🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Jenis-Jenis Koperasi dalam 3 Kategori Utama

Jenis-jenis koperasi dikelompokkan ke dalam tiga kategori utama. Apa saja tiga kategori dalam usaha koperasi tersebut? simak di sini.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 30 March 2023

Ada banyak jenis-jenis koperasi yang dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Kata koperasi sendiri berasal dari bahasa Inggris cooperation yang artinya Kerjasama. Usaha koperasi merupakan suatu organisasi yang bergotong royong dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan seluruh anggotanya.

Dengan terbentuknya koperasi, maka kesejahteraan masyarakat dan taraf ekonomi masyarakat bisa diubah dan ditingkatkan. Koperasi bisa didirikan oleh badan hukum atau perorangan. Syaratnya adalah adanya pemisahan kekayaan anggota sebagai modal untuk melakukan usaha.

Baca juga: Pengertian Koperasi Serta Sejarah, Prinsip, Jenis, dan Lainnya

Di Indonesia sendiri ada berbagai jenis koperasi. Di sekolah, para siswa harus bisa sebutkan jenis-jenis koperasi yang ada di negara ini. Bagi yang belum mengetahui informasi lengkap mengenai jenis koperasi, temukan informasi lengkapnya di bawah ini.

Jenis-Jenis Koperasi di Indonesia

jenis koperasi di Indonesia

Tujuan dibentuknya jenis-jenis koperasi membantu meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.

Berbicara tentang koperasi dan berbagai jenisnya, ada beberapa kategori koperasi yang wajib dipahami. Setiap kategori terdiri dari beberapa macam koperasi. Di bawah ini adalah berbagai macam koperasi yang sudah dikelompokkan ke dalam beberapa kategori berbeda.

1. Koperasi Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsinya, ada setidaknya empat jenis koperasi yang wajib Anda ketahui. Setiap jenisnya mempunyai fungsi yang berbeda. Keempat jenis tersebut adalah koperasi simpan pinjam, koperasi jasa, koperasi konsumen, dan koperasi produsen.

a. Koperasi simpan pinjam

Merupakan koperasi yang melayani masyarakat, baik yang menjadi anggota atau tidak. Pelayanan yang diberikan berupa jasa simpan-pinjam.

b. Koperasi jasa

Merupakan koperasi yang menawarkan berbagai jasa bagi masyarakat umum serta anggota koperasi. Jasa yang disediakan bervariasi tapi tidak termasuk simpan pinjam.

c. Koperasi konsumen

Jenis koperasi yang berikutnya adalah koperasi yang menawarkan kegiatan usaha demi memenuhi kebutuhan anggota serta masyarakat umum. Kegiatan usaha yang disediakan adalah berupa barang.

d. Koperasi produsen

Merupakan koperasi yang menawarkan sarana bagi para produsen sehingga bisa melaksanakan proses produksi. Produk bisa berasal dari para anggota koperasi dan akan ditawar dengan harga lebih tinggi oleh pihak koperasi dan dijual ke masyarakat umum maupun ke anggota koperasi.

2. Jenis-Jenis Koperasi Berdasarkan Daerah Kerja

Menurut Cuharapankita.com, berdasarkan daerah kerja dan tingkatannya, ada tiga koperasi yang perlu dipahami. Yang pertama adalah koperasi primer dan yang kedua adalah koperasi sekunder. Kemudian yang terakhir adalah koperasi tersier. Cari tahu selengkapnya mengenai ketiga jenis koperasi tersebut di bawah ini.

a. Koperasi primer

Jenis koperasi yang satu ini merupakan koperasi yang paling kecil dengan jumlah anggota sebanyak 20 orang atau lebih. Koperasi primer merupakan jenis koperasi yang didirikan oleh perorangan.

b. Koperasi sekunder

Kemudian ada juga jenis koperasi sekunder yang anggotanya adalah beberapa badan koperasi yang bergabung menjadi satu. Cakupan daerah kerja koperasi sekunder melebihi cakupan daerah kerja koperasi primer. Koperasi sekunder sendiri dibagi lagi menjadi tiga jenis.

  • Koperasi pusat
    Anggota koperasi setidaknya 5 koperasi primer.
  • Gabungan koperasi
    Koperasi yang anggotanya setidaknya 3 koperasi pusat.

c. Koperasi tersier

Jenis terakhir dari koperasi berdasarkan daerahnya adalah koperasi tersier yang juga dikenal sebagai induk koperasi. Anggotanya adalah seluruh koperasi sekunder atau gabungan koperasi yang lokasinya di ibukota negara.

3. Koperasi Berdasarkan Keanggotaan

koperasi berdasarkan keanggotaan

koperasi berisi perkumpulan orang secara sukarela untuk memperjuangkan peningkatan kesejahteraan ekonomi mereka

Berdasarkan keanggotaannya, ada macam-macam koperasi yang beroperasi di Indonesia. Misalnya saja KPRI, KUD, dan Koperasi Sekolah. Dapatkan informasi mengenai perbedaannya di bawah ini.

a. Koperasi Sekolah

Adalah koperasi yang anggotanya adalah warga sekolah, yaitu para siswa, karyawan, dan guru. Kegiatan usaha yang dijalankan oleh koperasi ini adalah menyediakan segala kebutuhan warga sekolah. Misalnya saja makanan, alat tulis, buku pelajaran, dan lain sebagainya.

Selain untuk kegiatan ekonomi, koperasi sekolah juga berperan sebagai media belajar para siswa. Misalnya untuk memahami bagaimana berorganisasi, menjalankan tanggung jawab, melatih kejujuran, dan sebagainya.

b. Koperasi Pegawai Republik Indonesia

Disingkat KPRI, jenis koperasi ini mempunyai anggota para pegawai negeri. Sebelumnya, nama koperasi ini adalah KPN atau Koperasi Pegawai Negeri. Tujuan KPRI adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. KPRI bisa didirikan di instansi atau departemen tertentu.

c. Koperasi Unit Desa

KUD merupakan koperasi dengan masyarakat pedesaan sebagai anggotanya. Tujuan KUD adalah untuk menjalankan kegiatan usaha perekonomian di desa, khususnya di bidang pertanian. Berbagai kegiatan di KUD adalah menyediakan pupuk, pembasmi hama, dan alat pertanian.

d. Koperasi Syariah

Jenis koperasi syariah beranggotakan masyarakat yang ingin berkegiatan ekonomi sesuai dengan hukum Islam yang berlaku. Bersisian dengan asas kekeluargaan, prinsip syariah akan membuat koperasi berjalan dengan lebih baik.

Dalam koperasi syariah juga terdapat berbagai kegiatan usaha seperti penghimpunan dana, pembiayaan atau penyaluran dana, serta pelayanan jasa. Bedanya dengan jenis koperasi lainnya adalah semuanya dilakukan berdasarkan hukum syariat Islam.

Selain seluruh jenis-jenis koperasi di atas, masih ada lagi kategori koperasi lainnya yaitu berdasarkan komoditi. Tapi berbagai jenis koperasi yang ada dalam daftar di atas adalah yang paling sering ditemukan di Indonesia.

Perkembangan teknologi memiliki pengaruh ke seluruh sektor kehidupan, termasuk ekonomi. Inovasi teknologi terbaru yang bermanfaat untuk kegiatan koperasi yaitu adanya software akuntansi. Jika sebuah koperasi menggunakan software akuntansi, maka tidak akan rugi karena bisa membantu segala proses kebutuhan akuntasi untuk menjadi lebih mudah, efisien, dan akurat.

Menggunakan software akuntansi online ini juga membuat koperasi aman dan siap untuk melakukan audit. Hal ini karena bukti transaksi dapat Anda lampirkan di Beecloud. Contoh bukti transaksi yang bisa dilampirkan yaitu surat jalan, invoice, nota, faktur pajak, pembayaran mesin, parkir, dan lain sebagainya.

Kelola Koperasi Pakai Software Akuntansi

Selain itu, Anda bisa kontrol koperasi kapanpun dan dimanapun karena sudah tersedia aplikasi Beecloud Dashboard di Playstore. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mengecek omset 1 jam terakhir, laba rugi hari ini, piutang atau pinjaman yang sudah jatuh tempo, hingga saldo kas. Dengan demikian, Anda bisa lebih hemat waktu karena tidak perlu telepon kanan-kiri dan nunggu lama.

Coba gratis Beecloud, klik gambar di atas

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Teori Ekonomi Mikro: Definisi dan Contoh Masalah di Indonesia
Teori ekonomi mikro adalah bidang studi yang mempelajari perilaku individu, rumah tangga, dan perusahaan dalam pengambilan keputusan ekonomi serta interaksi
Baca Juga
Multiplier Effect Adalah: Pengertian, Fungsi, Rumus dan Jenis
Multiplier effect adalah istilah yang sudah tidak asing lagi dalam dunia ekonomi. Istilah ini merujuk kepada nilai pengganda yang digunakan
Baca Juga
Pengertian ROA (Return on Assets) dan Cara Menghitungnya
Apakah Anda seorang pelaku bisnis yang ingin memantau kinerja perusahaan Anda? Salah satu indikator penting yang perlu Anda perhatikan adalah
Baca Juga
Pasar Oligopoli: Definisi, Ciri, Contoh, dan Jenisnya (Lengkap)
Banyak jenis pasar yang dapat dipahami seperti contohnya pasar oligopoli. Jika pasar monopoli berarti market yang dikuasai satu produsen, bagaimana
Baca Juga
Mengenal Bisnis Internasional, Manfaat dan Tips Suksesnya
Di era globalisasi, bisnis tidak hanya dilakukan di lingkup suatu daerah atau negara saja, namun jga lintas negara. Hal ini
Baca Juga
4 Pelaku Ekonomi, Jenis, Peran dan Contohnya
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar istilah pelaku ekonomi. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan pelaku ekonomi? Bagaimana peran dan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu