Logo Bee Web

10 Tips Manajemen Stok Barang Toko Ritel

Ini dia tips manajemen stok barang toko ritel paling efektif yang bisa Anda coba, lengkap dengan deretan informasi pendukung lainnya.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: , ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 19 November 2019

Tujuan utama dari setiap bisnis ritel adalah menjual produk sesuai target. Karena produk ritel maka proses stok dan inventory harus sempurna. Oleh itu manajemen stok toko sangat diperlukan.

Lantas apa itu manajemen stok barang? Manajemen stok adalah proses perencanaan, pengendalian, dan pengawasan persediaan atau stok barang dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Tujuannya adalah untuk memastikan ketersediaan stok yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan, sambil meminimalkan biaya penyimpanan yang berlebihan dan risiko kekurangan stok. Simak Tips dan triknya berikut ini

Tips dan Cara Manajemen Stok Barang Toko Ritel

manajemen stok

Mengenal Apa Manajemen Stok? (Sumber: Freepik.com)

Berikut adalah 7 tips untuk manajemen stok barang toko beserta penjelasannya:

1. Analisa Permintaan

Cara pertama yang perlu dilakukan dalam melakukan manajemen stok barang toko ritel adalah melakukan analisa permintaan. Analisis permintaan ini dilakukan untuk mengidentifikasi pola dan tren pembelian pelanggan.

Hal ini akan membantu Anda dalam meramalkan permintaan di masa depan dan mengatur stok barang dengan lebih efektif. Sehingga, akan sangat mempermudah Anda dalam mengatur pembelian barang dan stoknya.

2. Tetapkan Jumlah Minimum

Jika proses analisa pasar sudah dilakukan, tahapan selanjutnya adalah menentukan jumlah minimum stok barang yang akan disimpan di gudang. Penentuan jumlah di awal akan memudahkan Anda dalam melakukan inventaris.

Ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan pada tahapan ini, mulai dari berapa besar gudang yang Anda miliki, analisa pasar, seberapa besar barang yang terjual dan berapa lama produk itu terjual.

3. Gunakan Metode Penilaian Persediaan Barang

Selanjutnya adalah gunakan metode penilaian persediaan barang, ini dilakukan agar analisis yang Anda buat tidak hanya berdasarkan perkiraan saja namun data dan pertimbangan yang jelas.

Metode penilaian persediaan barang sendiri terdiri dari beberapa macam. Seperti metode First-In-First-Out (FIFO) atau Average Cost Method. Metode penilaian yang tepat akan memastikan bahwa nilai persediaan akurat dan dapat membantu dalam menghitung keuntungan dengan lebih akurat.

4. Buat Laporan Informasi Produk

Berikutnya, buat laporan informasi produk selengkap mungkin untuk memudahkan ANda dalam melakukan inventory. Adapun informasi yang dicantumkan mencakup SKU, dta barcode, pemasok, negara asal dan beberapa informasi lainnya yang dirasa penting.

Laporan informasi produk dalam proses manajemen stok toko memberikan gambaran yang lengkap tentang inventaris produk yang tersedia, pergerakan stok, dan ketersediaan barang. Juga memberikan informasi yang penting bagi pemilik toko atau manajer stok untuk mengelola persediaan dengan efisien dan mengambil keputusan yang tepat.

5. Manajemen Pengelolaan Rotasi Stok

Selanjutnya adalah melakukan manajemen rotasi stok, pengelolaan rotasi stok ini juga dapat dilakukan menggunakan beberapa metode. Pengelolaan rotasi ini dilakukan untuk mengetahui pergerakan barang yang ada di gudang.

Dalam laporan pengelolaan rotasi stok ini mencakup penerimaan barang masuk dari pemasok dan penjualan produk kepada pelanggan. Informasi tentang tanggal, jumlah, dan sumber barang masuk serta tanggal, jumlah, dan tujuan penjualan dicatat dalam laporan ini.

Manajemen rotasi stok, juga dikenal sebagai manajemen persediaan, adalah proses mengelola pergerakan barang di dalam stok toko atau gudang untuk memastikan stok tetap segar, tidak kedaluwarsa, dan optimal.

Tujuan manajemen rotasi stok adalah menghindari kelebihan persediaan yang tidak terjual atau rusak serta memaksimalkan penjualan dengan mempertahankan stok yang berkualitas.

6. Lakukan Pencatatan Stok Opname Berkala

Pencatatan stok opname secara berkala adalah langkah penting dalam mengelola inventaris. Dengan teliti mencatat jumlah stok aktual yang ada di toko atau gudang, pemilik toko dapat mengetahui selisih antara stok yang seharusnya ada dan yang sebenarnya ada.

Proses ini membantu mengidentifikasi kekurangan atau kelebihan stok, memastikan akurasi data persediaan, dan mencegah kehilangan atau kerugian yang tidak terdeteksi.

Dengan pencatatan stok opname yang teratur, pemilik toko dapat mengoptimalkan pengelolaan persediaan, menjaga efisiensi operasional, serta memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

7. Sistem Manajemen Stok yang Terintegrasi

Untuk memudahkan proses manajemen stok barang, Anda bisa memanfaatkan sistem atau software yang langsung terintegrasi.

Dengan menggunakan sistem manajemen stok yang terintegrasi atau perangkat lunak yang dapat membantu dalam melacak dan mengelola persediaan dengan lebih efisien.

Sistem ini memungkinkan Anda untuk memantau stok secara real-time, membuat laporan, dan mengelola pemesanan dengan lebih mudah.

Pakai Beepos, Bisa Kontrol Kasir, Penjualan, Stok Secara Real Time

Rekomendasi software yang bisa digunakan dalam melakukan manajemen stok adalah aplikasi kasir online Beepos. Dengan Beepos pemilik bisnis dapat dengan mudah mengelola persediaan mereka, melacak stok, dan mengoptimalkan pengadaan.

Software ini menawarkan fitur-fitur canggih seperti pencatatan stok masuk dan keluar, penilaian stok secara real-time, serta pemantauan tingkat popularitas produk. Beepos juga menyediakan laporan yang komprehensif tentang persediaan, pola penjualan, dan analisis SKU.

Dengan mengintegrasikan fungsi akuntansi dan manajemen stok dalam satu platform, Beepos membantu pemilik bisnis mengambil keputusan yang tepat, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Software Toko Terbaik Ritel untuk Mitra Bisnis Usaha Minimarket

9. Analisis SKU (Stock Keeping Unit)

Selanjutnya adalah melakukan analisis SKU, atau stock keeping unik yang akan memudahkan pemilik toko atau manajer stok dapat mengidentifikasi produknya.

Mulai dari produk yang paling populer, produk yang kurang laku, dan produk yang memberikan margin keuntungan tertinggi. Informasi ini membantu dalam pengaturan persediaan, perencanaan pemesanan, dan strategi pemasaran.

Adapun proses analisis ini dilakukan dengan menganalisis dan mengelompokkan produk berdasarkan karakteristik dan performa mereka dalam inventaris. SKU adalah kode unik yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap produk yang tersedia.

Analisis SKU bertujuan untuk memahami kontribusi masing-masing produk terhadap penjualan dan keuntungan, serta membantu dalam pengambilan keputusan terkait persediaan.

10. Evaluasi dan Sesuaikan Secara Berkala

Lakukan analisis dan evaluasi kinerja secara berkala untuk melihat bagaimana kinerja manajemen stok Anda. Tinjau parameter seperti tingkat persediaan, tingkat kehabisan stok, dan angka putaran stok.

Dengan menganalisis kinerja Anda, Anda dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

Metode Manajemen Persediaan Barang

manajemen stok barang toko

Ada beberapa metode populer yang digunakan dalam manajemen stok barang (Credit: Freepik.com)

Manajemen inventaris dapat dilakukan dengan metode yang beragam dan bisa jadi seunik bisnis Anda. Beberapa metode dapat bekerja lebih baik untuk bisnis ritel yang berbeda; tapi tidak berarti “satu metode akan cocok untuk semua”.

Untuk membantu Anda memulai, di bawah ini Anda akan menemukan ikhtisar teknik manajemen persediaan paling populer.

1. Audit Inventaris Fisik

Ini mungkin metode yang paling membosankan dan kemajemukan dalam hal mengelola inventaris, tetapi bisa sangat membantu ketika mengelola dan melakukan perbaikan pada anggaran Anda. Anda tidak perlu menghitung inventaris Anda setiap hari.

Mesin kasir; point of sales, POS Anda harus melakukan itu, tetapi menghitung inventaris secara fisik beberapa kali setahun membantu menjaga semuanya tetap teratur.

2. Pemeriksaan Spot

Jika Anda akan melakukan audit inventaris fisik, sebaiknya periksa juga sesering mungkin. Itu pada dasarnya berarti Anda memilih beberapa item dalam inventaris Anda untuk dihitung dan memastikan angka yang Anda miliki sesuai dengan angka yang seharusnya Anda miliki.

3. FIFO (First in First Out) dan LIFO (Last in First Out)

Metode ini menjelaskan kapan item ditambahkan ke inventaris Anda. FIFO atau masuk pertama, keluar pertama berarti bahwa item tertua dalam inventaris Anda adalah yang pertama kali dijual.

LIFO atau last in, first out berarti bahwa item terbaru dalam inventaris Anda adalah yang pertama kali dijual. Anda dapat menggunakan metode ini secara bergantian tergantung pada berbagai item dalam inventaris Anda.

Misalnya, item yang trendi mungkin harus dipesan dengan cepat dan tidak terduga, menjadikannya item terakhir yang ditambahkan ke inventaris Anda, tetapi item tersebut akan menjadi yang pertama meninggalkannya karena permintaan tinggi.

Item evergreen seperti jeans dapat dimasukkan ke dalam inventaris Anda terlebih dahulu tetapi semuanya mungkin tidak langsung dijual.

Kendala Manajemen Stok dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah lima kendala umum yang sering ditemukan dalam manajemen stok, beserta cara mengatasinya:

1. Kekurangan Stok

Salah satu kendala utama adalah kekurangan stok, yang dapat menyebabkan hilangnya penjualan dan ketidakpuasan pelanggan. Untuk mengatasinya, bisnis perlu melakukan perencanaan persediaan yang lebih baik.

Berdasarkan analisis permintaan pelanggan dan tren pasar. Pemantauan stok secara real-time dan penggunaan perangkat lunak manajemen persediaan yang efisien seperti Beepos dapat membantu mengidentifikasi kekurangan stok secara dini dan memungkinkan pemesanan ulang yang tepat waktu.

2. Persediaan Berlebihan

Persediaan berlebihan dapat menyebabkan pemborosan, biaya penyimpanan yang tinggi, dan risiko barang basi atau kedaluwarsa. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan perencanaan persediaan yang akurat berdasarkan data penjualan historis dan tren pasar.

Menggunakan teknologi seperti analisis data dan perangkat lunak manajemen persediaan yang cerdas dapat membantu dalam mengoptimalkan tingkat persediaan agar sesuai dengan permintaan pelanggan.

3. Kurangnya Koordinasi Antara Departemen

Berikutnya, kurangnya koordinasi antara departemen seperti penjualan, pemasaran, dan pengadaan dapat menyebabkan ketidakseimbangan antara permintaan dan persediaan.

Mengkomunikasikan informasi dengan jelas dan secara teratur antara departemen, serta mengadopsi sistem manajemen persediaan yang terintegrasi.

4. Kesalahan Penghitungan atau Pencatatan

Kesalahan penghitungan atau pencatatan dapat mengakibatkan ketidakakuratan dalam mengelola stok. Untuk mengatasinya, penting untuk menggunakan teknologi otomatisasi dan sistem manajemen persediaan yang akurat.

Yang dapat menghitung stok dengan tepat dan mencatat setiap perubahan. Pelatihan staf yang tepat mengenai prosedur pengelolaan stok juga diperlukan untuk mengurangi risiko kesalahan manusia.

5. Ketidakmampuan Memprediksi Permintaan

Memprediksi permintaan pelanggan dengan akurat adalah tantangan dalam manajemen stok. Namun, dengan menggunakan analisis data historis, tren pasar, dan alat prediksi permintaan, bisnis dapat meningkatkan akurasi perkiraan persediaan.

Penggunaan perangkat lunak manajemen persediaan yang dilengkapi dengan fitur analitik seperti Beepos dapat membantu dalam memprediksi dan merencanakan persediaan dengan lebih baik.

#Orang Juga Bertanya:

manajemen barang toko

Pebisnis Ritel Perlu melakukan Manajemen Stok Barang (Credit: Freepik.com)

Apa yang Terjadi Jika Bisnis Tidak Melakukan Manajemen Stok?

Sejujurnya, ini akan berantakan. Sistem manajemen inventaris menjaga semuanya tetap rapi, sehingga bisnis Anda jelas akan rusak tanpa itu. Pada akhirnya, ini mempengaruhi laba bisnis Anda, membuatnya sulit untuk terus beroperasi, apalagi tumbuh.

Kurangnya proses manajemen inventaris yang baik berarti Anda tidak tahu di mana lokasi atau posisi produk Anda sehingga Anda tidak bisa menjualnya. Barang yang salah kelola lebih mudah dicuri.

Jadi, Anda tidak hanya menghabiskan uang untuk mengganti barang curian tanpa sadar, tetapi Anda juga menghabiskan banyak biaya untuk ruang penyimpanan yang tidak Anda gunakan, membayar staf yang mungkin mencuri produk Anda, dan membuang-buang uang untuk barang-barang yang tidak dijual.

Mengapa Anda Membutuhkan Solusi Manajemen Inventaris Ritel?

Bayangkan kekacauan yang Anda miliki jika Anda tidak mengelola inventaris Anda. Persediaan apa yang harus Anda jual? Berapa harganya? Dimana itu? Jika dilakukan dengan benar, manajemen inventaris akan menjaga banyak aspek bisnis Anda sejalan.

Sistem ini memberi Anda kejelasan untuk melihat begitu banyak masalah sebelum lepas kendali. Ini akan membantu Anda mengatasi tantangan seperti berikut:

  • Menghabiskan Terlalu Banyak untuk Persediaan dan Ruang Penyimpanan
  • Loss Prevention (Penyusutan Ritel). Ruang yang tidak terorganisir dengan baik akan membuatnya lebih mudah bagi pelanggan, dan bahkan staf, untuk mencuri langsung barang Anda tanpa Anda sadari.
  • Kesalahan Administratif: Kesalahan administratif, seperti kesalahan penghitungan stok, adalah penyebab utama hilangnya inventaris dan pencurian di toko ritel. Lebih dari 20% dari kerugian dalam bisnis disebabkan oleh kesalahan administrasi dan dokumen.

Baca Juga: Ritel adalah Bisnis Eceran, Kenali Ciri dan Jenisnya, Lengkap

Sekian Tips dan Informasi terkait manajemen stok, dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda dapat meningkatkan efisiensi manajemen stok toko Anda, menghindari kekurangan atau kelebihan stok, dan mengoptimalkan keuntungan Anda.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Syarat dan Cara Cek Merek Dagang Online Terbaru
Anda tentu telah mengenal istilah "cek merek dagang" dalam berbagai aspek kehidupan Anda. Dari produk-produk yang Anda gunakan setiap hari
Baca Juga
Strategi Rahasia Membangun Customer Loyalty
Customer Loyality - Jadi ceritanya saya sedang berkunjung di minimarket yang selalu ramai setiap harinya. Sebut saja Alpamaret.. Entah apa
Baca Juga
Contoh Surat Keterangan Usaha dan Cara Pengajuannya
Surat keterangan usaha memegang peran sentral dalam mendukung keberlangsungan dan pertumbuhan berbagai jenis bisnis.Di indonesia sendiri setiap badan usaha wajib
Baca Juga
Kenali Apa Itu Direct Selling dan Tips Melakukannya
Ada 1001 cara yang bisa dilakukan pebisnis dalam memasarkan produknya, salah satunya adalah dengan cara direct selling, jika diartikan dalam
Baca Juga
10 Rekomendasi Media Promosi Paling Efektif dan Efisien
Mengetahui berbagai macam jenis media promosi termasuk kegiatan yang wajib dilakukan oleh para pemula ketika ingin terjun ke dalam dunia
Baca Juga
4 Software Toko Terpopuler untuk Usaha Minimarket & Ritel 
Siapa sangka di era modern ini bisnis kecil seperti toko kelonton ataupun toko sembako masih sulit untuk dijalankan. Tentu saja
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu