Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Apa itu Freelance? Pengertian, Keuntungan dan Kekurangannya

Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 3 November 2022

Apa itu freelance? Istilah ini tentu sudah tidak asing lagi di dunia kerja. Pekerjaan freelance sendiri banyak dipilih sebagian orang dengan berbagai alasan. Mulai dari waktu kerja, tempat kerja, hingga masalah penghasilan.

Apalagi dengan banyaknya pekerjaan yang bisa dikerjakan tanpa harus datang ke kantor, tidak heran jika pekerjaan freelance mulai banyak peminat. Bukan hanya mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, banyak juga yang memilih freelance sebagai pekerjaan utama mereka. 

Apa itu Freelance dan Freelancer?

Apa Itu Freelance

Ilustrasi Freelancer (Sumber: Freepik.com)

Freelance dan freelancer, masih banyak orang yang salah mengartikan antara kedua istilah tersebut. Bicara tentang freelance, istilah ini merujuk pada pekerjaan dengan kondisi atau status tanpa ikatan kontrak. Sedangkan freelancer atau pekerja lepas merupakan orang yang melakukan pekerjaan freelance.

Sebagian besar pekerjaan freelance tidak mengharuskan seseorang untuk datang ke kantor. Meskipun begitu, di beberapa perusahaan pekerja freelance ada yang diminta untuk datang ke kantor ketika pembuatan laporan dan sebagainya.

Para pekerja freelance biasanya mengerjakan sebuah pekerjaan sesuai dengan proyek yang diberikan. Oleh sebab itu, mereka bisa mengambil pekerjaan dari beberapa tempat sekaligus. Di Amerika, pada tahun 2020, sekitar 48% pekerjanya merupakan pekerja freelance.

Keuntungan Menjadi Pekerja Freelance

Keuntungan Menjadi Pekerja Freelance

Ilustrasi Pekerja Freelance (Sumber: Freepik.com)

Jika bicara mengenai keuntungan kerja freelance, ada beberapa hal yang akan didapatkan oleh para pekerja lepas. Mulai dari waktu kerja yang fleksibel hingga peluang mendapatkan penghasilan besar, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

  • Waktu Kerja Fleksibel

Dengan menjadi pekerja lepas, seseorang akan mendapatkan waktu kerja yang lebih fleksibel. Mereka dapat mengatur jam kerja mereka sendiri sesuai dengan keinginan. Faktanya, sebagian besar pekerja lepas memilih pekerjaan ini karena mereka menginginkan kebebasan waktu untuk bekerja.

Waktu kerja yang fleksibel ini sangat menguntungkan apalagi untuk mereka yang menjadi pekerja lepas untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Mereka bisa mengerjakan pekerjaan tersebut setelah pulang dari kantor.

  • Tidak Terikat Aturan

Keuntungan lain yang akan didapatkan oleh pekerja freelance ialah mereka tidak terikat aturan kerja. Misalnya, mereka tidak perlu mengenakan pakaian rapi untuk bekerja hingga dapat menentukan harga job sendiri.

Untuk orang yang menyukai kebebasan, menjadi pekerja freelance atau pekerja lepas merupakan ide menarik. Tanpa adanya banyak aturan yang mengikat, mereka dapat bekerja di lingkungan yang lebih baik untuk kesehatan mental.

  • Bekerja dari Mana Saja

Freelance Bekerja Dari Mana Saja

Ilustrasi Bekerja dari Mana Saja Photo by Reka Illyes on Unsplash 

Bukan hal baru lagi jika bekerja dari mana saja menjadi impian banyak orang. Tidak perlu pergi ke kantor dan melakukan aktivitas yang monoton. Hal ini tentu bisa diwujudkan dengan menjadi pekerja lepas. Hal yang terpenting ialah perlengkapan untuk menunjang pekerjaan lengkap.

  • Peluang Mendapatkan Penghasilan Besar

Jika seorang pekerja freelance menginginkan penghasilan yang lebih besar, mereka hanya perlu mengambil pekerjaan yang lebih banyak. Selain itu, bagi para expert atau orang yang profesional, mereka bisa menawarkan harga proyek yang lebih untuk mendapatkan penghasilan lebih.

Hal yang perlu diperhatikan disini ialah, pekerja tersebut wajib memiliki portfolio yang bagus. Selain itu, mereka juga bisa memanfaatkan beberapa platform untuk para pekerja freelance. Mereka dapat memilih beberapa job yang sesuai dengan skill.

Kekurangan Menjadi Pekerja Freelance

Kekurangan Menjadi Freelance

Ilustrasi Meeting Virtual Freelance (Sumber: Freepik.com)

Selain mengetahui tentang apa itu freelance dan keuntungannya, mengetahui kekurangan menjadi pekerja lepas juga tidak kalah penting untuk dibahas. Ada beberapa hal yang menjadi kekurangan pekerjaan yang satu ini. Berikut 3 hal yang menjadi kekurangan menjadi pekerja freelance:

  • Pendapatan Tidak Tetap

Karena para pekerja freelance bekerja menggunakan sistem proyek, maka pendapatan mereka pun tidak tetap. Mereka akan mendapatkan bayaran ketika para pekerja lepas menyelesaikan proyek tersebut. Semakin banyak proyek yang dilak

  • Menyiapkan Fasilitas Kerja Sendiri

Semua pekerja freelance wajib memiliki fasilitas kerja mereka sendiri. Misalnya, seseorang bekerja sebagai freelance writer online. Maka, laptop maupun komputer dan juga akses koneksi internet harus mereka sediakan secara mandiri. Perusahaan tidak akan menyediakan fasilitas-fasilitas tersebut.

Kesimpulan

Beberapa hal tersebut wajib diketahui oleh para pekerja yang tertarik untuk bekerja secara freelance. Selain memahami apa itu freelance, mengetahui kelebihan dan kekurangannya adalah hal yang wajib dipertimbangkan sebelum memutuskan menjadi pekerja freelance. 

input biaya hutang gaji karyawan beeaccounting

Tips Melakukan Manajemen Gudang yang Benar
Setiap perusahaan yang punya gudang sendiri atau menyewa memang sudah sepatutnya melakukan suatu sistem manajemen gudang secara baik dan benar. […]
Baca Juga
Ketahui Pentingnya Nota Penjualan dan Cara Mudah Membuatnya
Pernahkah kalian melakukan pembelian kemudian mendapatkan kertas yang bertuliskan barang apa saja yang kita beli? Kertas yang sering kita sebut […]
Baca Juga
7 Ide Bisnis Rumahan Lagi Trend di Tahun 2023
Kebutuhan pokok yang makin naik dan gaji yang tak sebanding membuat kebanyakan orang mulai mencoba hal baru, seperti dengan membuka […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu