🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Pentingnya Stock Opname Untuk Perusahaan

Stock Opname adalah hal yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mengontrol persediaan barang. Stock Opname dilakukan 1 bulan sekali , 3 bulan, 1 tahun
Penulis: Feni Purwantini
Dipublish Tgl: Saturday, 26 September 2020

Stock Opname atau disebut juga dengan Stock of Name sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua yang berkecimpung di dunia bisnis. Atau mungkin bagi Anda yang pekejaannya di bagian gudang maupun accounting maka istilah tersebut tidak asing juga.

Tapi tidak bisa dipungkiri juga jika masih banyak orang yang bingung mengenai  kapan dilakukannya? sampai dokumen apa saja yang dibutuhkan? Baca artikel ini sampai selesai ya, karena saya akan membahasnya secara detail.

Apa Itu Stock Opname ?

Pentingnya Stock Opname Untuk Perusahaan

Pentingnya Stock Opname (Sumber: Freepik.com)

Apa itu stock? Stock artinya persediaan barang. Sedangkan opname bisa diartikan perawatan/pengelolaan jadi stock opname adalah proses penghitungan secara fisik atas persediaan barang yang ada di gudang maupun toko. Yang memiliki tujuan untuk mengetahui apakah catatan pembukuan dengan fisiknya sudah sesuai mulai dari jumlah dan ketersediaan stocknya.

Jika tidak singkron alias ada selisih ada beberapa hal yang menjadi pemicunya seperti barang hilang ataupun ada transaksi penjualan yang belum tercatat. Entah itu disengaja oleh oknum karyawan Anda atau memang tidak disengaja.

Oleh karena itu proses stock opname salah satu langkah untuk mengontrol persediaan barang maupun aktiva Anda dan menghindari kecurang-kecurangan yang bisa saja terjadi.

Stock Opname Kapan dilakukan ?

Untuk setiap perusahaan biasanya memiliki kebijakan yang berbeda-beda namun pada umumnya kegiatan opname stock dilakukan di akhir tahun. Ada juga perusahaan yang melakukannya setiap akhir bulan, ada yang tiap triwulan dan caturwulan. Jadi pada dasarnya tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Bagaimana Prosedur Stock Opname Secara Sederhana ?

Untuk cara stock opname sendiri tergantung dengan seberapa besar dan kecilnya sebuah perusahaan. Sesuai sub judulnya maka saya akan memberikan proses yang sederhana.

1. Print Stock Persediaan Barang

Kartu Stok Barang

Kartu Stok untuk Stock Opanme (Sumber: Dconsultingbusinessconsultant.com)

Jika Anda menggunakan software akuntansi maupun software penjualan yang sudah dilengkapi dengan persediaan stocknya print saja sesuai jumlah orang yang akan melakukan penyesuaian stok. Agar memudahkan dalam proses penghitungan.

2. Pembagian Tugas

Bagilah tugas ini sangat penting agar barang tidak distock 2 x. Misal Rak 1 yang melakukan penghitungan adalah karyawan A dan Rak 2 dilakukan oleh B dst.

3. Sinkronisasi

Jika sudah dihitung langkah selanjutnya adalah men-sinkronkan antara stock real dengan stock software. Kalau ada selisih antara keduanya maka wajib untuk dilaporkan kepada atasan. Dengan begitu atasan bisa menyelidiki kenapa bisa terjadi selisih.

Dokumen Apa Saja Yang dibutuhkan Dalam Proses Stock Opname ?

1. Kartu Persediaan / Kartu Stock

Pada kartu barang ini bisa dilihat bagaimana alur dari keluar masuknya suatu barang.

Contoh kartu Stock menggunakan Software Beeaccounting

Kartu Stock (Sumber: Bee.id)

2. Bukti Barang Masuk (BBM)

Bukti barang masuk ini berisi informasi tentang barang itu masuk tanggal berapa dan dari supplier yang mana.

3. Bukti Barang Keluar (BBK)

Berisi tentang informasi mengenai tanggal, qty serta harga barang persediaan barang tersebut keluar dari gudang/toko dan berpindah kepihak lain.

4. Kartu Count Tag

Dokument ini digunakan pada saat proses pelaksanaan stock opname dilakukan. Count Tag ini berisi informasi mulai dari nama barang, tipe barang, lokasi barang, jenis kemasan satuan, dan lokasi total yang kosong, tanda tangan pihak gudang, non-gudang, dan auditor.

Biasanya Count Tag ini rangkap 2, rangkap yang asli diberikan kepada tim admin dan yang satunya di tempelkan kepada produk/barang yang sudah dihitung.

Kesimpulan

Opname Stock dibutuhkan oleh semua bidang bisnis. Karena dengan melakukan opname stock maka akan membantu Anda dalam mengontrol stock yang dimiliki. Dan membantu menghindari dari kecurangan-kecurangan oleh oknum karyawan.

Proses ini bisa dilakukan 1 bulan sekali, 3 bulan sekali, 6 bulan sekali atau bahkan 1 tahun sekali tergantung kepada kebijakan masing-masing perusahaan. Jika barang yang dimiliki sangat banyak qty dan jenisnya mungkin 3 bulan sekali adalah periode yang cocok. Namun jika barangnya tidak terlalu banyak dan jenisnya pun sedikit 1 bulan sekali tidak akan jadi masalah.

Beeaccounting, Software Akuntansi Untuk Pabrik Manufaktur Akurat Hitung Hpp Dan Profit

Untuk mempermudah dalam melakukan pengontrolan stock serta menghindari adanya kebocoran stock. Software akuntansi ataupun software penjualan akan sangat membantu Anda. Selain itu dengan menggunakan software tentu saja ini akan membuat proses stock opname lebih cepat dan mudah.

Beeaccounting merupakan software penjualan yang sudah dilengkapi dengan akuntansinya. Fitur-fiturnya pun lengkap jadi akan mempermudah dalam mengontrol stock dan juga dapat meminimilasir terjadinya tindak kecurangan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Coba gratis sekarang dan jangan khawatir mengenai harga, untuk harga Beeaccounting sangat terjangkau Anda bisa klik disini untuk melihatnya.

Sekian artikel mengenai “Pentingnya Stock Opname Untuk Perusahaan” semoga dapat membantu Anda dalam melakukan pengontrolan stock. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya. Dan jangan sungkan-sungkan untuk menuliskan koment dibawah jika ada yang ini ditanyakan.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Harga Pokok Produksi: Unsur, Metode, dan Cara Membuatnya
Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) menentukan harga pokok produksi sangat penting di mana salah satu manfaatnya yaitu untuk menentukan harga
Baca Juga
Rumus Safety Stock dan Cara Menghitungnya
Safety stock atau stok pengaman adalah jumlah persediaan tambahan yang dipertahankan di atas tingkat persediaan normal untuk mengatasi ketidakpastian dalam
Baca Juga
Pengertian Manajemen Strategi, Fungsi, dan Langkah Menerapkan
Manajemen strategis merupakan suatu pendekatan dalam mengelola bisnis yang mempertimbangkan tujuan jangka panjang, visi dan misi perusahaan, serta mengintegrasikan kegiatan-kegiatan
Baca Juga
Ini Dia! Daftar Pemakai Informasi Akuntansi Keuangan Dalam Dunia Bisnis
Pada dasarnya pemakai informasi akuntansi keuangan digunakan oleh berbagai pihak dengan tujuan yang berbeda. Maka dari itu,  sistem informasi akuntansi
Baca Juga
Balance Scorecard: Alat Pengukur Kinerja Bisnis yang Efektif
Balance Scorecard merupakan kerangka kerja pengukuran kinerja sangat populer di kalangan organisasi dan perusahaan besar yang dikembangkan pada awal tahun
Baca Juga
Mengenal Faktur Pembelian dan Kegunaannya
Faktur pembelian adalah salah hal yang punya peran penting dalam transaksi jual beli. Dalam transaksi jual beli pun biasanya ada
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu