🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Mengenal Rasio Aktivitas, Jenis dan Rumusnya

Rasio aktivitas adalah alat analisis keuangan yang memberikan gambaran tentang efisiensi perusahaan, juga disebut dengan activity ratio.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 22 June 2023

Dalam dunia bisnis, pemilik usaha selalu mencari cara untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka. Salah satu metode yang digunakan adalah dengan menganalisis rasio aktivitas atau activity ratio.

Activity ratio memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana perusahaan menggunakan sumber daya mereka dan sejauh mana perusahaan tersebut dapat menghasilkan pendapatan dari investasi yang telah mereka lakukan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu rasio aktivitas, jenis-jenisnya, manfaatnya, rumus-rumus yang terkait, dan cara menganalisisnya.

Apa itu Rasio Aktivitas?

Rasio aktivitas adalah alat analisis keuangan yang memberikan gambaran tentang efisiensi perusahaan dalam menggunakan sumber daya dan asetnya untuk menghasilkan pendapatan.

Dengan memahami Activity ratio, pengusaha dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka dan mengelola aset dengan lebih baik. Rasio aktivitas juga dapat memberikan wawasan tentang tingkat produktivitas perusahaan dalam mengonversi aset menjadi pendapatan.

Dalam penggunaan sehari-hari, rasio aktivitas dapat memberikan informasi tentang seberapa cepat perusahaan menjual persediaan, seberapa efisien perusahaan dalam mengelola piutang, dan seberapa baik perusahaan dalam menggunakan aset tetapnya untuk menghasilkan pendapatan.

Dalam industri yang kompetitif, pemahaman yang baik tentang rasio aktivitas dapat membantu pengusaha mengambil keputusan yang lebih baik dalam mengelola operasional dan aset perusahaan mereka.

Baca Juga: Pengertian Rasio Keuangan Beserta Fungsi, Rumus dan Contohnya

Manfaat Rasio Aktivitas

Penggunaan rasio aktivitas dalam analisis keuangan dapat memberikan sejumlah manfaat bagi bisnis Anda. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya:

1. Rasio Aktivitas dapat Mengidentifikasi Inefisiensi

Dengan menggunakan Activity ratio, Anda dapat mengidentifikasi area-area di mana perusahaan Anda tidak efisien. Misalnya, jika rasio perputaran persediaan rendah, itu bisa menunjukkan adanya kelebihan persediaan yang mempengaruhi arus kas perusahaan.

2. Rasio Aktivitas dapat Meningkatkan Pengelolaan Persediaan

Rasio perputaran persediaan membantu Anda mengetahui berapa kali persediaan Anda berputar dalam satu periode. Dengan informasi ini, Anda dapat mengoptimalkan persediaan Anda, mengurangi resiko barang kadaluarsa, dan mengurangi biaya penyimpanan.

3. Rasio Aktivitas dapat Mengoptimalkan Pengumpulan Piutang

Rasio perputaran piutang membantu Anda melihat seberapa efisien perusahaan Anda dalam mengumpulkan piutang. Jika rasio ini rendah, Anda mungkin perlu meningkatkan kebijakan penagihan Anda untuk menghindari penundaan pembayaran.

4. Rasio Aktivitas dapat Menggunakan Aset dengan Lebih Efisien

Rasio perputaran aset dan rasio perputaran aktiva tetap memberikan wawasan tentang bagaimana perusahaan menggunakan asetnya dalam menghasilkan pendapatan. Dengan memahami rasio ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan aset dan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Dengan memanfaatkan manfaat Activity ratio, Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengambil keputusan yang lebih baik dalam mengelola bisnis Anda.

Jenis-Jenis Rasio Aktivitas

Rasio Aktivitas Adalah

Activity ratio dibagi menjadi 5 jenis (credit: bee.id)

Terdapat beberapa jenis rasio aktivitas yang digunakan dalam analisis keuangan. Mari kita bahas masing-masing jenis rasio dengan menggunakan kata "Anda" untuk menghadirkan informasi ini dengan cara yang personal:

1. Rasio Perputaran Persediaan

Pertama ada rasio perputaran persediaan barang, jenis ini mengukur seberapa efisien perusahaan dalam mengelola persediaan dan inventarisnya. Rasio ini dihitung dengan membagi penjualan bersih dengan nilai rata-rata persediaan. Dengan mengetahui rasio ini, Anda dapat menentukan apakah persediaan Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah.

2. Rasio Perputaran Piutang

Berikutnya rasio perputaran piutang mengukur seberapa cepat perusahaan mengubah piutang dagang menjadi kas. Rasio ini dihitung dengan membagi penjualan bersih dengan nilai rata-rata piutang dagang. Semakin tinggi rasio ini, semakin cepat perusahaan mengumpulkan piutangnya.

3. Rasio Perputaran Aset

Selanjutnya, perputaran aset ini menunjukkan seberapa baik perusahaan menggunakan asetnya untuk menghasilkan penjualan. Rasio ini dihitung dengan membagi penjualan bersih dengan nilai rata-rata aset. Semakin tinggi rasio ini, semakin efisien perusahaan menggunakan asetnya.

4. Rasio Perputaran Aktiva Tetap

Jenis terakhir untuk mengukur efisiensi penggunaan aset tetap perusahaan dalam menghasilkan penjualan. Rasio ini dihitung dengan membagi penjualan bersih dengan nilai rata-rata aktiva tetap. Rasio ini memberikan wawasan tentang sejauh mana aset tetap perusahaan menghasilkan pendapatan.

Masing-masing jenis activity ratio memiliki fokus yang berbeda dalam mengukur efisiensi operasional perusahaan. Dengan memahami setiap jenis rasio, Anda dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam bisnis Anda.

Rumus-Rumus Rasio Aktivitas

Untuk menghitung activity ratio, terdapat beberapa rumus yang umum digunakan. Berikut adalah beberapa rumus yang perlu Anda ketahui:

1. Rumus Rasio Perputaran Persediaan

Rasio Rasio Perputaran Persediaan = Penjualan Bersih / Nilai Rata-rata Persediaan

2. Rumus Rasio Perputaran Piutang

Rasio Perputaran Piutang = Penjualan Bersih / Nilai Rata-rata Piutang Dagang

3. Rumus Rasio Perputaran Aset

Rasio Perputaran Aset = Penjualan Bersih / Nilai Rata-rata Aset

4. Rumus Rasio Perputaran Aktiva Tetap

Rasio Perputaran Aktiva Tetap = Penjualan Bersih / Nilai Rata-rata Aktiva Tetap

Dengan menggunakan rumus-rumus tersebut, Anda dapat menghitung rasio aktivitas perusahaan Anda dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang efisiensi operasionalnya.

Cara Analisis dengan Menggunakan Rasio Aktivitas

Setelah Anda menghitung rasio aktivitas, langkah selanjutnya adalah menganalisis hasilnya. Berikut adalah beberapa cara untuk menganalisis activity ratio:

1. Bandingkan dengan Tren Historis

Bandingkan Activity ratio dengan data historis perusahaan Anda. Jika terdapat perubahan signifikan dari waktu ke waktu, hal ini dapat mengindikasikan adanya perubahan dalam efisiensi operasional.

2. Bandingkan dengan Industri Sejenis

Bandingkan Activity ratio perusahaan Anda dengan perusahaan sejenis dalam industri yang sama. Jika rasio aktivitas perusahaan Anda lebih rendah dari rata-rata industri, mungkin ada area yang perlu ditingkatkan.

3. Tetapkan Tujuan dan Pantau Perkembangannya

Tetapkan tujuan untuk meningkatkan Activity ratio tertentu dan pantau perkembangannya dari waktu ke waktu. Ini dapat membantu Anda melacak kemajuan dan mengidentifikasi langkah-langkah perbaikan yang perlu diambil.

Dengan melakukan analisis yang cermat terhadap Activity ratio, Anda dapat mengidentifikasi area perbaikan yang dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kinerja bisnis secara keseluruhan.

Baca Juga: Analisis Rasio Keuangan: Pengertian, Jenis, Metode Analisis

Manfaat Software Akuntansi dalam Analisis Usaha

Selain menggunakan rasio aktivitas, ada juga alat bantu yang dapat mempermudah analisis usaha, yaitu aplikasi pembukuan keuangan Beecloud. Aplikasi Beecloud merupakan sebuah aplikasi pembukuan yang dirancang untuk memudahkan analisis usaha dengan memanfaatkan laporan keuangan yang mudah diakses dari mana saja dan kapan saja.

Beecloud Evaluasi Keuangan Lebih Mudah Efisien Dan Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

Dengan menggunakan Beecloud, Anda dapat mencatat dan memonitor transaksi keuangan perusahaan, menghasilkan laporan keuangan yang lengkap dan akurat, serta melacak kinerja keuangan perusahaan dari waktu ke waktu.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur analisis yang membantu Anda memahami activity ratio dan menganalisis kinerja usaha secara lebih efektif.

Dengan memanfaatkan Beecloud, Anda dapat menghemat waktu dan upaya dalam mengelola pembukuan perusahaan, serta memperoleh wawasan yang lebih baik dalam menganalisis kinerja dan efisiensi operasional perusahaan Anda.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Activity ratio, jenis-jenisnya, manfaatnya, rumus yang digunakan, serta cara melakukan analisis. Secara keseluruhan, memahami dan menganalisis rasio aktivitas adalah langkah penting dalam meningkatkan efisiensi operasional dan profitabilitas bisnis Anda.

Dengan menggunakan activity ratio, Anda dapat mengidentifikasi kelemahan dan mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaikinya.

Artikel Terkait

Proses Bisnis: Pengertian, Jenis, Tahapan & Manfaatnya
Segala sesuatu yang berkaitan dengan rancangan konsep, maksud atau tujuan, hingga strategi pemasaran bisa disebut sebagai proses bisnis. Setiap proses
Baca Juga
Deadline Adalah Batas Waktu, Begini Tipsnya dalam Dunia Kerja
Deadline berasal dari bahasa Inggris yang artinya batas waktu, dalam dunia profesional kerja deadline adalah batas waktu untuk menyelesaikan suatu
Baca Juga
Disposable Income Adalah Pendapatan Dikurangi Pajak
Apa itu disposable income? Sederhananya disposable income adalah sisa uang Anda setelah dipotong pajak dan kewajiban lainnya. Uang ini ibarat
Baca Juga
CAGR Adalah Kunci Memprediksi Keuntungan, Ini Rumusnya!
Compound Annual Growth Rate atau CAGR adalah salah satu indikator kunci yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan investasi atau bisnis secara
Baca Juga
Syarat dan Cara Urus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)
Pengembangan usaha mikro dan kecil (UMK) telah menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi di banyak negara. Di tengah semangat untuk mendorong
Baca Juga
Cara Menghitung Biaya Jabatan PPh 21 Paling Mudah dan Praktis
Bingung kenapa slip gaji karyawan dipotong biaya jabatan PPh 21? Bagi karyawan yang baru memasuki dunia kerja, tentu masih bertanya-tanya
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu