🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Sisa 3 Hari
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Alat Kasir Android vs Konvensional, Apa Bedanya?

Menjalankan bisnis di bidang ritel dan jasa tentu membutuhkan alat kasir. Ada beberapa jenis alat kasir yaitu konvensional maupun android.
Penulis: Rininta Oktaviana
Dipublish Tgl: Friday, 3 June 2022

Menjalankan bisnis di bidang ritel dan jasa tentu membutuhkan alat kasir. Ada beberapa jenis mesin kasir yaitu konvensional maupun android. Tujuannya yaitu untuk memberikan kemudahan agar usaha Anda berjalan dengan lancar. Terutama bagi Anda yang bergerak di bidang retail, proses transaksi dan pencatatan menjadi hal penting untuk diperhatikan seorang kasir.

Dalam memudahkan pekerjaan seorang kasir, saat ini sudah banyak teknologi yang dapat Anda gunakan seperti alat kasir. Alat kasir sendiri sudah mulai berkembang dari konvensional menjadi alat yang lebih modern. Salah satu contohnya adalah versi android, dimana alat ini memiliki fungsi yang lebih baik dan penggunaannya lebih praktis dan efisien. 

5 Perbedaan Alat Kasir Versi Konvensional dan Android

Alat Kasir Android Vs Konvensional

Ilustrasi Perbedaan Alat Kasir Android vs Konvensional (Sumber: Freepik.com)

Alat tersebut merupakan seperangkat alat elektronik yang berfungsi untuk membantu seorang kasir dalam melakukan transaksi. Seiring dengan perkembangan teknologi, alat untuk membantu pekerjaan seorang kasir ini juga berkembang dengan pesat. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda untuk membeli kasir konvensional maupun modern.

Kedua benda tersebut memiliki fungsi yang sama namun dengan teknologi yang berbeda. Selain itu, ada beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli seperangkat alat kasir. 

  • Kegunaan Mesin Kasir Konvensional dan Modern

Fungsi mesin kasir konvensional umumnya hanya dapat digunakan sebagai alat untuk menghitung serta mengeluarkan bukti transaksi saja. Sedangkan mesin kasir modern sama halnya versi android yang memiliki fungsi lebih baik. Alat ini dapat menginstal banyak program untuk membantu Anda dalam berbagai kebutuhan. 

Misalnya untuk laporan keuangan, Anda dapat menginstal software yang memudahkan Anda mengelola keuangan. Anda juga dapat melakukan pengecekan stok barang, harga barang serta kebutuhan kasir lainnya agar lebih mudah. 

  • Lebih Efisien Mengelola Bisnis Lebih Dari Satu Cabang dengan Versi Android

Bagi Anda yang memiliki bisnis dengan banyak cabang, tentu tidak harus mendatangi setiap tempat satu per satu lagi. Hanya dengan menggunakan kasir jenis android ini, Anda sudah bisa memantau setiap cabang bisnis Anda di mana pun dan kapan pun. Melalui aplikasi POS pada alat kasir tersebut Anda bisa membuat program untuk mengelola bisnis lebih dari satu cabang. 

  • Dilengkapi dengan Sistem POS, Sehingga Jauh Fleksibel

software program kasir cafe tampilan beepos mobile

Software Kasir POS Beepos (Sumber: Bee.id)

Mesin kasir konvensional umumnya tidak menggunakan sistem POS (Point of Sales) sehingga penggunaannya sangat terbatas. Berbeda dengan versi  konvensional, mesin kasir modern tentunya sudah menggunakan teknologi software berupa aplikasi POS. Fungsi dari aplikasi POS ini yaitu memudahkan pengguna untuk memilih program apa yang dibutuhkan agar bisnis berjalan dengan lancar. 

Aplikasi POS untuk alat tersbut saat ini sudah sangat banyak. Anda harus memilih aplikasi POS yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tentunya aman untuk menyimpan data-data keuangan Anda. Beepos bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda karena aplikasi ini didesain untuk keamanan dan kecepatan penjualan 

  • Dapat Terhubung dengan Perangkat Kasir Lainnya

Mesin kasir memiliki banyak perangkat yang dapat dihubungkan satu sama lainnya. Sistem konvensional tentu memiliki keterbatasan sehingga tidak dapat menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya. Oleh karena itu, alat kasir yang lebih modern hadir dengan fungsi yang lebih baik. Salah satunya yaitu dapat terhubung dengan perangkat kasir lainnya seperti, barcode screener, laci uang dan printer. 

  • Harga Setiap Jenis Alat Kasir Berbeda-beda

Setiap alat yang menggunakan teknologi modern tentunya memiliki harga jual yang lebih mahal, begitu pula dengan alat kasir. Semakin canggih, maka harganya tentu akan semakin mahal bila dibandingkan dengan yang masih konvensional. Pasalnya jenis versi yang modern memiliki lebih banyak kegunaan untuk memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis. Namun sekali lagi, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda dalam memilih alat tersebut. 

Rekomendasi Alat Kasir Versi Android Terbaik

Alat Kasir Android Terbaik

Ilustrasi Alat Kasir Android Terbaik (Sumber: Unsplash.com)

Alat yang digunakan untuk kasir yang sudah canggih dan modern saat ini sudah banyak jenisnya dengan merek yang berbeda-beda. Berbeda merek, tentu berbeda juga kualitas dan harganya. Anda harus tepat dalam memilih alat tersebut yaitu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai bahan referensi, berikut ini tiga rekomendasi mesin kasir android yang bisa jadi pilihan Anda.

  • Android KASSEN XA10

Rekomendasi alat kasir yang bisa menjadi pilihan Anda yang pertama yaitu KASSEN XA-10. Alat ini memiliki kapasitas sistem penyimpanan 2GB cocok untuk Anda yang memiliki bisnis restaurant, cafe, fashion store, food stall dan bisnis retail lainnya. Keuntungan dari benda ini yaitu memiliki tipe android 6.0 operating system, terintegrasi dengan printer kasir, magnetic card reader, customer display dan juga dapat menggunakan semua jenis aplikasi POS. 

  • Touchscreen IMIN D2-402

Yang kedua adalah iMIN D2-402 dengan spesifikasi display 10.1" Inch (800 x 1280), type iMin OS Android 7.1, 4x Cortex-A53, 1.5 GHz dan penyimpanan RAM 2 GB / 16 GB Storage. Alat POS kasir ini dapat digunakan untuk semua jenis aplikasi POS kasir yang dapat memudahkan Anda menjalankan bisnis. Sehingga cocok digunakan untuk semua bisnis retail dan perniagaan. 

  • Alat Kasir Android Sunmi T2 Mini

Rekomendasi alat untuk kasir Anda yaitu Sunmi T2 Mini. Spesifikasi nya yaitu type android 7.1 SUNMI OS, CPU type Qualcomm snapdragon Octa Core dan penyimpanan 1GB RAM + 8GB ROM. Alat POS kasir Sunmi T2 dapat digunakan untuk semua jenis aplikasi POS. Penggunaannya yang mudah, dapat menjadi pilihan untuk semua jenis usaha khususnya di bidang perniagaan. 

Itulah tiga rekomendasi alat kasir android yang bisa menjadi tambahan referensi Anda. Cari tahu lebih detail mengenai spesifikasi alat mana yang akan Anda gunakan. Bandingan setiap merek, jenis, serta harga dari setiap list pilihan Anda. Kemudian tentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Baca Juga: Harga Alat Kasir Android & Jenis Kasir Lainnya untuk Usaha

Kesimpulan

Perkembangan zaman hingga memasuki era teknologi membuat mesin kasir sangat berkembang. Dari yang masih menggunakan mesin manual, hingga menggunakan aplikasi dari telpon genggam. Dari telpon genggam tersebut sudah banyak fitur yang ditawarkan sehingga memudahkan operasional usaha seperti toko, swalayan, cafe, hingga retail.

Software kasir memberikan kemudahan dan keuntungan jika digunakan dalam sebuah bisnis kedai kopi. Hasilnya akan membuat bisnis Anda berkembang secara drastis karena segala fitur yang memudahkan pekerjaan Anda.

Sistem Point of Sales (POS) atau aplikasi kasir kedai kopi untuk bisnis kedai kopi, cafe atau angkringan memudahkan anda untuk kelola usaha kedai kopi secara realtime. Aplikasi kasir kedai kopi Beepos Mobile bikin penjualan vs stok vs setoran klop dan bisa intip kedai kopi secara realtime. Gak perlu lembur cek 3 buku; penjualan, stok, setoran dan tahu omset/profit kapanpun dimanapun.

Coba gratis sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

Kontrol Bisnis Retail Realtime Beepos

Artikel Terkait

7 Karakteristik Perusahaan Dagang dan Perbedaannya
Perusahaan dagang adalah perusahaan yang fokus dalam melakukan transaksi jual beli barang. Karakteristik perusahaan dagang juga berbeda dengan perusahaan jasa
Baca Juga
Contoh Surat Penawaran Barang, Format, serta Fungsinya
Surat yang digunakan untuk menawarkan suatu barang adalah surat penawaran pada barang dan contoh surat penawaran barang ini bisa Anda
Baca Juga
Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa
Surat penawaran barang dan jasa merupakan salah satu bentuk dari surat resmi. Offering letter atau bisa disebut juga proposal penawaran
Baca Juga
Karakteristik Perusahaan Dagang Berdasarkan Jenisnya
Sebagai pengusaha atau yang sedang memasuki dunia bisnis, memahami karakteristik perusahaan dagang adalah langkah awal yang penting. Perusahaan dagang memiliki
Baca Juga
Tips Memilih Aplikasi Kasir Online Terbaik untuk Bisnis
Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini teknologi sudah bisa membantu segala pekerjaan supaya lebih mudah untuk dilakukan. Seperti halnya menjalankan
Baca Juga
Aplikasi Minimarket Terbaik Agar Pebisnis Makin Cuan
Saat ini, kebutuhan akan aplikasi minimarket semakin meningkat. Karena banyak pengusaha mengalami pentingnya semua operasional bisnis mereka yang membutuhkan teknologi.
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Monday, 31 October 2022
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu