Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Contoh Strategi Pemasaran 4P beserta Penjelasannya (Lengkap!)

Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 27 November 2022

Strategi pemasaran 4P adalah salah satu jenis istilah yang sudah tidak terdengar asing lagi bagi sebagian besar pelaku usaha di Indonesia. Untuk memahami jenis strategi bisnis ini secara lebih baik lagi, ada baiknya jika Anda mengetahui bagaimana contoh strategi pemasaran 4P yang benar.

Pada dasarnya, strategi pemasaran ini sudah banyak dilakukan oleh perusahaan besar di Indonesia, terkhusus lagi perusahaan di bidang F&B atau kuliner. Perusahaan ini akan menggunakan strategi pemasaran 4P untuk memasarkan produknya secara lebih luas.

Pengertian Strategi Pemasaran 4P

Strategi Pemasaran 4p

Ilustrasi Strategi Pemasaran (Sumber: Pexels.com)

Memahami tentang strategi pemasaran 4P dan contohnya memang sudah menjadi kewajiban bagi beberapa pelaku usaha yang membangun bisnis di bidang produksi. Dengan menggunakan strategi pemasaran yang satu ini, produk yang dijualnya bisa lebih dikenal oleh banyak orang.

Istilah 4P ini berasal dari kata-kata produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Strategi pemasaran ini juga sering disebut sebagai strategi pemasaran campuran yang mencakup banyak faktor. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai strategi pemasaran 4P:

  • Produk (Product)

Sesuai dengan namanya, perusahaan produksi pasti akan menjual barang produksinya ke masyarakat luas. Jumlah barang yang diproduksi perusahaan ini harus banyak dan bervariasi. Selain itu, barang yang dijual juga harus didukung dengan kualitas terbaik dan desain yang unik.

Nantinya, perusahaan produksi akan menjual barangnya yang telah dilengkapi dengan merek perusahaan, kemasan menarik, ukuran produk yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap konsumen, serta jaminan yang dapat menguntungkan pihak konsumen jika produk yang dibeli tiba-tiba rusak.

  • Harga (Price)

Strategi Pemasaran Price Harga

Ilustrasi Competitive Pricing (Sumber: Pexels.com)

Setelah produk berhasil dibuat, maka pelaku usaha harus menetapkan harga tertentu pada produk tersebut. Sebab, setiap produk yang dijual secara bebas harus memiliki harga yang sesuai dengan kualitasnya. Tuliskan harga tersebut di setiap produk yang akan dijual.

Kemudian, jangan lupa juga untuk menentukan diskon pada beberapa produk tertentu. Pasalnya, diskon dapat mendatangkan pelanggan dalam jumlah yang lebih banyak.

Tidak hanya itu, Anda juga harus menyediakan beragam jenis metode pembayaran yang mudah, agar konsumen bisa lebih merasa nyaman untuk membelinya.

  • Tempat (Place)

Untuk menjual produk tersebut, tentu seorang pelaku usaha akan membutuhkan tempat yang berada di lokasi strategis. Dalam hal ini, pelaku usaha dapat memilih bangunan-bangunan seperti ruko, rumah pinggir jalan, dan beberapa jenis bangunan seperti ini lainnya.

Selain itu, di era digital dan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan platform marketplace dengan baik. Tawarkan produk tersebut secara online melalui platform marketplace yang sering digunakan oleh banyak orang.

  • Promosi (Promotion)

Agar produk yang dijual ini bisa semakin dikenal oleh banyak orang, tentu seorang pelaku usaha harus mempromosikannya dengan baik. Setiap pelaku usaha bisa melakukan promosi penjualan, periklanan, hingga public relation untuk memperkenalkan produk ini ke khalayak publik.

Saat ini tahapan promosi sudah bisa dilakukan dengan mudah. Hanya dengan memanfaatkan keberadaan media sosial yang semakin berkembang seperti sekarang ini, Anda sudah bisa mempromosikan produk maupun jasa yang sedang ditawarkan.

Biasanya, iklan maupun media promosi lainnya yang diunggah di media sosial akan lebih menarik perhatian banyak orang. Jadi, media sosial bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempromosikan produk maupun jasa ke masyarakat yang lebih luas.

Baca Juga: Trik Membuat Iklan Baliho sebagai Media Promosi Bisnis

Contoh Strategi Pemasaran 4P yang Benar

Contoh Strategi Pemasaran 4p

Ilustrasi Contoh Strategi Pemasaran (Sumber: Freepik.com)

Untuk memahami penjelasan di atas secara lebih baik lagi, Anda bisa menyimak contoh strategi pemasaran produk yang ada di bawah ini:

  • Contoh Strategi Pemasaran Air Mineral

Perusahaan yang bernama “Air Segar” baru saja dirintis dan hanya fokus dalam memproduksi air mineral yang menyehatkan dan menyegarkan. Karena perusahaan ini masih tergolong baru, jadi mereka berusaha untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat yang lebih luas.

Untuk memperkenalkan produknya tersebut secara lebih luas, perusahaan ini menggunakan strategi pemasaran 4P dengan melakukan promosi di media sosial. Mereka juga sering menawarkan harga promo di setiap akhir bulan, sehingga semakin ada banyak orang yang tertarik untuk membelinya.

  • Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan

Perusahaan yang bernama “Ayam Geprek Bang Damar” menjual makanan cepat saji seperti ayam goreng, ayam geprek, burger, kentang, dan hot dog. Untuk menarik perhatian lebih banyak orang, perusahaan ini meluncurkan menu paket ayam goreng dengan nasi yang harganya sangat terjangkau.

Meski produk makanan tersebut dibanderol harga yang sangat terjangkau, tapi rasanya tidak kalah dari perusahaan-perusahaan kuliner di bidang ini lainnya. Selain itu, untuk mempromosikan menu barunya tersebut, mereka juga mengunggahnya di akun media sosial bisnisnya.

Manfaat Strategi Pemasaran 4P untuk Bisnis

Manfaat Strategi Pemasaran

Ilustrasi 4P (Sumber: Freepik.com)

Alasan mengapa strategi pemasaran ini semakin sering digunakan oleh para pelaku usaha adalah karena strategi ini memiliki banyak manfaat yang dapat berpengaruh baik terhadap bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat dari strategi pemasaran 4P:

  • Menciptakan Sinergi yang Positif

Tak banyak orang yang tahu bahwa strategi pemasaran 4P dapat menciptakan sinergi yang positif untuk sebuah bisnis yang menerapkannya dengan benar. Dengan menggunakan strategi pemasaran ini, konsumen dapat lebih mudah untuk memilih dan memahami produk yang ditawarkan perusahaan.

  • Dapat Membantu Perkembangan Bisnis yang Lebih Mudah

Strategi pemasaran 4P juga dapat membantu sebuah perusahaan dalam sebuah perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan produksi yang lebih efektif juga mudah. Bahkan, strategi pemasaran ini juga dapat meningkatkan volume penjualan produk yang lebih tinggi dari sebelumnya.

  • Lebih Mengenal Kebutuhan Pelanggan

Dengan menerapkan strategi pemasaran 4P ke dalam suatu bisnis, Anda bisa lebih mengenal kebutuhan pelanggan dengan mencari tahu tentang kepuasan pelanggan setelah membeli produk yang ditawarkan.

Jadi, dapat dipastikan bahwa strategi pemasaran ini dapat menciptakan pelanggan tetap, karena perusahaan bisa lebih mudah untuk mengenali kebutuhan serta kepuasan dari setiap pelanggan.

  • Produk yang Dijual Dapat Lebih Dikenal

Strategi pemasaran 4P juga bisa memperkenalkan produk yang dijual secara lebih luas. Apalagi sekarang juga sudah ada media internet yang dapat memudahkan setiap pelaku usaha untuk menerapkan strategi pemasaran ini.

Bisnis yang menerapkan strategi pemasaran 4P akan lebih mudah untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat luas, sehingga hal ini dapat berpengaruh baik terhadap angka penjualan perusahaannya.

Perbedaan Strategi Pemasaran dan Rencana Pemasaran

Ilustrasu Strategi Pemasaran (Sumber: Pexels.com)

Tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa orang yang belum tahu bahwa strategi pemasaran dan rencana pemasaran adalah dua istilah yang memiliki arti berbeda. Pada dasarnya, strategi pemasaran akan memiliki sifat yang lebih jangka panjang dibanding rencana pemasaran.

Namun, rencana pemasaran harus bisa menggambarkan kebutuhan untuk melaksanakan strategi yang sudah ada secara detail. Hal ini berbeda dengan strategi pemasaran yang akan mencakup sebuah gambaran besar dari pesan yang ingin disampaikannya ke masyarakat luas.

Tujuan dari rencana pemasaran adalah untuk mengoptimalkan fungsi dari strategi pemasaran tersebut, agar bisa terlihat lebih efektif dan menjanjikan.

Baca Juga: 11 Strategi Pemasaran Bengkel Motor Omset Hingga Ratusan Jutaan

Kesimpulan

Pemahaman terkait strategi pemasaran 4P memang harus diketahui oleh setiap pelaku usaha di bidang apa pun. Oleh karena itu, perhatikan contoh strategi pemasaran 4P di atas sebelum menerapkannya ke bisnis Anda.

Sebagus apapun startegi marketing yang Anda sudah buat namun jika tidak dipraketkkan tidak akan membuat bisnis berkembang. Jadi praktekan jika gagal coba lagi dan cari cara lain.

Jika strategi pemasaran produk sudah bisa berjalan dengan baik otomatis omset juga naik. PR Anda selanjutnya adalah bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik dan benar.

Mengelola keuangan tidak mudah bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan dasarnya. Merekrut karyawan baru sebagai admin juga harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Untuk itu lebih baik Anda menggunakan software untuk mencatat keuangan.

Dan software keuangan yang sekali klik semua laporan keuangan jadi plus harganya sangat terjangkau yaitu Beepos. Beepos juga menyediakan berbagai fitur promosi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan omset bisnis Anda.

software toko

Fitur promosi apa saja yang dimiliki Beepos? Langsung saja Anda bisa kontak customer servicenya di sini atau juga bisa langsung coba gratis softwarenya di sini.

Jika dari artikel tentang 4 strategi pemasaran yang jitu di era digital ini ada yang ingin Anda tanyakan. Silahkan komen di bawah ya, dan saya akan sangat senang sekali jika bisa membantu bisnis Anda. Sampai jumpa.

Personal Branding Adalah: Tujuan dan Manfaat Bagi Bisnis
Personal branding adalah sebuah cara untuk membentuk persepsi diri demi membangun citra positif di mata masyarakat, yang akan sangat membantu […]
Baca Juga
Mengenal Media Sosial Sebagai Pasar Pemasaran Baru Era Digital
Media sosial atau sosial media menjadi sebuah platform sudah umum digunakan oleh berbagai kalangan, baik untuk hiburan atau untuk perkembangan […]
Baca Juga
Trik Membuat Iklan Baliho sebagai Media Promosi Bisnis
Mempromosikan bisnis ada banyak caranya, salah satu yang masih banyak digunakan saat ini adalah iklan baliho. Terutama untuk bisnis, yang […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu