🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Apa Tujuan Reklame Dalam Promosi? Ini Penjelasannya

Apa tujuan reklame? Media informasi yang satu ini ternyata memiliki banyak tujuan atau fungsi untuk mendukung perkembangan suatu bisnis!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 12 May 2023

Reklame merupakan salah satu media informasi yang sering digunakan dalam mendukung strategi pemasaran hingga perkembangan bisnis. Memangnya, apa tujuan reklame dalam berbagai jenis bidang bisnis?

Tujuan maupun fungsi dan manfaat dari media informasi tersebut sangat beragam. Selain itu, penggunaannya juga sangat penting bagi dunia bisnis. Anda bisa mempelajari tujuan beserta tips untuk mengoptimalkan iklan reklame melalui artikel di bawah ini!

Apa Tujuan Reklame pada Bisnis?

Jenis Reklame Berdasarkan Sifatnya

Reklame bisa dijadikan sebagai media promosi dalam skala besar untuk menginformasikan audiace terkait produk (Credit: Freepik.com)

Bisnis dijalani dengan memasarkan produk maupun jasa kepada masyarakat luas agar mereka tertarik dan mau membelinya. Masyarakat luas dapat mengenal produk atau jasa yang ditawarkan dengan melihatnya melalui berbagai media informasi, termasuk reklame.

Baca Juga: 5 Jenis-Jenis Reklame dan Contohnya Lengkap

Selain itu, media informasi yang satu ini ternyata memiliki berbagai tujuan lainnya terutama ketika dilihat dari sisi komersial bisnis. Apa saja tujuan atau fungsinya? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa tujuan dan fungsi dari reklame, yaitu:

1. Memberi Informasi Tentang Profil Perusahaan

Brand awareness merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk mengenalkan bisnisnya kepada masyarakat luas. Anda tentu saja ingin perusahaan dikenal masyarakat luas dengan citra yang positif.

Salah satu cara memperkenalkannya ke masyarakat luas adalah memasang informasi melalui papan reklame. Informasi yang dimaksud berupa profil perusahaan yang ditulis atau dikemas secara ringkas dengan desain menarik.

2. Mengenalkan Produk atau Jasa Bisnis secara Luas

Selain mengenalkan profil perusahaan secara umum, reklame juga dapat digunakan untuk memperkenalkan beragam produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Sebaiknya, tonjolkan produk-produk atau jasa utama yang paling bisa menarik perhatian calon konsumen.

Iklan produk yang disebarluaskan melalui reklame memang bisa menarik perhatian calon konsumen hingga membelinya. Pada akhirnya, tujuan dari reklame untuk meningkatkan pendapatan dari hasil penjualan produk dapat tercapai.

Baca Juga: Apa Fungsi Iklan Bagi Bisnis? Ini Penjelasannya

3. Mengenalkan Berbagai Produk Baru

Apa tujuan dari reklame? Media informasi berukuran besar ini juga dapat digunakan untuk tujuan mengenalkan produk maupun jasa layanan terbaru dari bisnis yang Anda jalani. Cara ini sangat efektif agar produk baru tersebut dengan cepat dikenal oleh masyarakat luas.

Pastikan media informasi tersebut diisi dengan iklan produk baru yang menarik dan informasi ringkas tentang produk tersebut. Berikan gambaran kepada masyarakat luas tentang keunikan dari produk baru tersebut agar merasa tertarik dan segera ingin mencobanya.

4. Memberikan Informasi Terkait Promo yang Berlangsung

Menjalani suatu bisnis tentu saja tidak terlepas dari aneka kegiatan promosi untuk menarik perhatian calon konsumen. Anda bisa memberikan berbagai promosi, mulai dari potongan harga, gratis produk, dan lain sebagainya.

Program promosi yang dibuat tersebut dapat diiklankan melalui reklame. Pastikan untuk memberikan desain yang menarik dan informasi ringkas tentang program promosi tersebut.

5. Mengajak Masyarakat untuk Membeli Produk

Reklame juga bisa digunakan untuk tujuan mengajak masyarakat luas untuk membeli produk atau jasa tertentu. Pada umumnya, ajakan tersebut dapat berupa kalimat persuasif yang menarik dan unik agar calon pembeli terkesan serta ingin membeli produk tersebut.

6. Memberikan Informasi Khusus

Tujuan dari reklame lainnya adalah dapat digunakan untuk memberikan informasi khusus kepada masyarakat luas. Informasi khusus yang diberikan tentu saja masih berhubungan dengan bisnis yang Anda jalani.

Contohnya, Anda bisa memberikan informasi tentang lokasi cabang toko yang baru saja dibuka. Tujuannya agar masyarakat luas tahu bahwa bisnis Anda sudah ada di lokasi tertentu.

7. Berbagai Fungsi Lainnya

Fungsi atau tujuan dari reklame untuk keperluan bisnis masih sangat banyak dan beragam. Hal tersebut tergantung dari strategi bisnis yang dijalani suatu perusahan. Reklame juga berfungsi sebagai media komunikasi antara konsumen dengan perusahaan.

Tips Optimalkan Iklan Reklame

Reklame sangat cocok digunakan untuk memasang iklan agar menarik perhatian masyarakat luas. Sebaiknya optimalkan iklan yang dipasang di media informasi tersebut. Bagaimana caranya? Jika belum tahu, maka berikut ini beberapa tips untuk mengoptimalkan iklan reklame, yaitu:

1. Pastikan Informasi yang Disampaikan Padat dan Jelas

Reklame biasanya dipasang di pinggir jalan dan dilihat orang secara sekilas. Oleh karena itu, sebaiknya iklan menggunakan media informasi ini berisi pesan yang padat, ringkas, dan jelas. Pilihlah kata-kata yang mudah dipahami dan menggambarkan tujuan utama dari iklan tersebut.

2. Pilihlah Desain Iklan yang Unik dan Menarik

Selain memperhatikan isi informasi pada iklan, pastikan juga iklan didesain dengan menarik dan terlihat menonjol. Tujuannya agar masyarakat luas tertarik melihat iklan tersebut. Perhatikan pemilihan paduan warna yang digunakan untuk menciptakan desain menarik.

Selain itu, perhatikan pula ikon atau gambar yang ada di dalam iklan dan pilihlah yang menarik. Gaya huruf yang digunakan untuk penulisan informasi juga harus terlihat menarik dan jelas dibaca.

Apa tujuan reklame? Media informasi yang satu ini memiliki berbagai tujuan atau peranan penting dalam mendukung perkembangan suatu bisnis. Misalnya, mulai dari memberikan informasi terkait profil perusahaan/ bisnis hingga mengenalkan produk dan menyebarkan promosi menarik.

Selain memahami bagaimana proses promosi, pebisnis juga wajib tahu bagamana memanajemen promosinya agar mendapatkan hasil yang optimal bukan malah merugi. Indikasi bisnis sukses atau tidaknya promosi yang Anda lakukan tidak jauhdari berapa biaya yang Anda keluarkan.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Oleh sebab itu, manajemen keuangan penting dilakukan dalam hal ini, untuk memudahkan proses manajemen Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, mudahkan Anda dalam mengontrol dan memantau keuangan bisnis dengan lebih mudah bisa dimana saja dan kapan saja. Sehingga, biaya promosipun bisa dioptimalakan.

Omnichannel: Pengertian, Jenis, Cara Menjalankan, dan Fungsi
Sebuah strategi dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan berkualitas tinggi di berbagai saluran media komunikasi merupakan omnichannel atau omni channel.
Baca Juga
5 Tips Copywriting Untuk Pemula dan Pengertiannya
Copywriting adalah ujung tombak dari pemasaran digital, dimana Copywriting ini berisi tentang kumpulan kata atau tulisan yang menarik dan catchy
Baca Juga
5 Contoh Riset Pemasaran untuk Brand Awareness
Sebelum memulai suatu bisnis atau usaha perlu dilakukannya riset pemasaran untuk mendapatkan data yang akurat dan bersifat objektif sehingga dapat
Baca Juga
5+ Cara Menawarkan Produk Online Efektif & Menarik
Saat ini ada banyak sekali cara menawarkan produk ke konsumen secara online akhir-akhir ini, seiring dengan perkembangan media online yang
Baca Juga
Preloved Artinya: Pengertian, Cara Jual dan Keunggulannya
Preloved artinya menjual barang yang telah digunakan namun masih dalam kondisi layak pakai dan masih terjamin kualitasnya, baik dari kondisi
Baca Juga
Iklan Pemberitahuan: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Contohnya
Iklan memegang peran penting dalam dunia pemasaran, menjadi alat komunikasi yang kuat untuk membujuk dan mempengaruhi khalayak. Salah satu jenis
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu