Logo Bee Web

5 Contoh Konsep Pemasaran Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Mengutip dari dari Musniani dkk, konsep pemasaran terdiri dari 5 jenis, mulai dari produksi hingga pemasaran perusahaan. Simak berikut ini
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 26 May 2023

Pemasaran merupakan salah satu konsep yang sangat penting untuk diperhatikan dalam berbisnis. Konsep pemasaran ini berkaitan dengan cara-cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan kepada konsumen.

Simak informasi dan pembahasan lebih dalam terkait konsep pemasaran dan bagaimana perusahaan dapat mengaplikasikannya dengan baik.

5 Konsep Pemasaran dalam Pemasaran Produk

Berikut ini adalah lima konsep pemasaran yang sering digunakan dalam strategi pemasaran, menurut Musniani, dkk:

1. Konsep Produksi

Konsep yang pertama adalah berfokus utama pada efisiensi produksi dan ketersediaan produk. Perusahaan beranggapan bahwa konsumen akan membeli produk yang tersedia dan terjangkau secara luas. Contoh: Perusahaan makanan cepat saji yang berfokus pada produksi massal dan harga yang rendah.

Karyawan Mengecek Proses Produksi

Kualitas produk perlu direncanakan dengan baik, dari siapa pasar yang dituju hingga harganya (Credit: Freepik)

Kelebihannya konsep ini memiliki biaya produksi lebih murah dibandingkan dengan konsep lainnya, Namun, kekurangannya terletak pada kualitas produksi yang cenderung rendah, karena fokus utama pada produksi ini adalah kuantitatifnya.

2. Konsep Produk

Berikutnya adalah berpusat pada perhatian pada kualitas, fitur, dan keunggulan produk. Perusahaan berusaha untuk menciptakan produk yang superior dan memenuhi kebutuhan konsumen. Contoh: Perusahaan teknologi yang terus melakukan inovasi produk untuk meningkatkan performa dan kegunaan.

Konsep ini akan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi sehingga konsumen akan lebih puas dengan produk yang mereka beli, kebalikan dari konsep produksi biaya yang diperlukan relatif lebih tinggi sehingga jangkauan penjualannya juga tidak bisa mencakup keseluruhan.

3. Konsep Penjualan

Selanjutnya adalah konsep penjualan, dimana perusahaan berfokus pada upaya penjualan dan promosi yang agresif untuk mendorong konsumen membeli produk. Tujuan utamanya adalah meningkatkan volume penjualan, terlepas dari kebutuhan sebenarnya konsumen. Contoh: Perusahaan asuransi yang mengandalkan tenaga penjual yang agresif untuk menghasilkan penjualan.

Keuntungan dari menggunakan konsep ini adalah perusahaan akan memiliki jangkauan yang luas jika Anda sudah benar-benar menemukan strategi promosi yang tepat. Namun, peluang gagal juga akan didapatkan jika promosi dilakukan tidak tepat kana bisnis akan mengalami kerugian.

4. Konsep Pemasaran

Berikutnya adalah konsep pemasaran, dimana fokus pada pemahaman dan kepuasan konsumen sebagai pusat dari semua kegiatan pemasaran. Perusahaan berupaya memahami kebutuhan dan keinginan konsumen.

Konsep Pemasaran Produk

pemasaran produk sangat penting untuk kesuksesan produk atau jasa yang kita miliki (Credit: Freepik)

Serta menyediakan nilai tambah melalui produk, pelayanan, dan pengalaman pelanggan. Contoh: Perusahaan teknologi yang melakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan konsumen dan menyesuaikan strategi pemasaran mereka.

Strategi pemasaran seperti pemasaran konten, periklanan, dan pemasaran media sosial dapat digunakan dalam konsep pemasaran. Meskipun memahami konsumen merupakan keuntungan, potensi kerugiannya adalah biaya yang tinggi dan durasi yang lama.

Baca juga: Fungsi Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Bisnis

5. Konsep Pemasaran Sosial

Terakhir ada konsep pemasaran sosial, dimana perusahaan akan berfokus pada pencapaian tujuan sosial atau masyarakat. Perusahaan menggabungkan aspek pemasaran dengan nilai-nilai sosial untuk menghasilkan dampak positif bagi masyarakat atau lingkungan.

Contoh: Perusahaan yang mendukung kampanye sosial, seperti perusahaan yang mengurangi penggunaan plastik atau mendukung program pendidikan anak-anak.

Perusahaan dapat menerapkan beberapa konsep pemasaran ini sekaligus, tergantung pada strategi bisnis dan kebutuhan pasar yang mereka hadapi.

Konsep ini memiliki manfaat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan melalui produksi produk ramah lingkungan. Namun, segmentasi pasarnya terbatas pada konsumen yang memprioritaskan isu-isu sosial.

Faktor dan Aspek Penting dalam Pemasaran

Dalam melakukan pemasaran ada beberapa aspek yang penting untuk memahami bahwa konsep pemasaran bukan hanya sekedar iklan atau promosi semata. Konsep pemasaran melibatkan seluruh proses dari mulai merencanakan produk atau jasa yang akan ditawarkan.

Termasuk menentukan harga yang tepat, menentukan target pasar yang tepat, hingga mempromosikan produk atau jasa tersebut kepada konsumen, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Melakukan Riset Pasar

Salah satu aspek penting dalam konsep pemasaran adalah memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam hal ini, perusahaan harus melakukan riset pasar untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen.

Serta bagaimana produk atau jasa yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan mereka. Dengan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, perusahaan dapat mengembangkan produk atau jasa yang lebih sesuai dengan pasar yang dituju.

Pada intinya, konsep yang pertama adalah berfokus pada pemahaman terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen sebagai pusat dari strategi pemasaran. Pemasar berusaha memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen, dan menyediakan produk atau layanan yang memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Persaingan dan Trend Pasar

Aspek penting yang juga harus mempertimbangkan adalah faktor-faktor lain seperti persaingan, tren pasar, dan perubahan lingkungan. Dalam hal ini, perusahaan harus selalu mengikuti perkembangan pasar dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

trend pasar

Ilustrasi trend produk yang ada di pasar (Credit: Unsplash)

Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan riset pasar secara terus-menerus dan mengikuti tren yang sedang berkembang. Anda harus se-sigap mungkin menanggapi perubahan yang terjadi, terutama di era perkembangan teknologi yang serba cepat ini.

3. Kompetitor

Aspek selanjutnya adalah kompetitor, Anda mengakui adanya persaingan di pasar dan pentingnya membedakan produk atau layanan dari pesaing. Pemasar mencoba untuk menciptakan keunggulan kompetitif melalui diferensiasi, yaitu menawarkan sesuatu yang unik, istimewa, atau memiliki nilai tambah yang membedakan merek mereka dari yang lain.

4. Harga

Aspek yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah harga dari produk baik jasa maupun barang. Harga tidak bisa ditentukan seenaknya saja. Dalam hal ini, perusahaan harus menentukan harga yang tepat untuk produk atau jasa yang ditawarkan.

Harga yang terlalu tinggi dapat membuat konsumen enggan membeli, sedangkan harga yang terlalu rendah dapat membuat konsumen meragukan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.

5. Promosi

Keempat ada faktor promosi, selain faktor harga, perusahaan juga harus mempertimbangkan faktor promosi. Dimana, dalam hal ini perusahaan perlu memilih strategi promosi yang tepat untuk produk atau jasa yang ditawarkan.

Marketer perlu mempertimbangkan berbagai aspek pemasaran, termasuk produk, harga, distribusi, dan promosi, serta berfokus pada menciptakan pengalaman pelanggan yang konsisten dan positif di semua titik kontak dengan merek.

Strategi promosi yang tepat dapat membantu perusahaan untuk memperkenalkan produk atau jasa mereka kepada konsumen dengan lebih efektif. Saat ini ada banyak strategi promosi yang bisa dilakukan, mulai dari promosi iklan offline seperti menyebar brosur, pamflet, banner dan sejenisnya. Atau secara online dengan memanfaatkan sosial media, dan media-media lainnya.

Ads Untuk Jualan Online

Kedua strategi ini perlu dioptimalkan, untuk pembangunan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Marketer berusaha untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan secara terus-menerus.

Membangun kepercayaan, dan menciptakan loyalitas pelanggan. Pemasar tidak hanya berfokus pada transaksi satu kali, tetapi juga mempertimbangkan nilai pelanggan jangka panjang.

6. Faktor Distribusi

Terakhir, perusahaan juga harus mempertimbangkan faktor distribusi. Dalam hal ini, perusahaan harus memilih saluran distribusi yang tepat untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Saluran distribusi yang tepat dapat membantu perusahaan untuk menjangkau konsumen dengan lebih efektif dan efisien.

Dalam kesimpulannya, konsep pemasaran merupakan salah satu konsep yang sangat penting dalam dunia bisnis. Konsep pemasaran melibatkan seluruh proses dari mulai merencanakan produk atau jasa yang akan ditawarkan, menentukan harga yang tepat, menentukan target pasar yang tepat, hingga mempromosikan produk atau jasa tersebut kepada konsumen.

Dengan memahami konsep pemasaran dengan baik, perusahaan dapat mengembangkan produk atau jasa yang lebih sesuai dengan pasar yang dituju dan memperkenalkannya kepada konsumen dengan lebih efektif.

Selain strategi promosi, cara lain untuk meningkatkan penjualan adalah dengan rutin mengevaluasi keuangan bisnis Anda. Caranya adalah menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Dengan software akuntansi, Anda dapat memonitor penjualan Anda secara real-time dan melakukan analisis yang lebih baik terhadap performa bisnis Anda. Selain itu, software akuntansi dapat membantu Anda mengelola biaya-biaya yang terkait dengan penjualan, seperti biaya pemasaran dan pengiriman produk.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Konsep Strategi Marketing Mix 7P dan Contohnya
Setiap bisnis perlu menjalankan pemasaran untuk bisa dikenal banyak orang sekaligus menjadi upayanya dalam meningkatka penjualan. Dalam proses pemasaran ini
Baca Juga
5 Tips Copywriting Untuk Pemula dan Pengertiannya
Copywriting adalah ujung tombak dari pemasaran digital, dimana Copywriting ini berisi tentang kumpulan kata atau tulisan yang menarik dan catchy
Baca Juga
Sales Adalah: Definisi, Jenis, Tugas, Tips Manajemen
Di dalam dunia bisnis, ada beragam aktivitas marketing yang diperlukan supaya terus berkembang salah satunya sales. Sales adalah salah satu
Baca Juga
13 Contoh & Cara Promosi Produk Paling Efektif Dijamin Laris
Dalam dunia bisnis, promosi merupakan salah satu kunci sukses dalam memperkenalkan produk atau jasa kepada pelanggan potensial. Tanpa promosi yang
Baca Juga
Mengapa Customer Care Sangat Penting Bagi Usaha?
Garda yang berada di barisan depan bagi sebuah perusahaan karena selalu berhubungan dengan pelanggan ialah customer care atau layanan pelanggan.
Baca Juga
Campaign Adalah: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Penjualan
Campaign adalah sebuah kampanye periklanan yang penting dalam strategi pemasaran suatu produk atau layanan. Melalui campaign, perusahaan dapat mempromosikan merek
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu