🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Contoh Jurnal Pembelian dan Cara Membuatnya

Yuk, Intip cara dan contoh jurnal pembelian adalah otomastis mudah, segera buat dan pantau bisnis Anda dengan mudah dan lebih akurat.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 13 March 2023

Contoh Jurnal pembelian adalah pencatatan pembelian yang terjadi pada kegiatan operasional perusahaan yang dilakukan secara rutin, yang termasuk dalam elemen penting yang harus dimiliki perusahaan agar keuangannya perusahaan bisa dipantau dengan mudah.

Simak informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini:

Apa yang Dimaksud dengan Jurnal Pembelian?

Pengertian Jurnal Pembelian dan Jurnal Penjualan Beserta Contohnya Untuk Perusahaan Dagang

Pengertian Jurnal Pembelian dai Contohnya Untuk Perusahaan Dagang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika jurnal pembelian merupakan media yang digunakan dalam mencatat transaksi pembelian yang terjadi selama satu periode akuntansi pada perusahaan.

Adapun pencatatan pembelian ini meliputi pembelian bahan baku sampai alat tulis kantor, yang dikelompokkan sesuai dengan jenisnya. Guna, memudahkan proses pelaporan pada akhir periode nanti.

Jurnal pembelian atau purchase journal ini memiliki beberapa jenis sesuai dengan cara transaksinya. Yakni ada jurnal pembelian tunai, kredit, diskon/ PPn  dan jurnal pengembalian atau potongan pembelian.

Kembali lagi, semua ini dipisahkan guna mempermudah proses pencatatan, pemantauan sampai pelaporan nantinya.

Format Jurnal Pembelian

Berikut ini adalah format yang wajib ada dalam jurnal pembelian, yakni:

  • Kolom Tanggal, seperti namanya kolom tanggal ini digunakan oleh pebisnis dalam mencatat kapan transaksi ini dilakukan.
  • Supplier's Account Credited (Akun Supplier), berisi tentang nama supplier yang melakukan pembelian. Jika perlu tambahkan deskripsi singkat setelah nama.
  • Tanggal Invoice/ Pembuatan Faktur
  • Payment Terms, berisi tentang syarat dan ketentuan dalam melakukan pembayaran oleh konsumen, contohnya n/30, 20, dst yang menunjukkan jatah maksimal pembiayaan.
  • Nomor Referensi, masukkan nomor referensi yang akan digunakan untuk entri data pada jurnal.
  • Account Payable, diisi dengan informasi jumlah nominal hutang yang tercantum dalam faktur.
  • Item yang Dibeli, memasukkan informasi terkait ketentuan dan kesesuaian yang berlaku, item yang dibeli beserta harganya.

Baca Juga: Pencatatan Jurnal Pembelian, Pengertian, Jenis dan Contohnya

Contoh Jurnal Pembelian dari Beberapa Bidang Usaha

Berikut ini contoh jurnal umum pembelian yang bisa Ada gunakan atau contoh kapan saja dan dimana saja:

1. Contoh Jurnal Pembelian I

Contoh Jurnal Khusus Pembelian2

2. Contoh Jurnal Pembelian Perusahaan II

Bentuk Jurnal Pembelian

Bentuk Jurnal Pembelian

Cara Membuat Jurnal Pembelian

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam membuat jurnal pembelian, adalah sebagai berikut:

1. Mencatat Transaksi Setiap Hari

Langkah awal yang perlu dilakukan dalam membuat jurnal pembelian adalah mencatat invoice yang diterima dari supplier ke dalam jurnal pembelian sesuai dengan kolom setiap harinya.

Pencatatan setiap hari ini dilakukan untuk menghindari adanya kesalahan/ human error jika terlalu lama ditumpuk dan tidak dicatat. Terutama jika perusahaan melakukan pembelian dalam jumlah besar setiap harinya.

2. Total dan Catat dalam Buku Besar Pembantu

Selanjutnya adalah menjumlahkan nilai yang ada pada jurnal pembelian sebagai akun kredit ke dalam setiap akun besar pembantu ke dalam buku besar pembantu utang usaha. Proses ini wajib dilakukan sesegera mungkin setelah entri data dibuat.

Sedangkan buku besar pembantu adalah sebuah media yang berisi tentang rincian bagian harta atau hutang baik secara perorangan atau badan usaha berdasarkan bukti-bukti pembukuan.

Adapun buku besar pembantu ini juga disebut dengan subsidiary ledgers. sebah jurnal khusus uang di posting secara berkala ke dalam buku besar.

3. Total dan Jumlah Seluruh Nilai Tiap Akhir Periode

Selanjutnya adalah menjumlahkan setiap kolom yang ada di dalam jurnal pembelian guna mengetahui jumlahnya pada setiap akhir periode akuntansi.

Akhir periode ini bisa ditetapkan secara berbeda-beda tergantung dengan perusahaan itu sendiri, bisa setiap bulan, per tiga bulan sekali, per semester sampai pertahun.

4. Sesuaikan Jurnal Pembelian Sesuai dengan Contohnya

Selanjutnya adalah melakukan penyesuaian juga, dan dari jumlah total ini kemudian dicatat sebagai debit dalam akun pembelian dan sebagai kredit di akun utang dagang di dalam buku besar akuntansi.

Baca Juga: Pengertian Jurnal Pembelian & Jurnal Penjualan Beserta Contohnya

Kesimpulan

Jurnal pembelian adalah media yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan dalam satu periode akuntansi. Dalam pencatatannya jurnal pembelian juga dibedakan berdasarkan transaksi untuk memudahkan proses pelaporannya nanti.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung JadiAdapun jenis dari jurnal pembelian ada pembelian tunai, pembelian kredit, pembelian dengan diskon dan jurnal retur atau potongan pembelian. Dengan contoh jurnal pembelian diatas, diharapkan bisa membantu dan Anda lebih memahami apa itu jurnal pembelian.

 

Selain itu, dalam membuat jurnal pembelian Anda juga bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, agar tidak lagi pusing menghitung satu persatu setiap nilai di akun, menghafalkan rumus dan sejenisnya.

Karena Beecloud terbilang memiliki fitur yang cukup lengkap, Dari laporan laba rugi sampai akuntansi, kemudian kontrol stok barang. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan data transaksi setiap harinya. Laporan keuangan langsung jadi dan stok langsung berkurang dijamin klop seperti bentuk aslinya.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Tabel Persamaan Dasar Akuntansi: Komponen, Rumus dan Contoh
Tabel persamaan dasar akuntansi dibutuhkan oleh perusahaan untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Akan tetapi, sudahkah tahu apa yang dimaksud dengan persamaan
Baca Juga
Mengenal Persamaan Akuntansi, Jenis, Rumus, Contoh dan Fungsi
Pengusaha seringkali kurang memahami prinsip dasar akuntansi. Padahal, memahami teori persamaan dasar akuntansi sangat penting untuk mempengaruhi siklus keuangan usaha.
Baca Juga
Financial Distress Adalah Indikasi Awal Kebangkrutan, Ini Cara Cegahnya
Istilah Financial Distress mungkin menjadi mimpi buruk bagi para pebisnis. Sebab, financial distress adalah indikator awal kebangkrutan, yang merupakan sebuah
Baca Juga
Pengertian Jurnal Pembelian & Jurnal Penjualan Beserta Contohnya
Jurnal pembelian dan jurnal penjualan - Secara umum, kegiatan utama dalam sebuah perusahaan adalah melakukan penjualan dan pembelian secara terus
Baca Juga
Nota Tunai: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya
Ketika Anda membeli sesuatu, misalnya membeli kebutuhan usaha, maka pihak penjual akan memberikan nota tunai atau kontan kepada Anda. Hal
Baca Juga
10 Karakteristik Informasi Akuntansi dan Penjelasannya
Karakteristik informasi akuntansi memiliki beberapa hal penting yang harus memenuhi standar kualitas untuk menjadi berguna bagi pengambilan keputusan dan analisis.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu