Logo Bee Web

Mengenal Pembukuan Sederhana UKM dan Cara Membuatnya

Pembukuan sederhana ada 3 macam cara membuatnya yaitu : Pembukuan sederhana excel, Manual / buku dan menggunakan aplikasi pembukuan Beecloud
Penulis: Feni Purwantini
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 3 October 2020

Pembukuan sederhana untuk bisnis kecil atau UKM itu sangatlah penting. Namun banyak orang yang sering melupakannya. Dan masih banyak pebisnis yang tidak memilikinya. Apakah Anda salah satunya?

Jika iya cepat-cepat bertobat ya, karena ini sangat membahayakan bisnis. Jangan sampai tiba-tiba bisnis Anda gulung tikar begitu saja. Yuk, belajar bersama tentang pengertian pembukuan sederhana, fungsi, jenis, cara dan contohnya berikut ini.

Apa itu Pembukuan Sederhana?

Pentingnya Pembukuaan Sederhana Untuk Bisnis Kecil / UMKM

Pembukuan Sederhana (Sumber: Freepik.com)

Pembukuan secara umum adalah pencatatan atas transaksi keuangan, seperti transaksi pembelian, penjualan, pengeluaran serta pendapatan sebuah perusahaan, organisasi maupun perorangan.

Sedangkan pembukuan sederhana adalah suatu sistem pencatatan keuangan yang tidak terlalu rumit, biasanya digunakan oleh usaha kecil atau individu untuk mencatat transaksi keuangan dasar mereka.

Meskipun lebih sederhana daripada sistem pembukuan yang lebih kompleks, pembukuan sederhana tetap penting untuk melacak pemasukan, pengeluaran, dan keuangan secara umum. Ini membantu memahami kesehatan keuangan, memenuhi kewajiban perpajakan, dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Komponen Utama Pembukuan Sederhana

Dalam pembukuan sederhana, ada beberapa komponen utama:

1. Buku Kas (Cash Book)

Buku kas digunakan untuk mencatat semua transaksi uang tunai, baik pemasukan maupun pengeluaran. Dalam buku kas, transaksi dicatat kronologis dengan tanggal, deskripsi, dan jumlah.

2. Buku Bank (Bank Book)

Jika usaha memiliki rekening bank, buku bank mencatat transaksi yang melibatkan rekening bank, seperti setoran, penarikan, dan cek.

3. Buku Besar (General Ledger)

Buku besar digunakan sebagai tempat untuk mengumpulkan dan mengelompokkan transaksi berdasarkan jenis akun, seperti pendapatan, biaya, aset, dan kewajiban.

4. Laporan Keuangan Sederhana

Pada akhir periode (misalnya, bulan atau tahun), laporan keuangan sederhana dapat disusun. Ini mungkin mencakup laporan laba rugi yang mencatat total pendapatan dan biaya, serta neraca yang mencatat aset, kewajiban, dan ekuitas bersih.

5. Inventarisasi

Jika ada inventaris (stok) dalam bisnis Anda, penting untuk mencatat perubahan dalam jumlah stok.

6. Pajak

Pastikan Anda mencatat pajak yang dibayarkan dan diterima, seperti PPN atau PPh.

7. Utang dan Piutang

Jika Anda memiliki transaksi kredit dengan pelanggan atau pemasok, catat utang yang harus dibayar kepada Anda dan utang yang harus Anda bayarkan.

Fungsi Pembukuan Sederhana untuk Bisnis UMKM

Pembukuan dalam bisnis UMKM memiliki peran yang cukup krusial, diantaranya:

  • Ketepatan Informasi Keuangan, dimana Anda memiliki gambaran yang lebih jelas tentang arus kas dan posisi keuangan Anda.
  • Pemantauan Pemasukan dan Pengeluaran, digunakan untuk melacak dengan tepat berapa banyak uang yang masuk dan keluar dari bisnis Anda.
  • Pemenuhan Kewajiban Perpajakan, pembukuan keuangan sederhana ini akan memudahkan dalam menghitung dan membayar pajak yang sesuai.
  • Pengambilan Keputusan, yang mana informasi keuangan yang akurat membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Jenis-Jenis Laporan Pembukuan Sederhana Bisnis UMKM

Ada 5 jenis laporan keuangan yang wajib ada pada pembukuan sederhana UMKM yaitu ;

1. Laporan Laba Rugi

Laporan ini merinci pendapatan dan biaya selama suatu periode akuntansi tertentu, biasanya dalam satu tahun fiskal atau kuartal. Laporan laba rugi memberikan gambaran tentang apakah suatu perusahaan menghasilkan keuntungan atau mengalami kerugian selama periode tersebut.

Pendapatan termasuk penjualan produk atau jasa, sedangkan biaya meliputi berbagai pengeluaran seperti biaya produksi, biaya pemasaran, dan biaya administrasi. Selisih antara pendapatan dan biaya adalah laba bersih atau rugi bersih.

2. Laporan Arus Kas

Seperti namanya laporan arus kas digunakan untuk melaporkan arus masuk dan keluar uang tunai selama periode akuntansi. Arus kas dibagi menjadi tiga kategori utama, berikut diantaranya:

  • Arus kas dari aktivitas operasional (seperti pendapatan dan pembayaran biaya)
  • Arus kas dari aktivitas investasi (seperti pembelian aset atau investasi)
  • dan arus kas dari aktivitas pendanaan (seperti penerimaan pinjaman atau pembayaran dividen).

Laporan ini membantu memahami bagaimana uang tunai bergerak dalam perusahaan dan apakah perusahaan memiliki cukup likuiditas untuk mengatasi kewajiban finansialnya.

3. Laporan Perubahan Modal

Berikutnya, laporan ini digunakan untuk memperlihatkan perubahan modal pemilik perusahaan selama suatu periode.

Modal pemilik dapat berubah akibat laba bersih yang dihasilkan selama periode tersebut, penambahan atau pengurangan modal dari pemilik atau investor.

Serta perubahan lainnya dalam struktur modal. Laporan perubahan modal memberikan gambaran tentang bagaimana modal pemilik berkembang seiring waktu.

4. Neraca

Neraca menyajikan posisi keuangan perusahaan pada suatu titik waktu tertentu. Laporan ini mencantumkan aset perusahaan (seperti uang tunai, piutang, inventaris, dll.), kewajiban (seperti utang, pinjaman, dll.), dan modal pemilik.

Laporan neraca menggambarkan keseimbangan antara aset yang dimiliki perusahaan dan sumber pendanaan yang digunakan untuk memperoleh aset tersebut.

5. CALK (Catatan Atas Laporan Keuangan)

Ini adalah bagian penting dari laporan keuangan yang memberikan informasi lebih rinci dan konteks tentang item-item tertentu dalam laporan keuangan.

CALK menjelaskan kebijakan akuntansi yang digunakan, estimasi yang dilakukan manajemen, serta pengungkapan lain yang relevan.

Tujuan dari CALK adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang angka-angka dalam laporan keuangan dan membantu para pembaca laporan untuk membuat penilaian yang lebih akurat.

3 Cara Membuat Pembukuan Sederhana dan Contohnya

Ada 3 macam cara membuat pembukuan sederhana yaitu ;

1. Pembukuan Manual

Jadi semua transaksi masih dicatat dibuku dan setiap rupiah maupun qty nya dihitung secara manual menggunakan kalkulator. Setidaknya pembukuan menggunakan buku ini lebih baik dari pada tidak memiliki catatan sama sekali.

Tetapi yang perlu diingat pencatatan menggunakan buku sangat rentan sekali dengan kesalahan hitung belum lagi jika bukunya ketumpahan air ataupun hilang.

#Contoh pembukuan secara manual

Contoh pembukuan manual

Contoh Pembukuan Manual (Sumber: https://deemas91.wordpress.com/)

2. Pembukuan Sederhana Excel

Pembukuan sederhana menggunakan excel ini sudah sedikit lebih modern dibandingkan dengan menggunakan manual (mencatat dibuku). Untuk contoh pembukuan usaha kecil excel download biasa didownlod secara bebas diinternet.

Namun sebelum Anda mendownload serta menggunakannya, maka pastikan terlebih dahulu jika format excel pembukuan tersebut sudah benar, mengenai rumus dan peletakkan debit kreditnya. Karena jika salah tentu saja ini akan membuat laporan keuangannyapun salah.

Menggunakan excel masih ada kemungkinan kesalahan hitung karena rumus yang dimasukkan salah. Serta bisa saja file kena virus kemudian coruppt atau rusak karena hal lain.

# Contoh laporan laba rugi menggunakan excel

Laporan Laba Rugi

Contoh Laporan Laba Rugi Menggunakan Excel (Sumber: Bee.id)

3. Pembukuan Sederhana Menggunakan Software

Aplikasi pembukuan usaha saat ini banyak sekali bisa dijumpai di internet. Baik yang berbayar maupun yang gratis / free. Namun jika Anda memilih yang free/gratis maka tidak ada layanan supportnya. Jadi ketika suatu saat terjadi kesalahan input dll. Maka Anda tidak bisa meminta bantuan kepihak penyedia software gratis tersebut.

Masukan dari saya pakai saja aplikasi pencatatan yang berbayar supaya jika ada problem Anda bisa meminta bantuan. Ada satu aplikasi pembukuan usaha yaitu Beecloud yang harganya sangat terjangkau dan cocok bagi pebisnis kecil UMKM/UKM seperti Anda. Dan untuk harganya sendiri mulai dari Rp 119.000/bulan klik disini untuk melihat daftar fitur dan penjelasan detailnya.

Aplikasi pembukuan Beccloud ini sangat mudah untuk digunakan. Jadi orang yang tidak paham mengenai akutansipun bisa menggunakanya. Dan sistemnya sudah online jadi Anda tidak perlu membutuhkan computer maupun laptop yang memiliki hardisk besar karena semuanya disimpan di cloud.

Berikut ini contoh pencatatan sederhana online shop menggunakan aplikasi

Aplikasi rumah makan

Contoh Laporan Keuangan Laba Rugi (Sumber: Bee.id)

Kesimpulan

Menyusun pembukuan sederhana adalah suatu hal penting bagi pebisnis UMK. Supaya kondisi keuangannya dapat dipantau dengan baik. Ada 5 jenis komponen dalam pembukuan sederhana yaitu laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, neraca dan catatan atas laporan keuangan.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Membuat pencatatan keuangan bisa secara manual dengan menggunakan buku kas atapun excel tapi sayangnya dari kedua cara itu memiliki kelemahan. Jadi bisa saja laporan yang disajikan menjadi tidak akurat. Karena itu menggunakan aplikasi pembukuan sederhana merupakan sebuah keputusan yang paling tepat.

Beecloud merupakan salah satu aplikasi pembukuan online yang fiturnya lengkap serta harganya hemat. Coba gratis sekarang juga dengan klik disini untuk mencobanya. Selamat mencoba.

Cara Membuat Anggaran Penjualan Agar Bisnis Tidak Rugi
Setiap pebisnis perlu memiliki anggaran penjualan untuk menentukan kemana mereka akan bergerak dalam aktivitas bisnis yang mereka jalankan. Tanpa adanya
Baca Juga
Kenali 5 Jenis Laporan Keuangan dan Kegunaannya untuk Bisnis
Ada beberapa jenis laporan keuangan yang perlu Anda pahami. Sebagai pengantar, laporan keuangan sendiri merupakan laporan berisi catatan transaksi dan
Baca Juga
Mengenal Apa Itu Ekonomi Mikro dan Ruang Lingkupnya
Ekonomi mikro merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang wajib diketahui saat ini karena berhubungan dengan masyarakat. Ekonomi mempunyai banyak
Baca Juga
4 Aplikasi Pencatatan Keuangan Praktis untuk Bisnis
Ketika menjalankan sebuah usaha, tentu memerlukan aplikasi pencatatan keuangan yang dapat membantu mencatat transaksi bisnis kita. Dengan aplikasi tersebut, kita
Baca Juga
Cara Mudah Menghitung Biaya Produksi Beserta Contohnya
Cara menghitung biaya produksi merupakan komponen penting dalam laporan keuangan perusahaan karena sangat berguna dalam perhitungan laporan laba rugi (income
Baca Juga
Mari Mengenal Beragam Fungsi Laporan Keuangan
Fungsi laporan keuangan adalah mencatat serta merangkum segala transaksi keuangan yang dilakukan sebuah perusahaan maupun bisnis. Hanya fungsi inilah yang terbesit
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu