🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

7+ Fungsi Promosi dan Tentukan Strategi Agar Bisnis Tidak Rugi

Ingin melakukan promosi? Pahami fungsi promosi terlebih dahulu dan tentukan strateginya agar sukses gaet konsumen. Selengkapnya simak di sini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 13 February 2023

Sebagian besar pebisnis pasti sudah memahami fungsi promosi secara dasarnya, yakni untuk kepentingan marketing dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya dengan berbagai strategi yang diterapkan.

Sebelum melangkah lebih jauh untuk melakukan promosi, sudah seharusnya pebisnis memahami apa sebenarnya tujuan dan pengaruhnya promosi bagi bisnis. Berikut penjelasan lengkapnya:

Tujuan dan Fungsi Promosi Bagi Bisnis

Contoh promosi

Salah satu tujuan promosi adalah mengenalkan produk (Sumber: Freepik.com)

Berikut poin-poin penting tujuan dan fungsi promosi bagi perkembangan bisnis:

1. Menginformasikan Produk/ Awareness

Tujuan pertama dari adanya promosi adalah menjadi sarana untuk menginformasikan kepada publik jika ada produk Anda yang bisa membantu permasalahan konsumen.

Tidak hanya itu saja, sebaiknya dalam melakukan promosi pebisnis perlu menyampaikan beberapa hal penting, agar informasi yang ingin disampaikan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Seperti cara kerja produk, keunggulan produk, kualitas produk, harga yang ditawarkan, cara pemakaian dan beberapa informasi penting lainnya yang benar-benar bisa meyakinkan produk yang Anda tawarkan benar-benar aman ketika digunakan.

Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Manfaat dari Brand Awareness

2. Persuading dan Menarik Perhatian Calon Konsumen

Selanjutnya adalah persuading atau membujuk. Dimana promosi ini dapat membujuk sekaligus menarik perhatian calon konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan baik untuk saat ini atau berkelanjutan.

Selain itu, jika promosi berhasil membujuk konsumen maka perlahan namun pasti konsumen akan membentuk pemilihan merek dan mengutamakan merek yang ditawarkan juga mampu merubah pandangan pelanggan terhadap pemilihan sebuah produk.

3. Memodifikasi Tingkah Laku

Berikutnya, fungsi promosi adalah merubah pola kebiasaan konsumen yang awalnya hanya bergantung pada satu produk saja kini bisa berganti dengan menggunakan produk yang ditawarkan.

Konsumen akan memiliki opsi tambahan ketika memikirkan sebuah produk yang akan membantu mengatasi permasalahan yang sedang mereka hadapi.

Jika promosi dan pengenalan produk yang Anda lakukan berhasil, maka kemungkinan besar konsumen akan beralih menggunakan produk Anda alih-alih competitor.

4. Menimbulkan Kesan Positif

Fungsi berikutnya adalah menimbulkan kesan positif kepada konsumen melalui deretan informasi yang disampaikan dalam promosi.Oleh sebab itu, dalam melakukan promosi tidak seharusnya dilakukan pembayaran. Harus ada perencanaan dan Analisa agar memiliki dampak bagi perkembangan bisnis nantinya.

5. Mendapatkan Pelanggan Baru

Berikutnya adalah mendapatkan pelanggan baru. Tujuan kali ini akan terwujud jika keempat poin di atas berhasil tercapai.

Sederhananya, konsumen mengetahui informasi tentang produk, kemudian ia memahami fungsinya, manfaatnya sehingga menjadikan dia mulai tertarik dan menggali informasi lebih dalam lagi.

Dan jika pada tahapan tersebut berhasil benar-benar menarik perhatiannya makk tidak menutup kemungkinan konsumen itu akan memulai melakukan transaksi, begitupun konsumen-konsumen lainnya.

6. Reminding

Selanjutnya adalah fungsi promosi digunakan sebagai pengingat kepada konsumen jika produk ini ada dan bisa jadi solusi dalam mengatasi masalah atau memenuhi kebutuhan.

Kemudian sebagai pengingat dimana konsumen bisa membeli produk dan yang paling utama adalah menanamkan pikiran konsumen jika produk ini ada.

Hal ini juga yang menyebabkan sebuah perusahaan mengiklankan hal yang sama secara berulang-ulang,di berbagai platform agar produknya selalu diingat eksistensinya.

7. Meningkatkan Keuntungan

Terakhir tidak lain adalah meningkatkan keuntungan produk. Dengan produk yang mulai dikenal orang, mulai memiliki kesan yang bagus di mata konsumen sampai berdatangan konsumen baru maka secara otomatis keuntungan perusahaan akan meningkat. Maka tidak jarang perusahaan rela membakar uang demi melancarkan aksi promosinya.

Jenis Jenis Promosi

Promosi Iklan Baliho

Ilustrasi promosi dengan menggunakan media baliho (Sumber: Freepik.com)

Jika dibedakan jenisnya promosi dibagi menjadi beberapa bagian, yakni:

1. Advertising (Iklan)

Jenis promosi pertama adalah iklan yang biasanya digunakan sebagai cara paling efektif dalam membangun awareness di masyarakat akan kehadiran dari produk yang ditawarkan.

Iklan ini sendiri juga memiliki beragam bentuk, bisa iklan konservatif atau iklan digital melalui media sosial dan sejenisnya.

2. Personal Selling

Kedua ada personal selling dengan tujuan utama untuk membangun hubungan relasi antara penjual dan pembeli. Penerapan personal dalam dunia pemasaran pun cukup penting.

Dengan lebih mengenal konsumen, maka bisnis akan semakin mudah dipercaya dan konsumen akan menjadi lebih santai ketika melakukan transaksi.

Baca Juga: Personal Selling Adalah: Tahapan, Strategi, Contoh Lengkap

3. Direct Marketing (Pemasaran Langsung)

Jenis promosi ini dilakukan dengan berkomunikasi langsung ke target pelanggan (secara khusus). Tujuan direct marketing adalah memperoleh tanggapan langsung pelanggan terkait produk yang telah ditawarkan.

4. Word of Mouth (Mulut ke Mulut)

Selanjutnya adalah promosi mulut ke mulut, jenis promosi ini biasanya dilakukan oleh konsumen satu kepada konsumen lain secara sukarela.Ini bisa terjadi karena adanya rasa kepuasan dalam menggunakan produk yang ditawarkan.

Dan jenis promosi inilah yang paling manjur dan efektif dibandingkan dengan jenis lainnya. Contoh sederhananya konsumen A memiliki teman B dan ia merekomendasikan produk C.

Maka potensi B membeli produk A lebih tinggi, sebab konsumen B percaya kepada konsumen A karena ia merekomendasikan produk tanpa adanya bayaran dari pihak pebisnis. Sehingga, omongan dia lebih mudah dipercaya dibandingkan dengan lainnya.

5. Sales Promotion (Promosi Sales)

Berikutnya adalah promosi sales, dimana cara promosi ini digunakan untuk meningkatkan arus produk dari tangan produsen kepada penjual akhir.

Dalam pelaksanaannya promosi sales bisa dilakukan dengan banyak cara, bisa dengan membagikan brosur, information sheet dan beberapa metode lain yang digunakan dalam promosi sales

6. Public Relation (Hubungan Masyarakat)

Berikutnya adalah membangun relasi publik, dimana semakin banyak relasi maka semakin dikenal produk yang dipercaya oleh banyak orang.

Sehingga, cara ini bisa menjadi peluang marketing yang menjanjikan untuk meningkatkan transaksi penjualan.

Rekomendasi Strategi Promosi Paling Efektif

memahami pengertian strategi promosi

Strategi promosi jadi penentu peluang gat konsumen (Sumber: Freepik.com)

Untuk bisa menggandeng konsumen lebih banyak, pebisnis wajib memahami strategi apa saja yang bisa digunakan demi kemajuan perusahaan itu sendiri.

1. Mengenal Target Pasar

Strategi pertama adalah mengenal target pasar yang akan dituju, langkah awal ini menjadi penentu utama bagaimana cara selanjutnya dalam menentukan promosi.

Caranya bisa dimulai dari mencari produk yang paling diminati, kebiasaan transaksi, bagaimana produk yang paling digunakan, dan apa saja kebutuhan target pasar yang tepat. Dengan memahami hal ini maka peluang bisa bersaing di pasar sangat besar.

2. Penyusunan Konsep Pemasaran yang Matang

Strategi promosi berikutnya  adalah melakukan penyusunan konsep pemasaran, yang digunakan nanti ketika benar-benar akan melakukan promosi.

Isi dari peta konsep ini tentang rencana terstruktur yang akan dijalankan nanti pada saat akan melakukan pemasaran. Usahakan menggunakan beberapa alternatif cara sebagai persiapan ketidakefektifan dari cara pertama.

Seperti, menentukan langkah awal pemasaran, alternatif cara pemasaran kedua (plan B). evaluasi produk, rancangan produk, penentuan harga produk, informasi apa saja yang akan disampaikan ketika melakukan promosi dan sejenisnya.

3. Manfaatkan Media Sosial

Selanjutnya adalah memanfaatkan media sosial. Di era ini hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan media sosial baik untuk kebutuhan komunikasi atau hanya sekedar mencari hiburan.

Dengan menggunakan platform yang disukai banyak orang tidak ada salahnya jika mencoba menggunakan media sosial sebagai tempat promosi bahkan membangun branding diri dan berinteraksi dengan konsumen.

Belum lagi kini beberapa media sosial sudah dilengkapi dengan fitur belanja yang semakin memudahkan pebisnis dalam menjalankan usahanya.

4. Gunakan SEO

Berikutnya, Anda bisa memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization) yang memudahkan Anda dalam menjalankan promosi,

SEO sendiri merupakan sebuah teknik yang digunakan agar promosi yang Anda jalankan mudah ditemukan oleh konsumen yang membutuhkan ketika mengetikkan kata kunci tertentu.

Sudah saatnya pebisnis fokus pada scale up dan tidak terpaku dalam urusan teknis saja. Seperti mengatur stok barang yang tidak klop dengan penjualan, laporan keuangan yang harus paham akuntansi bahkan hutang piutang yang tidak jelas pembayarannya.

Scale Up Bisnis Dengan Software Akuntansi Beecloud

Langkah paling awal yang bisa Anda lakukan untuk memulai scale up bisnis adalah menggunakan software akuntansi online Beecloud, masalah teknis bisnis Anda bisa diatasi dengan muda.

Stok akurat, laporan keuangan aman dan lengkap, data hutang piutang jelas dan bisa dikontrol dimana saja dan kapan saja dengan teknologi cloud yang digunakan. Jangan diam saja jika bisnis Anda ingin sukses, daftarkan diri dan dapatkan gratis trial dan panduan dari tim profesional Bee.

Sekian informasi tentang fungsi promosi dan strategi yang tepat agar sukses gaet banyak konsumen. Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Iklan Advertorial, Jenis, dan Konsepnya (Lengkap)
Iklan advertorial atau jurnalistik saat ini dapat digunakan untuk menarik pasar dengan mudah. Oleh karena itu, ada banyak sekali periklanan
Baca Juga
Brand Awareness adalah Kesadaran, Begini Penjelasannya
Brand Awareness adalah sebuah kesadaran merek seorang konsumen tentang sebuah merek yang mereka beli, biasanya mereka sudah tidak ragu lagi
Baca Juga
Pemasaran Adalah: Jenis, Fungsi dan Tujuannya
Pemasaran adalah salah satu aspek penting dalam bisnis yang memainkan peran kunci dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Tanpa marketing yang efektif,
Baca Juga
10 Rekomendasi Media Promosi Paling Efektif dan Efisien
Mengetahui berbagai macam jenis media promosi termasuk kegiatan yang wajib dilakukan oleh para pemula ketika ingin terjun ke dalam dunia
Baca Juga
Brand Image Adalah: Strategi Bangun Citra Merek yang Kuat
Dalam dunia bisnis yang kompetitif, citra merek atau brand image adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam menarik minat
Baca Juga
Direct Marketing: Pengertian, Jenis dan Contohnya
Direct marketing atau pemasaran langsung adalah salah satu strategi pemasaran yang memungkinkan pelaku bisnis untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumennya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu