Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Software Akuntansi Terintegrasi dari Bee.id

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 3 December 2021

 

Memilih software akuntansi terintegrasi bukanlah perkara yang mudah. Hal ini dikarenakan oleh beragam faktor. Masifnya perkembangan teknologi perangkat lunak telah melahirkan banyak inovasi produk. Ada banyak model yang bisa Anda temui. Namun pilihan yang berteberan tersebut bisa menjadi bumerang jika Anda tidak selektif dalam memilih program yang akan Anda ikuti.

Jika Anda masih awam dengan dunia software akuntansi maka Anda bisa mengikuti program pelatihan perangkat lunak. Namun jangan memilih sembarang program. Pilihlah program pelatihan software akuntansi terintegrasi. Jika masih bingung, berikut adalah tips memilih program pelatihan perangkat lunak yang kompeten.

Reputasi

software-akuntansi-terintegrasi

Software Akuntansi Terintegrasi (Sumber: Freepik.com)

Nama baik atau reputasi suatu program atau pelaksana program menjadi faktor pertama yang akan dilihat oleh calon peserta. Jika program tesebut sudah populer dan memiliki track record yang baik, akan lebih mudah dalam menarik hati para calon peserta. Sesuatu yang tampak sangat cepat sekali menanamkan persepsi di mata publik. Maka penting untuk membangun reputasi demi keberlangsungan program.

Sebaliknya, jika reputasi yang ada tercoreng, seketika itu juga program tersebut akan memiliki citra buruk di mata masyarakat. Bukan saja menambah tugas baru untuk melakukan rebranding namun potensi hancur usaha program pelatihan yang sudah bertahun-tahun dibangun juga semakin menghantui.

Reputasi menjadi pertaruhan bagi nama perusahaan. Harga mati yang harus dijaga oleh seluruh entitas yang berada di dalamnya. Jika sebuah program pelatihan software akuntansi terintegrasi telah kehilangan integritasnya, maka apalagi yang bisa menjadi andalan mereka dalam mempromosikan produk jasanya kepada pasar?

reputasi-perusahaan-penyedia-jasa-software-akuntansi

Reputasi Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Sumber: Freepik.com)

Membangun reputasi adalah tugas seumur hidup. Itu pun tidak bisa serta-merta aman dari ancaman tuduhan dan fitnah oknum-oknum kompetitor. Seperti halnya manusia, nama baik menjadi identitas yang sangat krusial. Tercoreng sedikit saja, akan mengubah persepsi orang lain menjadi baru dan beda sama sekali. Meski pun tuduhan yang diluncurkan belum tentu benar.

Anda bisa mengecek reputasi suatu program pelatihan perangkat lunak dengan cara-cara yang sederhana. Misalnya, riset di internet. Cara yang mudah dan hanya butuh kuota internet saja. Buka mesin pencari dan ketik nama program pelatihan yang akan Anda ikuti.

Jika yang muncul adalah alamat situsnya beserta laman lain yang ikut mempromosikannya, berarti program tersebut cukup kompatibel. Namun jika yang muncul tidak banyak, atau bahkan tidak ada, bukan tidak mungkin program pelatihan tersebut hanyalah muslihat promotor belaka guna meraup untung.

Mutu

mutu-program-software-akuntansi

Mutu Program Software Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Reputasi yang bagus seharusnya berbanding lurus dengan kualitas pelayanan. Mutu program pelatihan bisa Anda lihat dari beragam sisi. Dari awal pun sudah tampak. Lihatlah bagaimana sebuah promosi program terlaksana. Bagaimana antusiasme publik dengan adanya program tersebut. Apakah benar-benar koheren dengan visi dan misi programnya.

Jangan hanya berhenti ketika promosi. Lanjutkan pengamatan pada proses-proses selanjutnya. Ketika registrasi pendaftaran peserta sampai pelaksanaan program. Kalau Anda menemukan keraguan akan program tersebut, coba tanyakan kepada petugas atau tim pelaksana program. Jika jawabannya hanya membual dan berputar-putar logikanya, Anda patut curiga dan bisa mengambil keputusan atau langkah konkret.

Apabila pihak panitia cukup ekspresif dan senang menanggapi respon Anda, sudah pasti program tersebut benar-benar bermutu karena serius untuk mewujudkan program pelatihan software akuntasi terintegrasi. Meskipun bukan skala internasional atau regional, program bermutu semacam ini perlahan akan menemukan patronnya sendiri. Namanya lambat laun akan mengudara dan reputasinya akan diperhitungkan.

mutu-software-akuntansi-sesuai-standar-akuntansi-indonesia

Mutu Software Akuntansi Sesuai Standar Berlaku (Sumber: Freepik.com)

Mutu suatu program tidak lahir begitu saja melainkan perlahan muncul melalui evaluasi-evaluasi program sebelumnya sampai menemukan suatu konsep program yang matang. Itu pun bukan konsep permanen karena perkembangan zaman yang terus berjalan memungkinkan adanya perubahan-perubahan di masa yang akan datang.

Kualitas suatu program sejalan dengan tantangan zaman. Tugas mereka adalah menjawab tantangan tersebut dengan kolaborasi dan elaborasi dalam mencipta konsep yang paripurna. Meski sebuah program telah terlaksana dengan baik, bukan berarti berhenti sampai di situ. Mempertahankan kesuksesan adalah hal yang berat. Bukan teknisnya yang harus sama, melainkan level kualitas yang harus selalu diupayakan.

Kejelasan Program

Keterbukaan menjadi aspek lain yang dapat menambah sisi positif program pelatihan software akuntansi terintegrasi. Hal ini berhubungan erat dengan cara menggaet kepercayaan calon peserta. Secara psikologis, orang akan mudah percaya jika mendapatkan kumpulan informasi yang rinci.

Transparansi di sini maksudnya adalah kegamblangan sistematika program. Dari mulai promosi program, registrasi peserta, teknis pelaksanaan program sampai output program itu sendiri. Jika seluruh bagiannya menjadi sangat jelas dan gamblang maka orang akan semakin percaya bahwa program pelatihan tersebut bukanlah program asal-asalan melainkan benar-benar program yang terancang serius.

penjelasan-program-akuntansi-tidak-berbelit-belit

Penjelasan Program Software Kasir Terintegrasi Harus Jelas (Sumber: Pexels.com)

Program harus benar-benar jelas. Penjelasan program pun harus detail agar tidak menimbulkan miskomunikasi dengan para peserta. Miskomunikasi bukanlah masalah sepele. Jika membesar, reputasi suatu program pelatihan bisa menjadi tumbalnya. Maka jangan pernah remehkan masalah, sekecil apa pun itu.

Jika Anda adalah seorang calon peserta, tentu Anda akan mencermati bagaimana penawaran program tersebut. Jika suatu program tidak jelas visi, misi dan hasil akhirnya, hal tersebut tentulah akan menimbulkan pertanyaan. Terlebih jika pihak panitia tidak mampu menjawab pertanyaan peserta dengan baik, bisa-bisa peserta lain pun juga ikut menaruh curiga pada program tersebut.

Jika dari awal saja sudah tidak mengenai teknis pelaksanaan, lokasi pendaftaran dan sistematika registrasi, bagaimana calon peserta akan yakin untuk mendaftar dan mengikuti program pelatihan software akuntansi terintegrasi tersebut.

Pentingnya Planning

pentingnya-planning-dalam-pelatihan-software-akuntansi-terintegrasi

Pentingnya Planning Dalam Pelatihan Software Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Satu hal yang mendasari kenapa ketiga aspek tersebut penting adalah berkaitan dengan kepercayaan calon peserta dalam memandang suatu program. Program yang secara promosi dan pemaparan teknis saja sudah tidak terstruktur dengan baik, bagaimana langkah selanjutnya nanti maka perencanaan yang matang sudah harus clear sebelum memulai promosi program.

Planning program tidak mudah karena menyangkut paut dengan bermacam aspek dan beragam pihak. Mulai dari rancangan anggaran, penempatan lokasi pelaksaan, MoU dengan pihak sponspor, strategi promosi, kesiapan fasilitas, pemilihan jenis software akuntansi terintegrasi hingga seleksi trainer dan penyaluran tenaga kerja.

Semua aspek tersebut perlu perancangan yang sempurna bahkan harus ada plan B sebagai langkah antisipasi. Tidak mudah memang namun itulah risiko yang harus ditanggung jika ingin mengadakan program pelatihan yang kompatibel.

Kerja keras dari awal diskusi wacana dan persiapan program akan terbayar lunas dengan antusiasme calon peserta yang sudah bisa Anda saksiskan sedari pembukaan registrasi pendaftaran. Meskipun program Anda memungut biaya sekalipun, itu tidak menjadi problem berarti jika peserta merasa percaya dan mendapatkan feedback yang sepadan dan puas dengan keikutsertaannya dalam program tersebut.

Rekomendasi-Software-Akuntansi-Sederhana

Jika Anda ingin tahu lebih banyak perihal dunia finansial terkini termasuk program pelatihan software akuntansi terintegrasi, Anda bisa berkunjung langsung ke laman Bee.id. Terdapat bermacam-macam opsi yang bisa Anda pilih. Anda juga dapat menghubungi kontak yang tertera untuk komplain atau menghendaki konsultasi.

Pengertian Penyusutan Aset Tetap dan Cara Mencatat Penyusutan
Salah satu elemen yang terpenting dalam sebuah perusahaan yaitu aset. Dalam sebuah perusahaan, aset merupakan wujud yang digunakan untuk menjalankan […]
Baca Juga
Catatan Atas Laporan Keuangan (CaLK): Definisi, Fungsi, Unsur & Cara
Angka-angka akuntansi yang disajikan di dalam laporan keuangan umumnya memberikan informasi yang tidak sepenuhnya jelas, maka dari itu perlu adanya […]
Baca Juga
Tips Software Akuntansi Offline Terbaik 2021
Sejak kecanggihan teknologi dan sistem komputer semakin berkembang, software akuntansi offline bukan lagi perkara langka. Kini, tidak hanya perusahaan besar, […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu