Logo Bee Web

Syarat dan Cara Mendapatkan Bantuan UMKM

Apa saja syarat untuk mendapatkan bantuan UMKM dan bagaimana cara mendapatkannya? Cek semua tahapannya disini dan dapatkan bantuan segera!
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 20 March 2023

Banyak pelaku UMKM mengharapkan bantuan UMKM dari pemerintah, khususnya setelah pandemi menghantam perekonomian Indonesia dan membuat banyak usaha mengalami kerugian. Perusahaan bisa jadi tetap bertahan di tengah pandemi, tapi usaha kecil harus bersusah payah untuk bangkit. Bagaimana syarat dan cara mendapatkan bantuan UMKM?

Daya beli masyarakat Indonesia yang terjun bebas serta kebijakan yang membatasi pelaksanaan kegiatan usaha justru membuat kondisi UMKM semakin parah. Untungnya, pemerintah menyediakan program khusus untuk membantu para pelaku usaha bertahan dan meraih keuntungannya kembali.

Jika Anda termasuk salah seorang pelaku usaha, pastikan untuk mencari tahu persyaratan dan cara mendaftar bantuan UMKM. Beberapa prosedur harus dilewati agar bisa memperoleh bantuan dari pemerintah. Apa saja syarat untuk memperoleh bantuan tersebut?

Syarat Mendapatkan Bantuan UMKM

An Asian Male Waitress Standing On The Side Of The Cart

Bantuan ini disalurkan oleh pemerintah dengan sasaran dari bantuan ini adalah pelaku usaha mikro.

Setiap program yang disediakan oleh pemerintah Indonesia mengharuskan para pesertanya untuk memenuhi beberapa persyaratan tertentu. Sama halnya dengan pendaftaran bantuan khusus untuk pelaku usaha, setiap pelaku usaha wajib memenuhi persyaratan di bawah ini.

1. Kewarganegaraan Indonesia

Pelaku UMKM harus merupakan seorang WNI (Warga Negara Indonesia) dan bisa membuktikannya dengan menunjukkan e-KTP saat melakukan pendaftaran bantuan untuk pelaku usaha.

2. Kepemilikan Usaha

Setiap orang yang akan daftar bantuan UMKM online harus mempunyai usaha, baik berskala menengah, kecil, maupun mikro. Pelaku usaha wajib melampirkan surat BPUM yang bisa diperoleh melalui kantor kelurahan maupun kantor desa.

3. Bukan ASN

Pelaku usaha yang akan mengajukan permohonan bantuan tidak boleh merupakan anggota Aparatur Sipil Negara, anggota Polri atau TNI, maupun anggota BUMD atau BUMN.

4. Bukan Penerima Bantuan Lain

Pelaku usaha yang mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan tidak boleh merupakan penerima bantuan apapun dari koperasi maupun bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Cara Dapat dan Daftar Bantuan UMKM

Bantuan UMKM

ilustrasi pebisnis UMKM yang menerima bantuan

Ada dua metode pendaftaran bantuan yang bisa ditempuh oleh setiap pelaku usaha, yaitu secara online dan secara offline. Cara yang lebih praktis adalah secara online tapi tidak semua pelaku usaha memahaminya. Pendaftaran offline bisa dilakukan melalui Dinas Koperasi di kota masing-masing.

Baca juga: Cara Daftar UMKM Online 2023 Gratis Lengkap Serta Syaratnya

1. Cara daftar bantuan UMKM  secara online

Metode pendaftaran yang pertama adalah secara online, melalui situs web resmi Kementerian Investasi di oss.go.id. Pelajari dan ikuti metode pendaftaran lengkapnya di bawah ini.

  • Akses halaman utama situs web resmi oss.go.id kemudian pilih menu daftar yang muncul di bagian atas halaman utama.
  • Selanjutnya pilih UMKM sebagai skala usaha dan masukkan seluruh data yang diminta, periksa ulang kebenaran semua data tersebut kemudian klik Daftar.
  • Berikutnya periksa email yang digunakan untuk mendaftar lalu klik pilihan aktivasi untuk memperoleh akses ke akun OSS.
  • Setelah memperoleh akses, pilih menu Perizinan Berusaha kemudian langsung pilih menu Permohonan Baru.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan mengisi berbagai data yang berhubungan dengan usaha, yaitu data pelaku usaha, bidang usaha, rincian bidang usaha, serta jasa atau produk bidang usaha.
  • Periksa ulang seluruh data yang sudah dimasukkan di bagian Komitmen Prasarana Usaha, yang berisi daftar produk atau jasa, data usaha, daftar kegiatan usaha, dan dokumen persetujuan lingkungan.
  • Jika seluruh data sudah dilengkapi dan diperiksa kembali, klik Selanjutnya dan jangan lupa memberi tandang centang di bagian Pernyataan Mandiri.
  • Periksa lagi bagian Draf Perizinan Berusaha lalu tunggu Surat Perizinan Berusaha diterbitkan secara online.

2. Daftar bantuan secara offline

Proses pendaftaran offline lebih mudah dilakukan. Pelaku usaha perlu menyiapkan dokumen seperti NIB, SKU, KK, dan KTP kemudian membawa semuanya ke Dinas Koperasi terdekat. Serahkan seluruh berkas untuk diperiksa oleh Dinas Koperasi. Selanjutnya hanya tinggal menunggu dan mengecek saja.

Cara Cek Penerimaan Bantuan UMKM

Pasangan Yang Memiliki Bisnis Umkm

Pemerintah mengharapkan bantuan ini dapat membantu perekonomian UMKM

mSetelah daftar online bantuan UMKM, pastikan untuk mengecek penerimaan secara berkala. Ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk melakukan pengecekan, yaitu:

1. Melalui situs eform BRI

Metode pengecekan yang pertama adalah melalui situs web E-form BRI. Untuk melakukan pengecekan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

  • Kunjungi situs web eform.bri.co.id/bpum melalui komputer atau ponsel kemudian masuk menggunakan NIK pelaku usaha.
  • Berikutnya lakukan verifikasi captcha dan tekan tombol inquiry lalu tunggu prosesnya selesai.
  • Halaman berikutnya akan langsung memberikan informasi apakah Anda lolos sebagai penerima BPUM atau tidak.

Bagi yang lolos sebagai penerima BPUM, proses pencairan bisa dilakukan di kantor cabang BRI dengan lokasi dan waktu yang sudah ditentukan di situs web tersebut.

2. Melalui situs web Banpresbpum

Situs web lain yang bisa digunakan untuk memeriksa apakah proses pendaftaran bantuan berhasil dilakukan adalah banpresbpum.id.

  • Kunjungi situs web resmi banpresbpum.id melalui ponsel maupun komputer kemudian masukkan NIK untuk mengecek penerimaan bantuan.
  • Selanjutnya, klik Cari dan tunggu sampai keterangan penerimaan bantuan muncul di layar.

Bantuan UMKM akan sangat bermanfaat bagi setiap pelaku usaha di Indonesia. Pastikan untuk memahami proses pendaftaran secara offline maupun online kemudian periksa secara berkala penerimaan bantuan dari pemerintah untuk pelaku usaha melalui situs web resmi.

Adanya UMKM adalah upaya pemerintah dalam mendukung perekonomian masyarakat. Dengan adanya UMKM, akan banyak perorangan yang bisa mengatasi masalah perekonomian. Umumnya tergolong salah satu usaha yang tidak terlalu memakan banyak modal. Terdapat beberapa jenis UMKM yang bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki.

Sebagai pelaku usaha UMKM yang ingin memajukan UMKM, maka dengan memiliki pembukuan UMKM yang baik dan tertata bisa menjadi poin penting. Sebab, dari pembukuan UMKM tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana UMKM tersebut akan mendapatkan untung.

Namun, apabila pembukuan UMKM secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda.

Beecloud, Software Akuntansi Online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.

Coba gratis Beecloud untuk pembukuan UMKM Anda! Kliki gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Beecloud Untuk Laporan Keuangan Usaha Umkm

21+ Contoh Kerajinan Tangan Berpeluang Cuan!
Dalam era modern ini, banyak orang yang mencari peluang bisnis yang menjanjikan. Salah satu bidang yang dapat dijadikan peluang bisnis
Baca Juga
Sebelum Buka Usaha, Kenali Surat Izin Usaha Dahulu
Agar bisnis Anda terjamin legalitasnya, surat izin usaha untuk dagang merupakan hal krusial yang wajib dimiliki. Pemerintah Indonesia menerapkan aturan
Baca Juga
Ide Bisnis Rumahan untuk Pemula
Gagasan membangun ide bisnis rumahan untuk pemula memiliki daya tarik karena alasan yang jelas, apalagi selama pandemi Covid-19 berlangsung. Bayangkan,
Baca Juga
11 Contoh Usaha Kecil di Rumah dengan Modal Pas-Pasan
Menjalankan usaha sendiri bisa jadi sebuah impian bagi sebagian besar orang, khususnya usaha yang dijalankan di rumah tanpa harus meninggalkan
Baca Juga
9 Alasan Mesin Kasir Android Portable Jadi Favorit Pengusaha
Mesin kasir android portable merupakan hasil perkembangan kemajuan teknologi pada era sekarang menuntut para pebisnis untuk menyesuaikan tantangan zaman modern
Baca Juga
Kuliner Surabaya: 20+ Makanan & Minuman Khas yang Legend
Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, memiliki segudang daya tarik bagi para wisatawan, tak terkecuali dalam hal Kuliner
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu