Logo Bee Web

Kontraktor Adalah: Pengertian, Tugas dan Jenisnya, Lengkap!

Secara bahasa kontraktor adalah pemborong, namun juga bisa diartikan sebagai seorang yang bertanggung jawab sebuah infrastruktur
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 1 August 2023

Kontraktor itu apa? Kontraktor adalah elemen kunci dalam industri konstruksi yang juga disebut dengan pemborong. Mereka berperan penting dalam merencanakan, mengelola, dan menyelesaikan berbagai proyek konstruksi, mulai dari pembangunan gedung tinggi hingga infrastruktur besar seperti jembatan dan jalan raya.

Disisi lain kontraktor menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kontraktor juga diartikan sebagai pemborong. Untuk penjelasan lebih lengkapnya simak artikel di bawah ini:

Pengertian Kontraktor Adalah …

Perusahaan Kontraktor

Kontraktor juga bisa disebut dengan pemborong (Credit: Freepik.com)

Secara bahasa kontraktor adalah pemborong, namun juga bisa diartikan sebagai seorang yang bertanggung jawab dalam proses pembangunan sebuah infrastruktur, seperti gedung dan jalan.

Sedangkan perusahaan kontraktor adalah perseorangan atau perusahaan yang ditunjuk untuk merencanakan, mengawasi, dan melaksanakan proyek konstruksi atau pekerjaan tertentu atas dasar perjanjian kontrak dengan pihak lain.

Bisa berupa pemilik proyek, pemerintah, perusahaan, atau individu. Tugas utama seorang kontraktor adalah mengelola dan mengkoordinasikan berbagai aspek proyek, termasuk perencanaan, pengadaan sumber daya, pelaksanaan, pengawasan, dan penyelesaian pekerjaan sesuai dengan persyaratan dan spesifikasi yang ditetapkan dalam kontrak.

Dalam prakteknya, kontraktor harus memiliki keahlian teknis dan manajerial yang kuat, pengalaman dalam industri konstruksi, serta pemahaman mendalam tentang peraturan dan praktik terbaik dalam manajemen proyek. Keahlian dan profesionalisme kontraktor sangat mempengaruhi keberhasilan dan kualitas hasil dari proyek konstruksi yang dijalankan.

Baca Juga: Software Akuntansi Perusahaan Kontraktor dan Developer Property

Tanggung Jawab dan Tugas Kontraktor

Berikut adalah beberapa tanggung jawab dan tugas kontraktor secara umum:

1. Manajemen Proyek

Seorang kontraktor bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan proyek. Ini termasuk perencanaan proyek secara keseluruhan, pembuatan jadwal kerja yang realistis, alokasi sumber daya, dan pengawasan pelaksanaan proyek agar sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

2. Pengadaan Material dan Pekerja

Tugas berikutnya adalah pengadaan material dan pekerja, sebab kontraktor harus memastikan bahwa semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk proyek tersedia tepat waktu dan sesuai dengan spesifikasi proyek.

3. Kualitas Konstruksi

Salah satu tanggung utama kontraktor adalah untuk kualitas hasil akhir proyek, kontraktor harus memastikan bahwa pekerjaan konstruksi dilakukan dengan tingkat kualitas yang tinggi dan sesuai dengan spesifikasi proyek.

Kontraktor perlu melakukan inspeksi berkala untuk memastikan bahwa semua pekerjaan dilakukan dengan benar dan memperbaiki cacat atau kesalahan yang terjadi.

4. Keselamatan

Berikutnya adalah keselamatan di tempat kerja, yang merupakan aspek yang sangat penting dalam industri konstruksi. Kontraktor harus memastikan bahwa lingkungan kerja aman bagi seluruh tim pekerja dan mematuhi standar keselamatan yang ditetapkan.

Mereka juga bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan keselamatan kepada para pekerja dan mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi resiko kecelakaan dan cedera.

5. Komunikasi

Terakhir adalah komunikasi yang efektif adalah kunci dalam kesuksesan proyek konstruksi. Kontraktor harus berkomunikasi secara teratur dengan pemilik proyek, arsitek, insinyur, dan pihak terkait lainnya untuk membahas kemajuan proyek, perubahan perencanaan.

Serta permasalahan yang mungkin muncul. Komunikasi yang jelas dan transparan membantu memastikan proyek berjalan lancar dan sesuai dengan harapan semua pihak terkait.

Jenis-Jenis Kontraktor

Jenis Jenis Perusahaan Kontrktor

Perusahaan kontraktor dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan fokus pekerjaannya (Credit: Freepik.com)

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang jenis-jenis kontraktor beserta pengertiannya:

1. Kontraktor Umum (General Contractor)

Pertama ada Kontraktor umum adalah perusahaan atau individu yang bertanggung jawab atas pengelolaan keseluruhan proyek konstruksi. Mereka mengatur dan mengawasi berbagai aspek proyek, termasuk koordinasi dengan sub kontraktor, pengadaan bahan dan peralatan, serta mengawasi pelaksanaan pekerjaan secara keseluruhan.

Contoh Perusahaan: Turner Construction, Skanska, Clark Construction.

2. Kontraktor Spesialis (Specialty Contractor)

Kedua ada kontraktor spesialis adalah perusahaan yang memiliki keahlian dan fokus dalam bidang konstruksi tertentu. Mereka menawarkan layanan khusus dalam area tertentu, seperti listrik, pipa, HVAC (heating, ventilation, and air conditioning), dan lain sebagainya.

Contoh Perusahaan: Siemens, Schneider Electric, ABB, dst

3. Kontraktor Jalan dan Jembatan (Road and Bridge Contractor)

Berikutnya kontraktor jalan dan jembatan adalah perusahaan yang spesialisasi dalam pembangunan dan pemeliharaan jalan, jembatan, dan infrastruktur transportasi lainnya.

4. Kontraktor Bangunan Sipil (Civil Engineering Contractor)

Berikutnya ada kontraktor bangunan sipil adalah perusahaan yang fokus pada proyek-proyek infrastruktur besar, seperti bendungan, pelabuhan, jalan tol, dan proyek-proyek lain yang melibatkan rekayasa sipil.

Contoh perusahaan kontraktor pembangunan sipil di Indonesia ada PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) milik Jusuf Hamka

5. Kontraktor Pengolahan Limbah (Waste Management Contractor)

Ada juga kontraktor pengolahan limbah adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengumpulan, pengangkutan, dan pengolahan limbah, termasuk pengelolaan fasilitas daur ulang. Contoh Perusahaan: Waste Management, Republic Services, Waste Connections.

Selain lima jenis kontraktor di atas, masih banyak lagi lainnya kontraktor bidang elektrikal, mekanikal dan lain sebagainya

Tips dan Trik dalam Memilih Jasa Kontraktor

Memilih jasa kontraktor yang tepat sangat penting untuk memastikan kesuksesan proyek konstruksi Anda. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda dalam memilih jasa kontraktor yang terpercaya dan profesional:

1. Riset dan Referensi

Pertama, lakukan riset mendalam tentang berbagai jasa kontraktor yang ada di pasar. Mintalah referensi dari teman, keluarga, atau rekan bisnis yang pernah menggunakan jasa kontraktor sebelumnya.

2. Lisensi dan Sertifikasi

Pastikan kontraktor memiliki lisensi dan sertifikasi yang sah sesuai dengan peraturan pemerintah setempat. Hal ini menunjukkan bahwa mereka telah memenuhi persyaratan dan standar yang ditetapkan.

3. Pengalaman dan Reputasi

Periksa pengalaman dan reputasi kontraktor. Cari tahu berapa lama mereka telah beroperasi dan apakah mereka memiliki catatan kinerja yang baik dalam menyelesaikan proyek-proyek sebelumnya.

Anda bisa memeriksa Portofolio kontraktor, untuk itu coba mintalah kontraktor untuk menunjukkan portofolio proyek-proyek sebelumnya. Periksa hasil pekerjaan mereka untuk memastikan bahwa kualitasnya sesuai dengan harapan Anda.

4. Pengalaman dalam Jenis Proyek

Pastikan kontraktor memiliki pengalaman dalam jenis proyek yang Anda ingin kerjakan. Beberapa kontraktor mungkin memiliki spesialisasi dalam bidang tertentu, seperti bangunan tinggi, jalan dan jembatan, atau proyek interior.

5. Perjanjian Kontrak yang Jelas

Kemudian pastikan semua detail proyek, batasan biaya, jadwal kerja, dan persyaratan lainnya diatur dengan jelas dalam perjanjian kontrak. Pastikan untuk memahami semua ketentuan sebelum menandatanganinya.

Pastikan juga  memiliki asuransi yang mencakup tanggung jawab umum dan perlindungan pekerja. Selain itu, periksa apakah kontraktor memberikan jaminan atau garansi untuk pekerjaan yang dilakukan.

6. Komunikasi yang Baik

Selanjutnya pilih kontraktor yang memiliki komunikasi yang baik dan responsif. Komunikasi yang lancar akan memastikan Anda selalu mendapatkan pembaruan terkini tentang proyek dan memudahkan koordinasi selama pelaksanaan.

Ajukan permintaan penawaran dari beberapa kontraktor dan bandingkan biaya dan layanan yang ditawarkan. Hati-hati dengan penawaran yang terlalu murah, karena kualitas pekerjaan mungkin tidak terjamin.

Jika perlu, berkonsultasilah dengan ahli atau profesional lain yang terkait dengan proyek Anda untuk mendapatkan saran dan panduan dalam memilih jasa kontraktor yang tepat.

Kesimpulan

Dalam industri konstruksi, kontraktor memegang peran kunci dalam merencanakan dan mengeksekusi proyek konstruksi. Mereka bertanggung jawab atas manajemen proyek, pengadaan sumber daya, kualitas konstruksi, keselamatan, dan efisiensi.

Keahlian dan pengalaman kontraktor memastikan proyek berjalan lancar, memenuhi standar yang ditetapkan, dan menjamin keberhasilan proyek konstruksi secara keseluruhan. Oleh karena itu, peran kontraktor dalam industri konstruksi sangatlah penting untuk mencapai hasil yang berkualitas, tepat waktu, dan aman.

Untuk lebih mempermudah proses kerja hingga evaluasi usaha kontraktor, Anda dapat menggunakan software akuntansi untuk kontraktor dari Beeaccounting, mudahkan Anda dalam proses perencanaan, pegelolaan perijinan, kelola biaya notaris, biaya pembangunan dan masih banyak lagi lainnya. Beli sekali bisa digunakan seumur hidup kapan lagi? Segera klik banner di bawah ini untuk gratis uji coba!

Pakai Software Akuntansi Untuk Kontraktor Mudah Hitung Biaya Hingga Urus Perizinan

7+ Brand Lokal ini Berhasil Go Internasional, Begini Strateginya!
Menjadi konsumen brand lokal Indonesia menjadi kebanggaan sendiri, dengan produk berkualitas, trendi yang tidak ketinggalan jaman konsumen juga bisa turut
Baca Juga
Analisis SWOT dalam Bisnis, Tahapan dan Contohnya Lengkap
Analisis SWOT adalah cara yang digunakan untuk melakukan analisa dan evaluasi kekuatan, kelemahan, ancaman, sekaligus peluang dalam bisnis. Analisa ini
Baca Juga
11 Ide Nama Minuman Unik untuk Brand Bisnis Anda
Pemilihan nama brand menjadi hal penting yang perlu diperhatikan ketika pertama kali akan membangun bisnis. Nama sendiri tidak bisa dibuat
Baca Juga
[DOWNLOAD] Format Dokumen MoU dan Pengertianya Lengkap
Salah satu instrumen penting yang harus Anda buat ketika melakukan sebuah kerja sama ialah MoU (Memorandum of Understanding) atau nota
Baca Juga
10 Contoh Barang Bebas, Barang Ekonomi dan Perbedaannya
Dalam keseharian kita, terdapat berbagai macam barang yang dapat diakses dengan bebas tanpa adanya batasan atau pembatasan tertentu. Contoh barang
Baca Juga
Syarat dan Cara Mendapatkan Bantuan UMKM
Banyak pelaku UMKM mengharapkan bantuan UMKM dari pemerintah, khususnya setelah pandemi menghantam perekonomian Indonesia dan membuat banyak usaha mengalami kerugian.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu