🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Mengenal Software Akuntansi Manufaktur dan Peran Pentingnya

Bisnis manufaktur perlu langkah efektif dan cepat dalam hal akuntansi atau perhitungan perusahaan. Software akuntansi manufaktur adalah...
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 7 April 2022

Bisnis manufaktur di Indonesia yang biasanya orang sebut dengan pabrik memiliki sistem yang besar dan hilir-mudik perputaran modal yang tinggi. Oleh karena itu, perlu sekali langkah efektif dan cepat dalam setiap bidangnya, terutama dalam hal akuntansi atau perhitungan perusahaan. Software akuntansi manufaktur adalah solusi yang relevan untuk kebutuhan tersebut.

Software akuntansi manufaktur adalah jenis perangkat lunak yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan manufaktur. Perangkat lunak ini membantu perusahaan manufaktur dalam mengelola dan melacak transaksi keuangan serta informasi akuntansi yang terkait dengan operasi manufaktur mereka.

Apalagi perhitungan manual akuntansi sangat rawan terjadi kesalahan dari karyawan yang memegang pekerjaan tersebut. Namun, apa saja kelebihan saat bisnis memanfaatkan teknologi ini?

Beberapa Fitur Wajib Ada dalam Software Akuntansi Manufaktur

Software Minimarket Di Komputer

Contoh Penggunaan Software Akuntansi Manufaktur (Credit: Bee.id)

Software akuntansi manufaktur biasanya memiliki fitur dan fungsi yang khusus untuk mengelola aspek akuntansi yang unik dalam industri manufaktur. Berikut adalah beberapa fitur umum yang biasanya ada dalam software akuntansi manufaktur:

1. Manajemen Biaya Bahan Baku

Fitur pertama dalam software akuntansi manufaktur adalah manajemen biaya bahan baku, hal ini memungkinkan perusahaan manufaktur untuk melacak biaya bahan baku, mulai dari pembelian hingga penggunaan dalam proses produksi. Ini membantu dalam menghitung persediaan yang tepat dan mengelola biaya produksi.

2. Manajemen Persediaan

Kemudian fitur manajemen persedian, fitur ini akan membantu dalam mengelola persediaan dengan melacak dan memantau aliran barang masuk dan keluar. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan persediaan, menghindari kekurangan atau kelebihan stok, dan mengelola biaya persediaan dengan lebih efisien.

3. Biaya Tenaga Kerja

Berikutnya adalah fitur yang sudah mampu mengintegrasikan data dari sistem manajemen tenaga kerja, sehingga perusahaan dapat menghitung biaya tenaga kerja yang terlibat dalam proses manufaktur. Hal ini membantu dalam memantau dan mengelola biaya tenaga kerja serta menghitung biaya produksi secara akurat.

4. Penyusunan Anggaran

Berikutnya adalah penyusunan anggaran, hal ini memungkinkan software akuntansi manufaktur digunakan untuk menyusun anggaran dengan lebih efektif. Ini termasuk mengalokasikan dana untuk bahan baku, tenaga kerja, biaya overhead, dan kebutuhan produksi lainnya. Perusahaan dapat memantau dan membandingkan anggaran dengan hasil aktual untuk mengidentifikasi penyimpangan dan mengambil tindakan perbaikan.

5. Pelaporan Keuangan

Terakhir adalah pelaporan keuangan, software yang menyediakan kemampuan untuk menghasilkan laporan keuangan yang relevan dan spesifik untuk industri manufaktur akan lebih baik dibandingkan yang tidak. Ini termasuk laporan laba rugi, neraca, laporan arus kas, laporan biaya produksi, dan laporan kinerja lainnya. Laporan-laporan ini memberikan wawasan yang penting dalam kinerja keuangan perusahaan dan membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat.

Dengan adanya software akuntansi manufaktur, perusahaan dapat mengotomatisasi banyak proses akuntansi, menghemat waktu, meningkatkan akurasi, dan memperkuat kontrol internal. Hal ini membantu perusahaan manufaktur dalam mengelola keuangan mereka dengan lebih efisien dan efektif.

Kelebihan dari Software Akuntansi Manufaktur

software-akuntansi-manufaktur

Alasan Mengapa Usaha Manufaktur Membutuhkan Software Akuntansi (Sumber: Pexels.com)

Software akuntansi manufaktur merupakan aplikasi keuangan dan operasional yang bisa membantu dalam hal pengelolaan produksi agar lebih mudah, cepat dan akurat. Tugasnya adalah memberikan laporan keuangan, perpajakan, dan juga operasional keuangan sebuah perusahaan manufaktur. Berikut ini ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakannya.

1. Memberikan Kemudahan Untuk Tracking Proyek yang Real Time

Dalam perusahaan manufaktur yang besar, data stok barang adalah hal yang vital perlu terjadi dengan mudah karena harus terakses secara berkala. Banyak perusahaan yang kesulitan untuk melakukan tracking data secara real time. Aplikasi akuntansi ini membuat atasan atau manajer di perusahaan manufaktur bisa memantau stok barang yang ada.

2. Bisa Menghemat Pengeluaran Anggaran

Kelebihan paling penting tentunya adalah Anda bisa mengurangi biaya operasional perusahaan dengan memanfaatkan aplikasi akuntansi ini. Mengapa demikian? Ini karena saat menggunakannya data real time yang ada dari aplikasi Anda bisa memangkas proses administrasi yang ada. Tentu saja penggunaan ini juga akan membuat Anda bisa meminimalisir tenaga kerja yang bekerja.

3. Data Keuangan yang Terpusat dengan Software Akuntansi Manufaktur

laporan-produksi-software-akuntansi-manufaktur-beecloud

Contoh Laporan Harga Produk Produksi Menggunakan Software Akuntansi Online Beecloud (Sumber: Bee.id)

Salah satu kelebihan dari penggunaan software akuntansi manufaktur adalah pengelolaan bisnis yang Anda miliki dapat dilakukan dalam satu sistem terpusat. Penggunaan data yang terpisah bisan menyebabkan adanya kesalahan data, input data ganda, dan masalah-masalah lainnya yang me berjalan semestinya.

4. Data Transaksi Lebih Terorganisir

Pencatatan manual riskan dengan adanya data yang hilang atau rusak. Dengan adanya metode pencatatan otomatis lewat aplikasi akuntansi, maka nantinya pencatatan akan terkonversi menjadi sebuah data digital. Anda bisa sewaktu-waktu juga meninjau faktur atau invoice transaksi perusahaan dengan lebih gampang.

5. Hutang dan Piutang Bisa Tercatat dengan Lebih Baik

Biasanya software akuntansi akan memiliki fitur pencatatan utang dan piutang. Dengan memakainya Anda bisa menghitungnya secara mudah dan lebih akurat ketimbang menghitung secara manual tentunya.

Contohnya, semisal perusahaan Manufaktur Anda memiliki tagihan, maka akan ada notifikasi pengingat tanggal jatuh temponya. Dengan begitu, hilir-mudik dari keuangan perusahaan bisa terjaga dengan baik dan risiko penyelewengan bisa berkurang.

Baca Juga: Cara Hitung Biaya Produksi untuk Perusahaan Manufaktur

Percayakan Software Akuntansi Manufaktur Pada Beeaccounting!

Setelah mengetahui kelebihan penggunaan software akuntansi manufaktur seperti yang ada di atas, bukankah Anda tertarik memakainya? Yuk, bekerjasama dengan pembuat software akuntansi terbaik Beeaccounting yang terpercaya.

Perkembangan teknologi sudah tidak bisa diragukan untuk saat ini. Berbagai kebutuhan bisa teratasi dengan mudah dengan menggunakan teknologi yang ada. Jika sebelumnya kita hanya bisa menghitung production cost secara manual, maka untuk saat ini kita bisa saja menggunakan software akuntansi manufaktur yang lebih mudah.

Keuntungan jika kita menggunakan software akuntansi manufaktur Beeaccounting adalah kita tidak perlu bingung dan pusing menghitung production cost secara manual. Belum lagi jika biaya yang dihitung sangat banyak, dan juga belum lagi kalau hitungan Anda tidak sengaja hilang.

Software-Akuntansi-Manufaktur-Untuk-Produksi-Pabrik-Beeaccounting

Artikel Terkait

Laporan Kas Kecil, Karakteristik, Metode dan Contohnya Lengkap!
Laporan kas kecil memegang peranan krusial dalam menggambarkan kesehatan finansial suatu bisnis. Sebagai cerminan dari arus masuk dan keluar uang
Baca Juga
Cara Mudah Bikin Laporan Cash Flow Cukup 5 Menit Saja
Apakah mungkin nih bikin laporan cash flow hanya dengan 5 menit saja? Sangat mungkin dong, tetapi sebelum saya berbagi kepada
Baca Juga
Profesi Akuntan Adalah: Pengertian dan Tugas
Akuntan memiliki peran utama dalam perusahaan karena mengarahkan langsung dengan keuangan perusahaan. Jika ada kesalahan dalam pembukuan keuangan, perusahaan akan
Baca Juga
Daftar Harga Komputer Kasir Terjangkau (Update 2023)
Daftar Komputer Kasir - Perkembangan teknologi saat ini sudah merambah lebih canggih dari zaman ke zaman. Teruma saat ini teknologi
Baca Juga
Software Akuntansi Online: Bikin Laporan Lebih Mudah
Software Akuntansi Online saat ini sudah menjadi kebutuhan premiere bagi setiap pengusaha. Di era teknologi seperti sekarang, memang sangat dianjurkan
Baca Juga
Apa itu Kartu Piutang? Cara Membuat Kartu Piutang
Bagi para pelaku usaha kecil menengah tentu banyak pelanggan atau konsumen yang menunda pembayaran. Pemberian piutang pada pelanggan adalah hal
Baca Juga

Artikel Populer

Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu