Mengenal Lebih Jauh Tentang Manajemen Penjualan Kasir

Tuesday, 26 November 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Sistem manajemen penjualan kasir atau lebih dikenal sebagai POS (Poin of Sales) cocok digunakan mulai dari usaha kecil hingga besar.

Apakah Point Of Sale (POS) itu? ‍

penjualan kasir

Apa itu Penjualan Kasir? (Sumber: Freepik.com)

Point of Sale adalah tempat pelanggan menyelesaikan (membayar) transaksi penjualan di depan kasir. Transaksi POS harus didukung oleh software yang memadai yang bisa mendukung transaksi POS lebih mudah dan cepat. Software pendukung ini juga harus terintegrasi dengan beberapa perangkat otomasi seperti printer untuk mencetak resi, pemindai barcode, timbangan dan laci uang (melalui printer resi).‍

Apa Sajakah Fitur Perangkat Lunas Sistem Kasir (POS) yang dibutuhkan? Berikut ini beberapa fitur menarik yang bisa membantu proses transaksi kasir lebih praktis dan efisien.

Baca Juga: Pentingnya Membuat Laporan Keuangan Perusahaan dengan Tepat

Checkout Langsung‍

Gunakan opsi ini ketika Anda tidak perlu melalui seluruh proses pengambilan pesanan. Pilih metode pembayaran dengan mudah, tautkan penjual ke transaksi, tambahkan diskon, dan cetak tanda terima (baik dari printer penerimaan biasa dan termal). Sistem POS harus kompatibel dengan beberapa perangkat, seperti printer, pemindai barcode, timbangan, dan laci uang .‍

Terapkan Diskon

Berikan pelanggan Anda hadiah dengan menambahkan diskon untuk pembelian mereka. Ambil persentase dari jumlah total penjualan, sesuai ketentuan. Anda juga dapat menetapkan periode tertentu untuk setiap produk yang akan dijual.

Return / Exchange‍

Kembalikan atau tukarkan produk apa pun dengan cepat dari sistem. Berikan pengembalian dana penuh kepada pelanggan Anda, atau tambahkan jumlah total sebagai kredit toko yang akan digunakan untuk pembelian berikutnya, sesuai dengan kebijakan pengembalian toko Anda.‍

Label dan Pemindai Kode Batang‍

Gunakan pemindai barcode Anda untuk mempercepat segalanya saat menerima pesanan atau memeriksa penjualan di POS Anda.

Manajemen Metode Pembayaran‍

Tambahkan metode pembayaran sebanyak yang Anda terima di toko Anda (uang tunai, debit dan kartu kredit, dll) untuk mengelola dan memfilter penjualan Anda dengan mudah dengan berbagai metode. ‍

Cetak Resi/Tanda Terima

Pilih template resi tanda terima yang dapat dicetak dari software pendukung sistem kasir Anda. Ada puluhan model, yang kompatibel dengan berbagai printer dan jenis kertas: baik printer biasa dan tinta,  ukuran kertas A4 dan letter, lebar gulungan kertas dan sebagainya.

Mengapa Harus Menggunakan Mesin Kasir?

Mesin kasir bisa memudahkan proses transaksi usaha Anda. Berikut ini manfaat lain yang bisa diambil dari sistem kasir yang terintegrasi dengan baik:

Proses checkout cepat

Kasir mudah menambahkan produk hanya dengan satu klik dengan menggunakan pemindai barcode atau kamera perangkat bawaan. Sistem juga mudah dikonfigurasi secara fleksibel untuk bisnis apa pun.

Kasir mudah dalam melacak penjualan

Kasir dan pemilik usaha lebih mudah melacak pertumbuhan atau penurunan penjualan dibandingkan dengan hari sebelumnya, minggu, atau bulan, dan segera bereaksi terhadap perubahan. Analisis penjualan berdasarkan item juga lebih mudah dilakukan dan memungkinkan filter item terlaris maupun yang kurang laku, sehingga keputusan bisnis mudah dilakukan.

Lebih mudah memeriksa semua arus kas masuk dan keluar dari laci kas

Kasir dan pemilik bisnis lebih mudah dalam mengontrol jumlah riil uang tunai di laci kas dan membandingkan dengan jumlah yang diharapkan untuk menghindari pencurian dan kesalahan.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menggunakan Program Kasir?

Pemilik bisnis sudah seharusnya menggunakan program kasir yang terintegrasi jika sduah mengalami berbagai kendala terkait operasional kasir berikut ini:

  • Makin rumitnya mengelola mesin kasir di toko, supermarket, restoran, atau tempat serupa lainnya.
  • Makin rumitnya menghitung total pembayaran pelanggan akibat belum adanya mesin pemindai kode barang.
  • Makin rumitnya sikluas keluar masuk dan pembaharuan harga barang, dan sebagainya

Di era teknologi seperti saat ini, sudah saatnya Anda sebagai pemilik bisnisa menjalankan bisnis berbasis teknologi, termasuk dalam manajemen penjualan melalui kasir.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :