Logo Bee Web

Mengenal Struktur Organisasi Perusahaan, Jenis dan Fungsinya

Struktur organisasi perusahaan adalah kerangka atau rangkaian hierarki dan tanggung jawab yang mengatur bagaimana pekerjaan dalam perusahaan.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 26 July 2023

Struktur organisasi perusahaan penting untuk dipahami terutama untuk seorang yang ingin memulai sebuah usaha. Dengan pahaman ini diharapkan pengusaha bisa menyusun bisnisnya lebih ideal dan terstruktur.

Sebab, dengan adanya struktur yang ideal Anda bisa jauh lebih mudah dalam membagi tugas yang jelas dan terarah dalam mencapai target perusahaan. Nah, simak informasi lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini:

Pengertian Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi perusahaan adalah sebuah tingkatan atau susunan yang memuat pembagian tugas dan peran seorang berdasarkan jabatannya di perusahaan. Dimana biasanya perusahaan akan menggambarkan bagan atau garis hieararki yang berisi tentang deskripsi dan komponen perusahaan itu sendiri.

Tujuan utama dari pembentukan struktur ini tidak jauh dari usaha dalam meningkatkan efektifitas dalam bekerja. Selain itu, dengan adanya struktur ini perusahaan bisa lebih mudah dalam menempatkan perseorangan yang berpotensi dan kompeten mengerjakan satu bidang tertentu.

Penting untuk diperhatikan jika struktur organisasi perlu disesuaikan dengan ukuran, jenis industri, budaya perusahaan, dan tujuan bisnis yang ingin dicapai. Selain itu, dalam lingkungan bisnis yang cepat berubah, fleksibilitas dalam struktur organisasi juga menjadi semakin penting untuk memungkinkan adaptasi dan inovasi yang diperlukan.

Baca Juga; 6 Langkah Praktis Memulai Bisnis untuk Pemula

Jenis-Jenis Struktur Organisasi Perusahaan

Berikut 5 jenis struktur organisasi perusahaan dan penjelasannya:

1. Struktur Fungsional

Pertama ada struktur fungsional, yakni struktur organisasi perusahaan yang pembagian kerjanya dilakukan berdasarkan tugas manajemen. Contohnya, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia (SDM) dan seterusnya.

2. Struktur Divisional

Berikutnya, Struktur divisional adalah struktur perusahaan yang dikelompokkan berdasarkan kesamaan produk, layanan, pasar dan lokasi geografis. Jenis struktur ini kerap digunakan pada perusahaan skala menengah ke atas.

Anggaran operasional yang dibutuhkan untuk jenis struktural ini juga lebih besar. Dalam prakteknya, perusahaan akan membagi lagi pegelompokan nya menjadi devisi yang lebih kecil lagi, sehingga pembagian tugas juga akan lebih optimal.

3. Struktur Matriks

Selanjutnya ada struktur organisasi matriks, dimana struktur ini merupakan gabungan dari struktur fungsional dan divisional, dengan tujuan untuk menutupi dan melengkapi kekurangan dari kedua struktur sebelumnya.

Jenis struktur ini biasa digunakan untuk perusahaan skala besar seperti perusahaan multinasional, karena biaya operasional yang dikeluarkan juga akan lebih besar dan kompleks.

Meskipun demikian, struktur matriks memudahkan perusahaan dalam mengambil keputusan, juga memungkinkan dalam melakukan dualisme kepemimpinan karena kerumitan dalam strukturnya.

Selain biaya operasional perusahaan yang lebih besar, menggunakan struktur ini juga berpotensi menimbulkan gesekan, karena dalam satu perusahaan berpotensi memiliki job desk yang hampir sama.

4. Struktur Tim Kerja

Keempat ada struktur tim kerja, seperti namanya struktur tim kerja adalah struktur perusahaan yang bersifat temporer atau tidak tetap, bisa dibuat kapan saja dan dibubarkan kapan saja.

Struktur ini biasanya dibuat dengan tujuan untuk menangani proyek dadakan yang tidak terencana sebelumnya. Struktur ini memiliki sifat khusus dan biasa berlangsung dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan bagaimana projek dadakan ini dilaksanakan.

Tidak ada acuan khusus siapa yang bisa masuk dalam struktur tim kerja ini. Namun, biasanya terdiri dari tenaga erja atau karyawan yang profesional dan dinilai mampu dalam menyelesaikan masalah.

5. Struktur Komite

Terakhir ada struktur komite, dalam proses kerjanya struktur ini akan melibatkan pelaksanaan tugas secara kolektif oleh beberapa individu, termasuk tanggung jawab kepemimpinan. Struktur ini biasanya disebut sebagai struktur komite karena namanya.

Struktur ini memiliki kekuatan dalam hal pengambilan keputusan melalui musyawarah antara pemegang saham dan dewan. Namun, struktur ini juga memiliki kelemahan dalam hal biaya operasional dan potensi bagi para pejabat untuk menghindari pertanggungjawaban ketika masalah muncul di dalam perusahaan.

Fungsi Struktur Organisasi Perusahaan

Sebagai sebuah entitas bisnis yang kompleks, perusahaan memerlukan struktur organisasi yang baik agar dapat berfungsi secara efisien dan efektif.

Berikut adalah lima fungsi utama dari struktur organisasi perusahaan:

1. Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab

Fungsi struktur organisasi perusahaan yang pertama adalah membantu mendefinisikan peran dan tanggung jawab setiap anggota tim atau departemen dalam perusahaan.

Dengan membagi tugas-tugas yang spesifik, setiap orang tahu apa yang diharapkan dari mereka, mengurangi tumpang tindih pekerjaan, dan meningkatkan akuntabilitas.

2. Koordinasi dan Kolaborasi

Struktur organisasi memungkinkan departemen atau unit bisnis yang berbeda untuk bekerja bersama dan berkoordinasi dalam mencapai tujuan bersama.

Adanya hierarki dan alur komunikasi yang jelas memungkinkan informasi dan keputusan dapat mengalir dengan lancar di seluruh perusahaan.

3. Efisiensi Operasional

Dengan adanya struktur organisasi yang teratur, perusahaan dapat mencapai efisiensi operasional. Proses bisnis dapat diatur dengan baik dan diintegrasikan sehingga sumber daya perusahaan (seperti tenaga kerja, waktu, dan uang) dapat digunakan dengan lebih efisien.

Baca Juga: Mengenal Anggaran Dasar Perusahaan dan Fungsinya

4. Pengambilan Keputusan yang Cepat dan Tepat

Berikutnya struktur organisasi membantu dalam proses pengambilan keputusan karena jelasnya pembagian wewenang dan tanggung jawab.

Keputusan dapat diambil dengan lebih cepat karena mereka yang memiliki kewenangan sesuai dengan lingkupnya dapat bertindak sesuai kebutuhan.

5. Pengembangan Karir dan Motivasi Karyawan

Dimana struktur organisasi yang jelas memberikan gambaran tentang jalur karir yang mungkin bagi karyawan. Ini dapat menjadi sumber motivasi karena karyawan memiliki tujuan yang jelas untuk diteruskan dan target yang ingin dicapai.

Contoh Struktur Organisasi Perusahaan

Berikut ini beberapa gambaran contoh struktur organisasi perusahaan dalam bentuk bagan hierarki.

1. Contoh Struktur Organisasi Perusahaan Kecil

Contoh Struktur Organisasi Kecil

Ilustrasi sturktur perusahaan sederhana atau usaha kecil (Credit: krealogi.com)

2. Contoh Struktur Organisasi Perusahaan Manufaktur

Struktur Organisasi Perusahaan Manufaktur

Ilustrasi struktur perusahaan manufaktur (Credit: www.talenta.co)

3. Contoh Struktur Perusahaan

Struktur Orrganisasi Perusahaan

Ilustrasi Struktur Perusahaan Makanan (Credit: dharmajaya.co.id)

Kesimpulan

Struktur organisasi perusahaan adalah kerangka atau rangkaian hierarki, tanggung jawab, dan aliran komunikasi yang mengatur bagaimana pekerjaan diorganisasi dan dilakukan di dalam perusahaan.

Tujuannya adalah untuk memastikan pembagian tugas yang jelas, koordinasi yang efektif antar bagian, dan pengambilan keputusan yang cepat. Struktur organisasi yang tepat dapat meningkatkan efisiensi operasional, memotivasi karyawan dengan memberikan arah karir yang jelas, dan memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar, hingga urusan keuangan bisnis.

Selain memperbaiki struktur organisasi perusahaan, Anda juga perlu memperbaiki bagaimana cara Anda dalam melakukan manajemen bisnis. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, dijamin bisnis akan lebih mudah dikontrol dan menguntungkan.

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Yuk, scale up bisnis Anda dengan mudah dan cermat dengan mengelola keuangan lebih baik menggunakan software akuntansi online Beecloud. Hemat waktu, tingkatkan efisiensi, dan dapatkan visibilitas yang jelas atas keuangan perusahaan Anda. Segera beralih ke Beecloud dan lihat bagaimana bisnis Anda berkembang dengan cepat dan lancar!

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Manfaat Teknologi Informasi Bagi Bisnis, Ekonomi dan Lainnya
Manfaat Teknologi Informasi telah mengubah dunia dengan cara yang tak terbayangkan sebelumnya. Dalam era digital ini, Teknologi Informasi telah memainkan
Baca Juga
6 Ide Bisnis Mainan Edukasi Anak yang Menguntungkan
Apakah Anda tertarik dengan ide bisnis yang tidak hanya menguntungkan secara finansial, tetapi juga memiliki dampak positif pada perkembangan anak-anak?
Baca Juga
4 Tujuan Komunikasi yang Harus Diketahui Pebisnis
Siapa yang tidak ingin meraih kesuksesan dalam dunia bisnis? Rahasianya terletak pada pemahaman mendalam tentang tujuan komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis
Baca Juga
Brand Equity: Definisi, Manfaat, Jenis, dan Cara Membangunnya
Berbicara tentang brand equity tentu tidak lepas dari bagaimana konsumen loyal terhadap suatu merk. Oleh karena itu, strategi branding ini
Baca Juga
Manfaatkan Impulse Buying untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis
Dalam dunia bisnis, memahami perilaku konsumen sangatlah penting untuk mencapai kesuksesan. Salah satu fenomena yang sering terjadi dalam pembelian konsumen
Baca Juga
COA Adalah: Mengenal Kode Akun Akuntansi dalam Keuangan
COA adalah salah satu aspek penting dalam manajemen keuangan perusahaan. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu Chart of
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu