🔴 Pilih Diskon 15% atau Bonus 2 Bulan? Buruan!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Ini Dia Definisi Marketing, Strategi, hingga Teknik Lengkapnya

Marketing merupakan upaya yang menjadi salah satu ujung tombak perusahaan. Tujuannya agar angka penjualan dan brand awareness bisa meningkat.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 21 February 2023

Kata marketing merupakan hal yang sudah tidak asing pada masa kini. Upaya yang juga kerap disebut sebagai pemasaran ini adalah hal penting bagi para pengusaha. Tanpa pemasaran yang baik, mustahil produk atau jasa terjual secara masif.

Hal ini disebabkan karena persaingan bisnis yang semakin meningkat di masa kini. Oleh karena itu, pemasaran harus dilakukan secara benar dengan strategi tepat. Lebih lanjut tentang definisi pemasaran sampai tekniknya, akan diulas di rangkuman berikut.

Apa itu Marketing?

Apa Itu Marketing

ilustrasi briefing divisi marketing (sumber: Unsplash)

Definisi dari pemasaran atau marketing adalah hal yang tergolong luas. Mengapa demikian? Karena hal ini menjelaskan bagaimana proses di dalam pemasaran tersebut. Pemasaran bahkan bisa dimulai sejak proses pengembangan produk.

Selain itu, metode distribusi, penjualan, hingga periklanan masuk ke dalam kategori pemasaran. Marketing menurut Caroline Forsey merupakan proses untuk membuat masyarakat tertarik terhadap produk atau jasa dari sebuah perusahaan.

Proses agar orang-orang tertarik terhadap penawaran tersebut memerlukan berbagai hal pendukung. Seperti misalnya riset pasar, analisis, sampai pencarian pelanggan potensial.

Hadirnya perkembangan teknologi juga membuat definisi pemasaran semakin luas. Bahkan sudah digolongkan ke dalam dua macam pemasaran. Pertama adalah online, dan yang kedua adalah pemasaran offline.

Fungsi Marketing Bagi Bisnis

Hadirnya pemasaran sangat berguna agar sebuah bisnis bisa berjalan. Lebih lengkap tentang fungsi pemasaran bagi bisnis, akan diulas di pembahasan berikut.

1. Meningkatkan Kesadaran akan Jenama/Merek

Pemasaran bagi bisnis sangat berguna agar masyarakat luas mengenali merk produk atau jasa tersebut. Tanpa dipasarkan, sulit membuat masyarakat familiar dengan suatu jenama.

Tanpa mengenali terlebih dahulu, akan sulit untuk membuat seseorang membeli atau menggunakan produk atau jasa. Oleh karena itu, hadirnya teknik marketing sangat penting sebagai ajang perkenalan.

2. Menaikkan Traffic

Pemasaran online juga berguna agar traffic ke dalam situs meningkat. Semakin besar traffic, tentu kemungkinan dalam penjualan jauh meningkat. Oleh karena itu, perlu dipikirkan strategi pemasaran yang tepat, demi meningkatkan traffic.

3. Menaikkan Omset

omset perusahaan naik dari pemasaran

ilustrasi omset perusahaan naik (sumber: Freepik)

Tanpa pemasukan, bisnis tentu lebih cepat menuju kebangkrutan. Menaikkan omset adalah salah satu goal dari berbagai strategi pemasaran yang dilakukan. Omset yang bagus, kemungkinan besar membuat perusahaan mendulang laba secara optimal.

4. Membangun Brand

Setelah diperkenalkan dan kesadaran jenama sudah ada, pemasaran juga berguna sebagai optimalisasi brand usaha. Kepercayaan pada brand yang tinggi akan membuka peluang meraih pelanggan loyal.

Repeat order pasti akan dilakukan jika pelanggan sudah loyal terhadap suatu brand. Hal ini juga berguna untuk menghasilkan ulasan baik, sehingga testimonial akan diperoleh.

Strategi 4P Marketing

4P dalam pemasaran diperkenalkan pertama kali pada tahun 1960 oleh E.Jerome McCarthy. 4P Pemasaran berarti strategi dalam melakukan pemasaran yang berkesinambungan. Apa saja isi dari 4P Marketing ini, berikut ulasannya.

1. Product (Produk)

Faktor pertama dalam 4P Pemasaran adalah produknya. Pemilik usaha bisa melakukan tes pasar untuk menguji produk atau layanan jasa yang hendak dipasarkan.

Tanpa adanya tes pasar, proses penyebaran produk ke ranah luas akan mengalami kendala. Produk atau layanan jasa akan sulit diterima, terlebih jika tingkat persaingannya tinggi.

2. Price (Harga)

4P marketing berikutnya adalah harga yang harus ditentukan. Tidak hanya produk atau jasanya yang oke, harga juga sangat berpengaruh dalam penjualan. Pemilik usaha bisa menentukan harga dengan cara melihat kompetitor serta target pasarnya.

3. Place (Tempat/Lokasi)

Place dalam konteks marketing mengacu pada proses pendistribusian barang atau jasa. Selain itu, jangkauan produk dan jasa juga masuk ke dalam konteks tempat. Anda harus paham siapa saja target market, serta cara terbaik untuk membidiknya.

4. Promotion (Promosi)

Promosi dalam 4P Pemasaran mencakup iklan, diskon, hingga event. Tujuannya untuk meningkatkan brand awareness, serta prospek penjualan. Promosi juga berguna agar pembeli mau membeli produk atau jasa dalam jumlah banyak.

Jenis-jenis Marketing

Jenis Jenis Marketing Dalam Bisnis

ilustrasi pemaparan marketing dalam bisnis (sumber: Freepik)

Ternyata ada beberapa macam pemasaran yang bisa dibedakan berdasarkan jenisnya. Lebih lengkapnya, ini beberapa jenis pemasaran yang bisa Anda ketahui.

1. Psikologi Marketing

Jenis pemasaran ini merupakan intregasi antara ilmu psikologi serta perilaku manusia, dengan kegiatan pemasaran. Strategi marketing ini menerapkan pendekatan yang memengaruhi psikologi konsumen agar tertarik membeli produk atau jasa.

2. WoMM

WoMM berarti word of mouth marketing atau pemasaran secara mulut ke mulut. Pemasaran ini dilakukan dari pelanggan ke calon pelanggan lain secara verbal. Penyampaiannya langsung, berdasarkan pengalaman dari pelanggan sebelumnya.

3. Public Relation

Dikutip dari Kemenkeu, Public Relation secara garis besar ialah strategi perusahaan untuk membangun relasi baik dengan publik supaya dapat mendapatkan opini yang positif dari kalangan masyarakat di sekitarnya. Public relation sangatlah penting dalam membangun citra positif atau pandangan baik dari masyarakat secara luas terhadap perusahaan yang bersangkutan.

4. Pemasaran Relationship

Jenis pemasaran ini bekerja memakai cara menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Goals utama dari pemasaran ini agar bisa memperoleh konsumen loyal, sehingga potensi repeat order lebih besar.

5. Pemasaran Digital

Pemasaran digital merupakan jenis marketing yang memanfaatkan segala sumber daya serta asetnya secara daring. Potensi yang ada di internet dimaksimalkan, agar target pemasaran perusahaan tercapai.

6. Branding

Branding merupakan jenis pemasaran yang sifatnya promosi jangka panjang. Tidak sekadar beriklan, jenis pemasaran ini juga menyertakan nama, logo, sampai tagline atau slogan.

7. Iklan Siaran

Jenis pemasaran ini memakai layanan iklan untuk menyebarkan kampanye produk atau jasa. Iklan berbayar yang kerap digunakan bisa dari radio, media cetak, televisi, dan masih banyak lagi.

8. MLM

Multi Level Marketing atau MLM merupakan jenis pemasaran masal dengan melibatkan banyak orang. Perusahaan akan merekrut orang dalam jumlah banyak untuk menjual produknya.

MLM juga kerap disebut sebagai networking karena adanya komisi pemasaran yang diperoleh. Selain itu, sistemnya dibuat jaringan sehingga proses mendapatkan produk lebih mudah.

Teknik-teknik Digital Marketing

Teknik Teknik Digital Marketing

ilustrasi teknik dalam digital marketing (sumber: Freepik)

Pemasaran secara digital merupakan hal yang saat ini marak digunakan. Hal ini disebabkan oleh maraknya penggunaan internet yang kian meluas. Tekniknya juga semakin beragam, seperti diantaranya:

1. SEO

Search Engine Optimization atau SEO merupakan teknik pemasaran yang berkaitan dengan algoritma pencarian. Goals yang harus diraih adalah situs pemasaran Anda harus bisa tampil di platform pencarian dan menduduki rangking atas.

SEO ini erat kaitannya dengan kata kunci sehingga research keyword adalah hal paling penting. Baik itu keyword utama dan turunan harus diolah dan diriset dengan baik agar proses SEO teroptimisasi.

2. E-mail Marketing

Teknik pemasaran digital ini memanfaatkan layanan email gratis. Banyak pengusaha yang memakainya karena dianggap mudah untuk menjalin hubungan dengan klien.

Pemasaran dengan email ini juga berguna dimana pengusaha bisa memberikan penawaran terbaiknya. Tentu saja penawaran tersebut sifatnya gratis, sehingga dari segi biaya pemasaran lebih rendah.

3. Social Media Marketing

Pemasaran dengan social media sangat berguna bagi Anda yang tidak memiliki toko fisik. Teknik ini menggunakan media seperti Instagram, TikTok, sampai Facebook untuk pemasaran.

Teknik satu ini memudahkan pelakunya berkomunikasi dengan calon klien secara langsung. Menjalin hubungan baik dan meningkatkan brand awareness juga bisa dilakukan dengan cara ini.

4. Video Marketing

Video marketing berarti memasarkan produk atau jasa dengan konten video. Biasanya hal ini dilakukan di platform Youtube dan media sosial lainnya. Cara ini dikenal ampuh karena pada dasarnya masyarakat lebih suka visual dibandingkan tulisan.
Selain membuat video pemasaran yang menarik, pastikan isinya terdapat informasi bermanfaat. Misalnya memasarkan panci, coba buat video masak kemudian selipkan promosi panci tersebut.

Kesimpulan

Pemasaran merupakan hal penting, bahkan menjadi salah satu tombak sebuah bisnis. Jika pemasarannya bagus, besar kemungkinan perusahaan meraih laba besar. Produk atau jasa yang diproduksinya akan masuk ke dalam jajaran top brand.

Cta Beecloud 150223

Untuk itu Anda membutuhkan software penjualan yang bisa menyajikan laporan stok sekaligus. Dan Beecloud merupakan salah satu software penjualan yang sangat lengkap plus harganya terjangkau jadi sangat cocok bagi Anda.

Artikel Terkait

Telemarketing Adalah: Tugas serta Peran Pentingnya
Telemarketer yaitu orang yang melakukan pemasaran via telepon dan salah satu tugas telemarketing adalah menawarkan produk atau layanan. Umumnya teknik
Baca Juga
5 Cara Promosi Produk yang Mudah dan Murah
Promosi produk merupakan strategi penting dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awareness. Dalam era digital seperti saat ini,
Baca Juga
9 Contoh Iklan Niaga, Pengertian Hingga Jenisnya
Iklan niaga adalah jenis iklan yang menawarkan barang, makanan atau minuman dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Bedanya iklan ini dengan
Baca Juga
Mengenal Strategi Segmentation Targeting Positioning (STP)
Segmentation targeting positioning atau yang disingkat dengan STP adalah salah satu konsep yang sangat penting untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan
Baca Juga
Contoh Iklan Elektronik: Pengertian, Ciri-ciri, Contoh, dan Jenis
Contoh iklan elektronik yang ada saat ini sebenarnya banyak sekali. Bahkan hampir setiap orang sudah memiliki media elektronik terutama untuk
Baca Juga
Bundle Adalah Strategi Pemasaran, Ini Dia Penjelasannya
Pernah melihat produk yang jual dalam bentuk satu paket? Jika pernah Teknik tersebut bisa disebut dengan bundle atau bundling, yang
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu