🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Mengenal Software Akuntansi Manufaktur dan Peran Pentingnya

Bisnis manufaktur perlu langkah efektif dan cepat dalam hal akuntansi atau perhitungan perusahaan. Software akuntansi manufaktur adalah...
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 7 April 2022

Bisnis manufaktur di Indonesia yang biasanya orang sebut dengan pabrik memiliki sistem yang besar dan hilir-mudik perputaran modal yang tinggi. Oleh karena itu, perlu sekali langkah efektif dan cepat dalam setiap bidangnya, terutama dalam hal akuntansi atau perhitungan perusahaan. Software akuntansi manufaktur adalah solusi yang relevan untuk kebutuhan tersebut.

Software akuntansi manufaktur adalah jenis perangkat lunak yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan manufaktur. Perangkat lunak ini membantu perusahaan manufaktur dalam mengelola dan melacak transaksi keuangan serta informasi akuntansi yang terkait dengan operasi manufaktur mereka.

Apalagi perhitungan manual akuntansi sangat rawan terjadi kesalahan dari karyawan yang memegang pekerjaan tersebut. Namun, apa saja kelebihan saat bisnis memanfaatkan teknologi ini?

Beberapa Fitur Wajib Ada dalam Software Akuntansi Manufaktur

Software Minimarket Di Komputer

Contoh Penggunaan Software Akuntansi Manufaktur (Credit: Bee.id)

Software akuntansi manufaktur biasanya memiliki fitur dan fungsi yang khusus untuk mengelola aspek akuntansi yang unik dalam industri manufaktur. Berikut adalah beberapa fitur umum yang biasanya ada dalam software akuntansi manufaktur:

1. Manajemen Biaya Bahan Baku

Fitur pertama dalam software akuntansi manufaktur adalah manajemen biaya bahan baku, hal ini memungkinkan perusahaan manufaktur untuk melacak biaya bahan baku, mulai dari pembelian hingga penggunaan dalam proses produksi. Ini membantu dalam menghitung persediaan yang tepat dan mengelola biaya produksi.

2. Manajemen Persediaan

Kemudian fitur manajemen persedian, fitur ini akan membantu dalam mengelola persediaan dengan melacak dan memantau aliran barang masuk dan keluar. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan persediaan, menghindari kekurangan atau kelebihan stok, dan mengelola biaya persediaan dengan lebih efisien.

3. Biaya Tenaga Kerja

Berikutnya adalah fitur yang sudah mampu mengintegrasikan data dari sistem manajemen tenaga kerja, sehingga perusahaan dapat menghitung biaya tenaga kerja yang terlibat dalam proses manufaktur. Hal ini membantu dalam memantau dan mengelola biaya tenaga kerja serta menghitung biaya produksi secara akurat.

4. Penyusunan Anggaran

Berikutnya adalah penyusunan anggaran, hal ini memungkinkan software akuntansi manufaktur digunakan untuk menyusun anggaran dengan lebih efektif. Ini termasuk mengalokasikan dana untuk bahan baku, tenaga kerja, biaya overhead, dan kebutuhan produksi lainnya. Perusahaan dapat memantau dan membandingkan anggaran dengan hasil aktual untuk mengidentifikasi penyimpangan dan mengambil tindakan perbaikan.

5. Pelaporan Keuangan

Terakhir adalah pelaporan keuangan, software yang menyediakan kemampuan untuk menghasilkan laporan keuangan yang relevan dan spesifik untuk industri manufaktur akan lebih baik dibandingkan yang tidak. Ini termasuk laporan laba rugi, neraca, laporan arus kas, laporan biaya produksi, dan laporan kinerja lainnya. Laporan-laporan ini memberikan wawasan yang penting dalam kinerja keuangan perusahaan dan membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat.

Dengan adanya software akuntansi manufaktur, perusahaan dapat mengotomatisasi banyak proses akuntansi, menghemat waktu, meningkatkan akurasi, dan memperkuat kontrol internal. Hal ini membantu perusahaan manufaktur dalam mengelola keuangan mereka dengan lebih efisien dan efektif.

Kelebihan dari Software Akuntansi Manufaktur

software-akuntansi-manufaktur

Alasan Mengapa Usaha Manufaktur Membutuhkan Software Akuntansi (Sumber: Pexels.com)

Software akuntansi manufaktur merupakan aplikasi keuangan dan operasional yang bisa membantu dalam hal pengelolaan produksi agar lebih mudah, cepat dan akurat. Tugasnya adalah memberikan laporan keuangan, perpajakan, dan juga operasional keuangan sebuah perusahaan manufaktur. Berikut ini ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakannya.

1. Memberikan Kemudahan Untuk Tracking Proyek yang Real Time

Dalam perusahaan manufaktur yang besar, data stok barang adalah hal yang vital perlu terjadi dengan mudah karena harus terakses secara berkala. Banyak perusahaan yang kesulitan untuk melakukan tracking data secara real time. Aplikasi akuntansi ini membuat atasan atau manajer di perusahaan manufaktur bisa memantau stok barang yang ada.

2. Bisa Menghemat Pengeluaran Anggaran

Kelebihan paling penting tentunya adalah Anda bisa mengurangi biaya operasional perusahaan dengan memanfaatkan aplikasi akuntansi ini. Mengapa demikian? Ini karena saat menggunakannya data real time yang ada dari aplikasi Anda bisa memangkas proses administrasi yang ada. Tentu saja penggunaan ini juga akan membuat Anda bisa meminimalisir tenaga kerja yang bekerja.

3. Data Keuangan yang Terpusat dengan Software Akuntansi Manufaktur

laporan-produksi-software-akuntansi-manufaktur-beecloud

Contoh Laporan Harga Produk Produksi Menggunakan Software Akuntansi Online Beecloud (Sumber: Bee.id)

Salah satu kelebihan dari penggunaan software akuntansi manufaktur adalah pengelolaan bisnis yang Anda miliki dapat dilakukan dalam satu sistem terpusat. Penggunaan data yang terpisah bisan menyebabkan adanya kesalahan data, input data ganda, dan masalah-masalah lainnya yang me berjalan semestinya.

4. Data Transaksi Lebih Terorganisir

Pencatatan manual riskan dengan adanya data yang hilang atau rusak. Dengan adanya metode pencatatan otomatis lewat aplikasi akuntansi, maka nantinya pencatatan akan terkonversi menjadi sebuah data digital. Anda bisa sewaktu-waktu juga meninjau faktur atau invoice transaksi perusahaan dengan lebih gampang.

5. Hutang dan Piutang Bisa Tercatat dengan Lebih Baik

Biasanya software akuntansi akan memiliki fitur pencatatan utang dan piutang. Dengan memakainya Anda bisa menghitungnya secara mudah dan lebih akurat ketimbang menghitung secara manual tentunya.

Contohnya, semisal perusahaan Manufaktur Anda memiliki tagihan, maka akan ada notifikasi pengingat tanggal jatuh temponya. Dengan begitu, hilir-mudik dari keuangan perusahaan bisa terjaga dengan baik dan risiko penyelewengan bisa berkurang.

Baca Juga: Cara Hitung Biaya Produksi untuk Perusahaan Manufaktur

Percayakan Software Akuntansi Manufaktur Pada Beeaccounting!

Setelah mengetahui kelebihan penggunaan software akuntansi manufaktur seperti yang ada di atas, bukankah Anda tertarik memakainya? Yuk, bekerjasama dengan pembuat software akuntansi terbaik Beeaccounting yang terpercaya.

Perkembangan teknologi sudah tidak bisa diragukan untuk saat ini. Berbagai kebutuhan bisa teratasi dengan mudah dengan menggunakan teknologi yang ada. Jika sebelumnya kita hanya bisa menghitung production cost secara manual, maka untuk saat ini kita bisa saja menggunakan software akuntansi manufaktur yang lebih mudah.

Keuntungan jika kita menggunakan software akuntansi manufaktur Beeaccounting adalah kita tidak perlu bingung dan pusing menghitung production cost secara manual. Belum lagi jika biaya yang dihitung sangat banyak, dan juga belum lagi kalau hitungan Anda tidak sengaja hilang.

Software-Akuntansi-Manufaktur-Untuk-Produksi-Pabrik-Beeaccounting

Historical Cost Adalah Nilai Historis Transaksi, Ini Penjelasannya
Dalam dunia akuntansi, biaya historis atau historical cost adalah salah satu landasan penting dalam penilaian aset dan kewajiban perusahaan. Konsep
Baca Juga
Cara Membuat Software Kasir dari Bee.id
Dengan adanya software kasir saat ini, secara tidak langsung dapat membantu para pemilik usaha melakukan proses transaksi penjualan dan pencatatan
Baca Juga
Pengertian Software Akuntansi yang Jarang Diketahui Akuntan
  Digitalisasi  pada zaman sekarang ini memiliki pengaruh ke berbagai aspek kehidupan, termasuk urusan akuntansi dalam sebuah perusahaan. Saat ini
Baca Juga
Accounting Software: Mengenal Pengertian dan Kegunaannya
Di zaman yang semakin modern ini, penggunaan accounting software merupakan hal yang lumrah dan justru harus digunakan. Selain penggunaannya yang
Baca Juga
Current Asset Adalah: Pengertian, Komponen, dan Contohnya
Current asset adalah bagian penting dari neraca perusahaan yang mencerminkan kesehatan keuangan dan likuiditasnya. Merupakan kelompok aset yang dapat dengan
Baca Juga
3 Metode Analisis Laporan Keuangan Paling Umum di Indonesia
Analisis laporan keuangan bisnis merupakan hal penting yang wajib dilakukan oleh setiap pengusaha di Indonesia. Alasannya adalah karena analisis keuangan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu