Logo Bee Web

5 Jenis Pemasaran dan Cara Optimasinya

Pada dasarnya proses pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk 5 jenis jenis pemasaran dan cara optimasinya pada artikel ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 30 November 2023

Bisnis dan pemasaran adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, dimana dengan pemasaran produk akan lebih dikenal dan meningkatkan potensi penjualan. Pemasaran sendiri ada beragam, dalam artikel ini kita akan mengupas 5 jenis jenis pemasaran dan strateginya.

Dengan memahami jenisnya Anda akan lebih mudah dalam menentukan strategi yang akan diterapkan nantinya. Pastinya, pertimbangkan juga aspek produk Anda agar tidak salah arah.

Baca Juga: 5 Fungsi Pemasaran Serta Komponennya Lengkap

Jenis-Jenis Pemasaran

Menurut lama Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Informasi (BAKAI) Universitas Medan Area, bakai.uma.ac.id, ada 5 jenis jenis pemasaran yang bisa dicoba, yakni:

Diskonto Adalah

Ilustrasi pemasaran transaksional 9Credit: Freepik.com)

1. Pemasaran Transaksional

Jenis pemasaran pertama ada pemasaran transaksional, yakni pemasaran yang dilakukan dengan memberikan diskon, promo, mengadakan event dan lain sejenisnya. Strategi ini cukup efektif dalam membantu perusahaan besar mencapai target penjualan.

Dimana dengan menawarkan harga yang lebih terjangkau melalui diskon dan promosi, perusahaan dapat meningkatkan daya tarik produk mereka. Konsumen cenderung tertarik dan terdorong untuk segera melakukan transaksi, menciptakan sukses dalam mencapai target penjualan.

2. Pemasaran Interaktif

Selanjutnya ada pemasaran interaktif, yakni pemasaran yang dilakuukan dengan melibatkan konsumen secara langsung. Contohnya perusahaan menonjolkan nama konsumen pada produk edisi terbatas.

Bisa dikatakan pemasaran ini sangat bergantung dengan keaktifan konsumen dalam berpartisipasi untuk mau berinteraksi langsung dengan perusahaan dan mempererat hubungan kedua belah pihak.

Hal ini tidak hanya menciptakan hubungan yang lebih dekat antara perusahaan dan konsumen, tetapi juga memberikan peluang untuk menyampaikan informasi terbaru mengenai produk atau layanan. Dengan meningkatnya interaksi dan partisipasi, permintaan terhadap produk tersebut dapat meningkat secara organik.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Jenis jenis pemasaran ketiga yang bisa dicoba adalah dengan menerapkan teknik SEO, yakni strategi yang digunakan untuk meningkatkan pencarian produk, bisa di google, youtube hingga e-commere dengan menggunakan 'kata kunci'.

Keberhasilan teknik SEO dapat memberikan konsumen akses langsung ke informasi produk saat mereka mencari di mesin pencari.

Advertiser atau digital marketer yang mahir dalam SEO dapat memastikan bahwa produk mereka ditemukan dengan mudah oleh konsumen, dan jika kontennya memenuhi harapan, peluang untuk dibagikan oleh konsumen ke orang lain semakin besar.

Baca Juga: SEO Adalah Strategi Sukses Digital Marketing, Ini Penjelasannya

4. Inbound Marketing

Selanjutnya adalah Inbound Marketing, yakni pemasaran yang fokus pada pembuatan konten, tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menarik konsumen melalui konten yang bermanfaat dan relevan.

Dengan menciptakan konten yang sesuai dengan pengalaman konsumen, perusahaan dapat membangun hubungan jangka panjang yang lebih kuat dengan konsumennya.

Sebelum membuat konten pemasaran, riset yang cermat mengenai kebutuhan dan preferensi konsumen sangat diperlukan. Inilah kunci untuk menciptakan konten yang dapat memikat dan mempertahankan perhatian konsumen.

5. Email Marketing

Terakhir ada email marketing, pemasaran ini dilakukan menggunakan email sebagai media broadcast untuk menginformasikan kepada para pelanggan mengenai produk. Selain menggunakan email, kini Anda juga bisa menggunakan media sosial sebagai platform promosi.

Strategi pemasaran digital yang memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek. Melalui pembuatan konten yang menarik dan berinteraksi langsung dengan audiens.

Tujuannya sama dengan promosi email marketing, yakni untuk membangun kesadaran merek, memperluas jangkauan, dan mendorong tindakan yang diinginkan, seperti pembelian atau kunjungan ke situs web.

7 Tips Optimalkan Pemasaran Produk

5 jenis pemasaran

Memanfaatkan mendia sosial sebagai cara optimalkan pemasaran (Credit: Freepik.com)

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan pemasaran produk, berikut diantaranya:

1. Pahami Target Pasar

Langkah pertama dalam melakukan optimasi pemasaran adalah dengan memahami secara mendalam tentang target pasar. Hal ini melibatkan identifikasi siapa konsumen potensial Anda, apa kebutuhan dan preferensi mereka, serta bagaimana produk Anda memenuhi kebutuhan tersebut.

Dengan memahami audiens target, Anda dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih terarah dan efektif, termasuk dalam pembuatan pesan, penentuan kanal pemasaran yang tepat, dan penyesuaian produk untuk mencapai sasaran pasar yang diinginkan.

2. Kombinasikan Beberapa Jenis Pemasaran Sekaligus

Berikutnya adalah menggabungkan beberapa jenis jenis pemasaran sekaligus untuk membangun langkah yang strategis. Campurkan strategi pemasaran transaksional untuk mendorong pembelian segera dengan pemasaran interaktif untuk membangun keterlibatan dan hubungan yang lebih erat dengan pelanggan.

Dengan kombinasi ini memungkinkan perusahaan untuk mencapai hasil yang holistik, memenuhi kebutuhan beragam konsumen, dan memberikan dampak lebih besar dalam lingkup pemasaran secara keseluruhan.

3. Kelola Anggaran Promosi dengan Baik

Ketiga adalah olah dan tetapkan anggaran dengan cermat, alokasikan sumber daya sesuai dengan prioritas pemasaran, dan pastikan bahwa setiap dolar yang diinvestasikan memberikan nilai yang maksimal.

Selalu terapkan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja kampanye untuk memastikan bahwa anggaran promosi digunakan secara efisien dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dan hasil yang diinginkan.

Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud dalam mengatur dan mengelola anggaran promosi berdasarkan kondisi keuangan terkini. Software ini memungkinkan perusahaan untuk secara efisien melacak pengeluaran promosi, mengidentifikasi tren belanja, dan menghasilkan laporan keuangan yang rinci dan mudah dipahami. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

4. Manfaatkan Media Sosial

Optimasi selanjutnya adalah dengan memanfaatkan potensi media sosial untuk meningkatkan visibilitas produk. Identifikasi platform yang paling relevan dengan audiens target Anda dan kembangkan strategi konten yang menarik. Aktif berinteraksi dengan pengikut, gunakan iklan berbayar jika diperlukan, dan monitor metrik untuk mengevaluasi kinerja kampanye.

5. Optimalkan Strategi SEO

Berikutnya, pastikan bahwa produk Anda mudah ditemukan secara online dengan mengoptimalkan strategi SEO. Gunakan kata kunci yang relevan dalam konten online, baik di situs web, blog, atau deskripsi produk. Peringkat tinggi dalam hasil pencarian akan meningkatkan eksposur dan membuat produk lebih mudah diakses oleh calon konsumen.

6. Fokus pada Pengalaman Pelanggan

Hal yang tidak bisa diabaikan adalah pengalam pelanggan, oleh sebab itu jaga kualitas layanan pelanggan dan pastikan pengalaman pelanggan yang positif.

Ulasan pelanggan dan umpan balik dapat memainkan peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Berikan pelayanan yang ramah, tanggapi pertanyaan atau keluhan dengan cepat, dan pertimbangkan program insentif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

7. Lakukan Analisis dan Evaluasi

Terakhir adalah rutin pemantauan dan evaluasi rutin terhadap kinerja kampanye pemasaran Anda. Gunakan alat analitik untuk mengukur trafik situs web, konversi, dan efektivitas iklan.

Dengan memahami data ini, Anda dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan menyesuaikan strategi pemasaran Anda agar lebih efektif seiring waktu.

Bisa disimpulkan jika pemahaman mengenai 5 jenis pemasaran dalam bisnis adalah komponen krusial untuk meningkatkan penjualan dari proses pengenalan produk hingga penawaran menarik yang bisa memancing konsumen untuk segera membeli. Sekian dan semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Instagram Ads: Cara Efektif Beriklan di Platform Populer 2023
Apakah Anda ingin menjangkau audiens yang lebih luas untuk bisnis Anda? Instagram Ads dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda.
Baca Juga
Cara Membuat Iklan Advertorial, Jenis, dan Konsepnya (Lengkap)
Iklan advertorial atau jurnalistik saat ini dapat digunakan untuk menarik pasar dengan mudah. Oleh karena itu, ada banyak sekali periklanan
Baca Juga
Campaign Adalah: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Penjualan
Campaign adalah sebuah kampanye periklanan yang penting dalam strategi pemasaran suatu produk atau layanan. Melalui campaign, perusahaan dapat mempromosikan merek
Baca Juga
Testi Adalah: Manfaat dan Cara Mendapatkan Testimoni Positif
Apakah Anda seorang pebisnis yang ingin meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memperluas jangkauan pasar? Jika iya, maka testimoni atau disingkat testi
Baca Juga
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Saat ini ekonomi kreatif merupakan salah satu bidang ekonomi yang menopang pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Menurut John Howkins, ekonomi kreatif
Baca Juga
5 Fungsi Pemasaran Serta Komponennya Lengkap
Pemasaran atau marketing merupakan kunci yang dapat menentukan maju tidaknya sebuah bisnis. Fungsi pemasaran adalah untuk mengoptimalkan bisnis, bukan hanya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu