporan keuangan. Apakah Anda sudah mengenali apa saja rumus yang bisa
Baca Juga
Contoh Rekap Orderan Olshop, Rekap Ribuan Order Cuma 7 Menit
Contoh rekap orderan olshop agar tahu bagaimana perputaran keuangan bisnisnya. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara merekap orderan online
Baca Juga
Mengenal Neraca Lajur, Cara Membuat Beserta Contoh
Neraca lajur merupakan lembaran kertas berkolom yang dipakai dalam kegiatan akuntansi secara manual. Sebuah perusahaan, baik itu jasa maupun dagang
Baca Juga
Pengertian Debit dan Kredit dalam Akuntansi dan Perbedaannya
Secara garis besar pengertian debit dan kredit adalah akun yang digunakan dalam mencatat transaksi keuangan, baik dalam hal akuntansi maupun
Baca Juga
Cara Membuat Laporan Keuangan Toko Kelontong Excel Sederhana
Di sini akan disajikan cara membuat laporan keuangan toko kelontong Excel secara sederhana yang bisa diaplikasikan pada usaha Anda. Laporan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu