Logo Bee Web

Penting Dipahami Fungsi Manajemen Bagi Bisnis

Fungsi fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, hingga pengendalian untuk mencapai tujuan perusahaan.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 3 March 2023

Manajemen adalah salah satu elemen penting dalam keberhasilan suatu perusahaan. Adapun fungsi fungsi manajemen terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.

Setiap fungsi memiliki peran yang sangat vital dalam keberhasilan suatu organisasi. Dalam melakukan fungsi manajemen, seorang manajer harus mampu memanfaatkan sumber daya perusahaan secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pada artikel ini kami akan menyajikan informasi lengkap di bawah ini. Jika Anda penasaran, mari baca penjelasan berikut untuk mengetahuinya!

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Fungsi Fungsi Manajemen

Manajemen merupakan bidang yang sangat luas dan kompleks sehingga sudah banyak dibahas oleh para ahli dari berbagai disiplin ilmu. Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa ahli tentang apa saja fungsi manajemen, antara lain:

1. Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

Henry Fayol adalah seorang tokoh manajemen yang terkenal dengan kontribusinya dalam mengembangkan teori manajemen klasik.

Adapun menurut Henry Fayol adalah terdiri dari 5 fungsi paling utama, yaitu perencanaan, organisasi, pengarahan, koordinasi, dan pengendalian.

2. Fungsi Manajemen Menurut GR Terry

GR Terry atau George R Terry menyatakan dalam bukunya yang berjudul Principle of Management, Manajemen ini terdiri dari 4 elemen sama dengan fungsi secara umum, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian.

3. John F. Mee

Salah satu tokoh manajemen ini mengemukakan fungsinya terdiri dari perencanaan, mengatur, motivasi, dan pengendalian.

4.  Louis A. Allen

Sementara itu, Louis A. Allen menyatakan empat fungsi, yaitu kepemimpinan, perencanaan, pengaturan, dan pengendalian.

5. Luther Gullick

Adapun fungsi yang disampaikan oleh Luther Gullick, yaitu perencanaan, pengaturan, personil, pengarahan, koordinat, pelaporan, dan budgeting .

Fungsi Fungsi Manajemen Bagi Bisnis

Manajemen Bisnis

Dalam dunia bisnis, manajemen sangatlah penting untuk mencapai kesuksesan dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Setiap bisnis membutuhkan manajemen yang efektif dan efisien untuk mengelola sumber daya dengan baik.

Agar bisa mencapai tujuan tersebut, ada empat fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Berikut ini adalah informasi lebih lebih lanjut bagi bisnis, yaitu:

1. Perencanaan

Manajemen perlu membuat rencana dan strategi jangka pendek maupun jangka panjang untuk mencapai tujuan bisnis. Ini melibatkan proses menentukan tujuan, mengevaluasi sumber daya yang tersedia dan merumuskan rencana untuk mencapai tujuan tersebut.

Perencanaan dilakukan pada berbagai tingkatan dalam organisasi, mulai dari perencanaan strategis hingga perencanaan operasional. Arti dari perencanaan strategis adalah rencana jangka panjang yang melibatkan tujuan besar dan strategi untuk mencapainya.

Sementara itu, perencanaan operasional adalah rencana jangka pendek berupa tindakan-tindakan spesifik yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan dalam periode waktu cukup singkat. Termasuk anggarannya.

Baca Juga: Anggaran Adalah: Pengertian, Klasifikasi, Jenis dan Manfaat

2. Pengorganisasian

Manajemen keuangan harus mengorganisasi sumber daya organisasi, baik manusia maupun non-manusia agar bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Fungsi pengorganisasian meliputi proses membangun struktur organisasi yang tepat, menentukan tugas dan tanggung jawab karyawan, membuat sistem kerja yang efektif dan efisien, serta mengembangkan budaya kerja yang positif.

Secara keseluruhan, pengorganisasian dalam manajemen adalah proses yang cukup kompleks dan terus berkembang.

3. Pengarahan

Manajemen keuangan yang penting dalam mengelola sebuah organisasi atau perusahaan. Hal ini terdiri dari memberikan arahan, motivasi, dukungan, memfasilitasi komunikasi, mengambil keputusan, dan menyelesaikan konflik dalam organisasi.

Selain itu, manajemen juga menentukan visi misi perusahaan, membuat rencana kerja, hingga memantau dan mengevaluasi kinerja karyawan secara teratur guna memastikan bahwa mereka bekerja sesuai dengan rencana untuk mencapai tujuan perusahaan.

4. Pengendalian

Pihak manajemen harus memonitor dan mengevaluasi kinerja organisasi secara terus-menerus untuk memastikan bahwa tujuan dan sasaran organisasi bisa dicapai.

Adapun beberapa pekerjaan yang dilakukan, yaitu pengukuran kinerja, analisis data, membuat perbaikan atau tindakan korektif jika ada masalah maupun ketidaksesuaian dengan tujuan perusahaan, mengevaluasi kinerja, dan memberikan umpan balik yang jelas.

KESIMPULAN

Menerapkan empat fungsi yang sudah dijelaskan di atas bisa menjadikan bisnis mencapai efektivitas dalam pengelolaan sumber daya serta mencapai tujuan organisasi dengan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, untuk memudahkan Anda dalam melakukan manajemen dan menerapkan fungsi manajemen dengan tepat bisa menggunakan bantuan dari software akuntansi online Beecloud dalam melakukan pengelolaan keuangan.

Sebab, dalam prakteknya penerapan manajemen keuangan tidak luput dari keuangan sebuah bisnis. Yang mana dimulai dari keuangan dulu baru kemudian dilakukan penyusunan perencanaan dan praktek manajemen lainnya.

Dengan perhitungan yang salah, maka potensi kegagalan yang terjadi juga besar. So, sudah saatnya Anda menjadi pebisnis profesional dengan manajemen dan keuangan yang matang.

Beecloud Bisa Kelola Manajemen Bisnis Tidak Asal Asalan Berdasarkan Laporan Keuangan

Biaya Langsung Adalah? Ini Jenis dan Perbedaanya
Dalam dunia bisnis, pengelolaan keuangan yang efektif menjadi salah satu faktor kunci dalam mencapai keberhasilan. Salah satu aspek penting dalam
Baca Juga
Pangsa Pasar adalah: Jenis, Rumus, hingga Contoh
Salah satu cara agar Anda bisa melakukan perbandingan penjualan dengan beberapa kompetitor, pangsa pasar adalah jawabannya. Tidak hanya salesperson, para
Baca Juga
Management Keuangan: Penjelasan dan Cara Pengelolaannya
Management Keuangan - Dalam setiap perusahaan tidak lepas dari kegiatan pengelolaan keuangan. Berbagai perusahaan harus mengatur keuangan agar bisa mencapai
Baca Juga
Apa itu Owner? Tanggung Jawab dan Bedanya dengan C-Level
Sering kali kita mendengar dan membaca seseorang disebut owner. Sebenarnya, apa itu owner? Owner adalah kata yang berasal dari bahasa
Baca Juga
Software Bengkel Motor Untuk Mulai Usaha Bengkel Motor
Software bengkel motor, merupakan sebuah sistem yang banyak digunakan untuk memudahkan operasional usaha bengkel motor. Bisnis perbaikan sepeda motor dapat
Baca Juga
Pengertian Chief Financial Officer dan Tugasnya
Mungkin nama jabatan Chief Financial Officer atau CFO masih terdengar jarang di kalangan awam, sebab memang kerjanya cenderung dilakukan di
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu