Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Dhea Forekha

6 Strategi Pemasaran Digital Paling Efektif

Dipublish Tgl: Monday, 4 July 2022

Strategi pemasaran saat ini tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan puluhan tahun yang lalu. Kecanggihan teknologi yang kini terus berkembang membuat banyak strategi pemasaran lahir secara digital. Selain mudah dioperasikan, strategi pemasaran digital juga dinilai lebih efektif. 

Chatbot merupakan salah satu strategi digital marketing yang sudah digunakan sejak beberapa tahun ke belakang. Ada banyak perusahaan yang telah menggunakan tools chatbot untuk meningkatkan layanan pelanggan di situs web. Chatbot dapat menjalin komunikasi secara alami dengan orang yang mengunjungi situs perusahaan. Tools tersebut juga mampu menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung situs secara real time. 

Teknologi Digital Marketing Chatbot

Pemasaran digital menggunakan chatbot (Sumber: Freepik.com)

Fitur chatbot sangat canggih dengan menggunakan interaksi verbal atau jendela obrolan, guna memudahkan pengguna menemukan apa yang sedang dicari. Selain lebih praktis, strategi pemasaran menggunakan chatbot juga lebih hemat karena Anda tidak perlu membayar pekerja real. Pelanggan pun akan lebih menghargai layanan yang telah diatur dengan jawaban yang memuaskan. 

Chatbot jelas berbeda dengan manusia karena tidak memiliki emosi. Jadi, apabila terjadi kesalahpahaman, maka responnya akan tetap datar sehingga mengurangi terjadinya kesalahpahamanan. 

  • Penggunaan Aplikasi Pesan Pribadi

Strategi pemasaran digital lainnya adalah aplikasi pesan pribadi. Saat ini, aplikasi Whatsapp sedang populer dengan jumlah pengguna yang hampir seluruh dunia. Ada beberapa merek besar yang telah mencoba monetisasi aplikasi perpesanan sehingga pelanggan dapat membayar produk secara langsung. 

Aplikasi seperti WeChat Pay telah berkembang secara signifikan sehingga penggunaannya lebih mudah. Pengguna WeChat, PayPal dan Venmo dapat menggunakan WeChat Pay untuk mentransfer uang kepada rekan-rekannya. 

  • Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan Manusia

Pemasaran digital menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Sumber: Freepik.com)

Pemasaran juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan atau AI. Kecerdasan buatan memang sedang populer karena nyaris mampu melakukan apa yang dapat dilakukan oleh manusia. Penggunaan mesin dengan kemampuan tinggi melebihi manusia. Fitur kombinasi yang digunakan oleh kecerdasan buatan termasuk chatbot dan bantuan suara guna menemukan jawaban dalam waktu singkat. 

Anda pasti pernah mendengar Alexa dan Siri yang merupakan asisten suara dengan layanan sangat baik. Kemampuan mereka dalam menerima pesanan dari pengguna dan bekerja di balik layar sengaja dirancang agar dapat dijadikan strategi pemasaran digital

Robot AI mengerjakan semuanya dengan bantuan sensor dan input manusia guna mengumpulkan dan menyimpan fakta mengenai situasi tertentu. Hal itu juga akan digunakan untuk meningkatkan pengalaman masa depan bagi penggunanya. 

Baca Juga: 6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis

  • Hyper – Targeted Advertising

Perusahaan akan menggunakan iklan digital guna memasarkan produknya. Apakah pernah menemukan iklan online yang tidak sesuai dengan apa yang sering Anda akses? Hal itu memang menjengkelkan bagi sebagian orang. Namun, banyak perusahaan yang menggunakan strategi pemasaran digital satu ini guna meningkatkan jumlah penjualan. 

Apabila suatu merek mengirim pesan khusus secara konsisten, maka 36% akan merespon dengan membeli produk. Tren ini sudah direncanakan dan diperkirakan oleh perusahaan sehingga target audiens tepat sasaran. 

  • Personalisasi Pelanggan

Ada beberapa perusahaan yang menggunakan bentuk personalisasi menjanjikan. Mereka menganalisa perilaku pelanggan dan mempromosikan produk atas dasar asumsi dan riwayat pembelian pengguna. Anda pasti sering menemukan iklan yang relevan dengan pencarian sebelumnya atau riwayat pembelian. 

Personalisasi disebut sebagai masa depan pemasaran digital. Hal ini dapat meningkatkan konversi dan disebut sebagai alat terbaik untuk pemasaran digital. Manfaat utama dari personalisasi pelanggan adalah perusahaan dapat menjangkau kelompok pelanggan tertentu. 

Beepos Desktop Minimarket web

  • Growth Digital Marketing

Tahun 2022 disebut sebagai tahun meningkatnya industri perangkat lunak digital global yang diperkirakan sebesar $74,96 miliar. Lebih banyak uang yang akan disalurkan untuk kepentingan pemasaran digital dibanding tahun sebelumnya. Pertumbuhan pemasaran digital dapat menghasilkan bentuk pemasaran Agile Marketing yang bekerja dengan mengukur tingkat efisien merek untuk mencapai sasaran. 

Hampir seluruh kegiatan yang dilakukan oleh manusia berkaitan erat dengan aplikasi atau perangkat digital. Bahkan saat ini sudah tersedia aplikasi untuk kasir minimarket yang dapat memudahkan kerja karyawan sebagai kasir. Anda bisa menggunakan software kasir dari Bee.id yang telah diprogram dengan baik dan meminimalisir kesalahan hitung. 

Itulah beberapa strategi pemasaran digital yang dapat dipertimbangkan penggunaanya oleh perusahaan Anda. 

Apa itu Endorse Dalam Promosi Online?
Sejak media sosial dijadikan salah satu sarana promosi, bermunculan berbagai istilah salah satunya endorse. Apa itu endorse? Sejauh mana perannya […]
Baca Juga
Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) untuk Perusahaan
Apa itu sistem ERP? Enterprise Resource Planning atau yang biasa disebut dengan sistem ERP adalah akronim dari tiga elemen kata […]
Baca Juga
Laporan Keuangan Sesuai PSAK dan Cara Cepat Membuatnya
Membahas mengenai laporan keuangan tentu tidak asing lagi karena hampir seluruh pelaku usaha dan perusahan besar tentu membuat laporan keuangan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu