Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Kenali Fitur & Manfaat Aplikasi Pengelola Keuangan

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 22 June 2022

Aplikasi pengelola keuangan merupakan salah satu alat yang dapat digunakan dalam mengelola keuangan yang dasarnya cukup sulit dilakukan oleh orang awam. Maka dari itu, tujuannya adalah memudahkan para pengusaha yang ingin mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Menganggarkan uang sangatlah penting, apa pun bisnis Anda. Di zaman kita hidup, layanan berlangganan merupakan hal yang biasa. Ada banyak tugas yang perlu diurus ketika uang terlibat Menyeimbangkan buku cek sangat ketinggalan zaman, dan aplikasi pengelola keuangan yang bekerja secara efisien telah mengambil alih posisi mereka.

Cara terbaik untuk menjaga keuangan Anda tetap teratur dan tetap pada jalurnya adalah dengan menggunakan perangkat lunak atau aplikasi pengelola uang. Sebagian besar aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melacak investasi dan pengeluaran seperti metode tradisional.

Selain itu, ada aplikasi yang bahkan menyediakan layanan seperti manajemen keuangan, pembayaran tagihan, dan perencanaan anggaran untuk masa depan

Apa itu Aplikasi Pengelola Keuangan?

Aplikasi Pengelola Keuangan

Ilustrasi Aplikasi Pengelola Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Aplikasi pengelola keuangan atau aplikasi keuangan pribadi adalah aplikasi yang membantu pengguna mengelola pengeluaran, anggaran, penghasilan, dan tabungan mereka. Aplikasi ini bekerja secara efisien bila digunakan oleh orang-orang yang berpengalaman dan mereka yang memiliki pengetahuan terbatas tentang pendidikan keuangan.

Start-up atau merek yang sudah mapan, tidak peduli siapa Anda, anggaran sama pentingnya bagi kedua usaha untuk bertahan.

Dengan bantuan teknologi modern seperti aplikasi pengelola keuangan pribadi, konsep penganggaran menjadi lebih mudah. Ini membantu Anda mempertahankan anggaran secara online. Tidak seperti Microsoft Money yang menyediakan fasilitas terbatas, segudang aplikasi lain telah masuk ke pasar untuk membuat penganggaran menjadi pekerjaan lima jari.

Masing-masing program ini memiliki kelebihan dan fiturnya juga. Mari kita lihat kelebihan aplikasi pengelolaan uang di bagian selanjutnya sebelum melangkah lebih jauh.

Tujuan Menggunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Seperti yang sudah disinggung di awal paragraf, aplikasi keuangan tentu saja memiliki tujuan agar poenggunanya bisa menggunakannya secara baik dan benar. Adapun berikut beberapa tujuan menggunakan aplikasi keuangan adalah:

  1. Kemudahan Menghitung, aplikasi keuangan memungkinkan penggunanya dapat melakukan perhitungan keluar dan masuknya keuangan secara otomatis.
  2. Pencatatan yang Otomatis, aplikasi keuangan juga memiliki sistem yang dapat melakukan semua pekerjaan tersimpan secara otomatis, sehingga pencatatan dapat dilakukan secara otoamtis.
  3. Kemudahan Menyusun Laporan, yang paling menguntungkan adalah menyusun laporan keuangan yang bahkan dapat dilakukan oleh orang awam. Ini dikarenakan aplikasi telah memiliki fitur canggih yang dapat membuat laporan keuangan menjadi otomatis sehingga dapat diakses kapanpun ketika dibutuhkan.

Keuntungan Aplikasi Pengatur Keuangan

Keuntungan Aplikasi Pengatur Keuangan

Ilustrasi Pembagian Kebutuhan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Keuangan pribadi jelas membawa keuntungan dari teknologi. Namun demikian, ada manfaat lain yang terkait dengan aplikasi ini yang tidak boleh dilewatkan untuk diperhatikan.

Sumber Daya Minimal

Dalam hal bisnis, sumber daya berperan penting dalam menentukan apakah usaha berjalan dengan biaya yang efektif atau tidak. Aplikasi pengelolaan uang membantu memecahkan masalah ini karena perangkat lunak akuntansi dapat diinstal dan dimasukkan ke dalam sistem keuangan.

Ini mengarah pada kebutuhan sumber daya yang lebih sedikit untuk memelihara perangkat lunak. Dengan demikian, menjadi lebih hemat biaya bagi bisnis yang harus membawa lebih banyak staf untuk mengelola berbagai bidang proses keuangan.

Transparansi Keuangan Terjamin

Aplikasi pengelolaan uang mudah digunakan, yang berarti sering kali berisi antarmuka yang ramah pengguna. Selanjutnya, antarmuka menyediakan akses cepat UKM ke informasi penting mereka.

Usaha pelaporan waktu nyata juga didukung dengan serangkaian alat yang membantu menghitung berbagai hal dengan benar mulai dari mengajukan pengembalian PPN hingga memperkirakan arus kas manajemen aset.

Faktur Tepat

Pendapatan dan bea cukai adalah sektor tertentu dari bisnis yang harus dianggap serius. Tidak peduli seberapa mapan bisnisnya, kesalahan mungkin masih bisa muncul saat mengisi dokumen yang membuat mereka kesulitan.

Koleksi yang terlewatkan selalu menjadi penyebab tumpukan kerugian. Aplikasi pengatur keuangan datang untuk menyelamatkan agar hal ini tidak terus terjadi, karena mereka mengotomatiskan proses input data dan menghindari semua kesalahan yang tidak dapat dihindari yang dapat dilakukan saat membuat faktur secara manual

Tingkatkan Produktivitas

4 Aplikasi untuk Produktivitas Work From Home

Ilustrasi Meningkatkan Produktivitas dengan Aplikasi Keuangan

Fitur penting lainnya yang membuat setiap bisnis ingin menggunakan aplikasi pengatur keuangan adalah keuntungan yang ditawarkannya untuk meningkatkan produktivitas. Aplikasi pengatur keuangan pribadi membantu membuat rutinitas harian lebih cepat dan lebih efisien.

Hal ini, pada gilirannya, membagi dua beban kerja yang dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas lain yang diperlukan.

Perencanaan Taktis

Merencanakan segala sesuatu untuk masa depan sebelumnya membantu bisnis mengawasi prospeknya. Membantu membangun fondasi yang stabil untuk menghasilkan strategi bisnis yang sukses.

Selain itu, dengan rencana yang dibuat sebelumnya, bisnis dapat membiarkan eksekutif memperkirakan, menganalisis potensi, dan menilai skenario untuk membangun taktik dan rencana sesuai tren pasar terbaru.

Fitur Aplikasi Pengelola Uang

Dari konten yang disebutkan di atas, cukup mudah untuk memahami bahwa aplikasi pengelola keuangan dimaksudkan untuk membantu Anda mengatur keuangan dengan cepat. Sekarang, mari kita lihat fitur umum dari aplikasi pengelola keuangan.

Manajemen Penggajian

Serangkaian fitur manajemen penggajian akan membantu pengguna menentukan dan memproses pembayaran karyawan, menanggapi komitmen pajak yang sah, dan mencetak cek pembayaran tepat waktu. Sistem yang sepenuhnya didedikasikan untuk manajemen penggajian juga tersedia di pasar.

Aplikasi Pengelola Keuangan Hingga Akuntansi

Software Akuntansi Online Murah Cocok Untuk UKM 1

Software Akuntansi Online Murah Cocok Untuk UKM

Akuntansi adalah fitur terpenting dari setiap aplikasi pengaturan keuangan. Aplikasi pengaturan keuangan dasar terdiri dari buku besar, aset tetap, rekonsiliasi bank, dan akun hutang dan piutang.

Di sisi lain, aplikasi tingkat lanjut memiliki alat yang lebih profesional untuk mempermudah penganggaran bisnis.

Manajemen Inventaris

Manajemen inventaris secara sederhana sama dengan kontrol stok. Alat yang diperlukan untuk memulai tugas manajemen inventaris disediakan oleh aplikasi yang akan memberikan sentuhan profesional pada bisnis.

Bisnis akan diberikan kendali penuh atas pengelolaan produk mereka, dan mereka juga akan dibantu untuk menghindari masalah pengiriman dan kekurangan stok produk mereka.

Akuntansi Proyek

Akuntansi Proyek mengacu pada bagian akuntansi aplikasi. Kemampuan penting dari fitur ini adalah untuk menangani overhead dan memperkirakan biaya yang terkait dengan tenaga kerja.

Penganggaran & Perkiraan

Fitur khusus ini membantu bisnis dalam menghitung kinerja keuangan mereka untuk tahun tersebut.

Selain itu, juga memperkirakan anggaran untuk tahun mendatang. Perusahaan dapat menggunakan data ini untuk menetapkan target penjualan yang praktis dan sesuai harapan. Fitur ini sering kali hadir sebagai modul yang dibundel dengan aplikasi pengelolaan uang.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pengatur Keuangan yang Dapat Diunduh Melalui Playstore

Kesimpulan

Banner Beecloud Laporan Neraca

Banner Beecloud Laporan Neraca

Terakhir, aplikasi pengaturan keuangan membantu bisnis menghadirkan semua sistem yang terkait dengan pemrosesan dan pengelolaan data keuangan di bawah satu atap. Ada berbagai aplikasi pengelolaan uang yang sesuai dengan fungsi tertentu.

Jadi, sangat penting bahwa Anda menemukan satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Modul faktur terintegrasi, penyesuaian, kemudahan penggunaan, dan keamanan adalah beberapa fitur yang harus diingat saat memilih aplikasi pengaturan keuangan.

Dalam mengatur keuangan pribadi maupun usaha Anda, sangat penting untuk diperhatikan secara khusus agar tidak terjadi kebocoran dana, dan utamanya agar tercapai target finansial Anda.

Anda memerlukan aplikasi pengatur keuangan seperti Beecloud, yang dapat membantu dalam mengatur keuangan usaha yang lebih besar.

Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakanĀ softwareĀ akuntansiĀ onlineĀ dalam mengatur keuangan secara gratis, silakan klikĀ di sini.

Selamat mencoba!

Jual Software Kasir Paling Bagus Bee.id
  Bagi Anda yang ingin akan membeli software kasir, jangan sampai sembarangan memilih toko jual software kasir. Sebagaimana membeli produk-produk […]
Baca Juga
Contoh Laporan Perubahan Modal
Apa yang dimaksud laporan perubahan modal? Bagaimana cara membuatnya dan seperti apa contoh laporan perubahan modal? Sebagai pelaku bisnis, tentu […]
Baca Juga
Inilah Alasan Pentingnya Membuat Anggaran Perusahaan
Dalam sebuah usaha atau organisasi, memperhatikan pentingnya membuat anggaran sangat wajib dilakukan. Hal ini bertujuan agar kelangsungan operasional berjalan dengan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright Ā© 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu