Logo Bee Web

Nirlaba Adalah: Defisini, Ciri-ciri sampai Contoh

Pengertian organisasi nirlaba adalah sebuah badan yang dalam pelaksanaannya tidak berorientasi kepada keuntungan. Selengkapnya di artikel ini.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 9 March 2023

Istilah nirlaba adalah hal yang biasanya merujuk pada sebuah perusahaan atau organisasi. Istilah nirlaba merujuk kepada hal-hal yang bersifat tidak berorientasi pada keuntungan. Biasanya hal ini diterapkan pada sebuah organisasi atau perusahaan.

Ada banyak perusahaan berbasis nirlaba yang bisa Anda jumpai di Indonesia bahkan berbagai negara. Lebih lengkap mengenai pembahasan tentang nirlaba, akan diulas di rangkuman berikut.

Arti Nirlaba Adalah

Secara istilah, arti nirlaba berarti tanpa keuntungan. Istilah tersebut merupakan gabungan dari kata ‘nir’ serta ‘laba’ yang membentuk sebuah idiom. Penggunaan istilah satu ini umumnya merujuk kepada sebuah organisasi atau perusahaan yang tidak berorientasi keuntungan.

Kata nirlaba juga kerap disandingkan kepada sifat suatu badan tertentu. Badan yang dimaksud adalah yayasan, organisasi kemasyarakatan, hingga perusahaan tertentu. Walau bersifat nirlaba, bukan berarti suatu badan tidak boleh mencari keuntungan.

Sifat nirlaba memang berarti tidak berorientasi kepada keuntungan. Akan tetapi ada kalanya organisasi atau perusahaan memperoleh keuntungan dari pelaksanaannya. Hal ini sah saja, secara konseptual tidak melanggar karakteristik dari nirlaba tersebut.

Pengertian Organisasi Nirlaba

Pengertian organisasi nirlaba adalah sebuah badan yang dalam pelaksanaannya tidak berorientasi kepada keuntungan. Definisi lain dari organisasi berjenis nirlaba yakni sebuah bentuk badan yang didirikan guna mendukung kebijakan suatu negara.

Organisasi ini juga bertujuan untuk menjadi solusi permasalahan yang sedang dialami oleh sebuah negara. Jenis badan ini dibentuk bisa berasal dari organiasi politik, agama, sekolah, dan lain sebagainya. Tujuan dibentuk adalah tidak menarik keuntungan atau tidak komersial.

Ciri Ciri Organisasi Nirlaba

Setelah memahami pengertian dari organisasi non profit, ciri-cirinya juga harus dipahami. Ciri dari organisasi jenis ini dibagi ke dalam dua macam. Pertama berdasarkan PSAK Nomor 45 dan kedua adalah dari tokoh Anthony and Young.

1. PSAK Nomor 45

  • Organisasi non profit berdasarkan ciri-cirinya menurut PSAK Nomor 45 adalah dari sumber dananya. Untuk sumber dana datang dari para donatur tanpa kepentingan pribadi
  • Secara bentuk, organisasi ini diharapkan bisa menghasilkan suatu barang atau jasa tanpa motif keuntungan. Besaran laba yang diperoleh dari barang atau jasa tersebut juga tidak dibagikan kepada donatur
  • Kepemilikannya lembaga nirlaba adalah tidak jelas, sehingga tidak dapat ditukar, dijual, bahkan dikembalikan donasinya
  • Tidak ada proporsi pembagian keuntungan ketika terjadi likuidasi. Organisasi jenis ini bisa dikembangkan lagi walau pernah dibubarkan

2. Anthony and Young

  • Organisasi non profit orientasinya tidak mencari keuntungan atau laba
  • Mempunyai penilaian pada pembebanan pajak
  • Fokus memberiikan pelayanan masyarakat
  • Tidak bermotif mengharapkan keuntungan dari para donatur atau mitra yang berhubungan
  • Terdapat peran politik yang kuat di dalamnya
  • Dikuasai oleh para pegiat profesional

Contoh Organisasi Nirlaba

Volunter Mengumpulkan Donasi

Gambaran Volunter Mengumpulkan Donasi (Credit: Freepik.com)

Membahas tentang contoh organisasi nirlaba juga menarik untuk dilakukan. Ternyata ada banyak contoh badan yang berjenis non profit yang bisa Anda kenali, seperti berikut ini.

1. Asosiasi

Asosiasi bisa disebut juga sebagai lembaga gabungan. Pembentukannya didasari atas tujuan yang sama dari anggota-anggotanya. Untuk jenisnya sendiri terdiri atas dua macam, yakni:

  • Asosiasi biasa tanpa payung hukum
  • Asosiasi gabungan dengan payung hukum

Jika pembentukan asosiasi ingin memiliki jaminan hukum, tentu memerlukan segala persiapan untuk registrasi. Nantinya surat pendaftaran tersebut akan diurus hingga memperoleh persetujuan dari pengadilan negeri.

2. Institut

Contoh lain organiasi nirlaba adalah Institut yang fokusnya lebih ke bidang sosial, budaya, humaniora, serta pendidikan. Anda tentu tidak asing dengan institusi seperti sekolah, perguruan tinggi, sampai lembaga pelatihan kerja.

Organisasi nirlaba ini merupakan bentuk lembaga dengan tujuan utama membantu kesejahteraan masyarakat. Pembentukan jenis organisasi ini tidaklah instan, perlu waktu lama. Walau konsepnya non profit, tetap harus bisa mengelola keuangannya.

Organisasi non profit ini tetap harus bertanggung jawab terhadap pemakaian dana. Terlebih dana tersebut berasal dari donatur, pemerintah, serta investor. Salah satu bentuk pertanggung jawabannya adalah laporan tentang pajak.

Baca Juga: Apa itu Profit? Profit Adalah Laba, Ini Penjelasan dan Rumusnya

3. Yayasan

Contoh Salah Saatu Nirlaba Yayasan

Aktifitas Yayasan Amil Zakat (Credit: Freepik.com)

Contoh lainnya dari organisasi atau perusahaan nirlaba adalah yayasan. Jenis organisasi ini sudah memiliki payung hukum yakni UU Nomor 28 Tahun 2004. Isi dari payung hukum tersebut adalah definisi yayasan sebagai organisasi yang dibentuk pada pembagian kekayaan.

Yayasan dibentuk dengan fokus pada hal-hal tertentu. Contohnya sosial, keagamaan, hingga aspek kemanusiaan yang lainnya. Ciri khas yayasan adalah kepemilikannya yang eksklusif sifatnya.

Struktur organisasinya terdiri atas dewan pengawas, penasehat, hingga pengurus. Untuk dewan pengawas sendiri berhak penuh atas pembuatan kebijakan terhadap penasehat hingga pengurusnya.

Apakah Organisasi Nirlaba Tidak Membutuhkan Manajemen Keuangan?

Muncul pertanyaan lain seputar pembahasan organisasi non profit. Mengingat orientasinya tidak terhadap laba, apakah manajemen keuangan tetap diperlukan di dalamnya? Ternyata manajemen keuangan tetap penting.

Walau tidak berbasis profit, perlu penyusunan laporan keuangan sesuai format yang tepat. Format laporan keuangan yang tepat berdasarkan PSAK Nomor 45 tahun 2000 yang diterbitkan IAI.  Penyusunan laporan keuangan ini berguna untuk beberapa hal berikut:

  • Upaya pertanggungjawaban terhadap para donatur atas dana yang masuk
  • Manajemen pengelolaan keuangan terstruktur sehingga segalanya lebih jelas
  • Sebagai upaya transparansi terhadap dana yang dikelola organisasi tersebut
  • Membuktikan bahwa organisasi nirlaba dikelola secara profesional
  • Meyakinkan para donatur untuk tetap berkontribusi dalam menyalurkan dana

Oleh karena itu dalam pengelolaan organisasi non profit juga tetap memerlukan software akuntansi berkualitas. Beecloud hadir dengan banyak fitur yang siap memaksimalkan pengelolaan keuangan organisasi non profit menjadi semakin profesional.

Mulai dari pembuatan neraca, laporan keuangan, penulisan catatan keuangan semua bisa dilakukan. Tentu pengelolaan organisasi menjadi semakin mudah dan pelaporan keuangan kian profesional.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Software Akuntansi Nirlaba Terbaik

Bagaimana Organisasi Nirlaba Memperoleh Dana?

Sumber dana dari organisasi satu ini ternyata bisa berasal dari keran mana saja. Oleh karena itu, wajib dikelola dengan baik, mengingat sumber keuangannya dari pihak lain. Ini dia beberapa sumber keuangan organisasi non profit yang dapat Anda ketahui.

1. Penghasilan dari Program

Organisasi nirlaba memang tidak berorientasi terhadap usaha mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, program untuk memperoleh laba tetap bisa dijalankan, asalkan memenuhi syarat berikut:

  • Dana yang diperoleh dari usaha tersebut dipakai untuk mempertahankan organisasi
  • Perputaran dana akan berimbas pada berkembangnya organisasi, sehingga manfaat dari lembaga tersebut kian dirasakan banyak pihak
  • Dana dari program adalah penghargaan atas kinerja dari sebuah organisasi non profit tersebut
  • Tidak merubah tujuan awal organisasi dibentuk dari non komersial menjadi komersial seutuhnya

2 Donasi

Donasi Boneka Untuk Disumbangkan

Ilustrasi Pakaian dan Boneka untuk Donasi (Credit: Freepik.com)

Donasi merupakan salah satu keran untuk mengucurkan dana dari pihak lain. Dana yang diberikan oleh donatur ini bersifat cuma-cuma tanpa kepentingan personal. Harapan donatur hanya lancarnya program yang dijalankan organisasi lewat donasi tersebut.

Untuk memperolehnya, organiasi nirlaba biasanya melakukan berbagai cara. Misalnya dengan membuat program khusus untuk menarik donatur, penggalangan dana, dan sebagainya.

3. Investasi

Aset yang dimiliki sebuah lembaga nirlaba adalah hal yang bisa diinvestasikan. Hasil investasi ini bisa dipakai sebagai operasional internal. Misalnya untuk menjalankan berbagai program dari organisasi tersebut.

Akan tetapi dalam berinvestasi terhadap aset juga harus hati-hati. Ada risiko penurunan aset jika investasinya berujung kurang berhasil.

4. Iuran Anggota

Umumnya sebuah organisasi termasuk nirlaba pastinya memiliki anggota. Untuk anggota yang tergabung di dalamnya, ada kalanya diharuskan membayar iuran tertentu. Besarannya relatif, tergantung bagaimana kesepakatannya.

Iuran ini memang bersifat wajib dengan tujuan mempertahankan operasional organisasi. Contohnya organisasi sosial tertentu dengan anggota tetap sebanyak 20 orang. Setiap bulannya anggota tersebut ditarik iuran untuk keperluan organisasi.

5. Usaha Komersil

Usaha komersil bisa dijalankan oleh organisasi non profit jika ada pemisahan pengelolaan unitnya. Cara ini bisa dijadikan sebagai keran untuk membuka sumber dana.

Pemisahan pengelolaan unit wajib dilakukan bagi organisasi nirlaba. Hal ini dikarenakan operasional harian nirlaba dengan yang orientasi profit tidak boleh saling terlibat. Misalnya sebuah Rumah Zakat memiliki usaha komersil budidaya ikan lele.

6. Hibah

Berbeda dengan dana donasi, untuk jenis hibah biasanya besarannya lebih banyak. Bahkan lebih besar jumlahnya dibandingkan penggalangan dana. Hibah diperoleh dengan cara tertentu, seperti mengajukan proposal ke perusahaan atau lembaga pemerintah.

KESIMPULAN

Adanya lembaga atau organisasi nirlaba sifatnya memang dibutuhkan di setiap lapisan masyarakat. Baik itu yang menyasar bidang pendidikan, agama, hingga sosial pada umumnya sama-sama bermanfaat.

Walau bukan merupakan lembaga dengan orientasi profit, tetap perlu laporan keuangan dan manajemennya yang benar. Tujuannya agar aktivitas dari lembaga tersebut secara keuangan bisa dipertanggungjawabkan.

Beecloud Kelola Keuangan Bisnis Tanpa Asal Asalan Laporan Akurat

Beecloud merupakan software pembukuan yang cocok untuk membantu mengelola keuangan perusahaan. Lembaga nirlaba adalah salah satu yang bisa memanfaatkan software dengan banyak fitur menarik ini.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Ini Dia! Daftar Pemakai Informasi Akuntansi Keuangan Dalam Dunia Bisnis
Pada dasarnya pemakai informasi akuntansi keuangan digunakan oleh berbagai pihak dengan tujuan yang berbeda. Maka dari itu,  sistem informasi akuntansi
Baca Juga
Kasir Alfamidi Memakai POS untuk Kasirnya. Apa Kabar Bisnis Lain?
Toko ritel besar biasanya menggunakan sistem POS berbasis online untuk menunjang urusan meja kasir termasuk kasir Alfamidi. Mereka memiliki sistem
Baca Juga
5 Rekomendasi Software Cetak Struk Online Terbaik 2023
Software struk cetak online merupakan inovasi teknologi yang sangat berguna dalam mengembangkan bisnis Anda, pasalnya software cetak struk ini sudah
Baca Juga
Ingin Punya Restoran Ramai Pengunjung? Inilah 5 Tipsnya
Restoran ramai adalah impian semua pebisnis di bidang kuliner. Peluang bisnis di bidang kuliner memang sangat menjanjikan karena akan selalu
Baca Juga
Invoice Template: Format, dan Contoh yang Bisa Anda Download
Apakah Anda sedang mencari invoice template untuk bisnis Anda? Invoice itu sendiri adalah salah satu dokumen yang dapat Anda gunakan
Baca Juga
Mengenal QRIS Adalah, Cara Membuat dan Pembayarannya
QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang memungkinkan penggunanya melakukan pembayaran lintas platform. Pembayaran QRIS bisa dilakukan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu