Logo Bee Web

Jurnal Umum Perusahaan Dagang dan Contohnya

Simak penjelasan lengkapnya jurnal umum perusahaan dagang lengkap dengan contoh dan cara membuatnya lengkap dan mudah dipahami
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 10 March 2023

Jurnal umum perusahaan dagang adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat beberapa transaksi keuangan yang muncul dalam satu periode akuntansi, mulai dengan mencantumkan transaksi jenis akun sampai nominal saldo.

Yang mana jurnal ini nantinya akan dijadikan sebagai pedoman dalam pembuatan pembuatan laporan keuangan dan sangat berperan dalam siklus akuntansi. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Pengertian Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Ilustrasi Presentasi Keuangan Bisnis dalam Bentuk Grafik (Sumber: Freepik.com)

Mengutip dari pendapat Christian Wilyson Citra menjelaskan dalam bukunya yang berjudul "Cara Dasar Membuat Jurnal umum Akuntansi" menjelaskan jika jurnal umum adalah media yang digunakan untuk mencatat seluruh transaksi keuangan perusahaan dalam satu periode secara sistematis.

Kemudian, perusahaan dagang sendiri adalah sebuah industri yang dalam kegiatan operasionalnya bekerja di bidang pembelian dan penjualan berupa barang.

Baca Juga: Contoh Perusahaan Dagang, Ciri-ciri, dan Siklus Akuntansinya

Sehingga jika digabungkan, jurnal umum perusahaan dagang bisa diartikan sebagai media pencatatan seluruh transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan dagang dalam satu periode akuntansi, yang melibatkan seluruh akun yang ada.

Macam-Macam Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Sebelum membahas lebih dalam mengenai contoh jurnal umum perusahaan dagang, Anda juga perlu memahami macam-macam jurnal umum perusahaan dagang berdasarkan metodenya:

1. Metode Perpetual

jenis metode pertama jurnal umum perusahaan dagang adalah dengan menggunakan metode perpetual, dimana dalam metode ini pencatatan dilakukan untuk mendokumentasi persediaan selama proses transaksi yang dimuat dalam akun persediaan barang dagang.

Metode ini terbilang lebih sederhana dibandingkan dengan metode lainnya sebab, tidak mencantumkan akun retur pembelian dan akun pembelian, sebagai gantinya akan mencantumkan beberapa hal yang berdampak pada persedian dan Harga Pokok Penjualan (HPP).

2. Metode Periodik (Fisik)

Berikutnya adalah menggunakan metode periodik atau fisik, dengan mencatat setiap persediaan berdasarkan jumlah fisik barang pad akhir periode akuntansi. Sehingga, persediaannya akan dihitung total dalam satu waktu.

Berbeda dengan metode sebelumnya, catatan persediaan, pembelian barang akan di catatan pada akun penjualan dan pembelian bukan pada akun persediaan.

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Dagang Berdasarkan Akun

Berikut ini contoh jurnal umum perusahaan dagang sesuai dengan akunnya, guna mengetahui transaksi pada satu periode akuntansi:

1. Akun Pembelian Tunai

Contoh situasi, PT Sukses Selalu membeli barang dagangan secara tunai dengan harga 3 juta, maka pencatatan transaksinya dilakukan seperti di bawah ini:

Akun Pembelian Tunai

(Sumber: Bee.id)

2. Akun Pembelian Kredit

Kemudian PT Sukses Selalu juga ingin menambah stok barang di gudang lagi dengan menggunakan metode kredit sebesar 6 juta dengan syarat dan ketentuan tertentu, maka pencatatannya bisa dilakukan dengan metode di bawah ini:

Akun Pembelian Kredit

(Sumber: Bee.id)

3. Akun Pengembalian Barang Tunai

Jika PT Sukses Selalu ingin melakukan pengembalian barang dagang yang telah ia beli kepada supplier karena tidak sesuai dengan keinginan, maka pencatatannya dilakukan dengan sebagai berikut:

Akun Pengembalian Barang Dagang

(Sumber: Bee.id)

4. Akun Penjualan Barang Tunai

Seperti perusahaan dagang pada umumnya, PT Sukses Selalu juga melakukan proses penjualan kepada konsumen, dalam hal ini penjualan barang dilakukan secara tunai, maka pencatatannya dilakukan dengan cara berikut:

Akun Penjualan Barang Tunai

(Sumber: Bee.id)

5. Akun Penjualan Barang Kredit

Tidak hanya secara tunai ternyata konsumen juga ingin melakukan transaksi secara kredit dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Maka, pencatatannya dilakukan dengan cara berikut ini:

Akun Penjualan Barang Kredit

(Sumber: Bee.id)

6. Akun Retur Penjualan Tunai

Selanjutnya adalah pencatatan pengembalian barang yang telah dijual oleh konsumen karena beberapa alasan dengan metode pembayaran tunai, maka metode pencatatanya dilakukan seperti contoh dibawah ini:

Retur Penjualan Tunai

(Sumber: Bee.id)

7. Akun Retur Penjualan Kredit

Berikutnya tidak secara tunai, pengembalian barang oleh konsumen kali ini dilakukan dengan metode pembayaran secara kredit, maka pencatatannya dilakukan seperti contoh berikut ini:

Retur Penjualan Kredit

8. Biaya Angkut Penjualan

Berikutnya adala biaya angkut penjualan, sebab PT Sukses Selalu menyediakan fasilitas pesan antar dengan biaya ditanggung oleh pihak perusahaan, maka transaksinya adalah sebagai berikut:

Biaya Akut Penjualan

(Sumber: Bee.id)

9. Biaya Angkut Pembelian

Berikutnya adalah biaya angkut pembelian, sebab PT Sukses Selalu melakukan pemesanan barang dari luar kota yang perlu biaya pengiriman. Dalam hal ini biaya ditanggung oleh perusahaan, maka metode yang harus dilakukan adalah berikut ini:

Biaya Akut Pembelian

(Sumber: Bee.id)

10. Akun Pembayaran Utang Dagang Tanpa Potongan

Kemudian, dalam satu periode akuntansi PT Sukses Selalu diketahui melunasi utang perusahaan dagang tanpa potongan dengan jumlah Rp. 10 Juta, maka metode pencatatan dilakukan dengan cara berikut ini:

Pembayaran Hutang Tanpa Potongan

(Sumber: Bee.id)

11. Akun Pembayaran Utang Dagang dengan Potongan

Selanjutnya, PT Sukses Selalu melakukan pembayaran utang dengan potongan sebesar Rp.300 ribu, maka transaksinya adalah sebagai berikut:

Jurnal umum perusahaan dagang

(Sumber: Bee.id)

12. Pelunasan Piutang Dagang Tanpa Potongan

Jika tadi ada hutang kali ini adalah piutang. Diketahui PT Sukses Selalu mendapatkan dana dari pembayaran piutang oleh konsumen atau pihak ketiga secara tunai maka transaksi dicatat dengan cara berikut ini:

Jurnal umum perusahaan dagang

(Sumber: Bee.id)

13. Pelunasan Piutang Dagang dengan Potongan

DIketahui PT Sukses Selalu mendapatkan dana dari pembayaran yang dilakukan pelanggan setelah melakukan pembelian kredit beberapa waktu yang lalu. Maka pencatatan transaksinya adalah sebagai berikut:

Piutang Dagang Dengan Potongan

(Sumber: Bee.id)

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Dagang

1. Jurnal Umum menggunakan Excel

Jurnal umum perusahaan dagang

Contoh Jurnal Umum Menggunakan Excel (Sumber: Bee.id)

2. Jurnal Umum Menggunakan Beeaccounting

Jurnal umum perusahaan dagang

Contoh Jurnal Umum Menggunakan Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

3. Jurnal Umum Menggunakan Beecloud

Jurnal Umum

Contoh Jurnal Umum Menggunakan Beecloud (Sumber: Bee.id)

Tahapan Cara Membuat Jurnal Perusahaan Dagang

Berikut ini tahapan cara membuat jurnal umum perusahaan dagang secara singkat dan jelas:

1. Memahami Dasar Akuntansi

Tahap pertama dan penting yang harus dilakukan ketika akan membuat jurnal umum akuntansi adalah memahami bagaimana dasar dari akuntansi. Sebab dari pemahaman ini seseorang akan tahu bagaimana cara mencatat transaksi secara lebih tetap.

Setidaknya, pembuat jurnal memahami jenis jenis akun, posisi debet dan kredit yang benar. Agar nantinya data yang disampaikan dalam jurnal yang ia buat bisa dipertanggungjawabkan.

2. Mengumpulkan Data Transaksi dan Mengidentifikasi

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan bukti transaksi yang ada dalam satu periode akuntansi sebuah perusahaan, untuk dicatat atau dilakukan audit sederhana, Guna memastikan apa yang dicatat sudah benar-benar sesuai dengan realitanya.

Bukti transaksi ini bisa berupa nota, faktur, kwitansi atau invoice. Oleh sebab itu, penting untuk menyimpan setiap bukti transaksi yang terjadi.

3. Melakukan Pencatatan dalam Bentuk Jurnal

Langkah selanjutnya adalah mencatat transaksi yang teridentifikasi dalam jurnal berdasarkan pembukuan double entry, yang mempengaruhi dua posisi keuangan dengan jumlah debit dan kredit yang sama.

Buat Jurnal Umum Otomatis Menggunakan Beeaccounting

Beeaccounting Catat Jual Beli Bayar Langsung Jadi Laporan Keuangan

Kabar baik untuk pebisnis, sebab kini Anda tidak perlu harus jago akuntansi dulu untuk bisa membuat jurnal umum dengan data akurat dan tetap sesuai standar yang berlaku.

Anda hanya perlu menggunakan software akuntansi Beeaccounting dengan fiturnya yang mudah dipelajari sudah bisa menjadikan Anda pebisnis hebat dengan laporan keuangan akurat.

Anda hanya perlu memasukkan data transaksi dan banyak hal yang akan terjadi, mulai dari stok otomatis berkurang menjadikannya menjadi klop sampai laporan keuangan langsung jadi dari laba rugi sampai akuntansi.

Yuk, jadikan bisnis menjadi lebih mudah dikontrol dengan Beeaccounting, Daftar Sekali dapat Akses Seumur Hidup, tunggu apa lagi?

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Laporan Harga Pokok Produksi: Cara Membuat dan Contohnya
Dalam dunia bisnis, terutama pada perusahaan manufaktur, pemahaman yang mendalam tentang laporan harga pokok produksi (HPP) menjadi kunci utama untuk
Baca Juga
Contoh Neraca Lajur untuk Memudahkan Penyusunan Laporan Keuangan
Membahas dunia akuntansi tentu tidak akan habisnya. Bahkan jenis neraca saja banyak ada neraca pembayaran, neraca saldo bahkan ada neraca
Baca Juga
Tips Mudah Bikin Laporan Akuntansi Excel dan Rumusnya
Membahas mengenai akuntansi excel memang tidak bisa lepas dengan laporan keuangan. Apakah Anda sudah mengenali apa saja rumus yang bisa
Baca Juga
Mengenal Akuntansi Pembelian, Fungsi dan Sistem Kerjanya
Sistem akuntansi pembelian adalah hal yang tidak akan terlepas dari serangkaian kegiatan bisnis yang biasa digunakan perusahaan untuk menyediakan barang
Baca Juga
Laporan Rugi Laba Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya
Laporan rugi laba adalah salah satu laporan keuangan bisnis yang digunakan untuk melaporkan kinerja keuangan dalam kurun waktu tertentu. Sudahkah
Baca Juga
Mengenal Dasar Dasar Akuntansi, Ini Pembahasannya Lebih Lanjut
Ada sejumlah dasar dasar akuntansi yang perlu dipahami pemula, terutama bagi pemilik usaha. Ilmu akuntansi dan usaha sangat berkaitan satu
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu