Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Mengenal Tugas dan Cara Menjadi Kasir Coffee Shop Yang Baik

Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 21 March 2022

Kasir coffee shop merupakan bagian penting dari sebuah bisnis karena memiliki tugas yang paling sering bertemu dengan pelanggan. Pelayanan yang diberikan oleh kasir dapat mempengaruhi pengalaman berbelanja terhadap pelanggan. Lalu apakah kasir hanya bekerja melayani pelanggan yang melakukan transaksi? Tentu saja tidak, mari kita pelajari bersama.

Tugas Kasir Coffee Shop

tugas-kasir-coffee-shop

Tugas Kasir Coffee Shop Tidak Hanya Menerima Pembayaran (Sumber: Freepik.com)

Menjadi seorang kasir dalam sebuah coffee shop bukan sebuah hal yang bisa dianggap sepele. Berhadapan dengan banyak pelanggan dengan berbagai karakteristik dan kebutuhan yang beragam tidak semudah yang dikira.

Posisi kasir juga sangat penting karena menjadi ujung tombak bagi operasional usaha coffee shop sehari-hari. Karena apabila tidak ada kasir, tidak ada yang mengurus transaksi pembelian.

Berikut ini beberapa tugas kasir coffee shop

  • Melayani Proses Transaksi

    Ini adalah tugas utama seorang kasir. Yaitu melayani pembayaran dari pelanggan mulai dari tunai, debit, maupun kredit. Dalam proses transaksi ini, kasir harus memiliki ketelitian yang baik. Karena jika ada kesalahan dalam memberikan uang kembali sekecil apapun akan mempengaruhi laporan penjualan nantinya.

  • Memberikan Informasi yang Dibutuhkan Pelanggan

    Ketika melayani pembayaran dari pelanggan, kasir juga harus mengetahui beberapa hal lain. Seperti infromasi mengenai produk yang dijual, informasi mengenai promo ataupun diskon, hingga syarat ketentuan diskon yang sedang diadakan. Ini bertujuan agar ketika ada pelanggan yang bertanya mengenai beberapa hal tersebut, kasir akan dengan mudah menjelaskannya.

  • Memeriksa dan Mencatat data Penjualan

    Tugas kasir juga perlu mencatat barang-barang apa saja yang telah terjual. Dengan mencatat data penjualan, owner akan mengetahui barang apa saja yang paling banyak laku terjual, serta paling menguntungkan. Ini dapat memudahkan pihak management dalam merencanakan untuk menambah stok barang tersebut.

  • Melayani Packaging Barang Pelanggan

    tugas-kasir-membungkus-packing-belanja-pelanggan

    Meski ada yang beranggapan tugas satu ini terlihat mudah, kasir juga tidak boleh sembarangan dalam membungkus barang belanjaan dari pelanggan. Karena itu kasir perlu memiliki pengetahuan produk yang baik.

  • Memeriksa Daftar Harga Produk

    Sebagai seorang kasir, nantinya juga memiliki tugas untuk memeriksa daftar harga pada masing-masing produk. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadi kesalahan penjualan barang yang tidak sesuai harga.

  • Memeriksa Stok Barang

    Selain mengecek data penjualan, nantinya kasir juga harus memeriksa ketersediaan stok barang yang akan dijual. Jika stok barang sudah minim, kasir perlu melakukan request kembali agar barang tersebut tidak kehabisan.

  • Membuat Laporan Penjualan

    Tugas yang tidak boleh dilupakan oleh seorang kasir, adalah membuat laporan penjualan. Laporan ini biasanya mencangkup total transaksi penjualan yang dicatat berdasarkan periode tertentu. Seperti perhari, perminggu, perbulan, maupun pertahun.

Bagaimana Cara Menjadi Kasir Coffee Shop yang Baik?

cara-menjadi-kasir-coffee-shop-yang-baik

Tips Menjadi Kasir Coffee Shop yang Baik (Sumber: Pexels.com)

Banyak faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan coffee shop oleh pelanggan. Contohnya, strategis karena berdekatan dengan tempat tinggal, atau bahkan karena memiliki tempat parkir yang luas. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pelayanan kasir menjadi salah satu faktor.

Disini kasir harus dapat memrepresentasikan citra coffee shop dengan baik agar pelanggan merasa senang untuk mampir di caffee shop yang bersangkutan. Bahkan berpotensi hingga menjadi pelanggan tetap karena kesenangannya pada setiap senyum dan keramahan yang diberikan oleh kasir coffee shop.

Lalu bagaimana cara menjadi kasir yang baik?

  • Pelajari Cara Pembayaran

    Saat ini terdapat berbagai aplikasi untuk kasir agar memudahkan sebuah transaksi penjualan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari cara pembayaran pada sebuah aplikasi kasir. Berbagai metode pembayaran sangat beragam, karena itu menguasai cara pembayaran adalah hal yang wajib

  • Memberikan Pelayanan Terbaik

    tugas-kasir-coffee-shop-memberikan-pelayanan-terbaik

    Kita semua tahu bahwa pelayanan terbaik dari siapapun adalah keramahan. Cara menjadi seorang kasir yang baik adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah. Kasir merupakan orang pertama yang ditemui oleh pelanggan ketika datang ke coffee shop. Sehingga seorang kasir yang baik harus dapat memberikan kesan pertama yang menyenangkan.

  • Memahami Sudut Pandang Pelanggan

    Seorang kasir haruslah tahu apa saja kebutuhan pelanggan ketika datang ke coffee shop. Untuk mengetahui hal tersebut seorang kasir dapat membayangkan bagaimana dirinya menjadi seorang pelanggan yang akan dilayani oleh kasir. Mengetahui sudut pandang pelanggan sangatlah penting untuk seorang kasir.

  • Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

    Salah satu cara agar bisa mendapatkan pelanggan yang loyal adalah dengan membangun hubungan dengan mereka. Cara satu ini tidak mudah, karena memerlukan kecerdasan emosional terutama dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Berkomunikasi juga harus sesuai kondisi, karena setiap pelanggan yang sedang mampir tidak memiliki kondisi yang sama.

  • Memiliki Pemahaman Terhadap Produk

    Seperti yang sudah dibahas, salah satu tugas kasir coffee shop adalah memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan. Tak sedikit pelanggan membutuhkan informasi di luar produk. Oleh karenanya, jika ingin menjadi kasir yang baik harus siap membantu memberikan informasi yang tepat untuk pelanggan.

  • Memahami Stock Opname

    Sebagai orang yang sering berhubungan dengan data penjualan, kasir juga punya peran penting dalam kegiatan stock opname. Karena perbandingan stok produk dengan data penjualan membutuhkan informasi dari seorang kasir. Itulah mengapa memahami stock opname adalah hal yang wajib dimiliki oleh seorang kasir.

Mesin Kasir vs Sistem POS, Mana Yang Lebih Cocok untuk Coffee Shop Anda?

software-program-kasir-cafe-tampilan-beepos

Aplikasi Sistem Kasir POS Cafe Beepos (Sumber: Bee.id)

Seorang kasir pastinya membutuhkan alat yang digunakan untuk melakukan transaksi seperti mencatat dan menghitung pembayaran dan menyimpan uang. Di dunia ini ada 2 alat yang bisa digunakan oleh seorang kasir, yaitu mesin kasir atau yang lebih canggih adalah sistem POS. Mari kita simak keduanya.

Mesin Kasir

Mesin kasir merupakan alat elektronik yang tidak terkomputerisasi dan punya fungsi utama yaitu mencatat data penjualan dan mengumpulkan uang tunai.

Mesin ini masih bekerja dengan manual. Kasir harus memasukkan data satu persatu untuk setiap transaksi di kasir. Saat tombol “total” ditekan, laci akan terbuka dan bel akan berbunyi yang bertujuan untuk memberitahu manajer mengenai transaksi yang saat itu sedang terjadi.

Mesin kasir disini juga belum memiliki sistem mencetak struk sebagai tanda terima bagi pelanggan.

Sistem POS

Point Of Sale (POS), merupakan sistem komputerisasi yang memanfaatkan kombinasi antara perangkat lunak dengan perangkat keras untuk memberikan berbagai fungsi selain hanya mencatat penjualan.

Dikenal sebagai sistem Point Of Sale (POS) karena memberikan kemudahan proses berjalannya penjualan dengan berbagai macam fitur canggih dan juga engkap.

Sistem POS disini tidak hanya memudahkan transaksi penjualan saja, tetapi juga memberikan fitur lain seperti pengelolaan stok, transaksi pembelian, hingga memberikan laporan keuangan.

Rekomendasi Aplikasi Kasir untuk Coffee Shop

  • Aplikasi Kasir Coffee Shop Beepos

Beepos, software kasir online yang didesain untuk keamanan & kecepatan penjualan. Bikin promo ala-ala cafe kekinian sangat mudah. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll bisa dikontrol dalam satu aplikasi.

Komplit! barcode scanner, laci kasir, customer display, card reader, printer tota, dll. Beepos mendukung banyak merk & tipe peralatan POS untuk membantu kasir anda jualan lebih cepat dan aman. Beepos juga telah terintegrasi dengan akunting, bukan cuma data omset penjualan, kontrol juga gross profit, biaya-biaya operasional sampai laba bersih dan pajak; PPN & PPH

software-program-kasir-cafe-tampilan-beepos-mobile

Tampilan Aplikasi Kasir Coffee Shop Beepos Mobile (Sumber: Bee.id)

  • Aplikasi Kasir Coffee Shop Beepos Mobile

Jika Beepos bisa diakses di desktop, Beepos Mobile adalah aplikasi cafe yang bisa di-install di smartphone. Sistem Point of Sales (POS) atau Aplikasi Kasir Cafe untuk bisnis Cafe, Kedai Kopi atau Angkringan memudahkan anda untuk kelola usaha Cafe secara realtime. Memiliki fitur yang hampir sama dengan Beepos.

Kesimpulan

Kasir adalah salah satu ujung tombak bagi usaha coffee shop. Pekerjaannya yang sering bertemu pelanggan menjadi penentu bagus tidaknya suatu coffee shop. Dibutuhkan keahlian khusus bagi seorang kasir agar usaha yang sedang dijalankan dapat berkembang.

Aplikasi kasir sederhana sangat dibutuhkan untuk memudahkan operasional usaha coffee shop. Dengan fitur yang dimiliki diharapkan dapat menjawab segala masalah yang sedang dialami perusahaan. Anda bisa memilih salah satu aplikasi yang cocok untuk segala kebutuhan Anda. Coba gratis Beepos sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan_web

Pajak Online Shop: Jenis, Cara Lapor & Bayar Lengkap!
Pajak adalah pungutan wajib.  Sebagai warga negara yang baik, tentu kita harus mematuhi kewajiban membayarkan hak negara berupa pajak. Pajak […]
Baca Juga
Contoh Data Penjualan dan Analisis Penjualan
Setiap perusahaan pasti memiliki target penjualan yang harus dicapai. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan. Namun mereka sering mengabaikan […]
Baca Juga
Software Toko Grosir, Kunci Sukses Manajemen Toko Grosir
Software toko grosir merupakan salah satu sistem yang dapat digunakan dalam melakukan manajemen hingga pengelolaan yang bertujuan untuk mengembangkan usaha […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu