Logo Bee Web

Cashback: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Cashback menjadi bagian strategi pemasaran yang secara efektif dapat menarik perhatian pelanggan dengan cara pengembalian uang
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 25 February 2023

Istilah cashback mungkin sudah sering didengar. Promo bisa dinikmati ketika pelanggan melakukan pembelian, maka akan mendapatkan nilai kembali berupa pengembalian uang. Namun ada juga beberapa perusahaan yang menawarkan pengembalian nilai dengan menggunakan barang.

Program pengembalian ini menjadi strategi pemasaran yang dilakukan untuk dapat menarik perhatian pengguna untuk melakukan pembelian sehingga mendapatkan bonus. Strategi ini mampu membuat pembeli melakukan transaksi secara berulang.

Apa Arti Cashback?

apa itu cashback? cashback adalah pengembalian uang

ilustrasi cashback setelah transaksi (sumber: Istockphoto)

Cashback adalah penawaran khusus untuk pembeli berupa pengembalian uang ketika melakukan pembelian suatu produk. Pengembalian dana bisa didapatkan apabila transaksi pembelian telah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara.

Pengembalian uang dari program ini tidaklah dilakukan secara langsung, melainkan dalam bentuk deposit seperti koin dan lain sebagainya. Jumlah nilai pengembalian yang didapatkan bisa digunakan kembali untuk transaksi berikutnya.

Dikutip dari BFI Seiring berjalannya waktu serta perkembangan inovasi teknologi yang kian memadai, cashback adalah strategi penjualan yang banyak digunakan oleh berbagai pihak. Antara lain brand-brand dengan produk atau jasa tertentu, bank, perusahaan pembiayaan, sampai dengan toko online atau marketplace.

Jenis-Jenis Cashback

Jenis Jenis Cashback atau pengembalian uang

ilustrasi jenis caashback lain (sumber: Unsplash)

Terdapat beberapa jenis program cashback yang ditawarkan oleh perusahaan. Tentunya setiap program memiliki syarat serta ketentuan yang berbeda. Berikut beberapa jenisnya.

1. Cashback Toko Online

Pengembalian uang dari transaksi toko online diberikan saat pelanggan melakukan pembelian sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Misalnya membeli produk tertentu, berbelanja dengan nominal tertentu, dan lain sebagainya.

Penerapan promo ini dapat memberikan keuntungan bagi pelanggan maupun penjualan. Jika dilihat dari sisi pelanggan, biaya yang diperlukan untuk transaksi selanjutnya tentu bisa lebih hemat karena sebagiannya bisa menggunakan nilai pengembalian.

Sedangkan untuk penjual, program ini mampu membentuk consumer loyalty karena pelanggan akan kembali bertransaksi karena adanya promo yang diberikan.

2. Cashback Property

Arti cashback adalah pengembalian kembali. Tidak hanya berupa nilai yang bisa digunakan kembali untuk belanja. Namun ada juga pengembalian berupa barang.

Seperti saat membeli property yang ditawarkan, misalnya rumah, apartemen, dan lain sebagainya maka pelanggan bisa mendapatkan hadiah langsung berupa barang. Diantaranya seperti TV, kulkas, dan lainya.

Strategi promosi ini sangat ampuh menjaring pelanggan karena adanya penawaran pengembalian nilai yang besar.

3. Cashback Kartu Kredit

Program ini diberikan oleh bank yang akan memberikan keuntungan kepada nasabahnya. Ketika melakukan transaksi dengan nominal tertentu, maka nasabah akan mendapatkan nilai pengembalian berupa deposit.

Ada juga pengembalian yang menawarkan potongan secara langsung untuk transaksi pembelanjaan yang dilakukan.
Besarnya nilai pengembalian tergantung dari jenis kartu dan kebijakan masing-masing bank. Umumnya, semakin besar transaksi yang dilakukan, maka nilai pengembalian juga akan semakin besar.

4. Cashback Kendaraan

Tidak jauh berbeda dengan pengembalian nilai yang ditawarkan untuk produk property. Pihak perusahaan leasing umumnya juga menawarkan pengembalian berupa barang jika pelanggan melakukan pembelian kendaraan.

Hadiah langsung yang bisa didapatkan umumnya seperti ponsel, laptop, dan lain sebagainya. Umumnya promo diterapkan pada produk tertentu untuk dapat meningkatkan penjualannya.

Kelebihan Menggunakan Promo Cashback

Jika sudah memahami apa itu cashback, Anda juga tentu perlu mengetahui apa saja kelebihannya sehingga mampu mendukung strategi penjualan agar dapat berjalan secara lebih efektif. Program ini tidak hanya terbatas untuk penjual online saja, namun juga bisa diterapkan secara offline.

Promo ini tidak terbatas jenis usaha sehingga dapat disesuaikan oleh pemilik usaha. Inilah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan.

1. Menarik Pelanggan Baru

Penawaran khusus menduduki peringkat teratas berdasarkan kebutuhan pasar untuk dapat menarik perhatian pelanggan. Hal tersebut terjadi karena sebagian besar masyarakat tertarik untuk berbelanja karena adanya penawaran khusus.

Pembeli merasa diuntungkan dengan adanya promosi. Strategi ini mampu mendatangkan pelanggan baru serta mempertahankan pelanggan lama yang telah dimiliki.

Bahkan Anda bisa memaksimalkan pembeli tersebut menjadi pelanggan yang loyal dengan memberikan mereka poin pada setiap transaksi. dengan software kasir Beepos selain fokus pada profit, Anda juga bisa mengatur ketentuan promo yang akan dijalankan, mulai dari harga khusus member, produk dan waktu tertentu

Setting Promosi Semua Cabang Terpusat Dengan Beepos

2. Tidak Berpeluang Merusak Harga

Penawaran diskon seringkali tidak berujung baik karena pelanggan beranggapan bahwa produk yang didiskon termasuk dalam stok lama yang tidak laku. Sehingga barang dianggap tidak bagus dan mudah didapatkan.

Berbeda dengan cashback, saat menerapkan strategi ini Anda bisa tetap menggunakan harga asli dari produk tersebut.

Promo berupa pengembalian nilai akan diberikan pada akhir transaksi sehingga mampu menimbulkan kesan yang lebih baik. Harga produk tidak akan menjadi rusak dan penilaian pelanggan pun akan tetap baik.

3. Menciptakan Transaksi yang Lebih Banyak

Cashback artinya pengembalian uang untuk pembelian produk tertentu. Penawaran pengurangan harga ini merupakan strategi pemasaran yang mampu menarik perhatian pelanggan sehingga bisa menciptakan lebih banyak transaksi.

Bahkan beberapa pelanggan diketahui tertarik mengunjungi toko online maupun offline karena adanya promo yang ditawarkan.

4. Meningkatkan Awareness

Program pengembalian uang ini dapat memberikan keuntungan lain seperti meningkatkan brand awareness. Semakin sering dan banyaknya nilai pengembalian yang ditawarkan, maka peluang untuk mendapatkan pelanggan akan lebih banyak.

Umumnya, pelanggan seringkali memperhatikan brand yang menawarkan pengembalian uang. Sehingga produk dan nama merek dapat diingat terus oleh para pelanggan. Dengan begitu, minat beli pelanggan juga akan meningkat.

5. Meningkatkan Peluang Adanya Pesanan Berulang

Adanya nilai pengembalian yang ditawarkan, membuat pelanggan berkeinginan untuk melakukan pembelian berulang karena ingin menggunakan jumlah bonus yang didapatkan.

Apalagi jika produk yang ditawarkan sesuai selera dan kebutuhan pelanggan, tentu mereka dengan senang hati akan melakukan pesanan berulang. Adanya produk baru dengan promo pengembalian uang dapat menarik perhatian pelanggan untuk mencobanya.

Kekurangan Menggunakan Promo Cashback

Kekurangan Menggunakan Cashback

cashback memiliki beberapa kekurangan (sumber: Unslash)

Tidak hanya memiliki banyak kelebihan, namun terdapat juga kekurangan dari program pengembalian uang. Hal ini menjadi bagian yang harus diketahui, tidak hanya apa arti cashback saja.

Namun Anda juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya agar bisa menerapkannya dengan tepat. Simak kekurangannya sebagai berikut.

1. Fleksibilitas

Promo pengembalian nilai tidaklah bersifat fleksibel sehingga akan ditentukan secara otomatis oleh pihak penyelenggara. Pelanggan tidak bisa menentukan sendiri nilai pengembalian yang didapatkan, melainkan sudah ditentukan oleh penyelenggara sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Promo bisa saja berlaku untuk beberapa produk tertentu saja, sehingga pelanggan harus membeli produk tersebut untuk dapat menikmati pengembalian nilai yang ditawarkan.

2. Iuran

Beberapa penyelenggara ada yang menawarkan pengembalian nilai atas pembelian produk dengan ketetapan iuran dengan tenggat waktu tertentu. Apabila pelanggan terlambat melunasi iuran, maka tidak akan mendapatkan pengembalian nilai. Namun tidak semua program menerapkan sistem iuran.

3. Syarat Pembelian

Pelanggan yang ingin menikmati pengembalian uang harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara. Setiap perusahaan menetapkan syarat serta ketentuan yang berbeda, untuk itu harus dipahami dengan baik.

Pastikan untuk memeriksa ketentuan promo terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Apabila syarat serta ketentuan tidak terpenuhi, maka pelanggan tidak bisa mendapatkan pengembalian uang.

4. Waktu Pemberian

Program promo pengembalian uang umumnya diselenggarakan pada waktu tertentu. Pelanggan tentu harus memahami kapan waktu penyelenggaraan promo yang ditawarkan. Pastikan juga telah memahami berapa lama nilai pengembalian bisa didapatkan.

Jika jangka waktu promo sudah selesai, maka pengembalian nilai tidak lagi berlaku. Lamanya waktu promo cukup bervariasi tergantung dari penyelenggara.

Cashback menjadi penawaran yang dapat meningkatkan penjualan, sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba. Lakukan pertimbangan pemberian promo dengan rencana pemasaran yang sudah dibuat agar produk dapat laris dipasaran.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Program Minimarket Gratis yang Patut Dicoba
Program minimarket dіреrlukаn di toko tеrtеntu аtаu ѕuреrmаrkеt kесіl. Bukаn hаnуа alat уаng bisa mеmbаntu operasional usaha kесіl. Kita mеmbutuhkаn
Baca Juga
Pajak Online Shop: Jenis, Cara Lapor & Bayar Lengkap!
Pajak adalah pungutan wajib.  Sebagai warga negara yang baik, tentu kita harus mematuhi kewajiban membayarkan hak negara berupa pajak. Pajak
Baca Juga
Iklan Penawaran: Tujuan, Cara, dan Contohnya
Iklan penawaran merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup populer untuk iklan promosi produk atau jasa. Iklan penawaran biasanya digunakan
Baca Juga
Ini Dia! Daftar Pemakai Informasi Akuntansi Keuangan Dalam Dunia Bisnis
Pada dasarnya pemakai informasi akuntansi keuangan digunakan oleh berbagai pihak dengan tujuan yang berbeda. Maka dari itu,  sistem informasi akuntansi
Baca Juga
Contoh PO (Purchase Order) dan Fungsinya dalam Proses Transaksi
Saat melakukan transaksi bisnis tentu dibutuhkan berbagai dokumen penting, salah satunya adalah PO atau purchase order. Contoh PO ini sendiri
Baca Juga
21+ Peluang Usaha yang Menjanjikan untuk Dipraktikkan
Memulai suatu bisnis perlu persiapan yang matang, Anda harus mencatat apa saja peluang usaha yang menjanjikan supaya tidak mengalami kerugian.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu