Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Mengenal Tugas dan Kewajiban Kasir Toko Baju

Dipublish Tgl: Saturday, 4 June 2022

Saat Anda berbelanja di sebuah toko minimarket, toko kelontong dan toko lainnya, Anda pasti akan menjumpai seorang kasir toko baju. Dengan mereka lah Anda akan melakukan transaksi pembayaran. Pasalnya tugas kasir memang berhubungan dengan kegiatan transaksi sebuah bisnis, misalnya pada kasir toko baju.

Tugas dan kewajiban kasir pada umumnya sama. Namun, untuk spesifikasinya tentu memiliki perbedaan tersendiri. Misalnya di toko baju, tentu seorang kasir di toko tersebut memiliki tugas spesifikasi yang berbeda dengan kasir coffee shop. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi seorang kasir toko baju, Anda perlu memahami lebih dalam apa itu kasir, beserta tugas dan kewajibannya.

Pengertian Kasir Toko Baju

Ilustrasi Kasir Toko Baju

Ilustrasi kasir toko baju menggunakan aplikasi kasir (Sumber: Freepik.com)

Menurut KBBI, kasir merupakan seseorang yang bertugas untuk menerima dan membayarkan uang. Kasir toko baju adalah orang yang bertugas untuk melayani proses transaksi dan menerima uang yang dihasilkan dari pembayaran suatu produk berupa baju. Saat ini pembayarannya transaksi bisa berupa uang tunai maupun non-tunai. 

Kasir memiliki tugas sebagai pelayan yang berhubungan langsung dengan konsumen. Sehingga perannya amat krusial dalam menjalankan suatu bisnis. Tugas seorang kasir juga tidak hanya melayani konsumen dalam hal transaksi. Namun juga memiliki tugas dan tanggung jawab lainnya yang tidak kalah penting. 

5 Tugas dan Kewajiban Kasir Toko Baju

Menjadi seorang kasir tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya kasir memiliki tugas dan kewajiban yang cukup penting dalam menjalankan bisnis. Bahkan bisa dikatakan bahwa kasir merupakan garda terdepan karena berhubungan langsung dengan konsumen. 

Selain bertanggung jawab atas kepuasan konsumen. Kasir juga memiliki tugas dan tanggung jawab lain yang harus dilaksanakan dengan baik. Berikut 5 Tugas dan kewajiban seorang kasir:

  • Melakukan Proses Transaksi Penjualan

Tugas dan kewajiban kasir yang pertama adalah melakukan proses transaksi penjualan. Konsumen yang membeli produk Anda akan membayar melalui kasir. Sehingga, menjadi seorang kasir harus bisa melayani konsumen dengan ramah agar tidak mendapatkan komplain dari konsumen. Selain itu, seorang kasir juga  harus bekerja cepat dan tepat dalam menghitung jumlah barang, harga barang dan kembalian uang. 

  • Membereskan dan Packing Produk

Seorang kasir toko baju tidak hanya melayani konsumen, akan tetapi harus memberikan produknya. Toko baju mempunyai aturan tersendiri dalam menyimpan produknya agar terlihat rapi dan mudah dicari saat dibutuhkan. Kasir juga bertugas untuk melakukan packing yang dibeli oleh konsumen. 

  • Mencatat dan Menginput Data Penjualan

Laporan Penjualan Toko Baju

Ilustrasi Mencatat dan Menginput Penjualan Toko Baju

Perlu Anda ketahui bahwa pencatatan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini berguna untuk mengetahui jumlah produk yang terjual. Kasir akan menginput data penjualan menggunakan alat bantu, bisa secara manual maupun menggunakan mesin kasir. Tujuan pencatatan ini untuk mencocokan jumlah penjualan dan sisa produk.

  • Membuat Laporan Penjualan

Laporan penjualan harus dibuat oleh seorang kasir paling tidak satu bulan sekali. Tujuannya yaitu untuk meninjau hasil penjualan dalam kurun waktu tertentu. Melalui laporan tersebut Anda dapat mengevaluasi hasil penjualan apakah mengalami kemajuan atau kerugian. Sehingga Anda dapat melakukan evaluasi penjualan agar tidak terjadi kerugian.

  • Melakukan Cek Ketersediaan Barang atau Stock Opname

Pada umumnya, kasir toko harus bisa mengerjakan berbagai tugas dan tanggung jawab yang diberikan termasuk melakukan pengecekan barang atau stok opname. Pada periode tertentu seorang kasir harus menghitung ketersediaan fisik produk yang berada di dalam gudang. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah diperlukan tambahan stok barang atau tidak.

Alat Bantu Kasir Untuk Toko Baju

Berbeda dengan perusahaan besar yang memiliki staf khusus untuk setiap posisi seperti finance dan purchasing. Bisnis yang masih tergolong kecil justru  memberikan tugas tersebut kepada seorang kasir. Alhasil beban dan tanggung jawab kasir menjadi lebih banyak. 

Namun dengan adanya teknologi, seorang kasir dapat menjalankan  tugas tersebut dengan mudah. Saat ini sudah banyak alat bantu kasir yang digunakan pelaku usaha untuk mempercepat transaksi penjualan. Umumnya alat bantu kasir dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Alat Kasir Konvensional

Alat kasir Konvensional merupakan sebuah mesin kasir  khusus untuk membantu kasir dalam melakukan transaksi. Oleh karena mesin kasir ini bersifat konvensional, maka kegunaannya juga cukup terbatas. Anda hanya dapat menggunakan mesin kasir sebagai alat bantu untuk menghitung penjualan agar lebih cepat. 

Mesin kasir konvensional tidak memiliki sistem POS (Point of Sale) yang dapat memberikan banyak fitur kasir. Sehingga, mesin kasir ini hanya digunakan oleh pelaku usaha kecil seperti warung eceran. 

  • Alat Kasir Toko Baju Modern Berbasis Komputer

Alat kasir berbasis komputer merupakan sebuah alat atau seperangkat alat elektronik yang menggunakan sistem komputer. Biasanya alat kasir yang sudah berbasis komputer memiliki sistem POS untuk memudahkan pengaturan melalui program aplikasi kasir. Saat ini sudah banyak aplikasi kasir yang dapat digunakan untuk berbagai jenis usaha retail, seperti; restoran, cafe maupun berbagai jenis toko dan warung. 

Anda bisa memilih aplikasi kasir tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya untuk toko baju, Anda harus memilih aplikasi yang memiliki fitur untuk membantu kasir dalam mengelola berbagai kebutuhan toko baju. Harga aplikasi kasir bervariasi sesuai dengan brand serta fitur apa yang akan Anda gunakan. 

Kesimpulan

Kasir toko baju merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk menjalankan sebuah transaksi penjualan di bidang bisnis pakaian. Tugas seorang kasir bukan hanya melayani konsumen tetapi juga bertanggung jawab untuk menjalankan transaksi, packing produk, mencatat data penjualan, membuat laporan, dan melakukan stock opname

Untuk membantu kasir dalam menjalankan tugasnya, Anda dapat menggunakan alat bantu kasir. Alat tersebut ada yang masih konvensional ada pula yang sudah modern dengan sistem POS. Alat bantu kasir dengan sistem POS dapat menggunakan sebuah aplikasi untuk membuat berbagai program yang dibutuhkan kasir toko baju agar lebih praktis dan efisien.

Software Kasir Toko Baju Integrasi dengan Akunting Beepos

Perbedaan E-commerce dan Marketplace, Mana yang Tepat untuk Anda?
Perbedaan e-commerce dan marketplace penting untuk diketahui. Anda wajib tahu perbedaan keduanya jika ingin menjadi pebisnis online yang sukses. Sebabnya, […]
Baca Juga
Pengertian Bukti Transaksi Hingga Macamnya Lengkap
Dalam setiap transaksi yang terjadi di sebuah perusahaan atau organisasi, pasti ada buktinya. Bukti transaksi tersebut bisa diberikan untuk penjual […]
Baca Juga
Software Penjualan Minimarket Bantu Scale Up Bisnis Para Owner
Memakai software penjualan minimarket merupakan keputusan yang tidak mudah bagi pemilik bisnis minimarket. Bagaimana tidak? Pemilik bisnis ini pasti tidak […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu