Web Logo Bee
Penulis: Feni Purwantini

Pentingnya Pembukuan Sederhana Untuk Bisnis Kecil / UMKM

Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 3 October 2020

Pembukuan sederhana untuk bisnis kecil atau UKM itu sangatlah penting. Namun banyak orang yang sering melupakannya. Dan masih banyak pebisnis yang tidak memiliknya. Apakah Anda salah satunya ? Jika iya cepat-cepat bertobat ya, karena ini sangat membahayakan bisnis. Jangan sampai tiba-tiba bisnis Anda gulung tikar begitu saja.

Pengertian Pembukuan

Pembukuan adalah pencatatan atas transaksi keuangan, seperti transaksi pembelian, penjualan, pengeluaran serta pendapatan sebuah perusahaan, organisasi maupun perorangan.

Ada 5 jenis laporan keuangan yang wajib ada pada pembukuan sederhana UMKM yaitu ;

  1. Laporan Laba Rugi
  2. Laporan Arus Kas
  3. Laporan Perubahan Modal
  4. Neraca
  5. CALK (Catatan Atas Laporan Keuangan)

Pembukuan sederhana UKM sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin bisnisnya semakin maju. Karena selain untuk mengetahui bisnis untung atau mengalami kerugian. Laporan keuangan juga membantu dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan masa depan suatu perusahaan.

Pentingnya Pembukuaan Sederhana Untuk Bisnis Kecil / UMKM

Pembukuan Sederhana (Sumber: Freepik.com)

3 Cara Membuat Pembukuan Sederhana

Ada 3 macam cara membuat pembukuan sederhana yaitu ;

1. Pembukuan Manual

Jadi semua transaksi masih dicatat dibuku dan setiap rupiah maupun qty nya dihitung secara manual menggunakan kalkulator. Setidaknya pembukuan menggunakan buku ini lebih baik dari pada tidak memiliki catatan sama sekali.

Tetapi yang perlu diingat pencatatan menggunakan buku sangat rentan sekali dengan kesalahan hitung belum lagi jika bukunya ketumpahan air ataupun hilang.

Contoh pembukuan secara manual

Contoh pembukuan manual

Contoh Pembukuan Manual (Sumber: https://deemas91.wordpress.com/)

2. Pembukuan Sederhana Excel

Pembukuan sederhana menggunakan excel ini sudah sedikit lebih modern dibandingkan dengan menggunakan manual (mencatat dibuku). Untuk contoh pembukuan usaha kecil excel download biasa didownlod secara bebas diinternet.

Namun sebelum Anda mendownload serta menggunakannya, maka pastikan terlebih dahulu jika format excel pembukuan tersebut sudah benar, mengenai rumus dan peletakkan debit kreditnya. Karena jika salah tentu saja ini akan membuat laporan keuangannyapun salah.

Menggunakan excel masih ada kemungkinan kesalahan hitung karena rumus yang dimasukkan salah. Serta bisa saja file kena virus kemudian coruppt atau rusak karena hal lain.

Contoh laporan laba rugi menggunakan excel

Laporan Laba Rugi

Contoh Laporan Laba Rugi Menggunakan Excel (Sumber: Bee.id)

3. Pembukuan Sederhana Menggunakan Software

Aplikasi pembukuan usaha saat ini banyak sekali bisa dijumpai di internet. Baik yang berbayar maupun yang gratis / free. Namun jika Anda memilih yang free/gratis maka tidak ada layanan supportnya. Jadi ketika suatu saat terjadi kesalahan input dll. Maka Anda tidak bisa meminta bantuan kepihak penyedia software gratis tersebut.

Masukan dari saya pakai saja aplikasi pencatatan yang berbayar supaya jika ada problem Anda bisa meminta bantuan. Ada satu aplikasi pembukuan usaha yaitu Beecloud yang harganya sangat terjangkau dan cocok bagi pebisnis kecil UMKM/UKM seperti Anda. Dan untuk harganya sendiri mulai dari Rp 119.000/bulan klik disini untuk melihat daftar fitur dan penjelasan detailnya.

Aplikasi pembukuan Beccloud ini sangat mudah untuk digunakan. Jadi orang yang tidak paham mengenai akutansipun bisa menggunakanya. Dan sistemnya sudah online jadi Anda tidak perlu membutuhkan computer maupun laptop yang memiliki hardisk besar karena semuanya disimpan di cloud.

Berikut ini contoh pencatatan sederhana online shop menggunakan aplikasi

Aplikasi rumah makan

Contoh Laporan Keuangan Laba Rugi (Sumber: Bee.id)

Kesimpulan

Menyusun pembukuan sederhana adalah suatu hal penting bagi pebisnis UMK. Supaya kondisi keuangannya dapat dipantau dengan baik. Ada 5 jenis komponen dalam pembukuan sederhana yaitu laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, neraca dan catatan atas laporan keuangan.

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Membuat pencatatan keuangan bisa secara manual dengan menggunakan buku kas atapun excel tapi sayangnya dari kedua cara itu memiliki kelemahan. Jadi bisa saja laporan yang disajikan menjadi tidak akurat. Karena itu menggunakan aplikasi pembukuan sederhana merupakan sebuah keputusan yang paling tepat.

Beecloud merupakan salah satu aplikasi pembukuan online yang fiturnya lengkap serta harganya hemat. Beecloud menyediakan gratis 14 hari untuk Anda trial, klik disini untuk mencobanya. Selamat mencoba.

Alasan Pentingnya Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan Keuangan Perusahaan - Hingga saat ini, beberapa orang atau bahkan pengusaha belum mengerti betapa pentingnya laporan keuangan dalam usaha. […]
Baca Juga
8 Keunggulan Menggunakan Program Akuntansi Komputer
Program akuntansi komputer adalah topik hangat saat ini. Teknologi dapat segera membuat profesional keuangan lebih efisien dari sebelumnya, atau bahkan […]
Baca Juga
Cara Membuat Anggaran Tahunan untuk Bisnis dan Contohnya
Cara membuat anggaran tahunan bisnis pertama-tama harus direncanakan dengan teliti untuk mengetahui kondisi keuangan usaha. Dengan membuat anggaran tahunan, Anda […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu