Logo Bee Web

Prinsip Ekonomi Syariah: Tujuan dan Perannya untuk Indonesia

Inilah penjelasan lengkap tentang prinsip ekonomi syariah dan mengapa semakin banyak orang yang tertarik untuk mempelajarinya.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 27 April 2023

Ekonomi syariah merujuk pada sistem ekonomi yang didasarkan pada prinsip prinsip syariah Islam, prinsip ekonomi syariah memiliki pengaruh yang semakin besar dalam perekonomian global saat ini, karena semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya bertransaksi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam.

Di Indonesia, pemerintah telah menetapkan target untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat keuangan syariah global, dengan berbagai upaya yang dilakukan untuk memperkuat industri keuangan syariah di dalam negeri.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang prinsip dasar ekonomi syariah, tujuannya, serta contoh-contoh produk ekonomi syariat.

Apa itu Ekonomi Syariah?

Ekonomi Syariah adalah sebuah sistem ekonomi yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariah ekonomi islam. Dalam sistem ekonomi ini, Anda akan menemukan hukum ekonomi syariat yang setidaknya mencakup adanya larangan terhadap riba, maysir, gharar, hal-hal yang diharamkan.

Selain itu, sistem ekonomi ini juga menekankan pada konsep keadilan dan kebersamaan dalam berbisnis.

Dalam ekonomi ini, ada beberapa instrumen keuangan yang digunakan, seperti mudharabah, musyarakah, murabahah, dan lain-lain. Anda juga akan menemukan adanya zakat sebagai salah satu pilar penting dalam sistem ekonomi syariat, yang berfungsi sebagai wakaf (amal kebajikan) dan membantu orang-orang yang membutuhkan.

Sistem ekonomi syariah juga menghargai lingkungan dan keberlanjutan, sehingga usaha-usaha yang merusak lingkungan dan keberlangsungan hidup manusia tidak dianjurkan dalam sistem ini.

Anda dapat mengambil manfaat dari ekonomi syariat, baik dari segi keadilan, keberlanjutan, maupun nilai-nilai moral yang ditanamkan dalam sistem ekonomi ini.

Prinsip Ekonomi Syariah

Sebelum membahas prinsip ekonomi syariah, perlu dipahami bahwa sistem ekonomi ini didasarkan pada prinsip prinsip ekonomi syariat Islam yang meliputi aspek keuangan, sosial, dan moral.

Prinsip-prinsip ini diterapkan untuk menciptakan sistem ekonomi yang berkeadilan dan membawa manfaat bagi masyarakat.

1. Adil

Pertama, prinsip adil menuntut agar setiap transaksi atau kegiatan ekonomi dilakukan secara adil dan seimbang antara pihak-pihak yang terlibat. Hal ini termasuk dalam aspek distribusi pendapatan, di mana kekayaan dan sumber daya harus didistribusikan secara merata dan tidak terkonsentrasi pada segelintir orang atau kelompok.

2. Tumbuh Sepadan

Kedua, prinsip tumbuh sepadan menekankan bahwa pertumbuhan ekonomi harus sejalan dengan keseimbangan alam dan kebutuhan manusia. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan serta menjaga keseimbangan antara kebutuhan sekarang dan masa depan.

3. Bermoral

Ketiga, prinsip bermoral menuntut agar setiap transaksi dan kegiatan ekonomi dilakukan sesuai dengan nilai-nilai moral yang dianut oleh agama Islam. Dalam hal ini, penting untuk menghindari transaksi yang merugikan orang lain atau yang bertentangan dengan etika Islam.

4. Beradab

Keempat, prinsip beradab menekankan bahwa setiap kegiatan ekonomi harus dilakukan dengan sopan santun dan tidak merugikan pihak lain. Hal ini meliputi aspek cara berbisnis yang baik dan tidak merugikan serta memperhatikan kepentingan bersama.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar ekonomi syariat, diharapkan dapat tercipta sebuah sistem ekonomi yang adil, seimbang, moral, dan beradab serta membawa manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan.

Baca Juga: Prinsip Ekonomi Adalah: Jenis, Ciri dan Manfaatnya, Lengkap

Tujuan dari Ekonomi Syariah

Tujuan Ekonomi Syariah

Ilustrasi Pebisnis Muslim (Credit: Freepik.com)

Tujuan utama dari ekonomi syariah adalah untuk menciptakan sebuah sistem ekonomi yang berkeadilan dan membawa manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan

1. Menjaga Keimanan

Pertama, tujuan dari ekonomi syariah adalah untuk menjaga keimanan. Dalam sistem ekonomi ini, transaksi dan kegiatan ekonomi harus dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam, sehingga mampu menjaga keimanan dan ketakwaan individu dalam berbisnis.

2. Menjaga Jiwa

Kedua, tujuan dari ekonomi syariat adalah untuk menjaga jiwa. Sistem ekonomi ini menghindari transaksi atau kegiatan ekonomi yang merugikan orang lain atau yang dapat membahayakan jiwa manusia.

3. Menjaga Akal

Ketiga, tujuan dari ekonomi syariah adalah untuk menjaga akal. Dalam ekonomi syariah, transaksi dan kegiatan ekonomi harus dilakukan secara jujur, adil, dan tidak merugikan pihak lain, sehingga dapat menjaga akal individu dalam berbisnis.

4. Menjaga Harta

Keempat, tujuan dari ekonomi syariat adalah untuk menjaga harta. Sistem ekonomi ini menekankan pada pentingnya menjaga harta, baik harta individu maupun harta bersama, dari segala bentuk penyalahgunaan dan penipuan.

5. Menjaga Keturunan

Kelima, tujuan dari ekonomi syariah adalah untuk menjaga keturunan. Sistem ekonomi ini menjamin adanya distribusi pendapatan yang merata, sehingga dapat menciptakan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi masyarakat dan juga bagi generasi yang akan datang.

Peran Ekonomi Syariah di Indonesia

Ekonomi Syariah memegang peran penting dalam perekonomian Indonesia, terutama karena mayoritas penduduk Indonesia adalah umat Muslim.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan target untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat keuangan syariah global, dengan berbagai upaya yang dilakukan untuk memperkuat industri keuangan syariah di dalam negeri.

1. Sebagai Alternatif Transaksi secara Halal

Salah satu peran ekonomi syariah di Indonesia adalah sebagai alternatif bagi masyarakat yang ingin bertransaksi secara halal dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya bertransaksi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, ekonomi syariat semakin berkembang di Indonesia.

Industri keuangan syariah seperti perbankan, asuransi, dan pasar modal syariah semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

2. Mengurangi Kesenjangan Ekonomi

Selain itu, ekonomi syariah juga berperan dalam mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial antara masyarakat di Indonesia.

Dalam sistem ekonomi syariah, pemberdayaan ekonomi umat Islam menjadi lebih mudah karena transaksi dilakukan dengan mengutamakan prinsip keadilan dan kebersamaan.

Hal ini dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi antara masyarakat di Indonesia.

3. Memperkuat Sistem Keuangan Indonesia

Selain itu, ekonomi syariat juga berperan dalam memperkuat sistem keuangan Indonesia dan melindungi masyarakat dari risiko keuangan.

Dalam ekonomi syariah, transaksi dilakukan dengan menghindari riba, gharar (ketidakpastian), dan maysir (spekulasi), sehingga risiko keuangan dapat dikurangi.

Hal ini akan memberikan kepercayaan pada masyarakat dan investasi yang dilakukan dalam sistem ekonomi syariat di Indonesia.

Contoh Produk Ekonomi Syariah

Bank Syariah Indonesia Produk Ekonomi Syariah

Bank Syariah Indonesia (Credit: detik.com)

Berikut adalah beberapa contoh produk ekonomi syariat pada perbankan, asuransi, dan pasar modal di Indonesia:

1. Perbankan Syariah

Produk perbankan syariah yang umum adalah Tabungan, Deposito, Pembiayaan Syariah, Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah, Kartu Kredit Syariah, dan Sukuk Tabungan.

2. Asuransi Syariah

Produk asuransi syariah yang umum adalah Asuransi Kesehatan Syariah, Asuransi Jiwa Syariah, Asuransi Pendidikan Syariah, dan Asuransi Properti Syariah.

3. Pasar Modal Syariah

Produk pasar modal syariah yang umum adalah Saham Syariah, Obligasi Syariah, dan Reksa Dana Syariah.

Produk-produk ini dirancang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam, di mana transaksi dilakukan dengan menghindari riba, gharar (ketidakpastian), dan maysir (spekulasi).

Produk-produk ekonomi syariah ini semakin diminati oleh masyarakat Indonesia karena memberikan alternatif yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan dianggap lebih adil serta beretika.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa prinsip ekonomi syariat membawa banyak manfaat bagi individu dan masyarakat, dari sisi moral, sosial, dan ekonomi. Bagi bisnis, menerapkan prinsip ini dapat membantu menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan, adil, dan etis.

Untuk membantu memudahkan pengelolaan keuangan bisnis, penggunaan software akuntansi dapat sangat membantu. Dengan menggunakan software akuntansi seperti Beeaccounting, pebisnis dapat lebih mudah mencatat pemasukan dan pengeluaran uang, serta melakukan monitoring terhadap kondisi keuangan bisnis secara cepat dan tepat.

Beeaccounting Catat Jual Beli Bayar Langsung Jadi Laporan Keuangan

Sehingga, bisnis dapat lebih mudah dikontrol dan diatur, sehingga mampu memaksimalkan potensi keuntungan dan pertumbuhan.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Contoh Ekonomi Mikro, Perbedaan, Teori dan Tujuannya
Dalam bahasan ini, Anda akan mempelajari tentang contoh ekonomi mikro yang sering terjadi di masyarakat, pengertian, teori dan juga tujuannya.
Baca Juga
10 Contoh Kegiatan Produksi Distribusi dan Konsumsi
Kegiatan produksi, distribusi dan ekonomi merupakan penyangga utama pada kegiatan ekonomi, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai 10 contoh
Baca Juga
Fungsi Permintaan dan Penawaran dalam Bisnis
Pernah mendengar istilah fungsi permintaan dan penawaran? Kedua situlah ini menggambarkan tentang bagaimana hubungan kuantitas barang dengan permintaan yang ada
Baca Juga
Ekonomi Maritim: Potensi dalam Pembangunan Industri Kelautan
Ekonomi maritim adalah salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Industri maritim ini memiliki potensi yang besar untuk memberikan kontribusi
Baca Juga
Agrikultur Adalah: Sektor, Ekonomi dan Cara Mengoptimalkan
Agrikultur adalah salah satu sektor penting dalam perekonomian global yang memainkan peran kunci dalam menyediakan kebutuhan dasar manusia seperti pangan,
Baca Juga
Kenali Porter Five Forces, 5 Hal Penting Sebelum Bersaing
Dalam dunia bisnis, persaingan perusahaan adalah hal yang tidak dapat dihindari. Adapun salah satu kerangka bisnis, yaitu Porter Five Forces
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu