Logo Bee Web

Buku Stok Barang: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Sebagai pebisnis yang memiliki stok barang untuk dijual, salah satu rutinitas yang harus Anda lakukan adalah membuat buku stok barang harian.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 12 February 2023

Sebagai seorang pebisnis yang memiliki stok barang untuk dijual, salah satu rutinitas yang harus Anda lakukan adalah membuat buku stok barang harian manual. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui stok apa saja yang masih tersedia, total aset yang dimiliki, keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran, dan lain sebagainya.

Untuk itu berikut akan diberitahukan informasi berupa contoh pembukuan stok serta cara yang mudah diikuti oleh pebisnis atau karyawan sekalipun. Serta harapannya bisa menjadi referensi dan memperbanyak insight bagi pebisnis dan siapapun yang ingin mengetahui bagaimana cara menghitung stok dan contoh pembukuan stok barang.

Apa itu Buku Stok Barang?

Ilustrasi Buku Stok Barang

Dilansir dari laman Lawinsider, buku stok barang adalah suatu buku yang mampu mencatat seluruh data yang berkaitan dengan ketersediaan barang. Jadi, pembukuan stok ini akan membantu Anda dalam melakukan berbagai kegiatan pencatatan dan perhitungan stok barang karena berkaitan dengan selisih antara barang yang masuk dan barang yang keluar.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa, maksud dari buku stok barang yaitu buku yang berisikan data tentang pergerakan masuk atau keluar suatu barang. Buku stok disebut juga dengan inventaris. Inventori sendiri artinya sistem pengelolaan data semua persediaan barang, termasuk dari kegiatan logistik yang dilakukan suatu usaha.  Sehingga, mereka akan bisa menentukan apakah perlu membeli barang lagi atau tidak. Jika kita penjual, maka kita tidak akan menjual barang dengan jumlah yang melebihi stok.

Didalam buku tersebut akan terdapat informasi seperti jenis barang, harga, stok awal, barang masuk, keluar, sisa stok, bandrol harga, keuntungan serta banyak lainnya. Kemudian tabel juga dapat dijadikan sebagai laporan harian, mingguan ataupun bulanan dari sebuah usaha. Karena semuanya tertulis maka juga berpengaruh pada sisi keuangan sehingga tidak dapat disepelekan.

Fungsi Buku Stok Barang

Contoh Kartu Stok di Software

Contoh Tampilan Kartu Stok di Software Bee

Mengelola stok barang dengan baik membantu bisnis berjalan lancar dan dapat berkembang dengan cepat. Tanpa sistem yang akurat, ada risiko terjadinya masalah tidak diinginkan yang bisa mengganggu kegiatan bisnismu, Dengan mengelola stok barang, misalnya pesanan masuk dan keluar, Anda dapat menjaga segala kebutuhan bisnis dan memastikan kesuksesan usaha.

Memang contoh buku stok barang akan menjadi alat inventori yang sangat berguna bagi kelangsungan usaha Anda. Pada umumnya tabel akan dibuat oleh bagian admin ataupun bagian stocking gudang dimana bertanggung jawab terhadap jumlah stok. Ketika semuanya tercatat maka memudahkan melakukan perhitungan apabila ada yang janggal ataupun jumlahnya tak sesuai.

Pembukuan stok barang masuk dan keluar dapat membantu Anda mengawasi stok barang dan mengambil keputusan paling tepat terkait hal ini. Berikut beberapa fungsi buku stok barang yang bisa Anda jadikan sebagai referensi baru untuk mengatur stok pada usaha Anda:

1. Memantau Arus Penjualan

Dengan membuat buku stok barang akan membantu Anda melihat barang yang paling laris dan paling banyak terjual. Begitu juga sebaliknya, Anda juga dapat melihat barang yang perputaran barangnya cukup lambat alias jarang dibeli. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui, mana barang yang sudah perlu dibeli kembali sebagai stok, mana yang belum perlu dibeli ulang.

2. Mengendalikan Arus Stok Barang

Selanjutnya, fungsi kedua dari buku stok barang juga membantu Anda jika suatu saat ingin mempercepat atau memperlambat barang keluar dari gudang dengan alasan yang sudah Anda pertimbangkan dengan matang. Misalnya, ketika terjadi kelangkaan barang modal atau untuk memenuhi pesanan yang sudah dijanjikan.

3. Memiliki Dokumen Pelacakan Stok

Fungsi ketiga, pembukuan stok barang yaitu dijadikan sebagai dokumen yang melacak seluruh perputaran stok barang. Maka dari itu, dokumen ini sangat penting karena berisi mutasi barang dari gudang ke gudang lainnya atau mutasi barang yang telah terjual.

 4. Aman dari Manipulasi

Tindakan kecurangan bisa terjadi dari pihak mana saja, baik internal maupun pemasok. Caranya, mulai dari pencurian barang sampai manipulasi data stok. Jika terjadi hal ini, Anda malah perlu membuat pengeluaran yang tidak seharusnya untuk mengembalikan keseimbangan stok barang. Karena itu, buku stok barang dapat menjadi pegangan Anda agar tak kehilangan kontrol atas barang-barang di gudang.

Cara Membuat Buku Stok Barang

Berikut langkah-langkah membuat laporan stok barang yang bisa diikuti oleh perusahaan dagang atau perusahaan manufaktur untuk menghasilkan laporan stok barang yang akurat dan terbukti kebenarannya.

Pastikan tabel memiliki parameter seperti kode barang, nama barang, nomor urut, stok awalan, barang keluar, masuk, stok akhir, jumlah total, harga dan bisa juga ditambahkan keuntungan.

Berikut 2 tips membuat buku stok barang yang dilakukan nantinya untuk menghasilkan contoh pembukuan stok barang masuk dan keluar. Sebelum melakukan pembuatan buku stok barang, Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini untuk mempermudah dalam pembuatan laporan stok:

1. Mengelompokkan Sesuai Jenis Barang

Jika Anda menjual berbagai jenis barang yang berbeda, maka mulailah dengan menyortir dan mengumpulkannya sesuai dengan jenisnya masing-masing. Misalnya, Anda memiliki toko HP yang menjual berbagai merk seperti Samsung, Xiaomi, Oppo Dll. Variasi dari masing-masing merk ini juga sangat banyak baik dari segi tipe, dan IMEI bukan?

Oleh karena itu, lakukan penyimpanan dengan mengelompokkan menurut jenisnya. Misalnya etalase 1 adalah tempat penyimpanan khusus HP bermerek Samsung, lalu etalase 2 adalah tempat penyimpanan khusus merk Xiaomi dan begitupun seterusnya.

2. Mengumpulkan Nota Penjualan dan Pembelian

Input data merupakan kegiatan yang paling krusial dalam pencatatan stok. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar berhati-hati dalam melakukannya. Namun tidak jarang terjadi kesalahan pencatatan. Jika hal ini terjadi, maka harus segera diperbaiki. Untuk mengantisipasi berlarut-larut, Anda bisa langsung mengeceknya sesuai dengan nota penjualan atau nota pembelian yang terjadi pada hari itu.

Selanjutnya Anda bisa mulai melakukan pembukuan stok barang seperti contoh video di bawah ini yang menggunakan Software Akuntansi Online dari Beecloud agar buku stok barang pada bisnis Anda akurat dan aman dari manipulasi

Contoh Buku Stok Barang

Ketika membahas soal contoh tabel stok barang memang erat kaitannya dengan excel karena paling mudah pembuatan dan penggunaannya. Anda dapat membuat laporan harian, mingguan ataupun bulanan memakai format yang hampir sama. Namun dalam perhitungannya memang akan sedikit berbeda dimana bisa manual ataupun otomatis.

Lalu contoh tabel stok barang juga bisa dibuat berdasarkan template sehingga satu tabel bisa dipakai pada banyak kebutuhan. Anda cukup mengubah informasi barang serta detailnya sehingga bentuk laporannya berbeda seperti gambar berikut.

#Contoh 1: Pembukuan Stok Barang Keluar dan Masuk

Contoh Kartu Stok Di Software Beecloud

Contoh tabel contoh pembukuan stok barang masuk dan keluar (Credit: Bee.id)

#Contoh II: Pembukuan Contoh Pembukuan Stok Barang Manual

Contoh Laporan Stok Barang Bulanan manual

Bentuk dan Contoh Laporan Stok Barang Bulanan Manual (Credit: Kuriran.id)

Kini, banyak vendor yang telah menawarkan sistem untuk membantu pencatatan dan laporan stok. Namun, tak jarang program yang ditawarkan tidak mampu memenuhi kebutuhan yang ada pada bisnis para pengusaha, terutama untuk para pelaku usaha yang memiliki kegiatan operasional yang sangat padat.

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Akan tetapi, dengan software akuntansi online dari Beecloud. Anda bisa kontrol ribuan stok yang tiap hari keluar masuk gudang, bahkan Anda bisa rekap ribuan transaksi harian di berbagai cabang yang Anda miliki ke aplikasi pembukuan.

Dan menariknya aplikasi pembukuan ini langsung terintegrasi dengan laporan penjualan, laporan kas (termasuk cash flow) dan juga sampai laba bersih. Yuk, coba gratis sekarang!

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

FIFO Adalah Metode Manajemen Persedian, Begini Cara Kerjanya
Metode FIFO adalah salah satu konsep yang sangat penting dalam dunia bisnis, terutama dalam manajemen persediaan barang. Dalam artikel ini,
Baca Juga
Cara Membuat Kartu Stok Barang, Definisi dan Fungsinya Lengkap
Kartu stok barang adalah sebuah kartu yang mencantumkan informasi mengenai keluar dan masuknya barang dari sebuah usaha yang juga disebut
Baca Juga
13 Rekomendasi Aplikasi Stok Opname Barang Terbaik 2023
Stok opname adalah aktivitas menghitung persediaan barang yang masih tersimpan di gudang untuk dipasarkan nantinya, untuk meningkatkan efisiensi kerja dibutuhkan
Baca Juga
Warehouse Adalah: Pengertian, Jenis dan Fungsinya
Warehouse adalah gudang tempat penyimpanan logistic dan inventory sebuah perusahaan,sebagai tempat penyimpanan hasil produksi agar kualitasnya tetap terjaga juga meningkatkan
Baca Juga
10+ Contoh Barang Mentah Berdasarkan Jenisnya
Dalam dunia manufaktur dan industri, penggunaan barang mentah menjadi bagian penting dari rantai pasok produksi. Dimana barang mentah merupakan bahan
Baca Juga
Inventory Control Adalah: Pengertian, Fungsi, Metode
Sebuah sistem untuk memanajemen persediaan barang yaitu stock control dan inventory control adalah kebutuhan yang paling penting dalam suatu bisnis.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu