⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Cara Meningkatkan Revenue Stream untuk Mengembangkan Bisnis

Sederhananya, revenue stream adalah cara menghasilkan uang. Ini adalah aliran uang tunai yang berkelanjutan ke dalam bisnis Anda.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 14 October 2022

Ketika Anda menjalankan bisnis, memahami apa itu revenue stream sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Revenue stream adalah cara mengukur aliran uang masuk dan keluar dari bisnis. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis, Anda perlu memahami apa itu revenue stream.

Ada berbagai cara untuk mengukur revenue stream dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Metode yang paling umum adalah memecahnya menjadi beberapa kategori: penjualan, layanan, dan investasi.

Tetapi ada cara lain untuk melakukannya juga. Dalam partikel ini, kita akan menjelaskan lebih detail tentang berbagai metode pengukuran revenue stream dan membantu Anda memutuskan mana yang tepat untuk bisnis Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Revenue Stream?

Revenue Stream Adalah

Ilustrasi Revenue Stream (Sumber: Freepik.com)

Anda mungkin pernah mendengar istilah revenue stream sebelumnya, tetapi apa arti sebenarnya?

Sederhananya, revenue stream adalah cara menghasilkan uang. Ini adalah aliran uang tunai yang berkelanjutan ke dalam bisnis Anda yang berasal dari produk atau layanan Anda.

Ada sejumlah aliran pendapatan berbeda yang dapat Anda manfaatkan, tetapi kuncinya adalah menemukan aliran pendapatan yang paling sesuai untuk bisnis Anda dan yang sesuai dengan strategi Anda secara keseluruhan.

Misalnya, Anda bisa menghasilkan pendapatan dari:

-Penjualan produk

-Layanan

-Biaya keanggotaan

-Iklan

-Kesepakatan sponsorship

-Royalti

Baca Juga: 9 Elemen Penyusun Bisnis Model Canvas

Bagaimana Revenue Stream Dapat Membantu Bisnis Tumbuh?

Ada banyak cara berbeda untuk menghasilkan pendapatan, dan penting untuk memiliki beberapa aliran yang mengalir ke bisnis Anda sehingga Anda tidak hanya mengandalkan satu atau dua sumber pendapatan. 

Jadi, bagaimana Anda bisa mengembangkan revenue stream Anda? Dengan memperluas bisnis ke pasar baru, sebagai permulaan. Kemudian, mendiversifikasi layanan dan produk yang Anda tawarkan. Anda juga bisa menaikkan harga, tetapi hati-hati jangan sampai keluar dari harga pasar.

Ingatlah bahwa dibutuhkan waktu dan upaya untuk menumbuhkan aliran pendapatan, namun itu semua akan sepadan dengan investasinya.

Apa Saja Jenis Revenue Stream yang Paling Umum?

Jenis Revenue Stream

Ilustrasi Jenis Revenue Stream (Sumber: Freepik.com)

Ada berbagai macam revenue stream yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis. Berikut ini beberapa yang paling populer:

  1. Penjualan produk: Ini mungkin jenis aliran pendapatan yang paling umum, dan cukup mudah. Anda menjual produk atau layanan dan mengumpulkan uang sebagai imbalannya.
  2. Layanan berlangganan: Aliran pendapatan umum lainnya adalah layanan berlangganan, di mana pelanggan membayar biaya berulang untuk memiliki akses ke produk atau layanan Anda.
  3. Iklan: Iklan adalah sumber pendapatan besar bagi banyak bisnis, dan bisa menjadi cara yang bagus untuk memonetisasi situs web atau blog.
  4. Komisi: Aliran pendapatan berbasis komisi adalah aliran pendapatan di mana Anda mendapatkan persentase dari harga jual untuk setiap produk atau layanan yang Anda jual.
  5. Penyewaan: Anda juga dapat menghasilkan uang dari penyewaan dengan menyewakan properti atau peralatan kepada orang lain.

Cara Meningkatkan Revenue Stream untuk Bisnis Anda

Anda mungkin bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan revenue stream? Dan yang lebih penting lagi, bagaimana saya bisa membuatnya untuk bisnis saya?

Pada dasarnya, aliran pendapatan adalah cara untuk menghasilkan pendapatan dari bisnis Anda. Ada banyak cara berbeda untuk melakukan ini, tetapi semuanya bermuara pada menemukan cara untuk memonetisasi produk atau layanan Anda.

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat membuat revenue stream:

  1. Pastikan produk atau layanan Anda berharga dan memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan Anda.
  2. Temukan cara untuk memonetisasinya-bebankan biaya untuk itu, jual ruang iklan, buat model berlangganan, dll.
  3. Pantau pengeluaran Anda dan pastikan Anda menghasilkan keuntungan.
  4. Investasikan kembali sebagian keuntungan itu kembali ke bisnis Anda untuk membantunya tumbuh.

Dengan mengikuti kiat-kiat ini, Anda dapat menciptakan aliran pendapatan yang akan membantu bisnis Anda berkembang.

Praktik Terbaik untuk Meningkatkan Aliran Pendapatan Bisnis

Praktik Terbaik Revenue Stream

Ilustrasi Menghitung Uang Kas (Sumber: Freepik.com)

Ketika Anda memulai bisnis, salah satu hal terpenting untuk diketahui adalah revenue stream Anda. Apa itu? Ini pada dasarnya adalah cara untuk menghasilkan uang. Dan ada banyak cara berbeda untuk melakukannya.

Tetapi tidak semua aliran pendapatan diciptakan sama. Beberapa lebih berkelanjutan daripada yang lain, dan penting untuk menemukan satu yang sesuai dengan model bisnis Anda. Jadi, bagaimana Anda menemukan aliran pendapatan yang tepat? Berikut ini beberapa tips:

  1. Pikirkan tentang apa yang Anda kuasai. Apa yang Anda kuasai dalam menjual? Apa yang bisa Anda lakukan lebih baik daripada orang lain?
  2. Teliti pilihan Anda. Ada banyak aliran pendapatan yang berbeda di luar sana, jadi luangkan waktu Anda dan lakukan riset. Temukan satu yang sesuai dengan model bisnis Anda dan Anda bersemangat untuk mengejarnya.
  3. Cobalah sesuatu yang baru. Jika Anda tidak yakin aliran pendapatan mana yang tepat untuk Anda, cobalah sesuatu yang baru. Bereksperimenlah sampai Anda menemukan sesuatu yang cocok untuk Anda.
  4. Tetap fokus. Anda mungkin tergoda untuk menyebarkan diri Anda terlalu tipis dan mencoba mengejar beberapa aliran pendapatan sekaligus, tetapi ini bisa menjadi kontraproduktif. fokuslah pada satu atau dua paling banyak, dan pastikan itu adalah yang berkelanjutan.

Kesalahan Revenue Stream yang Harus Dihindari

Kasalahan revenue stream pertama yang Anda miliki adalah tidak menetapkan target. Hal ini membuat Anda tidak dapat mengukur keberhasilan dan membuat Anda tidak dapat mengukur berapa banyak uang yang diperoleh.

Kesalahan revenue stream yang kedua adalah terlalu banyak berinvestasi. Membuat bisnis Anda membutuhkan modal yang sangat tinggi dan sangat mahal. Ini akan membuat bisnis Anda sulit berkembang dan berubah menjadi perusahaan besar.

Baca Juga: Strategi Rahasia Membangun Customer Loyalty

Kesimpulan

Sederhananya, revenue stream adalah cara untuk menghasilkan uang. Ada banyak aliran pendapatan berbeda yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis, tetapi tidak semuanya tepat untuk setiap bisnis.

Mencari tahu aliran pendapatan mana yang terbaik untuk bisnis Anda bisa jadi rumit, tetapi itu sepadan dengan usahanya. Semakin banyak sumber pendapatan yang Anda miliki, semakin tidak rentan bisnis Anda jika salah satunya mengering.

Penting untuk mempelajari opsi dan menemukan jenis revenue stream yang paling cocok untuk Anda. Jangan takut untuk bereksperimen. Anda mungkin menemukan sumber pendapatan baru yang tidak pernah Anda pikirkan.

Anda harus bisa mencari solusi atau strategi jitu untuk memaksimalkan pemasukan atau pendapatan selama berbisnis. Biasanya pebisnis akan menggunakan cara pancingan seperti mengadakan event membership dengan pengumpulan poin.

Semakin banyak jumlah beli, pelanggan akan diberi lebih banyak poin. Dari poin tersebut Anda bisa berikan potongan harga atau reward produk secara gratis. Tentu saja nilai reward yang diberikan ini tidak seberapa dari pendapatan akan didapat jika banyak pelanggan tertarik.

Bangun customer loyalty dan tingkatkan revenue stream bisnis Anda dengan software akuntans dan kasir BEEPOS. Coba gratis BEEPOS sekarang!

Tingkatkan Revenue Stream Dengan Customer Loyalty Beepos

Artikel Terkait

Memahami Pengertian Rasio Keuangan Bisnis
Rasio Keuangan - Sudahkah Anda familiar tentang Rasio Keuangan? Dalam dunia bisnis, sering disebut bahwa rasio dari keuangan sangat penting
Baca Juga
Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) untuk Perusahaan
Apa itu sistem ERP? Enterprise Resource Planning atau yang biasa disebut dengan sistem ERP adalah akronim dari tiga elemen kata
Baca Juga
Anggaran Adalah: Pengertian, Klasifikasi, Jenis dan Manfaat
Anggaran adalah salah satu topik yang perlu dibahas karena perannya sangat penting bagi beberapa orang. Khususnya para pengusaha yang saat
Baca Juga
Pengertian Aktiva Tetap, Jenis, Contoh dan Metode Penyusutan
Aktiva merupakan hal yang sangat penting dalam keuangan bisnis karena menjadi sumber ekonomi dari sebuah perusahaan tersebut. Di dalam aktiva
Baca Juga
Perhitungan Upah Lembur, Kewajiban dan Sanksi Perusahaan
Membahas mengenai perhitungan upah lembur tentu tidak bisa lepas dengan komponen pendukungnya, kewajiban perusahaan bahkan cara perhitungannya. Jika Anda masih
Baca Juga
Benchmarking adalah: Pengertian, Dampak, dan Penerapannya
Apakah Anda juga belum mengerti sebenarnya benchmarking adalah apa? Cakupan istilah dalam dunia bisnis ternyata sangat luas, ini misalnya. Apabila
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu