🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Niche Market Adalah Pasar Kecil, Begini Cara Menentukannya

Dalgic dan Leeuw (1994) mengartikan niche market sebagai pasar kecil yang terdiri dari individu pelanggan atau sekelompok pelanggan kecil.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 30 September 2023

Niche marketing atau niche market adalah istilah yang juga sering disebut dengan pasar, ini bisa menjadi salah satu strategi kunci untuk kesuksesan. Dengan mengacu pada segmen pasar yang terfokus, di mana produk atau layanan ditujukan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kelompok target yang terbatas.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi konsep pasar niche, mengapa penting untuk bisnis, serta bagaimana merancang strategi yang efektif untuk memasuki dan bersaing dalam pasar ini.

Apa itu Niche Market?

Niche market

Niche market sebagai pasar kecil yang terdiri dari individu pelanggan atau sekelompok pelanggan kecil (Credit; Freepik.com)

Menurut Kotler (2003) Niche market adalah sekelompok yang lebih kecil yang diidentifikasi dengan melakukan pembagian segmen jadi beberapa sub segmen. Sedangkan Dalgic dan Leeuw (1994) mengartikan niche market sebagai pasar kecil yang terdiri dari individu pelanggan atau sekelompok pelanggan kecil.

Dapat disimpulkan jika niche market adalah pasar yang sangat tersegmentasi dan terfokus pada segmen kecil dari populasi yang memiliki kebutuhan, preferensi, atau karakteristik khusus tertentu. Dalam niche market, produk atau layanan ditujukan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan kelompok konsumen yang sangat spesifik.

Istilah niche market ini sering kali dianggap sama dengan segmentasi pasar, padahal kedua hal tersebut berbeda. Dari segi karakteristiknya segmentasi pasar memiliki pendekatan top-down, yakni proses pemecah pasar yang besar menjadi lebih kecil.

Sedangkan niche market memiliki pendekatan sebaliknya button-up, dimulai dari memenuhi kebutuhan kelompok pelanggan kecil untuk membangun kelompok yang lebih besar.

Baca Juga: Marketing adalah Pemasaran, Ini Peran Pentingnya dalam Bisnis

Karakteristik Niche Market

Mengutip pendapat Kotler (2003) niche market memiliki beberapa karakteristik umum, berikut diantaranya:

  • Menggunakan pemahaman jika konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda.
  • Konsumen akan membayar harga lebih untuk memenuhi kebutuhan mereka kepada perusahaan terbaik yang memberikan kualitas premium.
  • Penggunaan niche market tidak menarik bagi pesaing
  • Keuntungan bisa didapatkan perusahaan melalui spesialisasi
  • Memiliki ukuran, profit dan pertumbuhan yang potensial

Manfaat Niche Market

Berikut deretan manfaat dan keuntungan yang didapatkan perusahaan yang menggunakan niche market:

1. Mengurangi Persaingan yang Intens

Dalam niche market, persaingan cenderung lebih terbatas dibandingkan dengan pasar yang lebih besar dan umum. Ini memungkinkan bisnis untuk lebih mudah membangun kehadiran dan menghasilkan penjualan tanpa harus bersaing dengan pesaing besar.

2. Menciptakan Kesetiaan Pelanggan yang Kuat

Dengan fokus pada kelompok konsumen yang sangat khusus, bisnis dapat membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan. Ini dapat menghasilkan kesetiaan pelanggan yang kuat, karena pelanggan dalam niche market cenderung setia terhadap bisnis yang memenuhi kebutuhan khusus mereka.

3. Harga Lebih Fleksibel

Bisnis dalam niche market sering kali dapat menetapkan harga yang lebih tinggi untuk produk atau layanan mereka karena mereka menawarkan nilai tambah yang unik atau solusi yang sulit ditemukan di tempat lain. Ini dapat meningkatkan profitabilitas bisnis.

4. Fokus pada Pengembangan Produk yang Tepat

Dengan memahami kebutuhan dan preferensi konsumen dalam niche market dengan baik, bisnis dapat fokus pada pengembangan produk atau layanan yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Ini mengurangi risiko pengembangan produk yang tidak relevan.

5. Potensi Pertumbuhan dan Perluasan

Meskipun niche market awalnya mungkin kecil, ada potensi untuk pertumbuhan dan perluasan. Bisnis dapat memperluas penawarannya untuk mencakup lebih banyak produk atau layanan yang relevan untuk kelompok konsumen yang sama atau bahkan mempertimbangkan perluasan ke niche market lainnya.

Strategi Cara Menentukan Niche Market pada Bisnis

Cara Menentukan Target Market2

Tentukan Target Market (Foto: Freepik.com)

Strategi cara menentukan niche market adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Identifikasi Ketertarikan Pelanggan

Langkah pertama adalah memahami dengan baik siapa calon pelanggan Anda dan apa yang mereka inginkan. Ini melibatkan riset pasar untuk mengidentifikasi kebutuhan, preferensi, dan masalah yang dihadapi oleh kelompok konsumen tertentu. Anda perlu memahami dengan mendalam apa yang menarik minat mereka, hobi, atau kebutuhan khusus yang dapat Anda penuhi.

2. Tonjolkan Keunikan Produk dan Bisnis

Setelah Anda memahami kebutuhan pelanggan, selanjutnya adalah menentukan bagaimana produk atau layanan Anda bisa menonjol dalam niche market ini. Apa yang membuat Anda berbeda dari pesaing? Bagaimana produk atau layanan Anda memberikan solusi yang lebih baik atau unik?

3. Pastikan Peluang dan Keuntungan

Sebelum benar-benar memasuki niche market, pastikan bahwa ada peluang bisnis yang menguntungkan di sana. Ini melibatkan perhitungan potensial keuntungan, analisis biaya, dan pemahaman tentang seberapa besar dan seberapa cepat pasar tersebut dapat tumbuh.

4. Uji Coba

Sebelum melakukan investasi besar, pertimbangkan untuk menguji pasar dengan produk atau layanan yang lebih kecil atau prototipe. Uji coba ini akan membantu Anda mendapatkan umpan balik dari pelanggan potensial dan memahami lebih baik bagaimana bisnis Anda dapat beradaptasi dengan kebutuhan pasar.

5. Bangun Brand Awareness

Setelah Anda yakin tentang strategi Anda dan produk atau layanan Anda, mulailah membangun kesadaran merek di dalam niche market Anda. Ini melibatkan penggunaan strategi pemasaran yang sesuai dengan demografi dan preferensi pelanggan Anda.

Baca Juga: 11 Strategi Digital Marketing Untuk Brand Awareness

6. Evaluasi

Teruslah mengevaluasi kinerja bisnis Anda dalam niche market. Apakah Anda mencapai target Anda? Bagaimana pertumbuhan bisnis Anda? Apakah ada perubahan dalam preferensi pelanggan atau persaingan yang perlu Anda perhatikan? Evaluasi berkala akan membantu Anda beradaptasi dengan perubahan pasar dan memperbaiki strategi Anda.

Selain itu, Anda perlu memiliki manajemen bisnis yang baik agar bisnis bisa berjalan lancar. Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud. Dengan laporan laba rugi otomatis, neraca dan akuntansi lainnya memudahkan Anda dalam melakukan analisis bisnis. Dapatkan segera GRATIS TRIAL TERBATAS dengan klik banner di bawah!

Beecloud Jadi Solusi Utama Pembukuan Wirausaha

Personal Selling Adalah: Tahapan, Strategi, Contoh Lengkap
Personal selling adalah sebuah perbincangan lisan yang hampir mirip dengan proses interaksi antara penjual dan konsumen dengan tujuan meyakinkan calon
Baca Juga
Iklan Pemberitahuan: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Contohnya
Iklan memegang peran penting dalam dunia pemasaran, menjadi alat komunikasi yang kuat untuk membujuk dan mempengaruhi khalayak. Salah satu jenis
Baca Juga
Contoh Iklan Elektronik: Pengertian, Ciri-ciri, Contoh, dan Jenis
Contoh iklan elektronik yang ada saat ini sebenarnya banyak sekali. Bahkan hampir setiap orang sudah memiliki media elektronik terutama untuk
Baca Juga
13 Tips Membangun Personal Branding Penting untuk Bisnis
Dalam era digital seperti saat ini, personal branding semakin menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Dalam dunia yang penuh persaingan,
Baca Juga
10 Rekomendasi Media Promosi Paling Efektif dan Efisien
Mengetahui berbagai macam jenis media promosi termasuk kegiatan yang wajib dilakukan oleh para pemula ketika ingin terjun ke dalam dunia
Baca Juga
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Saat ini ekonomi kreatif merupakan salah satu bidang ekonomi yang menopang pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Menurut John Howkins, ekonomi kreatif
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu