Logo Bee Web

Software Toko Pakaian Solusi Catat Transaksi Lebih Akurat

Software toko pakaian rekomendasi untuk catat transaksi lebih akurat. Hingga saat ini kebutuhan akan software bisnis terus meningkat.
Penulis: Farhan Anggara
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 21 April 2022

Software toko pakaian rekomendasi untuk catat transaksi lebih akurat. Hingga saat ini kebutuhan akan software bisnis terus meningkat. Sama halnya software toko pakaian yang digunakan untuk membantu transaksi jual beli toko pakaian.

Jika pengusaha yang memiliki usaha toko pakaian yang laris, sering kali mereka menghadapi banyak transaksi jual beli dari toko offline maupun online. Banyaknya transaksi ini akan sangat repot jika dilakukan pencatatan secara manual menggunakan kertas maupun aplikasi excel.

Itulah mengapa saat ini sudah banyak beredar sebuah software atau aplikasi untuk memudahkan para pebisnis untuk menjalankan operasional toko. Software ini tidak hanya untuk membantu transaksi penjualan saja, tetapi tentu saja memiliki fitur menarik lainnya.

Anda bisa menyimak artikel ini karena akan dibahas secara tuntas mengenai software toko pakaian.

Apa itu Software Toko Pakaian?

software toko pakaian

Ilustrasi PegawaI Toko Menata Baju Display Foto oleh Ron Lach dari Pexels

Software atau perangkat lunak adalah sebuah sistem yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, layaknya menjalankan operasional usaha. Kebutuhan akan sebuah pekerjaan yang lebih mudah dan praktis, hingga memecahkan solusi adalah tujuan dari dibuatnya software atau aplikasi.

Salah satu bisnis yang juga membutuhkan software tersebut adalah bisnis toko pakaian. Kegiatan operasional usaha toko pakaian sangat beragam dan kompleks, itulah alasannya kenapa membutuhkan software toko pakaian.

Software dirancang semudah mungkin untuk diterapkan, tak seharusnya rumit dalam pekerjaan instalasi program dan dalam penerapannya, cukup 1 file instalasi kemudian menginstal tanpa pengaturan apa pun, karena aplikasi harus dilengkapi dengan fitur basis data konfigurasi secara otomatis.

Baca Juga: Aplikasi Toko Baju Terintegrasi Pembukuan & Laporan Keuangan

Keunggulan Software Toko Pakaian

Bagi Anda yang bisnisnya masih berjalan secara manual, mungkin akan menghadapi lebih banyak masalah, seperti proses transaksi lama, catatan pembayaran yang berantakan, sehingga sulit mengetahui jumlah stok dan arus barang yang keluar masuk.

Untuk meyakinkan Anda lebih lanjut tentang pentingnya memiliki aplikasi, berikut adalah berbagai macam keunggulan yang Anda dapatkan dari penggunaan aplikasi toko pakaian:

1. Mempercepat Proses Transaksi

Pernahkah Anda merasakan waktu yang lama untuk membayar pesanan Anda yang sebenarnya sedikit? Tentunya Anda merasa kesal, bukan?

Aplikasi toko baju dapat membuat proses transaksi lebih mudah dan lebih cepat karena mampu menghilangkan proses manual yang memakan waktu dan tenaga, seperti mencatat pesanan dan menghitung total tagihan pelanggan.

Dengan menggunakan aplikasi, antrian yang panjang dan lama ketika membayar tidak perlu dirasakan pelanggan Anda, dan Anda dapat melayani lebih banyak pelanggan dalam waktu singkat.

2. Pelayanan Pelanggan Lebih Cepat dan Memuaskan

Poin paling penting dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan Anda melayani mereka dengan ramah dan cepat. Jika Anda dapat memberikan layanan yang ramah secara gratis tanpa harus menghabiskan modal, tetapi tidak berlaku dengan layanan cepat.

Memberikan layanan cepat, artinya Anda harus meningkatkan produktivitas bisnis Anda. Salah satu cara Anda dapat menggunakan untuk meningkatkan produktivitas bisnis dan mempercepat layanan Anda adalah dengan menggunakan software toko.

3. Catatan Transaksi Lebih Akurat

Ilustrasi Pengusaha Toko Pakaian Mencatat Transaksi (Sumber: Bee.id)

Manfaat dari software toko pakaian yang paling penting adalah membuat Anda lebih mudah untuk mencatat penjualan. Dengan menggunakan aplikasi ini, mulai dari pesanan hingga pembayaran, semuanya akan dicatat secara akurat dan otomatis.

Anda tidak perlu lagi mencatat secara manual satu per satu di buku, atau pusing menggunakan kalkulator untuk menghitung total penjualan. Bahkan Anda juga tidak perlu menghafal banyak kode seperti saat Anda menggunakan mesin cash register.

4. Mudah Analisa Penjualan

Tidak seperti mesin kasir secara umum, aplikasi penjualan dapat memberikan data real-time dan memberikan laporan bisnis secara keseluruhan, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk menganalisis dan melihat kinerja bisnis Anda.

Selain itu, aplikasi penjualan juga dapat membantu Anda mulai dari mengatur kegiatan dan melihat kinerja karyawan, ketersediaan stok bahan baku atau produk, pelacakan pembayaran ke laba proyek. Di sisi lain, Anda dapat membantu membuat keputusan tentang rencana berikutnya yang harus diterapkan sehingga bisnis Anda dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

5. Meningkatkan Keuntungan

Keunggulan tentu saja menjadi tujuan utama Anda saat membangun bisnis. Aplikasi dapat membantu Anda meningkatkan laba, dengan memberikan laporan penjualan yang akurat dan data nyata seperti produk yang paling sering terjual, waktu terpadat di toko, dan lainnya.

Dengan mengetahui bagaimana penjualan dan kondisi toko, Anda dapat dengan mudah membuat keputusan dan membuat strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan laba. Seiring dengan pengembangan teknologi saat ini, fitur aplikasi lebih lengkap. Tidak ada lagi aplikasi yang hanya untuk mencatat pendapatan dan menghitung transaksi penjualan.

Aplikasi toko pakaian kini telah berkembang menjadi aplikasi penjualan yang dapat digunakan untuk membantu Anda meningkatkan kinerja dalam semua kegiatan bisnis, seperti membantu dalam hal pemasaran, laporan penjualan harian, atau manajemen keuntungan.

6. Membantu Memonitor Bisnis

Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti ingin dapat terhubung dengan bisnis Anda, di mana pun dan kapan pun, sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana perkembangan dan kemajuan bisnis.

Dengan fitur lengkap yang disediakan oleh aplikasi, Anda dapat dengan mudah mengetahui berbagai informasi penting mengenai pengoperasian bisnis Anda. Mulai dari stok bahan baku atau barang-barang yang mulai menipis, siapa karyawan Anda bertugas ketika transaksi, apa yang dijual, kapan waktu tersibuk di toko, hingga laporan penjualan harian.

Fitur Software Toko Pakaian

Tampilan Stock Opname Software Toko Pakaian Beecloud (Sumber: Bee.id)

  • Master Data :

  1. Master Data Pakaian
    Digunakan untuk input data pakaian, contoh : T-Shirt, Kaos, Celana/Jeans, yang dijual toko pakaian Anda
  2. Master Data Pelanggan
    Digunakan untuk menginput data pelanggan
  3. Master Data Item
    Digunakan untuk menginput item atau barang yang Anda jual di toko pakaian Anda
  4. Master Data Supplier
    Digunakan untuk menginput data supplier
  5. Manajemen Akun User
    Digunakan untuk mengatur akses dari masing-masing data user yang ada di toko pakaian Anda
  • Transaksi :

  1. Order Penjualan
    Digunakan untuk menginput order atau PO dari pelanggan
  2. Penjualan
    Digunakan untuk melakukan transaksi penjualan pelanggan
  3. Retur Penjualan
    Digunakan untuk retur barang dari pelanggan, jika ternyata pakaian yang dijual tsb rusak atau cacat
  4. Order Pembelian
    Digunakan untuk input order pembelian ke supplier
  5. Pembelian
    Digunakan untuk input pembelian ke supplier
  6. Retur Pembelian
    Digunakan untuk input retur barang dari supplier jika ada kerusakan barang yang diterima
  7. Pembayaran Hutang dan Piutang
    Digunakan untuk input pembayaran hutang ke supplier atau piutang dari pelanggan
  8. Pengeluaran Operasional
    Digunakan untuk mancatat pengeluaran harian maupun bulanan
  • Laporan Keuangan:

  1. Laporan Invoice
  2. Laporan Stok Barang/Pakaian
  3. Laporan Penjualan Per Barang (Harian, Bulanan)
  4. Laporan Penjualan Per Operator (Harian, Bulanan)
  5. Laporan Pengeluaran
  6. Laporan Cash flow
  7. Laporan Neraca
  8. Laporan Laba Rugi
  9. Grafik Penjualan

Rekomendasi Software Toko Pakaian

Banyaknya pilihan software di internet menjadi tantangan tersendiri. Karena belum tentu software tersebut sesuai dengan kebutuhan para pemilik toko pakaian.

Dari fitur yang dijelaskan di atas, semua itu merupakan fitur yang dimiliki software toko pakaian bernama Beecloud.

Beecloud merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk usaha toko pakaian. Dengan segala fitur yang diberikan, Beecloud akan membantu Anda dalam mengatasi kendala maupun mempermudah seluruh operasional toko.

Kesimpulan

Hadirnya software akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kelangsungan bisnis. Adanya alat bantuan seperti software toko pakaian, usaha dapat berjalan lebih mudah dan efisien.

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online_web

Software Toko Terbaik Ritel untuk Mitra Bisnis Usaha Minimarket
Software toko terbaik ritel sering dicari orang untuk digunakan pada usaha dengan ratusan hingga ribuan produk seperti minimarket. Dalam perkembangannya
Baca Juga
Rekomendasi Aplikasi Rental Mobil Terbaik untuk Pengusaha Rental
Bisnis rental mobil apakah menjanjikan? Permintaan menyewa mobil semakin meningkat membuat bisnis rental mobil cukup menjanjikan sampai saat ini. Jika
Baca Juga
Cara Menghitung Variabel Cost Mudah dan Contohnya
Cara menghitung variabel cost merupakan hal yang perlu diketahui dan dipahami pemilik usaha sebab sangat penting bagi profitabilitas usaha. Meski
Baca Juga
Software Kasir Barcode; Fungsi, Manfaat dan Sasaran Penggunanya
Perkembangan teknologi telah membawa banyak kemudahan bagi manusia. Ini dibuktikan dengan banyaknya produk teknologi dengan segala kecanggihannya dalam kehidupan kita
Baca Juga
4 Aplikasi untuk Membuat Invoice dengan Mudah
Kemajuan teknologi memudahkan segala aktivitas kita, salah satunya dalam mendukung bisnis, yaitu dengan adanya inovasi aplikasi invoice. Dahulu, pembuatan invoice
Baca Juga
Rekomendasi Aplikasi Penjualan Android untuk Bisnis Kekinian
Punya usaha yang sedang dirintis? tak banyak orang menerapkan usaha dengan konsep kekinian atau bisa dikatakan dengan bisnis yang mengikuti
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu